Daftar Venture Capital Indonesia yang Memiliki Saham Startup Unicorn

Pada dasarnya, bisnis venture capital ini sudah berusia puluhan tahun. Seiring dengan berjalannya waktu, khususnya saat memasuki era digital, cukup banyak perusahaan top venture capital in Southeast Asia yang bermunculan. Bahkan, perusahaan venture capital itu kini sudah ada di Indonesia dan mampu memberikan modal pada pengusaha startup.

saham startup unicorn Indonesia

Keberadaan perusahaan top venture capital in Southeast Asia berhasil membantu para pengusaha startup berkembang begitu pesat. Bahkan para investor dari venture capital ini telah mengucurkan modal bagi beragam startup. Lebih khususnya adalah untuk perusahaan yang bervaluasi di atas US$ 1 Miliar. Hal itulah yang disebut dengan unicorn.

6 Venture Capital di Indonesia

Untuk mengetahui apa saja perusahaan venture capital Indonesia yang mempunyai Saham di startup Unicorn, simak ulasannya di bawah ini.

1. Alpha JWC Ventures

Top venture capital in Southeast Asia yang pertama adalah Alpha JWC. Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita boleh berbangga diri. Sebab, Alpha JWC ini merupakan perusahaan modal ventura yang didirikan oleh orang Indonesia. Nama-namanya antara lain Chandra Tjan dan Jefrey Joe yang berkolaborasi dengan Will Ongkowidjaja.

Alpha JWC Ventures juga merupakan perusahaan modal ventura independen dan institusional pertama yang ada di Indonesia. Perusahaan venture capital ini didirikan pada awal tahun 2015 yang lalu. Saat memasuki tahun 2016, Alpha JWC meluncurkan dana pertamanya sebesar US$ 50 juta.

Dana kedua Alpha JWC diumumkan pada 2019. Pendanaan tersebut bernilai total US$ 123 juta dan didukung oleh mitra terbatas dari Asia, Amerika Serikat, dan juga Eropa. Pada tahun 2021, Alpha JWC Ventures meluncurkan pendanaan ketiganya yang senilai US$ 433 juta. Jumlah tersebut sudah mengamankan tempatnya sebagai top venture capital in Southeast Asia  yang menargetkan perusahaan tahap awal.

Beberapa nama perusahaan yang menerima pendanaan dari Alpha JWC antara lain Ajaib, Carro, Finaccel, Kopi Kenangan, Lemonilo, Gudangada, dan masih banyak lagi.

2. 500 Startups

Jika sebelumnya ada Alpha JWC, maka pada poin selanjutnya ada 500 startups. Perusahaan ini juga merupakan ventures capital Indonesia yang cukup dikenal di dunia investasi internasional. 500 Startups mulai berinvestasi pada tahun 2013 yang lalu.

500 Startups akan memberikan pendanaan dari tahap seed fungsinya hingga pada jenis Seri D. Terdapat beberapa startup Indonesia yang mendapatkan modal investasi dari 500 Startups ini. Salah satu startup unicorn yang mendapatkan dana dari 500 Startups adalah Bukalapak. Bukalapak sendiri adalah salah satu perusahaan e-commerce awal yang dimiliki oleh Indonesia.

3. East Ventures

Selanjutnya ada East Ventures yang juga termasuk salah satu top venture capital in Southeast Asia. Perusahaan ini memiliki deretan portofolio yang cukup beragam. Venture Capital satu ini mengklaim sebagai perintis aktivitas investasi modal ventura startup di Indonesia.

Telah berdiri sejak 2009, East Ventures kini melakukan investasi multi-tahap. Jenis tahapan itu termasuk tahap terawal (seed) dan pertumbuhan. Perusahaan ini telah memiliki saham sekitar 200 perusahaan di Asia Tenggara dan Jepang. Namun, fokus utama East Ventures adalah startup yang didirikan atau memiliki pasar utama di Indonesia.

East Ventures adalah investor institusi pertama di dua unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia dan Traveloka. Selain itu, East Ventures adalah investor awal di Xendit sejak mereka mulai beroperasi pada tahun 2015. Perusahaan lain yang menerima dana East Ventures antara lain Waresix, Stockbit/Bibit, Mekari, dan KoinWorks.

4. Intudo Ventures

Nama Intudo Ventures mungkin kurang dikenal dibandingkan dua nama sebelumnya. Meskipun begitu, perusahaan ini tetap penyumbang beberapa pengusaha unicorn di Indonesia. Intudo Ventures  adalah perusahaan modal ventura independen yang khusus di Indonesia. Venture Capital ini berinvestasi di berbagai perusahaan lokal Indonesia dengan besaran investasi mencapai US$1 juta-US$20 juta.

Fokus utama investasi Intudo Ventures adalah mendukung profesional asal Indonesia yang berkarier atau sekolah di negeri lain. Nantinya, profesional tersebut memutuskan untuk merintis bisnis di tanah air. Para founder perusahaan ini juga disebut sebagai Sea Turtle.

Perusahaan berstatus unicorn yang sahamnya pernah dimiliki oleh Intudo adalah Xendit. Selain itu, Intudo juga merupakan investor dari Halodoc, PasarPolis, dan TaniHub yang kerap dikelompokkan sebagai soonicorn atau startup yang valuasinya mendekati unicorn.

5. Mandiri Capital

Diantara perusahaan yang disebutkan, Mandiri Capital Indonesia (MCI) ini merupakan yang paling unik. Sebab, asal usul perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Bank Mandiri. Venture capital ini bergerak di bidang Corporate Venture Capital (CVC) yang melakukan investasi dan kolaborasi dengan perusahaan teknologi.

MCI sendiri berfokus pada pembiayaan kepada teknologi finansial dengan target menjembatani perusahaan teknologi pada Bank Mandiri. Perusahaan ini juga menanamkan modal pada startup kenamaan tanah air seperti GoTo dan Bukalapak. Selain itu, ada juga nama startup bervalusi besar seperti Investree, Koin Works serta Amartha.

6. MD Ventures                                    

Terakhir ada MDI Ventures yang juga termasuk salah satu top venture capital in Southeast Asia. MD Ventures cukup perhatian pada perusahaan rintisan tahap awal dan juga menengah di kawasan Asia Tenggara hingga global.

Perusahaan ini bertujuan untuk memaksimalkan nilai portofolio VC pada Telkom Group, memberdayakan pertumbuhan kewirausahaan digital, dan juga dapat membantu pembangunan ekosistem startup di kawasan tersebut.

Perusahaan unicorn yang sahamnya pernah dimiliki oleh MDI Ventures adalah CodaPay dan NIUM. Nama-nama startup seperti Aruna, Sicepat, Privyid, Zenius dan Alodokter juga masuk dalam portofolio MDI juga. Selain itu, MDI Ventures telah membawa Run System dari bisnis rintisan menjadi sebuah perusahaan terbuka yang sahamnya diperdagangkan melalui Bursa Efek Indonesia.

Demikian daftar venture capital indonesia yang memiliki saham startup unicorn. Semoga informasi ini bermanfaat. 

1 Komentar

  1. Wow! Bahkan Indonesia punya 6 Venture Capital, hebbbaaat! Ini sih memang jadi solusi bagi startup yg punya viai misi baik ke depannya.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama