5 Teknik Foto Produk dengan HP Bikin Jualan Makin Laris

Beberapa tahun belakangan ini banyak pebisnis baru yang mulai mengepakkan sayapnya guna memperbaiki kondisi ekonomi yang sempat menurun selama pandemi berlangsung. Namun menjadi pebisnis pemula juga tidak mudah.

foto produk

Salah satu kesulitan yang dihadapi adalah promosi online melalui media digital. Konten digital sangat penting untuk mendongkrak bisnis sehingga bisa berkembang dan menghasilkan untung besar. Lalu bagaimana caranya supaya bisnis bisa sukses meraup untung miliaran rupiah hanya dengan konten digital?

Tips Raup Milyaran Rupiah dari Konten Digital

Pada kenyataannya, tak banyak dari pebisnis pemula yang paham tentang bagaimana cara membuat konten digital yang dapat menghasilkan miliaran rupiah untuk bisnis mereka. Apalagi di luaran sana banyak kompetitor yang profesional dan bisnisnya sudah cukup besar.

Nah, beberapa waktu lalu Aku ikut webinar ‘Indscript Creative bersama FPK - Foto Produk Katalog’ bareng Kak Sarah Malik sebagai Pembicara. Kak Sarah adalah praktisi digital marketing dan merupakan founder FPK (Foto Produk Katalog). FPK sendiri merupakan penyedia jasa foto produk meliputi fotografi dan videografi untuk pembuatan konten bisnis yang dibutuhkan oleh pengusaha seperti online shop dan lain-lain.

Sarah Malik

Belajar dari Kak Sarah yang sudah berpengalaman, berikut tips bisnis untuk pemula dengan memaksimalkan konten digital di media sosial.

>> Percantik Akun Media Sosial

Saat ini jamannya digital, jadi bisnis apapun sebaiknya dipromosikan lewat media sosial atau marketplace seperti Shopee, Lazada dan lain-lain. Nah, untuk menarik perhatian calon pembeli maka media sosial bisnis Kamu harus terlihat lebih fresh, up to date dan eye catching. Itulah sebabnya Kamu perlu menguasai teknik foto produk dengan HP.

>> Tingkatkan Kualitas Konten Digital   

Meski masih pemula di bidang bisnis, Kamu tidak perlu ragu atau malu. Tingkatkan terus kualitas konten digital yang Kamu posting di media sosial. Untuk membuat foto produk berkualitas, cari inspirasi di google atau instagram FPK menggunakan kata kunci atau hashtag sesuai kebutuhanmu. Dari sana Kamu akan menemukan banyak ide cemerlang untuk mulai mencoba foto produkmu sendiri.

>> Terapkan Metode ATMM

Untuk membuat konten atau foto produk Kamu bisa menerapkan metode ATMM (Amati, Tiru, Modifikasi, Metamorfosis). Tidak perlu pusing membuat konten yang benar-benar baru atau beda dari yang lain. Cari saja inspirasi dari yang sudah ada, amati dengan teliti, tiru kontennya, modifikasi konsepnya, lalu lakukan metaforfosis atau pembaruan sehingga konten Kamu menjadi lebih unik.

>> Lakukan Sekarang, Jangan Ditunda

Lalu satu lagi, jika sudah dapat ide maka lakukan sekarang dan jangan ditunda. Lakukan tanpa tapi, tanpa nanti. Karena biasanya penyakit Kita itu suka banyak ide tapi gak dijalankan, akhirnya lupa dan gak jadi konten deh. Sayang sekali idenya terbuang sia-sia.

Padahal, jika Kamu rutin melakukan foto produk maka lama-kelamaan skill akan meningkat dan konten foto pun semakin berkualitas. Teknik foto produk dengan HP untuk menghasilkan foto bagus dan berkualitas seperti profesional.

5 Tips Memotret Barang Dagangan ala Kak Sarah Malik

jasa foto produk

Lanjut membahas tentang teknik foto produk. Kak Sarah juga berbagi beberapa tips memotret produk untuk menghasilkan foto berkualitas yang dapat memikat calon pembeli. Berikut ini tipsnya.

  1. Tentukan tema foto produk, cari inspirasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan ide yang bagus
  2. Persiapkan produk dengan baik, misalnya produk baju maka perlu disetrika dulu supaya lebih proper dan terlihat berkualitas
  3. Setting tempat di area yang mendapatkan cahaya matahari seperti di sebelah jendela rumah Kamu
  4. Tambahkan properti pendukung, bisa menggunakan barang yang ada seperti kain polos atau gorden, tanaman hias dan lain-lain
  5. Lakukan sesi foto dari banyak angle untuk mendapatkan hasil foto terbaik

Visual yang Menarik Akan Meningkatkan Penjualan Produk

Kenapa foto produk menjadi sangat penting untuk bisnis Kamu? Hal ini karena visual yang menarik akan lebih banyak disukai oleh calon pembeli sehingga akhirnya melakukan pembelian. Foto produk bisa bermacam-macam seperti foto skincare, foto baju, foto produk hijab, maupun foto produk lainnya. Itulah mengapa Kamu harus menguasai teknik foto produk untuk membuat konten digital berkualitas.

Hasil jepretan tersebut nantinya bisa diposting di Instagram, TikTok, Facebook, WhatsApp dan media digital lainnya. jangan lupa juga untuk memperhatikan target market bisnis Kamu ya. misalnya untuk target market anak muda biasanya lebih suka menggunakan media sosial TikTok atau Instagram.

Jika tampilan atau visual media sosial bisnismu berhasil menarik perhatian calon pembeli, maka penjualan produk pun akan meningkat. Tinggal tunggu saja sampai keuntungan bisnis Kamu mencapai miliaran rupiah.


17 Komentar

  1. Hape bisa dipake untuk menghasil foto dan cuan. Wah, terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Wah ini Kak Sarah Malik fotonya keren ya. Dapat tips baru termasuk ATMM akutuu..selama ini fotoku begitu melulu padahal kalau mau belajar tekniknya bisa sekeren foto produk di jualan online. Makasih sharing hasil webinar bertema ketjeee ini, Kak)

    BalasHapus
  3. Dapat banget nih ilmunya bagaimana tehnik me-foto produk jualan dari HP. Aku pikir dari HP hasil foto tidak akan bagus. Ternyata oke ya yang penting kita tahu tehniknya
    Salam:Dennise Sihombing

    BalasHapus
  4. setuju banget, selama ini kalo cari produk di marketplace, foto produk yang bagus sangat membantu
    akhirnya produk yang dipilih adalah produk yang fotonya bagus
    Imagenya juga beda, penjual dengan foto yang memperhatikan kebutuhan konsumen, nampak lebih profesional dibanding yang asal2an upload foto

    BalasHapus
  5. Yess, saya tim belajar moto pake hp nih tapi ngga pinter2, hiks.

    Padahal teori2 dan teknik2nya udah dilakukan tapi menurutku hasilnya tetep belum bisa dibilang bagus atau estetik.

    Ntah ngga ada bakat atau memang belum maksimal belajarnya...

    BalasHapus
  6. 5 teknik memotret memberikan peluang strategi hasil maksimal, menambah khasanah dan strategi pemotretan.

    BalasHapus
  7. Setuju nih buat pelaku usaha belajar teteng teknik foto produk untuk jualan online penting banget ya supaya menarik minat pembeli dan bisa bersaing dengan kompetitor ya

    BalasHapus
  8. Foto produk makin mudah, produk makin laris ya, kak. Teknik yangtepat akan menghasilkan image yang luarbiasa. Untuk profuk saya biasa gunakan flatlay, atau kadang dengan eye level

    BalasHapus
  9. Visual yang menarik menjadi salah satu daya tarik berjualan on line. Melihat tampilan produk kita yang berkualitas, customer tentunya akan lebih menyukai apa yang ditawarkan. Jadi belajar product photography tuh menurut saya penting banget. Apalagi semua sekarang bergerak dalam dunia digital

    BalasHapus
  10. Iya banget yaa..
    Biasanya foto yang clean dan menarik dengan warna-warna cerah bisa memberikan afeksi yang baik untuk pengguna sosmed. Perlu sekali belajar fotografi agar paling tidak memahami tekniknya sehingga terus berlatih agar mendapatkan hasil foto produk yang menarik.

    BalasHapus
  11. dari dulu salut banget sama online shop yg bisa buat feed mereka makin estetik.. tentunya ada cara dan triknya yaa

    BalasHapus
  12. Susah juga belajar foto pakai HP. Kelihatannya mudah, tapi ternyata susah di aku. Butuh praktek dan konsisten. Eh hasilnya bisa ngalahin kamera DSLR loh. Keren kalau udah tahu tekniknya

    BalasHapus
  13. Bener banget ini. Cuma masalahnya, sering berhadapan dengan males ngulik haha.. Tapi tahun ini mesti menyeriusi lapak sih. Sepertinya hukumnya wajib untuk mempraktekkan ini.

    BalasHapus
  14. Tipsnya keren Mbak, bisa jadi referensi tambahan nih buat usaha sampingan, pasti bisa menaikkan keuntungan nih.

    BalasHapus
  15. Trimakasih tips-tips nya
    Kadang kala memang harus mengeksplor berbagai angel supaya dapat hasil foto yg bagus.

    Apalagi yang gak punya basic skill fitografi

    BalasHapus
  16. wah istilah baru nih buat saya ATMM, kenalnya selama ini cuma ATM. Ternyata nggak cukup sampai memodifikasi aja ya, tapi harus bisa sampai metamorfosis juga supaya hasil konten kita makin ciamik

    BalasHapus
  17. Foto yg menarik memang bikin orang jadi melirik sebelum akhirnya tertatik

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama