Kuasai 7 Kompetensi Global untuk Menghadapi Dunia Kerja

Kurikulum internasional di Sampoerna University untuk menguasai Kompetensi Bekerja

Teman-teman masih ingat kan obrolanku minggu lalu tentang peran kurikulum internasional untuk pendidikan di Indonesia? Dari 7 poin yang aku jelaskan, poin terakhir dalam peran kurikulum internasional adalah membuka peluang karir internasional maupun nasional.

Memang betul bahwa kurikulum internasional diterapkan pada sekolah atau universitas untuk meningkatkan kemampuan akademik supaya mampu bersaing di kancah global dan menuai prestasi. Namun lebih daripada itu, pendidikan internasional juga dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja dan persaingan karir di masa mendatang dengan mengajarkan kompetensi global.

Apa Itu Kompetensi Global?

Kompetensi adalah keterampilan dan kemampuan individu dalam mencapai sesuatu atau mendapatkan hasil yang diharapkan. Sedangkan kompetensi global merupakan kapasitas multidimensi yang dimiliki seseorang meliputi nilai, sikap, keterampilan dan pengetahuan.

Dalam hal ini, Anies Baswedan pernah menyampaikan 4 poin kompetensi global yang harus dikuasai yaitu (1) Keterampilan kelas dunia, (2) Memiliki akar ke-Indonesia-an yang kuat, (3) Menghargai keberagaman, dan (4) Keterampilan komunikasi/bahasa.

Kompetensi global bisa menjadi bekal untuk menghadapi dunia kerja dan perjalanan karir. Selain itu, juga dibutuhkan kompetensi kerja yaitu kemampuan dan kinerja individu dalam bekerja sesuai standar dan harapan perusahaan. Dengan menjadi  individu yang kompeten secara global, maka akan mampu bersaing dan berkarir dengan baik di era globalisasi.

7 Kompetensi Global yang Harus Dikuasai Job Seeker

Adanya globalisasi membuat batas antar negara semakin memudar sehingga berkunjung ke berbagai negara rasanya sangat mudah dan dekat. Namun hal ini juga membuat persaingan dunia kerja semakin ketat. 

Tak hanya bersaing dengan teman-teman sejawat di dalam negeri, para job seeker juga harus mampu berkompetisi dengan lulusan internasional atau lulusan luar negeri. Itulah sebabnya pola pikir kita juga harus maju sesuai perkembangan zaman dan harus bisa meningkatkan kompetensi bekerja dan menguasai kompetensi global. 

Pendidikan internasional dengan Keterampilan dan Kemampuan untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Apa saja 7 kompetensi global untuk persiapan menghadapi dunia kerja? Mari kita pelajari satu per satu.

1. Kemampuan Komunikasi dan Bahasa Asing

Dalam dunia kerja, ilmu komunikasi sangat diperlukan untuk berbagai macam kegiatan termasuk komunikasi umum, chatting, email, bahkan negosiasi dengan klien perusahaan. Dengan komunikasi yang efektif maka akan terjalin kerjasama yang baik. Yang lebih penting lagi adalah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris dan bahasa asing yang harus dikuasai di era globalisasi ini.

2. Keterampilan Organisasi dan Manajemen

Keterampilan berorganisasi yang baik juga diperlukan jika kamu bekerja dalam tim dan memiliki job desk atau tanggung jawab masing-masing. Jika sudah terbiasa berorganisasi maka akan lebih mudah menjalaninya. Selanjutnya, keterampilan manajemen yang dibutuhkan untuk mengatur prioritas pekerjaan kamu sehingga dapat bekerja secara efektif.

3. Dapat Berpikir Kritis dan Analitis

Sebagai karyawan, kamu juga dituntut untuk bisa berpikir kritis dan analitis serta mampu membaca peluang. Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan jika kamu mendapati sebuah masalah dalam sebuah pekerjaan atau masalah di perusahaan. Dengan berpikir kritis dan analitis, kamu akan dengan mudah menyelesaikan masalah dan mencari solusi yang tepat.

4. Mampu Berinovasi dan Berkreasi

Setiap perusahaan atau industri pasti mengharapkan karyawan yang mampu bekerja secara potensial dan membantu meningkatkan value perusahaan itu sendiri. Itulah sebabnya perusahaan suka dengan karyawan yang mampu berinovasi dan berkreasi menciptakan hal baru atau mencetuskan solusi.

5. Kemampuan Adaptasi dan Interaksi Sosial

Dalam dunia kerja kamu akan bertemu dengan berbagai macam karakter seseorang dengan latar belakang yang berbeda pula. Di sinilah pentingnya kemampuan adaptasi dan interaksi sosial supaya bisa berbaur dengan mudah dan cepat. Jika interaksi dan adaptasimu baik, maka semua pekerjaan pun akan terasa ringan.

6. Menguasai Teknologi Terkini

Di zaman sekarang, seorang karyawan harus bisa beradaptasi dengan teknologi komunikasi maupun teknologi industri. Jika tidak, maka bisa ketinggalan jauh dan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan. Itulah sebabnya saat kuliah diadakan program magang dan kunjungan industri untuk memperkenalkan kemajuan teknologi dalam dunia industri dan dunia kerja.

7. Memiliki Kecerdasan Emosional

Satu lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam menghadapi dunia kerja yaitu memiliki kecerdasan emosional yang baik. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan untuk memahami, mengevalusai dan merespons emosi dalam diri seseorang. Jika kamu memiliki kecerdasan emosional yang baik, maka akan lebih fokus dalam bekerja dan pekerjaan pun cepat selesai.

Baca Juga: Peran Kurikulum Internasional untuk Pendidikan di Indonesia

Kuliah di Sampoerna University, Siap Hadapi Dunia Kerja dan Masa Depan!

Kompetensi Bekerja Penting untuk Bekal Dunia Kerja

Realita yang kita ketahui bersama, masih banyak lulusan sarjana yang kesulitan mencari pekerjaan atau sulit beradaptasi dengan tekanan dunia kerja. Hal ini dikarenakan materi/bahan ajar atau kurikulum yang diterapkan saat kuliah tidak cocok dengan kebutuhan industri saat ini.

Sampoerna University menyadari bahwa hal ini merupakan kewajiban institut pendidikan untuk mempersiapkan lulusan yang tak hanya berkualitas dalam bidang akademik tetapi juga memiliki kompetensi global atau kompetensi bekerja yang dibutuhkan perusahaan.

Selain menyediakan fasilitas pendidikan internasional, Sampoerna University juga menyediakan program khusus untuk membantu jenjang karir para lulusannya. Terbukti pada tahun 2017, sekitar 97% lulusannya telah mendapatkan pekerjaan tetap dalam waktu 3 bulan setelah lulus. Itulah sebabnya kamu harus kuliah di Sampoerna University.

Apa saja yang dilakukan Sampoerna University untuk mempersiapkan lulusan siap kerja?

  • Menyediakan fasilitas pendidikan dan tenaga pendidik berkualitas dari dalam negeri dan luar negeri
  • Menanamkan pendidikan karakter dan soft skill (komunikasi, berpikir kritis)
  • Mengajarkan kompetensi bekerja atau kompetensi global sebagai persiapan menghadapi dunia kerja
  • Menyediakan program magang, kegiatan karir dan pelatihan industri di dalam maupun luar negeri
  • Bekerja sama dengan perusahaan dan industri untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana kondisi dan kebutuhan dunia kerja masa kini dan masa mendatang

Dengan berbagai program dan kerja sama yang dilakukan Sampoerna University, maka peluang karir akan terbuka lebar dan masa depan cerah akan tercapai.

Gimana teman-teman, udah paham kan 7 kompetensi global yang dibutuhkan dalam dunia kerja atau dunia profesional? Mulai sekarang persiapkan diri kamu dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi dunia kerja di masa mendatang.


 

12 Komentar

  1. Asik bgt nih
    Sampoerna Univ siap memberikan yg terbaik
    Generasi muda jadi makin ciamik dong yhaaa

    BalasHapus
  2. Duh bahasa asing ini nih yang PR banget buat saya, lidah saya selalu kelu kalau ngobrol pakai bahasa Inggris, apalagi bahasa lainnya, bukan cuman kelu, muncrat pulak, wakakakka.

    Dan yang paling penting juga adalah kecerdasan emosional ya, sangat menentukan bagaimana kita bisa berkompetisi dalam dunia global

    BalasHapus
  3. kompetensi global emang dibutuhkan saat ini ya untuk dunia kerja adalah sebuah keharusan makanya perlu dipelajari setiap saat

    BalasHapus
  4. kemarin ngobrol di forum tentang dunia kerja
    dan banyak yang sumbang saran tentang kompetensi global
    Jika kita mampu bersaing di pasar internasional, pastinya menaklukan persaingan dalam negeri akan lebih mudah

    BalasHapus
  5. "97% lulusannya telah mendapatkan pekerjaan tetap dalam waktu 3 bulan setelah lulus."

    Wow, bukankah itu cukup menggiurkan ya, Mbak? Yang selalu dinanti setelah kuliah ya kan kerja

    BalasHapus
  6. Kecerdasan emosional ini yang gak banyak orang punya. Mengendalikan emosi di saat saat genting. Setiap orang harus bisa nih biar hidupnya lebih baik.

    BalasHapus
  7. Asik ini buat para mahasiswanya, lepas dapat sarjana bisa siap masuki dunia kerja.
    Karena udah punya kompetensi diri buat bersaing ya

    BalasHapus
  8. Yap setuju banget, selain memiliki kecerdasan akademik dan bahasa, kita tuh perlu banget membentuk kecerdasan emosional, apalagi dunia global makin beragam, perlu bijaksana menghadapinya. Beruntung banget sudah ada Sampoerna University yang merangkum semua hal ini dalam pendidikan

    BalasHapus
  9. agar bisa bersaing secara global, yaa harus memiliki kompetensi global juga yaa. dan untuk mendapatkan itu, salah satunya dengan memilih kampus yang menyediakan itu, seperti sampoerna university

    BalasHapus
  10. pesan yang bermanfaat banget ini buat generasi muda yang akan menjad angkatan kerja. Bener, kuasai 5 hal di atas insya Allah dua pertiga masa depan sudah di tangan kita ya

    BalasHapus
  11. Penting banget mengusai 5 hal yang udah disebutkan di atas ya kak..Biar nggak kalah saing dalam menghadapi dunia kerja. Apalagi dalam skala global, kan..

    BalasHapus
  12. Penting sekali menguasai kelimanya. Ga bisa dipungkiri institusi tempat belajar tuh ngaruh banget sama pengembangan karakter. Sampoerna Univ bisa jadi pilihan tepat krn sudah didukung kurikulum, sarana dan prasarana, SDM dll yg medukung tericptanya lingkungan belajar yang mengembangkan 5 kompetensi global

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama