7 Alasan Perempuan Belum Menikah, Inikah Alasanmu?

Apa sih alasan perempuan belum menikah? Ada banyak banget alasan atau latar belakang perempuan yang belum siap untuk menikah dan memiliki ikatan dengan seorang laki-laki. Alasan tersebut bisa berasal dari dirinya sendiri maupun faktor-faktor lain.

7 Alasan Perempuan Belum Menikah

Menikah itu sendiri memang bukan perkara mudah dan bisa diputuskan dalam waktu cepat. Selain persiapan pernikahan yang cukup merepotkan dan membutuhkan waktu, calon pengantin pun harus cukup yakin untuk melakukan pernikahan dan menjalani hidup bersama. Siapa sih yang tidak ingin menikah? Setiap orang pasti ingin menikah dan bersama selamanya sampai maut memisahkan. Tapi, mencari pasangan yang pas juga tidak mudah dan tidak instan serta banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. 

Apa Sih Alasan Perempuan Belum Menikah?

Pernah gak sih Teman-teman ditanya ‘Kapan Nikah’, ‘Mana Calonnya’, ‘Kenapa Belum Siap Menikah’? Wah, pertanyaan ini sih sepertinya sudah jadi menu wajib saat ada pertemuan keluarga besar seperti lebaran, tasyakuran dan lain-lain. Lalu apa jawaban Teman-teman, apakah karena faktor umur, finansial, tanggung jawab, karier atau memang belum ketemu jodoh? Bingung kan, Saya juga bingung, hehehe.
Nah, daripada bingung dan kepikiran terus, langsung aja yuk Kita bahas tentang beberapa alasan perempuan belum menikah. Poin-poinnya ada di bawah ini, silahkan dibaca.

1. Masih Muda, Belum Saatnya

Untuk alasan perempuan belum menikah yang satu ini biasanya dialami oleh mereka yang terlalu asyik dengan masa mudanya. Jadi, mereka merasa muda dan masih belum saatnya untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu membangun keluarga.

Ukuran muda itu sendiri sebenarnya juga cukup luas dan relatif untuk setiap perempuan. Ada yang berpikiran bahwa muda itu ketika berada di rentang usia 17-22 tahun, setelah itu siap untuk menikah. Tetapi banyak juga lho perempuan modern yang menganggap usia 25 ke atas itu masih muda dan belum saatnya untuk menikah. Perempuan yang seperti ini biasanya baru terpikir untuk menikah di usia yang matang sekitar 28 tahun ke atas.

2. Belum Mendapat Restu Orang Tua

Ah masa sih alasan perempuan belum menikah karena belum dapat restu dari orang tua? Mana ada orang tua yang melarang anak perempuannya menikah kalau sudah ada laki-laki baik yang melamarnya? Bukankah biasanya orang tua bakal menyuruh anak perempuannya cepat nikah atau bahkan dijodohin. Eits, jangan salah, pemikiran setiap orang tua itu beda-beda. Banyak juga orang tua yang menginginkan anak perempuannya sekolah dulu, kuliah dulu, kerja dulu, baru menikah.

Setiap orang tua pasti menginginkan anak perempuannya bahagia dan hidup berkecukupan, jadi mereka tidak ingin anaknya menikah tanpa persiapan. Tapi kalau laki-laki yang melamar dari keluarga konglomerat mungkin beda cerita kali ya, langsung aja sok nikah, hehehe.

3. Belum Siap Menjadi Istri dan Ibu

Selain faktor umur, ada juga alasan perempuan belum menikah karena belum siap memikul tanggung jawab yang lebih besar menjadi seorang istri dan juga Ibu bagi anak-anaknya kelak. Sebagian dari mereka juga merasa terbebani karena harus mengurus rumah tangga dan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh suami dan anak-anaknya.

Selain itu, ada juga yang berpikir bahwa pernikahan akan membuatnya tidak bisa bebas melakukan apapun yang diinginkan. Padahal, pernikahan itu sendiri merupakan kesepakatan dari kedua belah pihak antara mempelai wanita dan pria. Jadi, keduanya harus sama-sama merasa nyaman dong dan saling melengkapi, bukan membebani satu sama lain. Betul tidak?

4. Finansial Belum Cukup

Alasan perempuan belum menikah yang selanjutnya yaitu karena merasa belum siap dan belum cukup dari segi finansial. Boro-boro mau bangun rumah tangga, menghidupi diri sendiri aja belum mampu. Keraguan akan finansial inilah yang menjadi salah satu alasan bagi perempuan maupun laki-laki untuk menunda rencana pernikahan.
Tetapi, jika Teman-teman sudah punya calon dan siap menjadi seorang istri/Ibu, maka lebih baik menyegerakan untuk menikah. Urusan rezeki InsyaAllah sudah ada yang jamin, yang penting yakin serta berusaha dan berdoa agar diberikan kemudahan dalam mendapatkan rezeki untuk keluarga.

5. Terlalu Independen

Bertolak belakang dengan alasan perempuan belum menikah yang sebelumnya, independen adalah kondisi seseorang yang sudah mampu menghidupi dirinya dan melakukan semuanya sendiri. Bagi sebagian perempuan, kondisi ini justru bisa menyulitkan mereka untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Hal ini bisa terjadi karena wanita atau perempuan yang independen merasa bisa melakukan semuanya sendiri dan tidak membutuhkan orang lain (pria/suami). Tipe perempuan yang seperti ini biasanya cukup pemilih dan sulit mendapatkan kepercayaan dari laki-laki.

6. Ingin Mengejar Karier

Di zaman sekarang, perempuan sudah memiliki tempat yang sama dengan laki-laki dan bisa bekerja sebagai profesi apapun selama Ia mampu. Maka, tak heran jika saat ini sudah banyak perempuan yang menjadi Dokter, Ilmuwan, Polisi, Insinyur, Arsitek dan lain sebagainya. Beberapa dari perempuan tersebut juga memiliki ambisi untuk sukses dalam mengejar karier mereka.

Namun, ambisi yang terlalu besar juga bisa menjadi alasan perempuan belum menikah atau mengesampingkan urusan pernikahan dan lebih fokus mengejar impiannya. Sayangnya, tak sedikit pula perempuan yang tenggelam dalam ambisi mereka sehingga tidak mau berhenti mengejar karier meski umur sudah matang untuk menikah. Tetapi kembali lagi, setiap orang memiliki pendapat mereka masing-masing tentang umur yang matang untuk menikah. Bagaimana dengan Teman-teman, umur berapa ya kira-kira yang pas untuk menikah?

7. Belum Ketemu Jodoh

Nah, untuk alasan yang satu ini juga paling banyak dialami sama Teman-teman, hayo pada ngaku hihihi... Kalau memang belum ketemu sama jodohnya yaaa gak bakalan nikah, mau nikah sama siapa coba? Sebelum dipertemukan dengan jodoh, sebaiknya terus memperbaiki dan memantaskan diri agar diberikan jodoh yang terbaik, aamiin. Selama itu, Teman-teman juga bisa banget belajar ilmu pernikahan dan memperbanyak wawasan tentang peran menjadi istri/ibu.

Hmm... Sepertinya segitu aja obrolanku tentang berbagai macam alasan perempuan belum menikah. Apakah alasan Teman-teman sudah ada pada pembahasan di atas? Kalau belum, silahkan share pendapat Teman-teman di kolom komentar.

Oiya, topik Obrolanku kali ini Kita bahas bersama Kak Ros dengan tema #ObrolankuBersamaKakros. Jadi, jangan lupa mampir ke blog halokakros.com untuk tahu pendapat tentang alasan perempuan belum menikah versi Kak Ros. Tapi jangan salah, Kak Ros sendiri sudah punya rencana menikah dalam waktu dekat ini, yuk Kita doakan semoga lancar semua persiapannya sampai hari H. Jangan lupa doakan Saya juga ya supaya cepat menyusul, hihihi.

Selanjutnya, Kita bakal bahas hal lainnya yang lebih seru dan menarik dari pengalaman atau cerita kehidupan seorang perempuan. Teman-teman juga bisa ikutan request topik sebagai pertimbangan untuk topik yang akan Kita bahas minggu depan. See you.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama