LULUS KULIAH TEPAT WAKTU ATAU DI WAKTU YANG TEPAT?



Lulus Kuliah Tepat Waktu atau di Waktu yang Tepat? Hayo… Kalian prefer yang mana? Setiap orang pasti beda-beda ya. Ada yang pengen cepat-cepat lulus, ada juga yang mau santai-santai kuliah dulu, ada yang enggak lulus-lulus, ada juga yang sampai DO atau kedaluarsa. Tetapi ada juga yang memang meninggalkan kuliah karena sudah bekerja dan nyaman dengan pekerjaannya. Semua itu tergantung dari individu/orangnya masing-masing.

Saya Dulu Kuliah, Jurusan Desain Interior


Saya Dulu Kuliah, Jurusan Desain Interior

Kuliah itu bayangan Saya lebih bebas dan santai daripada sekolah. Dan sedihnya Saya termasuk kurang mempersiapkan bekal Saya untuk kuliah. Buktinya, zaman SMA Saya super enggak jelas dan tidak membuahkan hasil apa-apa alias sampai se-gede itu bahkan Saya belum tahu maunya apa, suka apa, nanti kuliah dimana, jurusan apa, pengen kerjanya apa dan lain sebagainya, tetapi akhirnya Saya kuliah di ITS jurusan Desain Interior.

Itu pun dapat saran dari teman, karena menurut dia Saya tertarik dengan dunia desain dan bangunan. Ceritanya pas SMA, pelajaran seni anak IPA itu belajar aplikasi SketchUp dan Saya emang suka banget waktu itu. But, Kalian tahu sendiri lah ya masa-masa kuliah sungguh jauh berbeda dari apa yang dibayangkan. Huh…

Tetapi jangan sedih dulu, masa kuliah cukup menyenangkan juga kok, coba deh fokus sama hal-hal atau momen yang bikin happy, lucu, seru, semuanya deh yang bahagia. Semua tergantung dari sudut pandang kita masing-masing dan dari ikhlas enggak-nya kita melakoni si kuliah ini. Kalo Saya pribadi sih lebih ke cuek dan flat banget. Ada kalanya lelah, stress, bete, tetapi ujung-ujungnya Saya melupakan semuanya, biar aja. Dilakukan semampunya, jangan lupa refreshing.

Lulus Kuliah Tepat Waktu Atau di Waktu yang Tepat?


Lulus Kuliah Tepat Waktu Atau di Waktu yang Tepat?

Nah, ini nih yang bikin galau lagi, momen-momen menjelang skripsi dan pemikiran "Saya lulus kapan ya?". Pasti semua anak kuliah pernah mengalami momen dimana dia mempertanyakan kapan dia selesai kuliah. Urusan lulus enggak-nya dan kapan waktunya, zaman kuliah emang beda sama zaman sekolah dulu. Pas kuliah, kelulusan itu literally dari diri kamu sendiri, semacam pilihan, mau lulus tahun ini apa enggak, bebas, sekarepmu.

Umumnya, kuliah S1 lulusnya setelah 4 tahun, tetapi enggak semua juga, banyak yang menunda kelulusan karena belum siap, bisa dari segi materi/bahan, mental, finansial, dan lain-lain. Bagaimana menurut Kalian? Lulus Kuliah Tepat Waktu atau di Waktu yang Tepat?

Sekali lagi itu pilihan masing-masing ya. Ada yang dia memang butuh waktu lama untuk mempersiapkan skripsinya, ada pula yang bisa mengerjakan secepat kilat. Ada yang merasa skripsinya belum matang dan perlu waktu tambahan buat bikin hasil skripsinya bagus dan worth it menurut dia, akhirnya menunda kelulusan di tahun depannya. Ada yang memang masih pengen santai-santai menikmati masa-masa kuliah, belum siap masuk ke dunia kerja. Setiap orang beda-beda lah ya.

Bangun Motivasi Untuk Lulus Kuliah


Bangun Motivasi Untuk Lulus Kuliah


Kalo Saya sendiri sih Alhamdulillah lulus tepat waktu alias 4 tahun. Bukan karena Saya bisa mengerjakan skripsi yang super bagus dengan cepat, skripsi Saya mah biasa-biasa aja, karena Saya hanya manusia (super) biasa. Alasan atau motivasi utama Saya pengen cepat-cepat lulus adalah biar orang tua Saya enggak keluar banyak duit lagi buat tambah setahun dua tahun kuliah. Kasihan coy, Emak Saya single parent, bukan konglomerat pula, enggak boleh Awak bikin Emak susah, enggak tega, sudah banyak Awak habiskan duit Emak.

Meskipun di tahun kedua Saya berhasil mengajukan penurunan biaya semester dan di pertengahan kuliah Saya mendapatkan beasiswa Bidik Misi pengganti, Emak pasti masih tekor duit buat uang makan, bayar kos, listrik, kebutuhan lainnya yang banyak banget. Btw kapan-kapan sepertinya perlu cerita juga soal perjuangan mendapatkan beasiswa bidik misi buat anak PNS yang terkenal susah itu. Insha’Allah ya.

Intinya, motivasi Saya lulus tepat waktu adalah enggak mau bikin Emak susah. Maunya pengen cepat lulus, dapat kerja, bisa biaya-in hidup Saya sendiri dan sedikit banyak bantu-bantu Emak bayar sekolah adik. Tetapi pada kenyataannya, cari kerja juga susah. Hehehe…

"Ada yang lulus cepat, tapi lama dapat kerja. Ada yang lulus lama, tapi cepat dapat kerja. Ada pula yang lulus cepat dan langsung dapat kerja. Setiap orang punya garis waktunya masing-masing. Jadi Kalian enggak boleh ya putus asa karena melihat teman Kalian lebih cepat dapat kerja atau terlihat lebih sukses, semua ada waktunya, bahkan hidup kita udah ada jalan ceritanya dari Sang Pencipta".

So, putus asa atau terlalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain itu enggak ada gunanya, yang ada nanti muncul penyakit hati dan itu enggak baik buat diri kita sendiri. Ayo dipikir matang-matang lagi, lulus kuliah tepat waktu atau di waktu yang tepat? Tetap semangat dan lakukan semua dengan ikhlas, Insha’Allah dapat berkahnya. Aamiin…

Nanti Saya akan bahas pengalaman melamar kerja di beberapa tempat ya. Insha’Allah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama