Sepenting Itukah Peran Kurikulum Internasional di Indonesia?

kurikulum internasional

Saat ini arus globalisasi begitu deras mencakup semua aspek kehidupan mulai dari teknologi, pendidikan, transportasi, komunikasi dan aspek lainnya. Dengan kata lain, dunia internasional sudah jauh memasuki kehidupan Kita dan menjadi sebuah kebutuhan, contohnya bahasa inggris.

Perhatikan deh cara berbicara anak-anak zaman sekarang, banyak selipan kosa kata bahasa inggris sehingga disebut keminggris atau yang lebih trend disebut logat jaksel. Bukannya sok keminggris, tetapi di zaman sekarang kemampuan berbahasa asing memang sangat diperlukan.

Poin pentingnya adalah kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan di tengah era globalisasi. Tak heran jika semua instansi pendidikan menekankan peserta didik untuk memiliki kemampuan bahasa inggris dan bahasa asing. Bahkan banyak juga yang sudah menerapkan kurikulum internasional untuk menciptakan generasi muda yang siap bersaing di kancah internasional.  

Apa Itu Kurikulum Internasional?

Kurikulum internasional adalah kurikulum sekolah yang dirancang dan disesuaikan dengan standar pendidikan internasional atau standar sekolah luar negeri. Sedangkan kurikulum nasional adalah standar kurikulum yang berlaku secara nasional di sekolah/universitas negeri di Indonesia.

Berbeda dengan kurikulum nasional, kurikulum internasional memungkinkan peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat dan bakat mereka. Beberapa jenis kurikulum internasional antara lain:

  • Kurikulum Montessori
  • Kurikulum Internasional Cambrige
  • International Primary Cirruculum (IPC)
  • Kurikulum International Baccalaureat (IB)
  • Singaporean Primary School Curriculum (SPC)

Kurikulum internasional di Indonesia diterapkan pada sekolah atau universitas swasta berstandar global. Contohnya Sampoerna University yang menerapkan Kurikulum Internasional dari Amerika, bekerjasama dengan University of Arizona.

7 Peran Kurikulum Internasional untuk Pendidikan di Indonesia

Kurikulum pendidikan mencakup tujuan dan rencana pembelajaran, termasuk bahan ajar dan pedoman kegiatan pembelajaran bagi tenaga pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Baik kurikulum nasional, kurikulum internasional maupun gabungan dari keduanya harus memperhatikan standar kurikulum nasional yang berlaku di Indonesia.

Memahami Kompetensi Bekerja dengan Kuliah di Sampoerna University

Lalu apa peran kurikulum internasional di Indonesia? Untuk menjawabnya mari Kita telaah satu per satu peranan penting kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia berikut ini.

1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Dengan adanya kurikulum internasional, maka standar pedoman pendidikan disesuaikan dengan standar global yang modern dan terbaru. Hal ini memungkinkan adanya perubahan metode belajar yang mengacu pada perbaikan cara belajar menjadi lebih efektif. Dengan begitu, sistem pendidikan di Indonesia akan semakin berkembang, up to date dan mengalami peningkatan kualitas pendidikan.

2. Meningkatkan Kualitas Akademik dan Pendidikan Karakter

Materi dan bahan ajar yang disesuaikan dengan standar pendidikan internasional memungkinkan kualitas akademik semakin meningkat. Selain itu, kurikulum internasional sangat memperhatikan pendidikan karakter, kemandirian dan cara berpikir kritis. Ditambah lagi tenaga pengajar atau dosen di sekolah/universitas internasional yang sebagian didatangkan dari luar negeri atau lulusan luar negeri.

3. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Kurikulum internasional menerapkan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar yaitu digunakan sebagai alat komunikasi baik saat kegiatan belajar mengajar maupun di luar itu. Hal ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi menggunakan bahasa inggris sehingga lebih mudah berinteraksi dengan dunia internasional. Selain itu, materi bahasa asing juga diajarkan pada sekolah berstandar internasional.

4. Memfasilitasi Interaksi dengan dunia Internasional

Sekolah atau universitas yang menerapkan kurikulum internasional biasanya memiliki program khusus di luar negeri. Contohnya kegiatan summer camp, pertukaran pelajar, magang di luar negeri dan lain sebagainya. Hal ini sangat membantu peserta didik untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan dunia internasional.

5. Mempersiapkan Siswa untuk Persaingan Global

Adanya program dan fasilitas khusus serta tenaga pendidik berkualitas pada sekolah internasional akan membantu peserta didik lebih siap menghadapi persaingan global. Kesempatan mengikuti berbagai event dan kompetisi internasional pun bisa didapatkan dengan mudah.

6. Membuka Kesempatan Belajar di Luar Negeri

Lulusan sekolah internasional tentu memiliki modal dan wawasan yang lebih luas untuk melanjutkan studi atau belajar di luar negeri. Selain itu, banyak sekali informasi dan koneksi internasional yang bisa didapatkan sehingga memperluas kesempatan dan peluang melanjutkan studi di luar negeri.

7. Membuka Peluang Karir Internasional dan Nasional

Tak hanya berkesempatan melanjutkan studi di luar negeri, belajar di sekolah internasional juga membuka peluang karir di kancah global. Lulusan sekolah/universitas internasional telah dipersiapkan dengan kemampuan kompetensi bekerja untuk mendapatkan pekerjaan impian di luar negeri maupun dalam negeri.

Baca Juga: 5 Kompetensi Global untuk Menghadapi Dunia Kerja

Sampoerna University, Sekolah dengan Kurikulum Internasional

pendidikan internasional

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan menciptakan generasi muda bangsa berdaya saing global, Sampoerna University turut berkontribusi dengan menerapkan kurikulum internasional. Kurikulum di Sampoerna University merupakan gabungan dari kurikulum internasional dan kurikulum nasional dengan memperhatikan kebutuhan dan standar pendidikan luar negeri.

Sampoerna University bekerjasama dengan University of Arizona di Amerika untuk memberikan kesempatan berinteraksi dengan dunia internasional. Selain itu, di Sampoerna University juga memungkinkan untuk melakukan transfer kredit di luar negeri atau bisa juga dilakukan di Indonesia.

Tak hanya itu, Sampoerna University juga mempersiapkan peserta didik dengan skill dan kompetensi bekerja di masa mendatang. Kompetensi kerja atau kompetensi karyawan merupakan serangkaian materi dan keterampilan untuk mengasah kemampuan bekerja secara efektif. Kompetensi bekerja diharapkan menjadi bekal untuk dunia kerja baik di dalam maupun luar negeri.

Sekolah Kurikulum Internasional Bantu Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Keberhasilan atau kesuksesan sistem pendidikan dapat diukur dari kurikulum pendidikan yang diterapkan pada sekolah atau instansi-instansi pendidikan. Kurikulum tersebut sangat berdampak pada kualitas peserta didik yang dihasilkan.

Apakah sistem pendidikan di Indonesia kurang bagus sehingga perlu menerapkan kurikulum internasional? Sebenarnya bukan masalah bagus atau tidaknya sistem pendidikan di Indonesia, tetapi lebih kepada bagaimana langkah Kita untuk menghadapi arus globalisasi dan internasionalisasi yang tidak bisa dikendalikan.

Penerapan kurikulum internasional memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan kurikulum yang lebih luas yaitu secara global. Materi dan bahan ajar kurikulum internasional dibuat sedemikian rupa supaya peserta didik siap menghadapi persaingan global.

Kurikulum internasional juga didukung dengan kompetensi bekerja supaya peserta didik siap terjun ke dunia kerja di ranah internasional maupun nasional. Jadi, penerapan kurikulum internasional memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh Sampoerna University yang menerapkan kurikulum internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan peserta didik sesuai standar global. Dengan begitu, para generasi muda lebih mudah beradaptasi dengan derasnya arus globalisasi dan persaingan internasional.

 

17 Komentar

  1. visioner banget ya Sampoerna University?
    Sangat memahami bahwa generasi muda membutuhkan bekal cukup untuk menghadapi persaingan global
    solusinya, mereka harus mendapat kurikulum internasional dalam menempuh pendidikan

    BalasHapus
  2. Ahh betul banget mbak
    Generasi sekarang saat berkomunikasi suka di mix ya bahasanya
    Kebayang sih kalau mereka menempuh pendidikan dimana bisa gunain bahasa asing, sperti bahasa inggris, sudah pasti bisa berguna saat sudah lulus nanti ya
    Terlebih kalau sekolahnya di Sampoerna University dg kurikulum internasional nya

    BalasHapus
  3. Sampoerna University tuh identik sama kurikulum internasional ya...
    Generasi milenial makin sadar akan pentingnya kurikulum internasional dalam menjawab tantangan pasar kerja global.
    Mereka berbondong2 mencari perguruan tinggi yang berwawasan internasional.
    Sampoerna University jadi pilihan utama

    BalasHapus
  4. peran kurikulum international tentu saja sangat penting bagi generasi di zaman sekarang ini ya kak terlebih persaingan global memang begitu meresahkan

    BalasHapus
  5. Dan yang penting adalah personal quality yang terus meningkat. Dengan tetap open-minded akan kebutuhan skill dimasa yang akan datang, mengikuti standard internasional tentunya jadi pilihan terbaik. Harapan saya, selain kemampuan akademik, siswa juga tetap diarahkan untuk memiliki akhlak dan attitude yang baik. Karena sebaik-baiknya ilmu, akhlak dan attitude yang jempolan harus bisa mengeimbangi.

    BalasHapus
  6. Di era globalisasi seperti sekarang ini, kompetensi yang dibutuhkan adalah kompetensi global
    Dan disinilah peran penting kurikulum internasional

    BalasHapus
  7. Partnernya Universitas Arizona. Sungguh wow sekali. Kayaknya kalau gak dapat beasiswa atau gak punya uang banyak, susah kuliah di sini. Hehehe. Tapi HM Sampoerna cukup loyal memberikan beasiswa bagi masyarakat umum untuk berkuliah di kampusnya.

    BalasHapus
  8. Semua point bener-bener yang dibutuhkan generasi masa kini. Tapi yang paling penting jangan lupakan ahlak. Smoga lulusan Sampoerna selain handal di akademik, juga baik di akhlak

    BalasHapus
  9. Kurikulum internasional memang penting banget ya, berguna banget untuk mempersiapkan generasi mendatang, untuk dapat bersaing di kancah persaingan global yang semakin sengit.
    Sampoerna university ini juara banget memperhitungkan segala kemungkinan untuk para anak didiknya

    BalasHapus
  10. Agar peserta didiknya punya kompetensi mumpuni, maka perlu didukung dengan kurikulum andal di lembaga pendidikan

    BalasHapus
  11. Peran kurikulum bagi pendidikan di Indonesia memang penting banget ya, Mbak. apalagi dengan adanya kurikulum internasional, generasi muda kita jadi bisa ikut bersaing secara global, jadi nggak stuck di sini-sini saja.

    BalasHapus
  12. Keren ih, semoga program pendidikan Sampoerna ini berkesinambungan menuju Indonesia cerdas.

    BalasHapus
  13. Kalau melihat peran-prean kurikulum internasional di atas, jadi paham kalau kurikulum internasional penting untuk calon lulusan agar bisa bersaing secara global. Senang juga pas tahu di Indonesia ada Sampoerna University yang sudah gunakan kurikulum internasional

    BalasHapus
  14. Adanya kurikulum internasional ini membuka cakrawala bagi orangtua dan siswa bahwa kini meski di Indonesia, ada juga lo... kurikulum dengan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di era globalisasi seperti saat ini.

    BalasHapus

  15. Kurikulumnya sudah internasional pasti bisa bersaing dengan dunia internasional yaa lulusannya nanti.

    Betul-betul mempersiapkan masa depan generasi mendatang supaya siap secra global yaa. Keren.

    BalasHapus
  16. kurikulum internasional ini benar-benar mempersiapkan generasi muda untuk siap terjun ke pasar global yaa

    BalasHapus
  17. Peran kurikulum internasional ini penting banget untuk membekali mahasiswa agar dapat kompetitif di ranah global ya Mbak.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama