4 Tips Menata Lemari Pakaian agar Sempurna

How To Create Your Perfect Classic Wardrobe by COCOBEAUTEA – Kali ini Obrolanku bakal ngomongin tentang tips menata lemari pakaian biar perfect alias sempurna. Sempurna dalam hal ini yaitu bisa memudahkan Kamu dalam memilih atau mencari pakaian yang akan dikenakan.

cara menata lemari agar lebih sempurna

Seperti yang Kita tahu, memilih baju merupakan kegiatan yang cukup menguras tenaga, pikiran dan waktu. Bahkan, Kita bisa berjam-jam di depan lemari ngeliatin baju dan masih bingung mau pakai baju yang mana, iya kan, Kalian gitu juga kan? 

Jadi, di sini Kita akan menjelaskan gimana caranya agar lemari pakaian Kamu bisa timeless, effortless dan sesuai dengan style Kamu sehingga bisa dipakai berulang-ulang tapi nggak bosan.  

How To Create Your Perfect Classic Wardrobe

Tips ini Saya rangkum dari kanal Youtube COCOBEAUTEA yang emang suka bahas tentang fashion dan tips seputar fashion itu sendiri. Berikut ini tips menata lemari pakaian yang bisa Kamu coba di rumah.

1. Membuat Daftar Keinginan

Untuk menciptakan atau menata lemari pakaian yang sempurna, Kamu harus bisa investasi baju yang tepat dan jadi smart buyer atau pembeli yang cerdas. Jadi, nggak semua model baju harus Kamu beli ya dan nggak semua baju yang lagi tren itu keren. 

Pertama, Kamu buat dulu semacam wishlists atau daftar keinginan yang isinya tentang baju apa aja yang Kamu pengen termasuk celana, skirt, scarf dan lain-lain. Setelah itu, buat urutan dari yang paling diinginkan sampai yang gak begitu diinginkan, pertimbangkan juga kebutuhan atau keperluan Kamu saat itu. 

Dari situ aja, Kamu udah bisa menentukan baju mana yang worth it untuk dibeli. Jadi, pas ke toko baju juga lebih enak bisa pilih baju yang sesuai sama daftar keinginan biar nggak menyesal belakangan. Kebanyakan cewek-cewek tuh suka belanja karena ada diskon atau modelnya lucu dan lain-lain. Setelah di rumah, baru deh nyesel, ‘ngapain ya tadi aku beli ini? Kayaknya gak butuh-butuh amat’.

2. Cari Inspirasi

Tips kedua yang bisa Kamu lakukan untuk menata lemari pakaian yaitu mencari inspirasi style yang cocok. Kamu bisa menggunakan platform Pinterest, Instagram dan lain sebagainya yang menyediakan berbagai macam informasi tentang fashion and everything. 

Dengan begitu, Kamu bisa mencari style mana yang paling cocok untuk Kamu. Ada banyak banget style dan fashion yang bisa Kamu mix and match dari berbagai platform di internet.

3. Decluttering or Clear Out

Selanjutnya, tips yang lagi tren belakangan ini yaitu decluttering atau merapikan lemari pakaian. Dalam hal ini Kamu perlu membersihkan lemari dari barang-barang yang tidak diperlukan. Pasti banyak banget tuh baju-baju yang bertengger di lemari Kamu dan udah lama banget nggak dipakai. 

Daripada cuma memenuhi lemari dan kelihatannya jadi nggak bagus alias nggak estetis mendingan di keluarin aja. Baju-baju tersebut bisa Kamu kasih ke orang lain, dijual lagi (preloved) atau disumbangkan.

4. Penuhi Kebutuhanmu

Tetapi jangan lupa, Kamu harus memenuhi kebutuhan utama atau essentials yang wajib ada di lemari. Fashion esensial yang bisa Kamu pilih yaitu yang cocok digunakan dengan item fashion apapun dan cocok dikenakan kapan pun. 

Setelah itu, baru Kamu bisa menata lemari pakaian dan menambahkan item fashion lainnya. Nah, berikut ini beberapa item fashion yang esensial banget menurut COCOABEATEA.

>> Trench Coat : sangat dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari dan cocok dikenakan dengan item fashion apa saja

>> Turtleneck : sangat simpel namun tetap cantik saat dikenakan, juga bisa digabungkan dengan berbagai item fashion lainnya

>> White Tee : salah satu item fashion yang wajib dimiliki semua orang karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan

>> Blue Jeans : bisa digunakan dengan baju dan style apa saja dan tidak pernah ketinggalan zaman, bisa digunakan kapan pun

>> Staple Bag : tas klasik yang juga bisa digunakan untuk berbagai macam style, tidak terlalu kecil atau terlalu besar

>> Basic Shoes : pilih dua sampai tiga sepatu yang sangat Kamu butuhkan dan nyaman digunakan seperti sepatu kets putih dan high heels hitam

>> Kemeja: kemeja bisa jadi salah satu item fashion yang bisa dipakai lama karena tidak akan ketinggalan zaman, baik kemeja garis/stripe atau polos

>> Dressy Pieces : miliki juga baju, celana atau skirt yang terlihat lebih feminin dengan model plisket atau rumbai yang lebih flowy

>> Prints : pants atau celana printing dengan motif garis/stripes bisa jadi item fashion yang long last dan cocok dengan item fashion lainnya

>> Sunglasses : penting juga memiliki aksesoris andalan untuk membuat tampilan Kamu lebih sempurna seperti kacamata, gelang, scarf dan lainnya

>> Staple Coat : bagi yang suka coat bisa koleksi lebih banyak sekitar 2-3 coat yang bisa digunakan sepanjang tahun

Nah, itulah beberapa tips menata lemari pakaian biar lebih sempurna dan nggak bikin ribet atau kelamaan pilih-pilih baju. Untuk menata lemari pakaian Kamu menjadi lebih sempurna, lebih baik penuhi dulu kebutuhan atau keperluan yang digunakan sehari-hari. 

Kebutuhan pakaian setiap orang tentu berbeda-beda tergantung pekerjaan mereka, aktivitas sehari-hari, lingkungan pertemanan, cuaca/iklim/musim dan lain sebagainya. Saran dari Saya, lebih baik purchase pakaian dengan harga yang sedikit lebih mahal tetapi bisa long last. 

Tapi balik lagi sama selera masing-masing sih, kalau Kamu lebih suka gonta-ganti fashion bisa beli pakaian yang harganya lebih murah biar nggak rugi tiap bulan beli baju hehehe. Atau bisa juga pakai metode preloved biar dapat pemasukan untuk beli baju baru lainnya. Semoga tips kali ini bisa bermanfaat untuk Kalian semua ya...

 

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=4LklRx9gpRU

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama