6 Tips Belajar Bahasa Jerman Agar Sukses Menembus Skor B1

Belajar bahasa bagi sebagian orang memerlukan motivasi dan niat khusus, karena dengan motivasi dan niat khusus bisa mendorong semangat dan giat belajar hingga mencapai target yang diinginkan. Jika hanya belajar bahasa hanya untuk mengisi waktu luang, maka biasanya dampak yang dihasilkan tidaklah maksimal.

Kebanyakan orang akan mengira bahwa belajar bahasa di waktu luang dengan motivasi yang tidak jelas hanya bersifat having fun saja (enjoy) ketimbang belajar bahasa secara serius dengan tujuan tertentu. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin belajar bahasa, terutama bahasa Jerman maka ada baiknya mengikutinya di tempat kursus di Eduversity.

Selain itu dengan mengikuti kursus akan lebih baik mengidentifikasi motivasi dan niat utama ketika akan belajar bahasa jerman. Harapannya motivasi dan niat ini bisa mendorong semangat belajar anda menembus target yang diinginkan. Berikut beberapa identifikasi niat belajar dan motivasi yang bisa anda baca dan didalami.

Apa saja motivasi untuk belajar bahasa jerman?

Belajar Bahasa Jerman - obrolanku.com
Belajar Bahasa Jerman (canva.com)

Belajar bahasa jerman memiliki motivasi yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Motivasi yang berbeda ini akan menentukan cara melihat tips belajar bahasa jerman agar sukses untuk menembus targetnya masing-masing.

Jika motivasi anda belajar bahasa jerman hanya untuk pedekate dengan gebetan anda, maka tips belajarnya tentu saja berbeda dengan mereka yang menargetkan belajar bahasa jerman untuk kuliah di jerman, atau mengikuti magang kerja (ausbildung) ataupun kerja sosial di jerman.

Dibandingkan hanya mengisi waktu untuk mengejar gebetan, maka belajar bahasa jerman untuk menembus ausbildung atau kuliah di jerman akan memerlukan tips belajar yang lebih tertata, detail dan tentunya akan melibatkan banyak sumber daya yang anda miliki.

Niat menembus ausbildung ini akan membuat cara belajar anda tertata, disiplin dan mempunyai target yang jelas. Biasanya persyaratan utama mengikuti ausbildung adalah sertifikat bahasa jerman minimal dengan nilai B1.

Bagi pemula untuk mencapai standar B1 membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun, sehingga bagi anda yang masih pemula dalam bahasa jerman dan ingin menembus skor B1, maka mau tak mau harus fokus belajar bahasa jerman dalam enam bulan hingga setahun kedepan tanpa gangguan apa pun.

Lebih sulit Mana Bahasa Jerman dengan Bahasa Inggris?               

Jawaban ini tergantung dan tidak bisa disamakan antara masing-masing pribadi. Bagi orang ahli, mereka mungkin akan menyampaikan pendapat sama saja, tetapi bagi mereka yang belajar bahasa inggris duluan akan menyampaikan bahwa bahasa inggris jauh lebih mudah ketimbang bahasa jerman, begitu juga sebaliknya.

Kenyataannya, secara teori, bahasa jerman adalah bahasa yang masuk ke dalam rumpun bahasa muda yang masih bisa dipelajari dengan jalan cepat. Jika dibandingkan dengan bahasa pertengahan seperti bahasa arab atau hebrew yang membutuhkan waktu lama.

Sementara jika dibandingkan dengan bahasa bahasa tua di dunia seperti bahasa yunani, maka ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Bahasa-bahasa muda seperti jerman dan inggris ternyata memiliki kedudukan yang sama, jadi jadikan ini sebagai tips belajar bahasa jerman agar sukses dalam waktu yang singkat.

Cara Menembus Bahasa Jerman dengan Skor B1

Tips Belajar Bahasa Jerman - obrolanku.com
Tips Belajar Bahasa Jerman (canva.com)

Menembus skor B1 untuk mengikuti ausbildung atau skor yang lebih tinggi untuk kuliah di jerman, maka anda harus memiliki beberapa strategi khusus. Misalnya menyediakan waktu sejam atau dua jam sehari untuk belajar.

Kemudian strategi fokus juga harus anda utamakan, jangan dijadikan sampingan sambil makan, sambil main game dll, hal hal seperti ini hanya akan melalaikan anda untuk belajar bahasa jerman secara konsisten.

6 Tips Instan Belajar Bahasa Jerman Agar Sukses

Tips-tips ini akan memandu anda cara belajar bahasa jerman lebih instan dan lebih cepat:

1. Tips belajar bahasa jerman agar sukses paling utama adalah fokus, dalam artian jangan sampai anda belajar bahasa jerman kemudian sambil belajar yang lain. Konsentrasi yang pecah akan menyulitkan perjuangan anda.

2. Gunakan alat bantu teknologi sebagai tips belajar bahasa jerman agar sukses pada langkah selanjutnya, anda bisa instal app atau searching internet.

3. Gunakan media di sekeliling anda untuk membantu belajar. Gunakan mind mapping, time table atau schedule board untuk membantu anda belajar disiplin setiap hari.

4. Ingin mendapat motivasi yang rutin setiap hari? Cobalah untuk mencetak foto foto ikonik jerman dan dipajang di kamar anda agar anda mendapat motivasi setiap hari untuk belajar.

5. Gunakan audio visual untuk menambah semangat belajar anda. Bosan dengan buku buku teks? Cobalah menonton film berbahasa jerman.

6. Berikan jeda beberapa jam untuk anda istirahat, misalnya dari senin sampai sabtu anda belajar bahasa jerman, kemudian hari minggunya bisa istirahat.

 


9 Komentar

  1. Belajar bahasa asing ini sesuatu ya, apalagi jika jarang dipakai, terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  2. Duluu pernah termotivasi untuk bisa lancar berbahasa Jerman, karena ada tujuan tertentu. Sekarang, karena gak ada tujuan, jadi ga pernah belajar lagi dan alhasil: lupa. Emamg penting banget, ya, motivasi itu. 😁

    BalasHapus
  3. Keren juga kalau bisa bahasa asing, selain bahasa inggris.
    Makasih tips nya Kak.. 👍

    BalasHapus
  4. Setuju banget mbak, tips paling utama sukses belajar bhs asing adalah 'fokus'.
    Pengen banget bisa menguasai bhs asing, tp belum bisa fokus utk belajarnya. Thanks mb tipsnya.

    BalasHapus
  5. Tipsnya lengkap banget kak.. Jadi ingat waktu SMA belajar bahasa Perancis tapi tidak sering dipraktikkan jadi banyak yang lupa hehe

    BalasHapus
  6. Tipsnya keren banget, bisa diterapkan juga ketika belajar bahasa asing lainnya

    BalasHapus
  7. wah terimakasih sudah berbagi tips dn rekomendasi2...pernah jg ingin mmpelajariny bahasa jerman tp blum kesampaian hehehe

    BalasHapus
  8. Belajar bahasa apapun memang butuh konsistensi belajar dan praktek. Hanya menghapal rumus kalimat dan arti kata tidaklah cukup. Harus rajin praktek juga ya mbak.

    BalasHapus
  9. Terimakasih infonya Kak. Tapi emang benar sih, motivasi gebetan kadang ga sekuat motivasi yang datang karena kebutuhan diri sendiri, xixixi

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama