Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Harus Beli Apa Aja Ya?

Beberapa minggu ini aku cukup sering googling seputar perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan. Mulai dari baca-baca artikel di google, nonton video YouTube dari channel lokal hingga channel ibu-ibu bule, pokoknya semua aku tonton. Sembari membaca dan menonton video aku tidak lupa mencatat apa saja yang diperlukan untuk persiapan melahirkan. Semacam kemaruk alias haus informasi karena baru pertama kali hamil.

Printilan bayi baru lahir memang bisa bikin calon ibu jadi bingung dan kalap belanja. Apalagi calon ibu baru yang menghadapi kehamilan anak pertama seperti aku, rasanya semua ingin dibeli. Tapi setelah dengar cerita dari ibu-ibu yang lebih berpengalaman, ternyata perlengkapan bayi baru lahir sebenarnya tidak perlu sebanyak dan seribet itu.

perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

Dari artikel dan video yang aku tonton tips mencicil perlengkapan bayi sebenarnya cukup beli yang esensial dan sangat diperlukan saja, toh adek bayinya juga akan cepat besar. Dan setelah itu akan muncul kebutuhan lain lagi selama masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Jadi, yuk kita pilah-pilah dulu apa saja daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib banget dibeli.

1. Perlengkapan Baju Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi 0-3 bulan yang wajib dibeli sebelum melahirkan yaitu perlengkapan baju bayi dan printilannya. Perlengkapan baju bayi meliputi set baju dan celana, popok, bedong, serta topi, sarung tangan/kaki.

Jenis dan model baju bayi tuh beragam banget bund, aku sarankan pilih yang paling nyaman untuk bayi dan juga memudahkan ibu dalam merawat bayi baru lahir. Bisa pakai satu set baju bayi lengkap dengan celana panjang, celana pendek, celana pop, atau pakai jumper, jumpsuit, sleepsuit, romper dan jenis baju bayi lainnya.

Kalau untuk popok ada 3 macam yang aku tahu secara umum yaitu popok kain biasa yang pakai tali, popok diaper sekali pakai dan popok diaper yang bisa dicuci. Aku sendiri rencananya pakai popok kain tali untuk sehari-hari, nanti aku lapisi underpad. Tapi aku juga siap-siap beli popok diaper sekali pakai untuk kebutuhan tertentu. Sekali lagi silahkan disesuaikan dengan kenyamanan bayi dan ibunya.

Untuk bedong aku rencana juga pakai yang biasa aja yang bedong tanpa topi. Bedong bayi juga bisa berfungsi sebagai selimut bayi, alas tidur bayi, alas gumoh dan lain-lain. Nah, kalau topi dan sarung tangan/kaki bayi menurut aku sebenarnya tidak wajib dibeli karena toh sudah pakai bedong. Tetapi kalau cuaca lagi dingin banget topi dan sarung tangan/kaki bayi bisa bantu menghangatkan bayi kita. Jadi beli aja lah ya, tapi tidak perlu banyak-banyak.

2. Perlengkapan Perawatan Bayi Baru Lahir

Lanjut ke perlengkapan perawatan bayi baru lahir antara lain underpad untuk popok bayi, popok diaper sekali pakai, tisu basah, kasa steril kering, cotton bud kecil, perlak bayi, set pemotong kuku bayi dan sisir bayi.

Pertama, aku siap-siap beli underpad untuk alas popok kain. Ini merupakan tips hemat menggunakan popok kain supaya tidak perlu gonta-ganti terlalu sering dan tidak perlu bolak-balik nyuci popok kainnya juga. Jadi, ganti popok kainnya kalau basah saja atau setelah memandikan bayi.

Untuk membersihkan pipis dan pup bayi bisa pakai tisu basah bayi yang non alkohol dan non fragrance atau non perfume. Boleh juga pakai cotton ball dan air hangat, tapi sepertinya aku cukup tisu basah saja untuk semua percebokan, yang penting perhatikan kebersihannya ya bund...

Selanjutnya juga butuh kasa steril kering untuk perawatan pusar bayi untuk membersihkan dan menutup pusar bayi. Kasa ini juga berfungsi untuk membersihkan lidah bayi supaya terhindar dari jamur. Sedangkan cotton bud kecil dibutuhkan untuk membersihkan area telinga bayi dan hidung bayi. Untuk perlak bayi dibutuhkan sebagai alas tidur, alas main, atau alas mandi.

Dan jangan lupa juga membeli satu set pemotong kuku dan sisir bayi yang sangat dibutuhkan untuk perawatan bayi baru lahir dan akan berguna juga sampai usia balita hingga anak-anak. Untuk menjaga kesehatan anak, sebaiknya hindari sharing pemakaian pemotong kuku yang sama dengan ibu atau orang lain ya, karena mengandung kotoran, kuman dan bakteri yang bisa berpindah ke si kecil.

3. Perlengkapan Mandi Bayi

Selanjutnya mari kita persiapkan perlengkapan mandi bayi yaitu bak mandi bayi, sabun mandi dan sampo, minyak telon, parfum, handuk mandi, handuk serbaguna serta sabun cuci untuk botol dan peralatan bayi, sabun cuci untuk baju dan perlengkapan bayi. Ini udah paling esensial menurut aku ya bund.

Bak mandi bayi bisa beli yang ukurannya sedikit lebih besar supaya bisa dipakai sampai balita, tips nya bisa beli bantalan untuk memandikan saat masih bayi. Untuk sabunnya beli yang sabun sekaligus sampo, kemudian minyak telon bayi untuk menghangatkan, dan parfum atau hair lotion agar si kecil wangi.

Untuk handuk mandi beli yang ukurannya besar juga supaya bisa dipakai sampai balita dan seterusnya. Siap-siap handuk kecil juga yang serbaguna bisa untuk lap/alas bayi, alas gumoh saat menyusui, alas iler sendawa atau burp cloth, dan lain-lain, jadi tidak perlu beli kain khusus lagi. Dan untuk cuci-mencuci juga perlu dibedakan dengan sabun cuci milik moms ya, belilah sabun cuci untuk botol/peralatan bayi dan sabun cuci untuk baju/perlengkapan bayi.

Satu lagi perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan yaitu selimut On-The-Go multifungsi dengan hoodie dan tali/pengait di kedua ujungnya. Selimut Bayi On-The-Go ini bisa digunakan saat keluar rumah maupun di dalam rumah. Selimut On-The-Go bisa berfungsi sebagai selimut bayi saat jalan-jalan menggunakan stroller, sebagai jaket bayi dilengkapi dengan hoodie untuk penutup kepala, dan sebagai nursing cover atau apron menyusui yaitu kain penutup saat menyusui.

hospital bag persalinan

Daftar Perlengkapan Melahirkan yang Perlu Dipersiapkan

Selain membeli perlengkapan bayi baru lahir, jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlengkapan melahirkan yang meliputi perlengkapan untuk persiapan melahirkan dan pasca melahirkan. Ini juga sangat penting untuk diperhatikan dan dipersiapkan sebelumnya supaya tidak bingung saat hendak menghadapi persalinan dan setelahnya.

1. Perlengkapan Persalinan Ibu dan Bayi

Apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan atau persalinan? Secara umum perlengkapan persalinan yang dibutuhkan ibu dan bayi antara lain dokumen data diri, baju ganti ibu, baju ganti bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan menyusui, dan perlengkapan lainnya yang dirasa perlu seperti sewek atau kain jarik untuk proses melahirkan.

Untuk perlengkapan persalinan ibu dan bayi biasanya akan berbeda-beda tergantung si ibu akan melahirkan normal/SC, tergantung kondisi ibu dan bayi, dan tergantung pelayanan instansi kesehatan yang ibu kunjungi juga. Ada barang-barang yang harus dibawa sendiri, ada juga yang sudah tersedia atau didapatkan dari klinik atau rumah sakit tempat ibu melahirkan.

Karena bisa berbeda-beda sesuai situasi dan kondisi masing-masing, maka lebih baik ibu bertanya dan berdiskusi dulu dengan dokter spesialis anak atau bidan yang akan membantu persalinan. Jadi, ibu tidak perlu bingung lagi perlengkapan persalinan apa saja yang perlu dibawa.

2. Perlengkapan Ibu dan Perlengkapan Menyusui

Selanjutnya ada kebutuhan dan perlengkapan ibu setelah melahirkan serta perlengkapan menyusui ibu dan bayi. Perlengkapan ibu antara lain pembalut nifas/pembalut maternity dan korset bila perlu. Sedangkan untuk perlengkapan menyusui dibutuhkan baju/daster bukaan depan, bra menyusui, breast pad, pompa ASI dan dot bayi.

Pompa ASI dan penggunaan dot bayi biasanya dilakukan jika bayi tidak bisa menyusui secara langsung. Namun menurutku, meski ibu berencana menyusui langsung atau DBF (Direct Breastfeeding), pompa ASI tetap diperlukan. Memompa ASI adalah salah satu cara untuk mengeluarkan ASI secara rutin sehingga diharapkan produksinya juga tetap stabil bahkan meningkat.

Banyak juga kasus ibu-ibu yang produksi ASI-nya sangat banyak sehingga payudara terasa kencang bahkan sakit, bisa juga menyebabkan ibu demam dan sakit jika ASI tidak dikeluarkan. Itulah mengapa pompa ASI dan dot bayi tetap diperlukan untuk jaga-jaga saja ya bund...

Jangan Kalap Bund, Beli Perlengkapan Bayi Baru Lahir Seperlunya Saja Ya...

Cukup panjang ya curhatanku kali ini, padahal sudah aku buat sesingkat mungkin tapi rasanya masih banyak yang ingin diungkapkan. Oke, mari kita simpulkan.

Kesimpulannya, sebelum membeli perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan cobalah membuat daftar kebutuhan esensial untuk bayi dan ibu. Lalu urutkan berdasarkan kategori kebutuhan dan urutkan mulai dari yang paling dibutuhkan sampai tidak terlalu dibutuhkan. Dari sini ibu akan tahu perlengkapan apa saja yang harus didahulukan untuk dibeli. Dan yang harus diperhatikan yaitu kenyamanan bayi dan kemudahan ibu dalam merawat bayi baru lahir.

Kalau versi aku, inilah daftar dan jumlah perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan yang dibutuhkan:

  • 6-12 set baju bayi dan celana bayi
  • 6-12 popok bayi popok kain
  • 3-6 bedong bayi
  • 3-6 set topi dan sarung tangan/kaki bayi
  • 1 selimut bayi On-The-Go
  • 1 box underpad untuk popok bayi
  • 1 box popok diaper sekali pakai
  • 4 box tisu basah non alkohol non fragrance
  • 4 box kasa steril kering
  • 1 box cotton bud kecil
  • 1-2 perlak bayi anti air
  • 1 set pemotong kuku bayi dan sisir bayi
  • 1 bak mandi bayi + bantalan mandi
  • 1 sabun mandi dan sampo bayi
  • 1 minyak telon bayi
  • 1 parfum bayi
  • 2 handuk mandi bayi ukuran lebar
  • 4 handuk bayi kecil serbaguna
  • 1 sabun cuci untuk botol dan peralatan bayi
  • 1 sabun cuci untuk baju dan perlengkapan bayi
  • 1 box pembalut nifas/pembalut maternity
  • 3-4 sewek/kain jarik untuk persalinan
  • 3-4 baju/daster bukaan depan
  • 4-6 bra menyusui
  • 1 box breast pad
  • 1 pompa ASI
  • 1-2 dot bayi

Untuk sementara aku rasa perlengkapan tersebut sudah sangat mencukupi kebutuhan bayi baru lahir dan ibunya. Ingat ya bund, belinya jangan langsung banyakan karena nanti biasanya dapat kado juga dari keluarga, kerabat, tetangga dan teman-teman ibu dan bapak si bayi. Kita berharap saja ya bund hehehe

Oh iya, daftar perlengkapan bayi baru lahir di atas merupakan hasil observasi pribadi yang aku lakukan dan tentu saja bisa berbeda untuk ibu-ibu yang lain. Aku juga belum berpengalaman dan bisa salah/keliru, bisa juga berbeda pendapat dengan bunda-bunda sekalian. Jadi boleh banget ibu-ibu bantu koreksi, kasi saran atau ceritakan pengalamannya di kolom komentar di bawah ya. Terimakasih...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama