Ini Lho 5 Tips Hidup Sehat, Apa Susahnya Sih?

kreasi menu sarapan sehat

Kali ini aku mau ngobrolin soal tips hidup sehat, dalam rangka menyemangati diri sendiri karena rasanya masih jauh sekali dengan pola hidup sehat yang selama ini diidam-idamkan.

Pola hidup sehat atau gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen untuk melakukan hal-hal yang mendukung fungsi tubuh sehingga memberikan dampak baik bagi kesehatan. Kesehatan tubuh dan pikiran yang baik akan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup serta terhindar dari berbagai penyakit.

Resolusi memulai hidup sehat sepertinya telah menjadi resolusi tahunan yang tak kunjung punah karena masih ada saja hal-hal yang menggoda iman dan membuyarkan pola hidup sehat yang sudah berhasil dilakukan. Lalu apa yang bisa dilakukan? Mari simak beberapa tips hidup sehat berikut ini.

5 Tips Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan                  

Bagaimana pun kondisi kamu saat ini, bukan tidak mungkin untuk memulai dan menerapkan pola hidup sehat. Menurutku, tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang positif. Bahkan meski telah banyak mencoba lalu gagal, itu juga bukan alasan untuk berhenti memulai kembali. Yuk bisa yuk, berikut ini 5 tips hidup sehat yang bisa kamu coba.

1. Ayo Bergerak dan Jangan Mager alias Malas Gerak

Hal pertama yang perlu ditekankan untuk memulai hidup sehat adalah mulai bergerak dan jangan malas-malasan. Kalau istilah sekarang itu mager alias malas gerak, ini penyakit utama yang bikin kamu sulit menerapkan pola hidup sehat. Ini termasuk sindiran untuk aku pribadi yang masih suka mager juga karena mager dan rebahan memang sungguh nikmat.

Tapi sedikit demi sedikit ayo kita ubah kebiasaan magernya, ayo mulai bergerak melaksanakan aktivitas sehari-hari. Bisa mulai dari aktivitas di rumah seperti menyapu, menyiram tanaman, mencuci baju, mencuci piring, dan kegiatan sederhana lainnya kalau rutin dikerjakan akan membangun semangat untuk bergerak lebih aktif dan produktif.

2. Merutinkan Olahraga atau Minimal Peregangan

Aku sendiri kalau soal olahraga rutin juga susah-susah gampang dan mood-nya naik turun, kadang rajin kadang juga malas. Tapi gak apa-apa, kalau dilatih terus lama-kelamaan jadi kebiasaan dan lebih enteng dikerjakan.

Tips hidup sehat dalam memulai olahraga rutin, minimal lakukan peregangan setiap hari. Peregangan atau stretching bisa dilakukan pagi atau sore hari atau sebelum tidur. Bisa dilakukan dengan gerakan sederhana sekitar 5-10 menit saja sudah cukup. Untuk gerakannya bisa cari di YouTube juga banyak. Atau bisa juga membaca artikel blog gaya hidup sehat untuk mendapatkan tips seputar hidup sehat dan sharing pengalaman dengan sesama pejuang hidup sehat.

3. Memulai Sarapan Sehat dan Masak Sendiri di Rumah

Satu lagi tips hidup sehat yang sederhana yaitu memasak masakan sehat di rumah. Kegiatan memasak bisa jadi rutinitas untuk menyingkirkan rasa mager sekaligus untuk menyiapkan masakan sehat dan higienis untuk keluarga. Dengan memasak sendiri, kamu tahu betul bahan-bahan apa saja yang digunakan dan bagaimana cara memasaknya sehingga bisa memasak masakan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Memasak sendiri juga lebih higienis dari segi kebersihan kamu bisa memastikannya sendiri daripada membeli makanan dari luar. Memulai pola makan sehat bisa dimulai dari menu sarapan sehat seperti bubur ayam, overnight oatmeal, roti dan selai kacang atau roti dan telur dan beragam jenis sarapan sehat lainnya. Cobalah berbagai kreasi menu sarapan untuk tahu mana menu yang paling disukai keluarga.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Nah, tips selanjutnya yaitu memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi dan mengeluarkan racun dalam tubuh melalui air seni. Setidaknya minumlah 1.5 sampai 2 liter setiap harinya dan hindari minuman soda, kopi, teh dan minuman kemasan sachet. Bukan tidak boleh ya mengkonsumsi minuman selain air putih, hanya saja lebih baik dikurangi dan utamakan konsumsi air putih terlebih dahulu. Kalau kebutuhan air putih harian sudah terpenuhi boleh deh minum minuman yang lain.

5. Kelola Stress dengan Baik dan Istirahat Cukup

Selain mulai membiasakan diri dengan aktivitas fisik, kesehatan mental dan pikiran juga perlu diperhatikan ya. Jangan sering overthinking atau kebanyakan pikiran sehingga kamu menjadi mudah cemas dan khawatir tentang banyak hal.

Cobalah untuk mengelola stress dengan baik. Caranya bisa bermacam-macam contohnya melakukan hobi dengan keluarga atau sahabat seperti menonton film, membaca buku, menuangkan pikiran dalam tulisan, berkebun, memancaing dan banyak kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan untuk meredakan stress. Selain itu, jangan lupa untuk istirahat yang cukup atau tidur sekitar 6-8 jam dalam sehari. Mencukupi kebutuhan tidur akan membuat tubuhmu lebih fresh dan segar sehingga bisa memulai aktivitas dengan semangat.

Tips Hidup Sehat: Mulai Saja Dulu, Pola Hidup Sehat Harus Dibiasakan

Mulai dari olahraga rutin, makan makanan sehat, banyak minum air putih dan lain-lain, telah menjadi impianku sejak lama. Namun, sampai saat ini belum istiqomah. Memang benar ya, lebih sulit mempertahankan daripada memulai. Tetapi itu semua juga bagian dari proses dan mau tidak mau harus tetap dilalui sampai akhirnya bisa benar-benar berhasil melakukan pola hidup sehat dan mempertahankannya.

Kesimpulannya adalah mulai saja dulu karena pola hidup sehat itu harus dibiasakan dari aktivitas sederhana yang dilakukan secara rutin akan menjadi kebiasaan dan membentuk pola hidup sehat itu sendiri. Jadi, jangan terlalu terbebani dan mulai saja dulu.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama