5 Keuntungan Bisnis Franchise yang Bisa Bikin Cuan Bertambah

Jika kamu bingung ingin membuka bisnis seperti apa, tak ada salahnya untuk membuka bisnis franchise. Ada banyak keuntungan bisnis franchise yang bisa kamu dapatkan, loh!

Beberapa di antaranya kamu tidak perlu pusing memikirkan branding atau ide, karena kamu tinggal menjalankan franchise yang ada. Selain itu, biaya promosi juga kecil karena kamu akan mendapatkan bahan promosi dari usaha franchise tersebut.

Aplikasi Pembukuan usaha

Nah, bagi yang tertarik dengan bisnis franchise, ada baiknya membaca pembahasan artikel ini yang bisa menambah wawasan mengenai franchise, keuntungan hingga bagaimana mengatur pengeluaran bisnis kamu.

Untuk pengelolaan keuangan bisnis franchise, kamu bisa memanfaatkan software spenmo yang memiliki banyak fitur dan real time.

Pengertian Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau yang juga dikenal di Indonesia sebagai bisnis waralaba merupakan sebuah model bisnis berbasis kemitraan.

Bisnis ini membentuk kerja sama antara pemilik bisnis sebuah produk dengan pihak yang diberikan izin untuk menggunakan brand, produk, dan sistem bisnis mereka.

Secara sederhananya, jika kamu mau menjadi pembeli franchise, maka kamu harus mencari brand sebuah produk yang memang membuka peluang kemitraan.

Kamu bisa menghubungi pihak terkait dan mencari tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi bagian dari kemitraan tersebut.

Pihak pemilik bisnis pada sistem franchise dinamakan franchisor, sedangkan pembeli hak franchisenya disebut franchisee.

Dalam kerjasama dan kemitraan antara kedua belah pihak tentu saja ada syarat dan ketentuan yang disepakati bersama. Selain itu, bisnis franchise juga diatur dalam PP RI no. 42 tahun 2007.

Keuntungan Bisnis Franchise

Melihat perkembangan bisnis franchise yang cukup pesat di Indonesia, mengindikasikan adanya keuntungan yang didapat dari bisnis franchise ini. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih bisnis franchise.

1. Bisnis Lebih Cepat Berkembang

Keuntungan pertama yang didapat jika kamu memilih bisnis franchise adalah bisnis yang kamu jalankan akan berkembang lebih cepat.

Ini sangat cocok bagi kamu yang masih pemula dan tidak mau pusing memikirkan strategi bisnis.

Untuk menjadikan sebuah bisnis maju dan berkembang, ada strategi yang harus dipikirkan dan dijalankan oleh pemilik bisnis.

Hal ini tidak usah kamu pusingkan lagi jika memilih bisnis franchise. Strategi bisnis dalam franchise sepenuhnya diatur dan menjadi tanggung jawab dari pemilik bisnis (franchisor).

2. Tidak Ada Biaya Promosi

Keuntungan berikutnya dari bisnis franchise ini masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya.

Kegiatan promosi yang merupakan bagian dari strategi bisnis adalah tanggung jawab dari franchisor sebagai pemilik bisnis dan brand.

Kamu tidak bertanggung jawab dalam biaya promosi, yang harus kamu lakukan sebagai pembeli hak franchise adalah menjalankan sistem operasional dan prosedur franchise yang sudah diinformasikan dan disepakati ketika menandatangani perjanjian kemitraan.

3. Tidak Perlu Melakukan Branding

Hampir dipastikan ketika kamu memutuskan untuk memilih sebuah produk franchise, kamu pasti sudah melakukan riset dan melihat bagaimana peminat produk tersebut di pasaran. Tidak mungkin kamu membeli brand franchise yang tidak dikenal di masyarakat.

Dengan kondisi seperti itu, tentu saja branding bukan menjadi masalah lagi dalam bisnis franchise yang kamu beli.

Kamu cukup mengikuti regulasi dari pemilik franchise sehingga kamu bisa menghasilkan keuntungan sesuai dengan yang kamu dan pihak pemilik brand franchise sudah targetkan.

4. Belajar Bisnis Secara Profesional

Dengan memilih bisnis franchise, kamu bisa mengambil keuntungan dengan menjadikan ini tempat belajar berbisnis secara profesional.

Kamu bisa mempelajari bagaimana pemilik bisnis menjalankan strategi bisnis, promosi, dan marketing mereka.

Ilmu yang sudah kamu dapatkan dalam bisnis franchise ini nantinya bisa kamu gunakan untuk bisnis yang kamu buat sendiri.

Kamu bisa memberikan modifikasi untuk rencana bisnis kamu nantinya sehingga bisnis dan brand yang akan kamu bangun sendiri bisa maju dan berkembang juga.

5. memiliki Mitra Bisnis yang Profesional

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari bisnis franchise adalah kamu akan memiliki mitra bisnis yang profesional. Sederhananya, ketika kamu membeli hak franchise sebuah produk, maka secara otomatis pemilik bisnis franchise tersebut akan menjadi mitra bisnis kamu.

Mereka yang menjadi pemilik bisnis franchise bisa diakui sebagai seorang pebisnis yang profesional.

Hal tersebut terlihat diakui karena mereka sudah berhasil menjadikan bisnis mereka menjadi bisnis franchise. Seorang pebisnis pemula tentu butuh waktu yang panjang untuk melakukannya.

Kekurangan Bisnis Franchise

Selain keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari bisnis franchise, model bisnis ini juga memiliki kekurangan.

1. Tidak Bisa mengendalikan Bisnis Ssecara Total

Kamu sebagai pemegang hak franchise hanya diperbolehkan menjalankan dan mengelola sesuai aturan dari pemilik bisnis yang tertuang dalam perjanjian kerjasama.

Kamu seyogyanya akan mengikuti strategi dan sistem bisnis yang sudah diatur oleh pemilik bisnis.

Walaupun strategi dan promosi brand yang dilakukan oleh pemilik bisnis tidak optimal dan sukses, kamu tidak bisa melakukan apapun.

Mungkin kamu memiliki ide yang bagus untuk strategi bisnis tersebut, namun akan sulit untuk menerapkannya karena pasti akan merubah citra brand franchise tersebut.

2. Bergantung pada Tren Sesaat

Trend bisnis mungkin bisa menjadi keuntungan, namun juga bisa menjadi kekurangan karena trend biasanya memiliki batas waktu.

Kecenderungan masyarakat yang cepat bosan, akan membuat bisnis yang mengandalkan trend menjadi beresiko.

Nah, pada sistem bisnis franchise ini, kamu tidak bisa melakukan inovasi untuk mengikuti atau pun berubah haluan bisnis karena trend yang berubah. Ini disebabkan karena kamu sudah terikat perjanjian dengan pemilik bisnis franchise.

Yang Terpenting, Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik!

Ketika memutuskan berbisnis, mau apa pun model bisnis yang akan kamu pilih, kamu harus bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik agar bisnis kamu bisa berjalan lancar.

Pengeluaran adalah hal yang perlu diperhatikan. Untuk melakukan pembayaran biaya operasional, karyawan, dan beragam keperluan lainnya bisa menggunakan aplikasi untuk melacak pengeluaran, sehingga lebih aman dan terhindar dari risiko salah input.

Demikianlah pembahasan mengenai bisnis franchise dan keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Walaupun ada kekurangan pada model bisnis ini, namun kamu bisa menjadikannya sebagai pelajaran agar bisa membangun bisnis yang lebih baik lagi kedepannya.


15 Komentar

  1. Apapun pilihan bisnis yg akan diambil dan dijalankan....tentunya butuh prinsip kelola keuangan yg bijak ya.
    Makasiii insight nya mba
    Sangat mencerahkan bgt

    BalasHapus
  2. bisnis franchise memang menggiurkan, tapi tetap harus jeli yah.. jangan tergiur bisnis yang hanya tren sesaat.. ulasannya lengkap dan bermanfaat

    BalasHapus
  3. Franchise ini memang lebih sinple ketimbang mendirikan bisnis sendiri ya Mbak. Kita nggak perlu menghitung harga jual supaya ttp dapat untung. Tapi kudu jeli milih yang banyak disukai ya. Biar gerai kita laris manis juga.

    BalasHapus
  4. Bahas soal cuan kayaknya selalu bikin melek deh, Kak. Hihi. Terima kasih untuk saran software spenmo-nya. Otw kepoin.

    BalasHapus
  5. Bisnis pranchise ini sangat tergantung pada trend. Sekarang lagi musim bisnis mixue, gerainya ada dimana-mana tidak hanya diperkotaan bahkan merambah sampai ke kampung

    BalasHapus
  6. saya belakangan ini juga sedang ingin membuka usaha dan mengincar jenis usaha franchise karena merasa dianggap lebih banyak keuntungannya, dan pastinya harus nyari aplikasi untuk mengelola keuangan dan operasional lainnya

    BalasHapus
  7. Bisnis franchise ini cocok untuk yg ingin memulai bisnis ya. Sebagai kaum pemula kadang aku tertarik tiap ada tawaran franchise, tapi bingung bakal untungnya sampai seberapa. Eh ternyata ada kalkulatornya jg skrg ya?

    BalasHapus
  8. Banyak banyak keuntungan bisnis Franchise tapi butuh banget kematangan analisa sebelum memulai bisnis

    BalasHapus
  9. Menjalankan bisnis franchise memang gampang-gampang susah, karena tak selamanya seindah yang dibayangkan. Mudahnya karena semua proses, tata cara, sudah ada guidelinenya. Kita tak perlu lagi susah-susah berimprovisasi mengembangkan bisnis. Tapi memang, gak selamanya lancar juga ya Mbak. Ada banyak faktor di luar itu yang bisa ikut mempengaruhi.

    BalasHapus
  10. Kalau pintar mengelola dan telaten emang bisnis franchise ngga ada habisnya. Sayangnya aku bukan orang telaten wkwkwk

    BalasHapus
  11. Sempat tertarik pengen coba bisnis franchise ngeliat temanku ikutan franchise di sebuah stall mall. Cuma ga bertahan lama. Jadi penasaran, worthed ga

    BalasHapus
  12. Bisnis franchise ini memang ada plus minusnya ya. Tetapi bisnis franchise sudah membuka banyak lapangan kerja. Terimakasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  13. Bisnis Franchise memang salah satu keuntungannya adalah udah punya branding sendiri jadi nggak usah terlalu banyak mikirin cara mengenalkan brand atau produk ke konsumen.

    BalasHapus
  14. Sesungguhnya, aku juga punya impian memiliki bisnis yang udah jadi seperti Bisnis Franchise begini.. Iya juga sih ya.. tapi kayak tren sesaat dan sulit mengembangkan karena sudah terkait dengan aturan pusat.

    Sebaiknya memang bener-bener dipertimbangkan kembali ya.. untuk memulai bisnis yang tetap bisa berkembang dan menjangkau banyak kalangan.

    BalasHapus
  15. Bisa jadi salah satu usaha prospek juga ya. Walau masih tergantung dengan orang lain, tapi buat pemula bagus juga belajar usaha. Sekarang Franchise sudah macam-macam. Praktis dan mudah sih menjalankannya.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama