5 Hal Penting yang Harus Dipahami Sebelum Membuat Website

Melihat perkembangan kemajuan teknologi, keberadaan website kini bukan lagi sebuah kebutuhan personal tetapi juga dibutuhkan bagi para pelaku usaha atau bisnis. Bagaimana tidak, fungsi website itu sendiri bisa menjadi senjata marketing yang bagus untuk meningkatkan brand awareness.

Tak heran jika belakangan ini banyak perusahaan yang mulai membuat website. Untuk membuat website yang profesional tentu harus paham dulu istilah-istilah dalam pembuatan website itu sendiri. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website? Berikut penjelasan singkatnya.

email hosting Indonesia

Pahami 5 Hal Penting dalam Membuat Website

Website adalah kumpulan halaman-halaman situs di dalam domain atau subdomain yang terdapat dalam Word Wide Web (WWW) di internet. Dengan adanya internet dan website, informasi dari seluruh penjuru dunia bisa ditemukan dengan mudah oleh pencari informasi.

Selain perusahaan, website juga bisa dibuat oleh perorangan baik untuk kebutuhan personal atau bisnis. Nah, sebelum membuat website sebaiknya ketahui dulu apa aja sih istilah-istilah dalam pembuatan website yang perlu dipahami.

1. Domain

Domain adalah nama website atau alamat website yang diakhiri dengan ekstensi seperti .com, .co.id, dan lain-lain. Domain atau nama domain diperlukan untuk membuka website di mesin pencari seperti Google. Dalam pembuatan atau pemilihan nama domain sebaiknya yang singkat dan mudah diingat. Tujuannya untuk memudahkan pembaca atau pengunjung untuk mencari website tersebut.

Dalam dunia website, nama domain tidak boleh sama dengan website lain. Jadi bisa di cek terlebih dahulu secara mandiri melalui layanan web hosting. Jika nama domain dan ekstensi yang diinginkan tersedia, maka bisa membelinya melalui layanan web hosting terpercaya seperti DomaiNesia.

2. Hosting

Hosting adalah layanan penyimpanan untuk menyimpan file, gambar, video maupun data-data yang ada pada website. Untuk menggunakan layanan hosting, Kamu perlu menyewa atau membelinya, bisa dalam kurun waktu bulanan atau tahunan. Semakin besar kapasitas hosting, maka akan semakin besar pula biaya yang dibutuhkan.

Ada beberapa jenis hosting yang perlu diketahui sebelum membuat website, antara lain:

>> Shared Hosting : hosting yang digunakan bersama atau lebih dari satu website, namun biayanya jadi lebih murah

>> VPS Hosting : Virtual Private Server masih memungkinkan untuk berbagi server dengan website lain, namun jumlah website lebih sedikit  

>> Cloud Hosting : hosting terbaru yang lebih hemat dan bekerja maksimal dengan mengoptimalkan kinerja server sehingga performa website lebih stabil

3. CMS

CMS atau Content Management System adalah sebuah aplikasi yang bisa mengatur dan mengelola konten pada website. Kamu perlu memilih CMS yang tepat sebelum membuat website itu sendiri. Beberapa jenis CMS yang banyak digunakan antara lain WordPress, Joomla, Wix hingga BlogSpot/Blogger.

Keberadaan CMS akan menentukan bagaimana tampilan website Kamu mulai dari desain, komposisi warna, navigasi, hingga peletakan teks, gambar maupun video. Namun, dalam pembuatan website jangan hanya memenuhi keinginanmu saja, tetapi lihat juga dari kebutuhan pembaca/pengunjung website. Buatlah website yang disukai dan memudahkan pembaca dalam mencari informasi.

4. SSL

Selanjutnya yang tak kalah penting dalam website adalah sertifikat SSL, yaitu teknologi keamanan standar dalam mendirikan link yang aman dan terenkripsi. SSL atau Secure Socket Layer merupakan komponen penting yang harus dimiliki untuk keamanan website. Fungsinya meliputi sistem keamanan data pribadi, transfer data dan login, transaksi kartu kredit, dan berbagai jenis data sensitif lainnya.

Website yang sudah memiliki sertifikat SSL alamatnya akan berubah menjadi HTTPS. Saking pentingnya, website yang tidak memiliki sertifikat SLL akan dinyatakan ‘not secure’ oleh Google Chrome. Oleh sebab itu website Kamu juga harus SSL. Ada banyak sekali SSL certificate Indonesia yang bisa dibeli di web hosting terbaik seperti DomaiNesia.

5. Email Hosting

Apa itu email hosting? Email hosting adalah layanan penyimpanan email yang memungkinkan Kamu untuk membuat email perusahaan khusus dengan nama domain sendiri. Dengan menggunakan email hosting, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Email hosting juga bisa diakses melalui berbagai perangkat seperti laptop, komputer, handphone, maupun tablet. Sama seperti domain dan hosting, ada berbagai jenis paket email hosting Indonesia yang bisa dibeli untuk kebutuhan Kamu.

Pilih Penyedia Layanan Web Hosting Terbaik: DomaiNesia

Memiliki website sangatlah penting bagi perusahaan maupun personal untuk meningkatkan brand awareness maupun personal branding. Apalagi jika Kamu memiliki bisnis atau usaha atau bekerja di industri kreatif.

Selain memahami bagaimana cara membuat website itu sendiri, penting juga untuk mengetahui 5 hal di atas sebelum membuat website. Dengan begitu, pembuatan website akan lebih optimal begitu juga pengelolaan website bisa lebih maksimal dengan berbagai layanan web hosting terbaik.

DomaiNesia adalah salah satu perusahaan hosting terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan website seperti hosting, domain, sertifikat SSL, email hosting dan lain sebagainya. Ada berbagai pilihan paket layanan yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan Kamu.


2 Komentar

  1. Bisa jadi info untuk membuat website baru.Sangat membantu sekali, terima kasih.

    BalasHapus
  2. Wah ternyata bnyak sekali istilah dalam website. Terimakasih infonya mbak, sebagai pengetahuan yang luar biasa

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama