Bagaimana Cara Mempercepat Loading Website? Ini Dia Tipsnya!

Menurut sebuah penelitian, lebih dari 50% pengunjung website akan meninggalkan sebuah website apabila butuh waktu lebih dari 3 detik untuk membukanyaOleh sebab itu, pastikan website yang kamu kelola memiliki kecepatan loading di bawah 3 detik. Bahkan akan lebih baik lagi jika bisa lebih cepat lagi.

Bagaimana Cara Membuat Website Lebih Cepat? Ini Tutorialnya

Kecepatan sebuah website akan sangat berpengaruh terhadap traffic, karena sebagian besar pengguna internet tidak akan membuang waktunya untuk menunggu website yang memiliki loading lama. Oleh karena itu pastikan website yang kamu kelola sudah menggunakan VPS hosting agar memiliki loading yang cepat.

Cara Mempercepat Loading Website/Blog

Lantas bagaimana tutorial cara membuat website lebih cepat?

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai bagaimana cara membuat website lebih cepat, Yuk, ketahui dulu beberapa alasan mengapa penting sekali mempercepat loading website di bawah ini.

Pentingnya Mempercepat Loading Website

Dengan canggihnya teknologi, masyarakat menginginkan semua hal serba cepat. Begitu pula dengan kebutuhan informasi yang didapatkan dari internet melalui website atau blog. Itulah sebabnya pemilik website/blog perlu memperhatikan kecepatan loading website mereka. 

Selain itu, alasan mengapa penting mempercepat loading sebuah website karena konsumen akan merasa tidak puas jika website yang kamu miliki loadingnya berat.

Website yang lambat juga akan merusak kredibilitas bisnis yang kamu jalankan dan membuat konsumen merasa kecewa. Sehingga hal ini akan mempersulit kamu dalam memasarkan produk.

Dalam menentukan perangkingan, google juga sangat memperhitungkan kecepatan loading sebuah website. Semakin website itu lambat, maka akan semakin sulit naik ke posisi atas daftar pencarian di Google. Jika masih bingung Anda bisa mempelajari cara membuat website disini.

Bagaimana Cara Membuat Website Lebih Cepat?

Setelah mengetahui alasan di atas, selanjutnya kami akan mencoba menjawab pertanyaan bagaimana cara membuat website lebih cepat? Oleh karena itu, simak baik-baik pembahasan di bawah ini ya.

1. Menghapus Plugin yang Tidak Perlu

Cara pertama untuk mempercepat loading website yaitu dengan menghapus plugin yang tidak perlu. Plugin memang akan sangat memudahkan Anda mengelola website, akan tetapi menginstal beberapa macam plugin sekaligus justru akan membuat website menjadi lebih lambat.

Bahkan plugin yang tidak aktif juga memiliki peran dalam memperlambat loading web. Jika website yang kamu kelola memiliki beberapa plugin alangkah lebih baik untuk memilih yang benar-benar diperlukan saja, lalu hapus yang tidak terlalu penting.

2. Melakukan Optimasi Gambar

Cara untuk mempercepat loading web selanjutnya yaitu dengan melakukan optimasi pada gambar-gambar yang ada di website kamu.

Menambahkan beberapa gambar di website memang sangat perlu karena akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Namun tentu saja kamu harus melakukan optimasi pada semua file gambar yang diupload ke dalam website.

Caranya yaitu dengan mengubah file gambar menjadi JPEG. Gambar dengan format JPEG memiliki ukuran yang jauh lebih kecil sehingga akan membuat loading website menjadi lebih ringan.

Di samping itu kamu juga bisa memperkecil ukuran gambar menggunakan tools tertentu seperti Picresize atau Imresize.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur lazy load untuk melakukan optimalisasi pada gambar. Dengan lazy load maka gambar yang ada di halaman websitemu tidak akan di load sebelum visitor website “scrolling” ke bawah.

3. Minimize File

Melakukan minimize pada file-file yang ada di dalam sebuah website merupakan salah satu jawaban dari pertanyaan bagaimana cara membuat website lebih cepat?. Contohnya kamu bisa mulai melakukan eksekusi pada file-file CSS, Minify HTML dan juga script yang ada di dalam struktur website.

Minify bisa dilakukan menggunakan plugin bantuan yang ada di WordPress seperti WP Rocket atau lainnya. Namun kamu juga dapat memanfaatkan layanan minify file.

4. Optimalisasi pada HTTP Request

Dalam sebuah website, proses transfer data dilakukan lewat http request individu. Hal itu berarti satu request akan mengambil tiap resource sehingga makin banyak request maka loading web juga akan menjadi semakin berat.

Oleh karena itu kamu bisa melakukan beberapa cara supaya loading web tetap ringan dengan cara menggabungkan resource yang serupa. Contohnya kamu bisa menggabungkan file JavaScript dengan file CSS menjadi sebuah file tunggal untuk mengurangi permintaan yang perlu dilakukan klien agar semua resource bisa dimuat.

Jika kamu tidak melakukan optimasi, browser biasanya akan mengirimkan sebuah http request untuk tiap koneksi dan resource agar ditutup apabila unduhan selesai. Selanjutnya browser akan membuat request resource baru pada server. Cara untuk menghentikan permintaan yaitu dengan mengaktifkan fungsi keep-alive.

Cara untuk mengaktifkan fungsi keep alive yaitu di bagian header dengan cara mengatur connection menjadi keep alive. Selain itu bisa juga mengaktifkan fungsi keep alive menggunakan NGINX dengan cara mengaturnya ke default keep alive.

5. Membatasi Jumlah Postingan di Halaman Utama

Poin terakhir untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara membuat website lebih cepat adalah dengan membatasi jumlah postingan di halaman utama.

Memang memperbanyak jumlah postingan di halaman utama akan membuat pengunjung lebih betah berlama-lama di websitemu.

Akan tetapi, sayangnya memperbanyak jumlah postingan di halaman utama tersebut justru bisa membuat loading menjadi lama. Oleh karena itu, sebaiknya batasi jumlah postingan yang ada di halaman utama menjadi 5-10 post saja.

Kesimpulan: Lakukan Optimasi untuk Mempercepat Loading Website/Blog

Jadi, untuk mempercepat loading website atau blog Kamu perlu melakukan optimasi ya. Pertama, hapus plugin yang tidak perlu. Kedua, lakukan optimasi gambar. Ketiga, minimize file. Keempat, optimasi HTTPS Request. Kelima, batasi jumlah postingan di halaman utama website.

Demikian jawaban dari pertanyaan bagaimana cara membuat website lebih cepat, kamu bisa mencoba tips di atas agar loading website menjadi lebih ringan dan cepat.

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama