Penyebab Gigi Tonggos dan Kaitannya dengan Kesehatan Mulut

cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan sikat gigi

Gigi tonggos banyak menjadi permasalahan karena dapat menyebabkan perasaan tidak percaya diri. Gigi tonggos adalah posisi atau ukuran gigi yang tidak sesuai dengan rahang sehingga gigi tampak lebih maju dan tidak merata. Kondisi ini merupakan kelainan bentuk deret gigi yang paling sering terjadi. Gigi tonggos tentunya berkaitan dengan kesehatan mulut karena tingkat pembersihannya cenderung lebih susah dibandingkan dengan gigi yang rapi pada umumnya.

Siapa sangka, gigi tonggos juga dapat menyebabkan bau mulut dan permasalahan lainnya lho. Hal ini dapat terjadi karena sulitnya membersihkan plak dan sisa makanan di antara gigi yang tonggos. Nah, Plak yang menumpuk ini bisa saja menjadi tempat berkembangnya bakteri, yang kemudian menghasilkan zat-zat yang menyebabkan bau tidak sedap. Itulah kenapa kita harus rutin membersihkan dan merawat gigi kita.

Sebenarnya Apa Sih Penyebab Gigi Tonggos?

Penting untuk mengetahui akibat gigi tonggos agar bisa dihindari, karena lebih baik menghindari dari pada mengobati. Gigi tonggos dapat diakibatkan oleh gen atau keturunan, tetapi ayo kita lihat lebih dalam lagi apa saja penyebab gigi tonggos?

  • Kebiasaan mengisap jempol saat masih balita dapat mengubah tempat atau menggeser gigi sehingga dapat menyebabkan gigi kita menjadi tonggos.
  • Masih mengisap dot atau botol susu saat usia sudah lebih dari 3 tahun, ini sebaiknya tidak diteruskan dan tidak dijadikan kebiasaan agar gigi tidak bergeser
  • Gigi copot juga dapat menjadi penyebab gig tonggos karena posisi gigi lainnya bergeser saat ada gig yang tanggal
  • Memiliki gigi yang tumbuh dengan posisi tidak normal, atau pertumbuhan gigi yang terlalu banyak sehingga area gusi tidak mencukupi

Nah, dari sini kita tahu bahwa banyak faktor yang menyebabkan gigi tonggos, jika gigi tonggos menyebabkan masalah bagi kamu, seperti masalah makan ataupun sering sariawan dan rasa tidak nyaman, segera konsultasi ke dokter gigi agar diarahkan untuk merapikan gigi yang tonggos.         

Gigi tonggos tentunya berkaitan dengan kesehatan mulut kita, gigi tonggos memungkinkan terjadinya penumpukan plak sehingga sulit dibersihkan, Plak yang menumpuk di sekitar gigi yang tonggos dapat menyebabkan iritasi gusi, perdarahan, pembengkakan, dan peradangan. Maka dari itu penting untuk mendeteksi dan mengobati gigi yang tonggos sejak dini, baik dengan perawatan orthodontic atau perawatan lainnya yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

Lalu, Bagaimana Cara Merapikan Gigi Tonggos?

Ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih sebagai cara merapikan gigi tonggos, tetapi yang harus diperhatikan adalah pastikan kamu telah melakukan konsultasi dengan dokter gigi agar tidak salah mengambil langkah selanjutnya. Berikut beberapa alternatif untuk merapikan gigi yang tonggos:

1. Cabut Gigi

Jika kamu tidak memiliki masalah yang serius, cabut gigi saja dapat membantu memberi ruang gigi lain untuk bergeser. Tetapi jika kamu mengalami gigi tonggos yang cukup serius, cabut gigi merupakan tahap pertama sebelum pemakaian kawat gigi (behel).

2. Pemasangan Kawat Gigi

Sudah menjadi hal umum bahwa menggunakan kawat gigi adalah cara yang efektif untuk merapikan gigi tonggos. Namun tentu saja kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter gig yang terpercaya. Jangan pasang kawat gigi abal-abal ya, karena justru bisa merusak susunan gigi dan memperparah kondisi kesehatan gig dan mulut.

3. Penggunaan Aligner

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memperbaiki gig tonggos yaitu pakai aligner. Aligner dipakai biasanya antara 2-3 minggu. Saat melakukan aktivitas seperti memakan dan menggosok gigi aligner juga harus dilepas, dan harus dibersihkan secara rutin.

4. Penggunaan Retainer

Retainer ini digunakan sebagai penyangga untuk membantu mempertahankan posisi gigi yang sudah rapi agar tidak kembali menjadi berantakan. Biasanya digunakan saat masa penggunaan behel selesai. Namun biasanya saat makan, retainer gigi perlu dilepas terlebih dahulu.

Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi dengan Gosok Gigi Setiap Hari

Nah. Pilihlah cara merapikan gigi tonggos yang sesuai dengan kebutuhan gigi kamu dan sesuai dengan arahan dokter ya. Selain itu merawat gigi setiap harinya sangatlah penting seperti menggosok gigi setiap hari dan sebelum tidur, gunakan pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan. Gunakan Pepsodent sebagai pasta gigi keluarga yang akan membersihkan mulut dan gigi. Yuk peduli pada kesehatan gigi dan mulut!


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama