Aplikasi PINA untuk Catat Keuangan Pribadi Biar Gak Boncos

Saat ini ada banyak sekali aplikasi catatan keuangan pribadi yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan dan membuat perencanaan finansial. Hal itu termasuk budgeting, saving dan investasi yang belakangan ini banyak diminati.

aplikasi budgeting

Jika dulu orang tua Kita membuat catatan keuangan menggunakan buku atau jurnal, maka kini sudah banyak aplikasi perencanaan keuangan yang lebih praktis. Aplikasi tersebut bisa didownload di ponsel masing-masing sehingga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Penggunaannya tentu lebih mudah, cepat dan praktis.

Cara Mengatur Keuangan Biar Gak Boncos

Mengatur dan mengelola keuangan memang tidak mudah, perlu pengalaman untuk bisa membuat perencanaan keuangan yang tepat guna. Oleh sebab itu, berikut ada tiga cara untuk mengatur keuangan sehingga tidak boros.

1. Buat Catatan Keuangan Pribadi

Pertama, yang penting banget untuk dilakukan dan dibiasakan adalah membuat catatan keuangan mengenai pengeluaran dan pemasukan uangmu. Supaya lebih mudah bisa juga pakai aplikasi catatan keuangan pribadi. Usahakan mencatat pengeluaran uang setiap hari, termasuk juga mencatat pemasukan uang Kamu. Tujuannya supaya tahu berapa sisa uang dan pengeluaran uang tersebut untuk apa saja.

2. Buat Rencana Keuangan

Kedua, Kamu perlu membuat rencana keuangan dengan mempertimbangkan pemasukan dan pengeluaran. Buatlah budget pengeluaran bulanan yang realistis sesuai kondisi keuangan dan pisahkan berdasarkan kategori. Contohnya kategori makanan 500rb, telepon dan internet 300rb, perawatan dan kecantikan 400rb dan seterusnya. Dalam hal ini, Kamu bisa pakai aplikasi budgeting untuk membuat rencana keuangan dengan tepat.

3. Mulai Investasi dan Menabung

Ketiga, jangan lupa menabung dan investasi untuk masa depan Kamu. Untuk itu, Kamu perlu menetapkan tujuan finansialmu terlebih dahulu. Misalnya ingin membeli rumah/mobil, biaya pendidikan, biaya masa tua dan lain sebagainya. Jika sudah, akan lebih mudah menentukan perencanaan tabungan atau investasi yang diinginkan.

aplikasi perencanaan keuangan

Berbicara mengenai investasi dan tabungan, Kamu bisa menggunakan PINA yang merupakan aplikasi investasi terpercaya.

PINA: Aplikasi Keuangan dan Investasi Terbaik

PINA merupakan aplikasi budgeting dan investasi terbaik yang menyediakan beragam fitur untuk kebutuhan pengelolaan finansial.

Meski tergolong baru, PINA sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi cukup banyak diminati karena fiturnya lengkap dan banyak manfaatnya. Memangnya aplikasi PINA bisa apa aja sih?

>> Fitur Invest 

PINA merupakan aplikasi investasi terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, server PINA berada di lokasi aman, enkripsi data terlindungi, menggunakan rekening investasi yang aman yaitu BNI. Di PINA Kamu bisa investasi saham atau reksadana.

PINA juga menyediakan portfolio investasi terbaik yang bisa Kamu cek melalui aplikasi. Dengan begitu, Kamu bisa mengelola investasi dengan mudah dan mendapatkan keuntungan maksimal.

aplikasi catatan keuangan pribadi

>> Fitur Save

PINA bisa digunakan sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi untuk memantau pengeluaran dan pemasukan uang Kita. Bedanya dengan aplikasi lain, PINA bisa membuat catatan keuangan secara otomatis dengan menghubungkan rekening Bank atau E-Wallet. Aku juga menghubungkan rekening OVO dan GoPay dengan PINA.

Tenang aja, fitur save di PINA juga bisa membuat catatan keuangan secara manual kok. Bisa atur budget keuangan juga sesuai kategori yang diinginkan. Aplikasi PINA sangat mudah digunakan untuk pemula maupun profesional atau berpengalaman.

Aplikasi PINA juga bisa digunakan untuk cek net worth Kamu lho! Net worth itu sendiri merupakan nilai kekayaan bersih berdasarkan kondisi keuangan Kamu. Nilainya didapat dari perhitungan nilai aset dan liabilitas atau utang yang harus dibayar. Di sini Kamu bisa menambahkan aset seperti uang, emas, kendaraan, properti, saham dan lain-lain.

>> Fitur Classroom  

Selain itu, PINA menyediakan layanan konsultasi bersama Tim Goal Planner PINA yang sudah tersertifikasi. Jadi, teman-teman bisa buat janji konsultasi untuk mendapatkan insight terkait perencanaan keuangan. Dengan memanfaatkan aplikasi perencanaan keuangan ini Kamu bisa menentukan rencana finansial terbaik sesuai kondisi keuangan dan kebutuhanmu.

Bukan hanya itu, aplikasi PINA juga menyediakan fitur Classroom berisi artikel seputar finansial yang bisa dibaca oleh pengguna aplikasi secara gratis. Banyak sekali informasi menarik yang bisa Kamu baca melalui fitur Classroom PINA ini. Hal itu termasuk tips dan trik menabung, cara mengelola keuangan atau budgeting, strategi investasi dan lain-lain. Informasi tersebut bermanfaat untuk membantumu mengatur perencanaan keuangan.

Aku Pakai PINA untuk Catat Keuangan Rumah Tangga

Pengalaman pakai PINA untuk aplikasi catatan keuangan rumah tangga terbukti efektif. Saat ini Aku pakai PINA untuk catat pengeluaran uang belanja kebutuhan dapur. Selain itu, Aku jadi lebih mudah memantau kondisi keuangan pribadi karena PINA bisa terhubung ke rekening Bank dan E-Wallet. Dari aplikasi PINA Aku bisa lihat sisa uangku berapa, sudah dipakai untuk apa saja dan bisa Aku analisa juga.

Dengan mengetahui cash flow yang tercatat di PINA, Aku bisa menganalisa pengeluaran mana yang paling banyak. Contohnya pengeluaran untuk makanan, kebutuhan rumah atau lain-lain. Dengan begitu Aku bisa membuat perencanaan yang lebih baik untuk bulan depan. Misalnya jika bulan ini pengeluaran cukup banyak di makanan karena sering beli makan di luar, maka bisa Aku kurangi dengan lebih sering masak di rumah.

Ayo mulai catat pengeluaranmu dan buat perencanaan keuangan dengan tepat. Kamu bisa pakai Aplikasi PINA untuk catatan keuangan secara otomatis maupun manual. Aplikasi PINA bisa didownload melalui link di bawah ini.

Aplikasi PINA untuk iOS

Aplikasi PINA untuk Android

Gimana? Keren banget kan pakai aplikasi PINA untuk membuat catatan keuangan pribadi jadi lebih teratur dan biar gak boncos. Hehehe

aplikasi investasi terpercaya

For your information, ada Promo menarik untuk pengguna aplikasi PINA. PINA akan bantu Kamu untuk raih tujuan keuanganmu dengan memberikan tambahan dana investasi berupa Cashback up to 10 juta. Caranya gampang banget. Pertama, buat tujuan keuanganmu di PINA Goal. Kedua, rutin menabung setiap bulan selama satu tahun. Ketiga, PINA akan memberikan bonus Cashback untuk Kamu. Informasi lebih lanjut bisa cek di aplikasi PINA ya.


42 Komentar

  1. Saat ini memang harus pintar-pintar memanage keuangan ya Mbak? dan PINA hadir untuk memudahkannya. Pengen coba pakai juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. harus belajar mengatur keuangan biar gak boros ya

      Hapus
  2. Wah cocok ini untuk pegangan ibu rumah tangga seperti saya. Agar terkontrol semua pengeluaran. Kalau pakai aplikasi seperti ini tentu lebih memudahkan dan kemungkinan minim kesalahan ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess, saya sebelum pakai aplikasi untuk catat pengeluaran suka heran kenapa uang bulanan tiba-tiba tinggal dikit, kalau dicatat jadi tahu uangnya kebeli buat apa aja

      Hapus
  3. Duh ...., nenek-nenek gaptek seperti saya harus belajar keras dulu nih. Supaya bisa menggunakan aplikasi PINA. Selamat sore, Mbak Silviana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore mbak, tetap semangat... digitalisasi tidak bisa terelakkan, mau tidak mau harus belajar juga ya

      Hapus
  4. Perlu banget nih aplikasi PINA soalnya praktis, bisa catat pengeluaran di sana. Kalau catat manual di buku mah capek dan pusyiing.

    Ngatur uang memang perlu strategi ya dan syukurlah dibantu oleh PINA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu nyatete nya di buku manual lho, terus suak gonta ganti dan suka hapus-hapus karena salah nulis, rempong ya. sekarang udah pakai aplikasi PINA lebih mudah dan praktis

      Hapus
  5. Fitur2nya sangat membantu, nih. Bagus banget ya aplikasinya. Boleh dicoba, deh.

    BalasHapus
  6. Keuangan itu adalah hal yang sangat rawan kan ya, Mbak. Memang setuju sekali saya, dalam hal keuangan harus benar-benar diatur pemasukan dan pengeluaran agar tidak akan terjadi besar pasak dari pada tiang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bahaya banget kalo sudah besar pasak daripada tiang, bisa memicu pertengkaran rumah tangga juga, waduh jangan sampai deh.

      Hapus
  7. Iya ya, penting untuk penting banget untuk dilakukan dan dibiasakan adalah membuat catatan keuangan mengenai pengeluaran dan pemasukan. PINA ini membantu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena banyak fiturnya, PINA jadi banyak banget manfaatnya

      Hapus
  8. PINA ini memang cocok banget buat bantu mengatur keuangan pribadi agar lebih teratur. Saya udah nyoba dan terbantu sekali. Patut dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran nih, saya sendiri belum coba, tapi jadi penasaran pingin coba ah...

      Hapus
  9. install PINA ah, karena sering banget, perasaan kok uang habis tapi gak jelas untuk beli apa
    Dengan aplikasi yang membantu budgeting, masalah bakal terselesaikan
    plus bisa investasi, asyik kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak, silahkan diinstall dan jadikan aplikasi keuangan andalan keluarga

      Hapus
  10. Nampaknya saya harus segera atur keuangan pakai aplikasi. Selama ini ditunda mulu...
    Boncor terus kan jadinya 😬😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu suka sedih kalau keuangan bocor di sana sini, padahal niat pengen nabung ya kak, yuk mulai sekarang lebih teliti atur keuangan

      Hapus
  11. Ah iya benar banget, tips biar g boncos itu adalah rajin melakukan pencatatan keuangan ya mbak. Untung sekarang ada PINA yg membantu mencatatkan keuangan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tiap belanja di tukang sayur juga selalu nyatet lho, biar ketahuan kebutuhan dapur berapa

      Hapus
  12. Aplikasi PINA memang sangt membantu banget dalam mengatur keuangan agar lebih rapi manajemennya. Pemasukan dan pengeluaran terdata dengan baik, hingga kita bisa menganalisa kemampuan dan mulai menata keuangan dengan menabung dan berinvestasi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali kak, kalau pengeluaran dan pemasukan sudah jelas, jdai lebih mudah untuk atur pos keuangan, dan bisa sisakan sekian persen untuk menabung

      Hapus
  13. Catat pengeluaran, budgeting terus investasi. Lengkap banget dan bermanfaat banget kelola keuangan. Cuma sebagai muslim mesti pilih investasi jg sih

    BalasHapus
  14. Telur naik, cabai naik, minyak goreng juga sama. Memanglah jadi ibu rumah tangga harus pandai2 mengatur keuangan. Jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang. Apapun nama aplikasinya, selama tujuannya mengajarkan kita memanajemen keuangan lebih baik, PINA dan lainnya layak diperkenalkan lebih luas kepada masyarakat.

    BalasHapus
  15. Aplikasi yang bermanfaat sekali ini ya. Terutama agar kita lebih pintar dalam mengatur keuangan. Tentunya dengan tujuan agar urusan finansial kita dapat terurus dengan baik.

    BalasHapus
  16. Aplikasi PINA memberkkan kemudahan bagi pengguna apalagi memiliki usaha

    BalasHapus
  17. Untuk management keuangan yang lebih baik harus banget nih download aplikasi ya kak biar nggak boncos

    BalasHapus
  18. Kayaknya aku juga perlu make aplikasi satu ini. Biar keuangan bulanan ku nggak amburadul lagi hehee

    BalasHapus
  19. Cocok banget ada aplikasi pencatat keuangan gini. Sekarang orang lebih sering mencatat di smartphone, lebih praktis juga.

    BalasHapus
  20. pake ini enak ya ci?
    kalau habis belanja, bisa langsung diinput di aplikasi Pina saat itu juga
    jadi bisa langsung mengontrol pengeluaran

    BalasHapus
  21. Fiturnya keren banget yaa...aplikasi PINA ini memang recommended.
    Untuk mengatur keuangan yang akuntable dan user friendly.

    BalasHapus
  22. Pengen nyoba, aplikasinya. Jadi enggak usah nyatet-nyatet lagi. Praktis dan aman. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  23. Mengatur keuangan memang sulit ya, kadang sudah di wanti-wanti biar ga kebobolan tapi tetep ada aja. Untungnya ada aplikasi yang bisa buat me-manage keuangan.

    BalasHapus
  24. Betul ya,
    Zaman dulu mencatat keuangan itu butuh tekad dan konsistensi.
    Zaman now, hanya tinggal instal apps PINA dan siapkan mental pas tau kondisi real pegeluaran dan pemasukan. Hehhee, sungguh simple dan banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  25. Selalu suka sama bahasan tentang keuangan. PINA udah terdaftar di OJK, nanti kucoba install aplikasinya juga ah..

    BalasHapus
  26. cocok banget buat saya yang suka nulis budgeting secara manual kak, akhirnya suka banyak yang kelewat, dengan adanya aplikasi Pina ini pastinya ngebnatu banget

    BalasHapus
  27. Bagus ya aplikasinya, komplit fitur-fiturnya. Mau install juga ah di HP. Biar bisa budgeting dan belajar invest.

    BalasHapus
  28. Saya baru tahu aplikasi PINA ini dari artikel mbak. Menurut saya setiap Ibu rumah tangga wajib deh punya aplikasi ini untuk mengatur keuangan rumah tangga. Duh, saya pun masih suka ada minusnya kalau mengatur keuangan. AKibatnya tabungan kepakai.

    BalasHapus
  29. Aplikasi PINA lengkap ya mbak. Ada fitur invest sampai fitur pengatur keuangan segala. Apalagi lengkap budgeting nya ada kategorinya. Aq juga pakai PINA lho

    BalasHapus
  30. Aplikasi yang sangat bagus nih buat atur keuangan termasuk budgeting. Saya juga sudah coba Mbak. Fitur2nya sangat menarik dan benar kalau dimanfaatkan bisa bikin kita jadi cerdas mengelola keuangan dan gak boros

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama