Mengenal Elizabeth Setiaatmadja, Womenpreneur Indonesia

Womenpreneur Indonesia

Kali ini Saya akan mengajak teman-teman untuk berkenalan dengan sosok womenpreneur Indonesia yang menginspirasi banyak perempuan di luar sana. Beliau bernama Elizabeth Setiatmadja, putri dari Jahja Setiatmadja yang merupakan CEO dari Bank Central Asia Tbk.

Mengenal Elizabeth Setiaatmadja

Elizabeth Setiaatmadja merupakan sosok inspiratif bagi perempuan-perempuan Indonesia. Kiprahnya di dunia sosial masyarakat begitu besar, terutama saat pandemi Covid-19, perempuan multitalenta yang satu ini juga turut berpartisipasi memberikan kebermanfaatan untuk kepentingan bersama. 

Perempuan yang lebih dikenal dengan sapaan Liz Setiaatmadja ini mengaku selalu melakukan sesuatu dengan tujuan untuk membantu orang banyak. Setiap menjalankan sebuah bisnis atau menjual produk, Liz selalu menekankan, "Yang Penting Bermanfaat untuk Orang Banyak". Itulah sebabnya Liz Setiaatmadja ini dikenal sebagai sociopreneur.

Apa Itu Sociopreneur?

Sociopreneur adalah seseorang yang menjalankan suatu bisnis dengan tujuan agar dapat memberikan dampak baik untuk kehidupan sosial masyarakat banyak. 

Apa Bedanya Sociopreneur dan Entrepreneur?

Intinya. Perbedaan sociopreneur dan entrepreneur bisa dilihat dari tujuan atau visi misinya. Sociopreneur memiliki tujuan dan visi misi untuk memberikan perubahan sosial dan dampak positif untuk masyarakat. Sedangkan entreprenur tujuannya lebih kepada mendapatkan keuntungan untuk kepentingan pribadi/kelompok atau perusahaan dengan stakholder tertentu.

Sebenarnya tujuannya sama-sama baik yaitu untuk kemajuan bersama, namun beda lingkupnya saja.

Perjalanan Karier Liz Setiaatmadja

Mari Kita mengenal lebih dekat siapa Liz Setiaatmadja melalui perjalanan karier dan cerita hidupnya berikut ini.

Belajar Bisnis dan Marketing Sejak Kecil

Liz mengaku bahwa sejak kecil dirinya sudah akrab dengan dunia bisnis dan marketing. Jiwa-jiwa dagang juga telah muncul sejak masa sekolah dengan berjualan berbagai macam produk yang dijual kepada teman-teman sekolahnya.

Bahkan saat sekolah di luar negeri pun, jiwa bisnisnya tidak pernah padam. Sempat Ia berjualan kartu telepon kepada teman-temannya hingga memiliki banyak reseller dan menghasilkan cuan yang lumayan besar. Hal ini juga didukung oleh kemampuannya dalam networking hingga kini juga dikenal sebagai networking expert di berbagai bidang.

Mandiri dan Memiliki Banyak Pengalaman Kerja

Meski berasal dari keluarga yang berada dan merupakan anak dari CEO Bank BCA saat itu, Liz dengan tegas memilih untuk memulai karier dari nol di tempat lain. Namun karena kemampuannya, Ia berhasil meniti karier dengan cepat dan dipercaya untuk posisi penting. 

Sayangnya saat itu Ia mengalami sakit berkepanjangan, bahkan saat Ia menyiapkan pernikahannya. Lalu pada akhirnya Liz memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan memulai bisnis wedding dengan suaminya. Dimulai dari pameran wedding, Liz berhasil mendapatkan 40 klien saat itu. Luar biasa!

Bisnis wedding ini pun sukses dibuatnya, meski pada akhirnya Liz juga harus dilarikan ke rumah sakit dan akhirnya bisnis wedding miliknya berubah haluan ke event-event corporate.

Namun tidak berhenti di sana, Liz berhasil menemukan produk kesehatan yang juga Ia konsumsi. Di sini Liz mulai berkarier lagi di bidang penjualan produk hingga memiliki banyak reseller. Omzetnya naik pesat, namun sayangnya setelah itu Indonesia mengalami pandemi Covid-19. 

Kontribusi saat Pandemi Covid-19

Liz Setiaatmadja adalah perempuan berjiwa bisnis yang juga sangat concern dengan kepentingan sosial masyarakat. Selama pandemi berlangsung, Ia menyadari bahwa ternyata banyak sekali kebutuhan APD untuk dokter dan tenaga kesehatan. 

Liz tergerak hatinya untuk memproduksi baju APD bersama sahabatnya yang bergelut di bidang garmen. Mulai dari menyiapkan pola, memilih bahan dan lain-lain Ia lakukan sendiri. Bisnis APD ini sukses hingga 360.000 APD yang dipesan. 

Dalam bisnis ini tujuannya bukan semata-mata untuk mencari keuntungan. Namun lebih kepada produksi yang besar sehingga bisa menggaji karyawan, memberikan THR karyawan dan juga bisa digunakan untuk seluruh dokter-dokter di Indonesia.

Tak hanya APD, Liz juga bekerja sama dengan produsen masker anti bakteri dan anti kuman. Lalu juga ada produk-produk lainnya yang berguna saat pandemi. Sebagai seorang pakar komunikasi, Liz Setiaatmadja cukup lihat membangun hubungan dengan berbagai pihak sehingga hampir semua yang Ia lakukan sukses.

Merawat Suku Anak Dalam

Tidak berhenti di masa pandemi, Liz Setiaatmadja juga turut berkontribusi untuk merawat Suku Anak Dalam di Jambi dengan memberikan rumah bagi mereka. Hal ini diawali dengan informasi yang Ia dapatkan dari grup WhatsApp bahwa masih ada anak-anak di Jambi yang tidak memiliki tempat tinggal.

Program ini didirikan untuk memberikan pelayanan kemanusiaan untuk membimbing dan menaikkan standar taraf hidup komunitas Suku Anak Dalam. 

Menebarkan Semangat Berbuat Baik untuk Sesama

Melalui kisah Elizabeth Setiaatmadja Kita bisa menarik kesimpulan bahwa dalam hidup ini akan banyak sekali tantangan, namun yang terpenting adalah tetap berbuat baik kepada sesama. 

Seperti sosok inpiratif perempuan Indonesia kali ini yaitu Liz Setiaatmadja yang terus berkontribusi untuk kemajuan bersama. Saat ini ada banyak program yang dikerjakan olehnya, terutama turut mendukung UKM supaya lebih maju dan sukses.

18 Komentar

  1. wah sangat bermanfaat, terimakasih atas infonya ya kak :D

    BalasHapus
  2. Bangga jadi perempuan disaat banyak perempuan lainnya mengkukir prestasi. Berasa diri ini ikut mendapatkan penghargaan.

    Semoga semakin banyak perempuan-perempuan berdaya yang lahir dan bermanfaat bagi banyak orang. Aamiin...

    BalasHapus
  3. Kebanyakan para pebisnis sukses itu, udah punya jiwa dagang dari kecil ya, salut dan mengispirasi banget sih Elizabeth Setiaatmadja ini.
    Gambaran perempuan-perempuan tangguh yang selalu semangat melewati semua tantangan

    BalasHapus
  4. wah keren banget ya kak Elizabeth Setiaatmadja ini luar biasa bagus banget sosoknya

    BalasHapus
  5. Liz ini sosok yang inspiratif banget ya ?
    Mungkin karena buah gak jatuh dari pohon
    bapaknya sukses jadi CEO BCA, Liz juga menginspirasi banyak orang

    BalasHapus
  6. Sosok yang inspiratif. Karena tidak hanya mengutamakan cuan. Justru aksi sosialnya juga kuat

    BalasHapus
  7. Wuih keren banget. Gak banyak ya orang yang melakukan bisnis yang berdampak terhadap masyarakat. Biasanya bisnis ya pure bisnis, komersial. Salut sama yang begini, mana perempuan pula. Huhu bikin malu deh ah sama diri sendiri yang gak punya prestasi dan kontribusi apa-apa bagi lingkungan.

    BalasHapus
  8. Wanita yang sangat inspiratif. Bisa dijadikan role model untuk setiap perempuan di Indonesia. Berkarya dan konsisten menjadikan dirinya bermanfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
  9. Komitmen kak Liz ini luar biasa ya, memberikan kebermanfaatan bagi sesama.
    Jadinya semangat beliau ini dapat menginspirasi kita

    BalasHapus
  10. Sosok inspiratif perempuan yang pas banget saya baca bertepatan dengan hari ibu nih. Sosok Bu Liz ini membawa semangat ya bahwasannya perempuan pun bisa memiliki power dan inner beauty masing-masing

    BalasHapus
  11. Salut pada Liz setiaatmadja, walau putri seorang CEO, tapi dia tak mau membawa-bawa nama besar ayahnya, melainkan memilih berkarir dan berusaha dari nol.

    BalasHapus
  12. Perempuan yang bisa menjadi socialpreneur dan ngurus keluarga itu jempolan kaya mba Liz

    BalasHapus
  13. Elizabeth Setiadmadja ini emang sosok perempuan yang inspiratif ya kak
    Tak hanya berbisnis, tapi juga suka membantu sesama

    BalasHapus
  14. Iya hidup ini penuh dengan tantangan tinggal gimana kita menghadapi tantangan itu dengan berani dan cerdas.

    BalasHapus
  15. Wow keren banget mb. Bisa menghasilkan produk APD di masa kriris pas covid dulu ya. Ilmu dan pengalaman marketingnya berguna buat masyarakat juga. Salut sama kerja kerasnya.

    BalasHapus
  16. Sosok inspiratif memang mbak Liz ini. Jiwa entrepeneurnya kelihatan sekali. Pantas jika jadi orang sukses

    BalasHapus
  17. Wah keren banget. Saya pernah juga ikut sekolah bisnis, kebetulan masuk nominasi kompetisi ide bisnis, eh dikasih kesempatan ikut kelasnya, trus ditanya tuh kontribusi bisnisku terhadap masyarakat sekitar apa saja. Karena jaman now, bisnis itu bukan sekedar untuk mensejahterakan diri sendiri, melainkan dapat juga mensejahterakan lingkungan sekitar. Keren banget nih Elizabeth Setiaatmadja ini.

    BalasHapus
  18. Semoga Indonesia semakin banyak punya sociopreneur, terutama yang perempuan yaa kak. Menjalankan bisnis yang dapat memberikan dampak pada banyak orang. Aamiiin

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama