PENGALAMAN MELAMAR KERJA CALL CENTER 147 TELKOM DI ISH - INFOMEDIA SOLUSI HUMANIKA

Jumpa lagi bersama Saya, kali ini Saya mau cerita-cerita tentang pengalaman melamar kerja di salah satu outsourcing-nya Telkom yaitu Infomedia Solusi Humanika (ISH). Posisi yang Saya lamar adalah Call Center 147, tempat keluhan dan sumber informasi bagi pelanggan telkom speedy atau indihome. Banyak keluh kesah yang Saya rasakan selama bekerja, suka duka bareng temen satu angkatan maupun berbagai macam keluhan dari pelanggan yang menjadikan pekerjaan ini semakin seru membuat Saya rindu masa-masa itu. Simak ceritanya ya...

Terdampar di Malang  


Sebelum cerita pengalaman melamar kerja Call Center 147 Telkom di ISH - Infomedia Solusi Humanika, Saya mau kilas balik dulu kenapa Saya bisa ada di kota Malang. Awalnya Saya ke Malang untuk interview kerja, Saya melamar kerja Interior Designer di Vucapedia. Setelah beberapa bulan, Saya dan temen-temen kantor ngajuin resign karena suatu alasan.

Namun, Saya nggak langsung balik ke kampung halaman. Saya suka tinggal di Malang dan pengen tetap di sini. Karena masih agak males cari kerja lagi, Saya memutuskan untuk istirahat dan santai-santai dulu sambil jalan-jalan keliling kota Malang. Saya suka main ke pantai, jajan sempol, atau sekedar ngopi sambil internetan bareng temen, sampai akhirnya Saya mulai semangat lagi cari kerja. 

Melamar Kerja Call Center 147 Telkom di ISH - Infomedia Solusi Humanika


Saat itu Saya masih pengangguran. Saya daftar di banyak tempat seperti melamar kerja di BNI Life, tapi Saya gagal. Di lain kesempatan, Saya dan Eko (temen sesama jobseeker) mengunjungi jobfair di Aula Skodam V Brawijaya, bundaran Alun-alun Tugu Malang. Di sini lah Saya mendaftar untuk pekerjaan Call Center 147 Telkom - Infomedia Solusi Humanika.

Sebenernya Saya udah melamar pekerjaan ini melalui email, tapi nggak ada respon, lalu kata mbaknya Saya disarankan daftar lagi melalui stand mereka di jobfair tersebut. Jadi, Saya langsung tulis nama dan nomer hp, selanjutnya akan dihubungi untuk interview. Sedangkan Eko daftar Telemarketing karena pendidikan terakhirnya SMA. Kalo mau daftar Call Center minimal pendidikannya D1.

Awal mula Saya melamar pekerjaan ini karena saran dari Lidya (temen di kantor lama) yang pernah mencicipi pengalaman bekerja di Call Center 147 Telkom di ISH Malang daerah Blimbing, tepatnya bersebelahan dengan Masjid Sabilillah. Katanya, Saya bakalan cocok sama kerjaan ini karena Saya orangnya cheerful dan banyak ngomong, soalnya pekerjaan ini sangat mengandalkan komunikasi. Namanya juga Call Center, sistem kerjanya by phone, nggak keliatan orangnya, yang penting ngomongnya bagus (cepat, tanggap dan solutif), urusan pelanggan beres.

Setelah cerita-cerita dengan Lidya, ternyata dia pernah kerja sebagai Telemarketing (TAM) di ISH, bukan Call Center 147 Telkom. Bedanya, kalo TAM kerjanya menawarkan produk telkom dan sistemnya outbound call (panggilan keluar) ke pelanggan. Sedangkan Call Center kerjanya menampung keluhan, menyampaikan informasi atau meregistrasikan produk sesuai keinginan pelanggan dan sistemnya inbound call (panggilan masuk) dari pelanggan.

Setelah nunggu mungkin sekitar satu mingguan, Eko dapat panggilan interview Telemarketing (TAM) dan lolos langsung training selama satu minggu kemudian mulai kerja. Sedangkan Saya masih nunggu sekitar dua mingguan baru dapat panggilan interview. Saya pikir Saya nggak dapat panggilan, Saya udah pulang kampung ke rumah nenek di Paiton-Probolinggo, niatnya biar hemat nggak keluar uang buat makan. Tapi pas di rumah ternyata Saya dapat sms panggilan interview. Alhamdulillah.



Smsnya di kirim hari Selasa tanggal 31 Juli 2018 jam 15.16 dan interviewnya hari Rabu tanggal 1 Agustus 2018 jam 09.15, bingung dong karena waktunya mepet dan Saya nggak berani naik bis malam. Besoknya auto kelabakan langsung otw malang subuh-subuh dianter adekku motoran.

sms panggilan interview call center 147 telkom - obrolanku.com
Sms panggilan interview

Perjalanan dari Paiton ke Malang ditempuh sekitar tiga jam naik motor, miber disetirin adekku. Sampai di Malang Saya nggak langsung ke Plasa Telkom Blimbing, tapi ke pom bensin dulu buat istirahat - pipis - isi bensin - sarapan roti dan susu - terus ganti baju rapih buat interview. Setelah itu cuss ke Plasa Telkom Blimbing.

Interview berjalan lancar, Alhamdulillah


Jam 9 kurang Saya udah di Plasa Telkom Blimbing, masuk - isi absen - ambil id card pengunjung - lalu langsung ke lantai 6 ketemu sama temen-temen interview yang lain. Saya juga janjian sama Eko yang udah lebih dulu kerja di sana. Kami ngobrol sebentar, setelah itu tiba giliran Saya untuk interview.

Saya dipanggil bersama empat orang lainnya masuk ke ruangan interview di jelasin beberapa hal sama Pak Hendra, HRD Infomedia Solusi Humanika. Setelah itu, Kami di bawa ke ruangan lain yang lebih terbuka dengan beberapa sofa. Di sana dengan mbak "lupa namanya" Kami di interview satu per satu dengan pertanyaan standar interview dan diminta perkenalan singkat pakai bahasa inggris, Saya nggak ada persiapan jadi yaaaa seadanya aja lah hehehe...

Setelah itu, Kami keluar lagi dan menunggu. Setelah interview pertama, tiga dari lima orang yang interview barengan sama Saya mengundurkan diri dan nggak melanjutkan interview, dengan alasan mereka sendiri. Selanjutnya Kami yang sisa dua orang dipanggil lagi untuk psikotest, lalu keluar lagi dan menunggu. Kemudian diumumkan hasil psikotest dan sisanya melanjutkan interview user. Setelah itu, Kami diminta pulang dan menunggu kabar selanjutnya, katanya bakal di sms kalo lolos.

Training Softskill dan Hardskill Call Center 147 Telkom


Sms yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul. Alhamdulillah Saya lolos interview dan sebelum benar-benar bekerja, Saya dan temen-temen satu angkatan di jadwalkan untuk mengikuti training selama sekitar tiga minggu.

sms lolos interview call center 147 telkom - obrolanku.com
Sms panggilan training

Training dilakukan dengan temen satu angkatan yang lolos pada gelombang tersebut, Kami merupakan Batch ke 59. Saya jelasin dulu ya, selama masa training ini Kami nggak dibayar sama sekali. Dan nanti ada sistem gugur juga, tergantung sama perkembangan Kami selama training, layak atau nggak sebagai Call Center 147 Telkom. Di awal interview, mereka (HRD) udah jelasin juga sih dan mempersilahkan Kami mengundurkan diri kalo nggak berkenan sama aturan tersebut.

Jadi, untuk kalian yang pengen coba kerja di sini, Saya sarankan harus bener-bener serius sama trainingnya, intinya santai aja tapi serius belajar ilmunya. Di pertengahan training juga banyak lho temen-temen Saya yang ngilang nggak ngelanjutin training, tapi yaaaa itu pilihan masing-masing.

Training Minggu Pertama,

Di minggu pertama, Kami lebih banyak perkenalan dan ada main game juga biar lebih akrab dengan temen satu batch. Untuk materi awal yang diberikan yaitu mengenai Softskill seorang Call Center. Lalu Kami juga diminta merekam suara Kami masing-masing dengan script yang ada, buat latihan suara dan cara ngomong yang baik.

Training Minggu Kedua,

Kemudian minggu kedua lanjut materi Hardskill yaitu produk-produk Telkom yang perlu dipelajari. Di akhir materi Kami diminta latihan komunikasi bergandengan dengan salah satu temen batch untuk mempraktekkan script antara pelanggan dengan Call Center 147 Telkom.

Training Minggu Ketiga,

Selanjutnya Kami diharapkan udah bisa praktek langsung menghadapi pelanggan. Di awal minggu Kami diajak berkeliling mengunjungi area kerja di lantai 6 dan 7, tempat mbak-mbak Call Center-nya kerja. Kemudian Kami diarahkan untuk tandem sama mbaknya. Tandem itu Kami diajari sama mbaknya langsung di meja kerja mereka dan pakai headset.

Pertama-tama Kami tandem pasif dulu, yaitu ikut mendengarkan dan melihat langsung bagaimana mbaknya bekerja melayani pelanggan. Di sini banyak-banyak lah mencatat. Kemudian tandem aktif, yaitu mencoba melayani pelanggan secara langsung sambil dibimbing mbaknya. Di sini Kami bisa memilih untuk latihan komunikasi dulu dengan bantuan mbaknya yang input data di komputer, atau Kami latihan input data di komputer dulu dengan bantuan mbaknya yang komunikasi dengan pelanggan. Atau kalo udah agak jago bisa langsung coba komunikasi dengan pelanggan sekalian input data, tenang aja dibimbing mbaknya kok.

Masa Inkubasi,

Nah, setelah selesai tandem pasif dan aktifnya, recording atau rekaman Kami selama tandem akan di ambil secara acak dan dinilai. Nanti nilai itu yang menentukan Kami lolos atau nggak. Kalo lolos Kami dijadwalkan untuk masa inkubasi, yaitu melayani pelanggan secara langsung di meja masing-masing, tapi masih dalam pengawasan ketat dari Team Leader (TL).

Masa inkubasi ini berlangsung sekitar delapan hari. Di sini Kami bener-bener trial and error ngadepin pelanggan sendirian, kalo bingung nanya Team Leader dan harus di hold dulu telpon dari pelanggan, kalo holdnya terlalu lama pelanggan bisa marah dan lain-lain. Banyak banget pelajaran di masa inkubasi ini, harus kuat dan lebih kuat lagi. Ada yang nangis gara-gara pelanggan marah-marah ngomong kasar, ada yang ikutan marah kepancing emosi, dan ada juga yang ngilang nggak ngelanjutin masa inkubasi. Padahal sayang banget udah lama ikut training, tapi yaaaa kembali lagi itu pilihan masing-masing.


Welcome to the Club!


Setelah sekitar delapan hari masa inkubasi, recording atau rekaman Kami dinilai kembali dan tadaaaa, Welcome to the Club!

Kami yang berhasil lolos masa inkubasi langsung dapat jadwal kerja barengan sama mbak-mbak Call Center yang lainnya. Sedangkan yang belum lolos lanjut masa inkubasi dan masih dipertimbangkan. Di sini Kami yang lolos diharapkan udah bisa mandiri dan nggak banyak tanya. Fighting!

Itu lah pengalaman melamar kerja Call Center 147 Telkom di ISH - Infomedia Solusi Humanika yang Saya lalui sampai akhirnya diterima dan bekerja di sana.

Selama bekerja di Tekom Malang, Saya juga menjadi freelance copywriter yang sudah Saya jalani sejak kuliah. Blog ini juga salah satu pengembangan skill Saya di dunia copywriting dan blogger. Dalam hal ni Saya juga perlu belajr banyak hal tentang Optimasi SEO supaya blog bisa berkembang.

Menurut Saya pekerjaan Call Center 147 Telkom di ISH sangat cocok untuk pemula atau fresh graduate dari segala jurusan yang pengen cari pengalaman kerja, sebelum akhirnya menemukan pekerjaan impian mereka atau tetap bertahan berkarir di dunia Call Center. Semua terserah dengan pilihan masing-masing, yang penting nyaman dan nggak ganggu ibadah.

Terimakasih, semoga bermanfaat cerita-cerita kali ini. Aamiin. Jangan lupa baca pengalaman melamar kerja yang lainnya ya...

41 Komentar

  1. Mbak maaf nih mau nanya.
    Denger2, apakah bener gaji yang dikeluarkan menunggu setelah 3 bulan kerja dulu? Atau setelah lolos inkubasi langsung dikasih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat aku langsung kok, setelah inkubasi dan dinyatakan lolos nanti langsung kerja dan bulan itu juga dpt gaji sesuai aturan perusahaan

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Halo mba, ini kan termasuk outsourcing ya? Kalo boleh tau mba ditempatin dimana dan gajinya berapa ya? Krn denger2 gapoknya kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu daftarnya di malang dan ditempatinnya juga disitu. untuk gapok sesuai UMR sih, dan waktu itu ngikut kabupaten yang UMR nya lebih gede dikit dari kota. bisa lebih banyak lagi sama bonus2nya, klo udah naik jadi agent komplain bisa dua kali lipat dari gapok yg penting kerjanya bener hehe

      Hapus
  3. Terimakasih, informasinya sangat membantu. Saya baru selesai online test menjadi IBC Agent Bandung. Doakan semoga berhasil ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah selamat ya.. semoga lanjut terus sampek di terima aamiin

      Hapus
  4. kak mau tanya, kakak ikut ikut dibawah infomedia kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, agent 147 itu di bawah ISH (Infomedia Suolusi Humanika), anak perusahaan/outsourcing nya Telkom

      Hapus
  5. Kak, mau tanya kalo di interview user itu apa aja sih yg ditanyain? Trus minta reviewnya boleh gak kak selama kakak kerja disana gimana budaya perusahan yg kakak rasakan trus kakak masih kerja disana ato udh resign kah? Maaf ya kak banyak nanya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. interview user lebih ke profesional kerjanya sih, klo saya diminta show off sebagai call center dan dikasi text. saya di ISH malang, kerjanya disiplin, beberapa mungkin ada yg gasuka sama peraturannya, bahkan ga boleh bawa hp di meja kantor. saya sdh resign kak, pulang kampung hehe

      Hapus
  6. Kak ada batasan tinggi badan ndak terus pas ditanya interview pakek bahasa inggris itu cuman perkenalannya ajakah atau gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat saya gak ada batasan tinggi badan untuk CC147. interview pertama cuma perkenalan, interview user juga ada pertanyaan bhs inggris seputar jurusan, aktivitas, minat dll. mudah dimengerti kok.

      Hapus
  7. hallo kak untuk training jamnya dimulai dr jam brp sampe jam brp ya? dan apakah ada posttest disetiap akhir tahapan training?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya dulu di telkom malang dari pagi sampe sore, kalo post test itu adanya pas udah kerja

      Hapus
  8. Kak mau sharing ini ..
    Aku dpt blasan job by email dari pt telkom 147 mlang untuk mengirimkan berkas2 yg lbih spesifik .
    Biar tau ini emailnya bukan penipuan apa ada saran ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Email 147 malang : ish.infomedia.malang@gmail.com

      Hapus
  9. kak, saya mau tanya.. saya juga dapet email dari loker147smg@gmail.com itu email asli bukan yaa ka? kalo saya panggilannya di Semarang. Tolong bantu jawab yaa kak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di semarang saya gatau ya.. Tp km bisa liat di brosur nya, tanya ke cp yg tertera, cek website resmi, tanya mbak-mbak sales indihome, atau langsung ke kantor nya jg lebih baik. Biasanya lebih cepet proses nya

      Hapus
  10. Kak mau tanya, selama training
    kos disana berati ya?

    BalasHapus
  11. Pertanyaan pas waktu interview pake bahasa Inggris di waktu pertanyaan apa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama pas perkenalan, kedua pas interview user/interview lanjutan.. nanya seputar jurusan apa? hobi dan minat? kegiatan apa yg sedang dilakukan? basa basi aja sih,

      Hapus
  12. Halo kak. Mau tanya, kalo sistem kerjanya apakah sifting? Terus liburnya gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kerjanya shifting, liburny bisa weekday bisa weekend tergantung shift, tapi bisa tuker shift sama temen kok

      Hapus
  13. Kak mau nanya maaf untuk bagian Call center gajinya tiap bulan? Atau call center itu ada targetnya juga seperti marketing

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistem gajinya setiap bulan kak dan tidak ada target seperti marketing

      Hapus
  14. Hallo kak, thank you for sharing! Btw, psikotestnya itu seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak semoga bermanfaat. untuk tesnya sama seperti psikotest pada umumnya, ada matematika dasar, tes menyatukan gambar dll. selebihnya bisa gugling ya kak

      Hapus
  15. kak mau tanya, bekerja di telkom itu ada masa kontrak gak? apa bisa keluar misal 3 bulan kerja keluar gitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya di telkom kontrak 6 bulan kak, kalau keluar sebelum masa kontrak habis biasanya kena sanksi sesuai perjanjian di kontrak tersebut, tapi tidak semua bisa disamakan ya tergantung aturan masing cabang

      Hapus
  16. Kak mau tnya kalau lolos ke tahap traning kita itu mash seperti tes psikotes berrti kak, ada yang gagal terus gugur gitu apa tidak kak ,apa kita ditraning sampai benar jadi profesional standar perusahaan gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah training kita ada penilaian gitu, bisa lolos bisa tidak kak

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  18. Hello kak. Mau tanya apasaja yang harus dipelajari dan tips agar lolos masa inkubasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyakin latihan komunikasi, selengkapnya cek disini : https://www.obrolanku.com/2019/01/tips-agar-lolos-training-call-center.html

      Hapus
  19. Kak saya mau tnyk,,klau waktu training itu hari senin sampai mnggu atau sampai sabtu ya kak??dan itu emng bner2 gk dbyar ya kak? Kyak uang transport atau uang mkannya gk ada ya kak ?makasih kak ��

    BalasHapus
  20. Sharing seputar inter user dong kk... apa aja pertanyaannya?

    BalasHapus
  21. Hi kak, mau nanya dong apa benar setelah masa training kita akan jd karyawan parttime selama setahun dg gaji dibawah UMR?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama