Tips Pemasangan Camera CCTV di Area Parkiran Kampus

Fungsi CCTV Kampus
sumber: freepik.com

Camera CCTV yang dipasang di area parkir kampus sangat penting untuk meningkatkan keamanan dan ketenangan semua civitas academica. Area parkir kampus tentu harus diawasi dengan baik agar semua kendaraan terjaga dan bisa dipastikan keamanannya. Karena itu pemasangan CCTV merupakan keputusan yang baik.

Sebagai wilayah publik dengan mobilitas yang tinggi bisa menurunkan tingkat keamanan. Meski sudah ada petugas, namun gangguan keamanan tetap mungkin terjadi. Pengelola fasilitas parkir harus mengantisipasi agar tidak ada aksi yang merugikan. Salah satunya dengan memasang camera CCTV outdoor terbaik.

8 Tips Pemasangan Camera CCTV di Area Parkiran Kampus

Pemilihan camera CCTV yang tepat sangat mendukung keamanan di suatu tempat, termasuk area parkir kampus. Dengan menggunakan produk berkualitas akan menghasilkan rekaman yang detail dan jelas.

Hasil tangkapan kamera ini sangat penting untuk memantau kondisi keamanan area parkir. Tips yang perlu diperhatikan ketika memasang kamera pengintai di area tersebut adalah:

1. Pilih Produk dengan Resuolusi Terbaik

Resolusi yang tinggi akan menghasilkan gambar yang akurat, detail dan jelas. Poin ini sangat penting untuk dipertimbangkan ketika akan membeli camera CCTV outdoor untuk menjaga keamanan area parkir kampus. Dengan demikian jika ada indikasi gangguan keamanan bisa dengan mudah diketahui.

2. Mempunyai Fitur Pendeteksi Gerak

Beberapa merek CCTV yang baik menghadirkan fitur pendeteksi gerak pada produknya, Fitur ini akan mendukung kamera untuk mengarahkan tangkapan ke titik yang ada gerakan mencurigakan sehingga setiap indikasi gangguan keamanan akan terekam secara lebih detail.

3. Bisa Mengenali Plat Kendaraan

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah fitur pada camera CCTV yang mampu mendeteksi adanya plat nomor kendaraan yang belum diketahui. Apabila ada orang asing yang datang dengan menggunakan kamera yang mempunyai plat belum dikenal, maka kamera akan memberikan respon dan mengirimnya ke monitor.

4. Memiliki Sistem Alarm

Berikutnya, untuk pemasangan di area parkir, bisa memilih jenis camera CCTV yang mempunyai fitur alarm. Jika ada indikasi gangguan keamanan seperti gerakan atau tanda lainnya, CCTV akan mengirimkan sinyal untuk membunyikan alarm yang terpasang di monitor.

Untuk monitornya dapat ditempatkan di ruang security atau area lain sehingga mudah memantaunya. Beberapa merek mempunyai fitur yang mampu mendeteksi secara akurat, jadi pengguna tidak perlu khawatir adanya kekeliruan sinyal dari alarm.

5. Pastikan Ada Fitur Night Vision

Beberapa sudut area parkir kadang tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup, apalagi pada malam hari ketika penerangan terbatas. Hal ini bisa mengurangi kemampuan CCTV dalam menangkap objek. Untuk mengatasi hal ini bisa memilih jenis pengintai yang mempunyai fitur night vision.

Fitur tersebut akan membuat pengintai bisa secara maksimal menangkap objek dalam kondisi pencahayaan minim. Beberapa jenis mempunyai fitur infrared yang bisa mendukung kerja kamera untuk mendapatkan hasil tangkapan yang jelas meski cahaya terbatas.

6. Sesuaikan Titik Pemasangan CCTV

Selanjutnya yang perlu mendapatkan perhatian adalah titik pemasangan, kemampuan kamera dalam menangkap objek dari jarak jauh dan kemiringan kamera. Di area parkir kampus yang luas, beberapa area mungkin terhalang sehingga tidak terpantau oleh kamera.

Untuk mengatasi hal ini bisa dengan menambah jumlah kamera yang dipasang atau menggunakan tipe dengan kemampuan kerja terbaik. CCTV tertentu bisa menangkap objek dengan jelas sampai jarak lebih dari 50 meter. ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi jumlah unit yang harus dipasang.

Sudut kemiringan pemasangan CCTV juga harus mendapat perhatian karena berpengaruh pada daya jangkau. Semakin besar sudutnya, jangkauannya lebih luas, namun kualitas gambar yang dihasilkan perlu mendapat perhatian. Jangan sampai hasilnya blur atau bahkan tidak jelas sama sekali.

7. NVR Disimpan di Tempat yang Aman

NVR merupakan bagian dari camera CCTV yang berfungsi merekam gambar dari kamera. Agar bisa memantau dengan mudah, sebaiknya penempatan NVR tidak jauh dari layar atau monitor. Tidak sedikit yang menempatkannya di ruang security agar proses untuk memastikan keamanan area parkir tersebut semakin mudah.

8. Pilih Produk CCTV Outdoor Terbaik

Jenis CCTV untuk outdoor berbeda dengan indoor. Karena itu jangan sampai salah dalam memilih. Untuk area parkir kampus, produk yang tepat adalah CCTV outdoor. Jenis ini mempunyai bahan yang lebih kuat sehingga tahan terhadap panas, hujan, angin maupun debu. Dengan demikian, produk tersebut akan awet dan tidak perlu segera menggantinya.

Saat ini banyak jenis CCTV outdoor dengan berbagai jenis harga sesuai kualitas dan fitur yang terdapat di dalamnya. Meski sedikit lebih mahal, namun membeli CCTV outdoor yang berkualitas tidak akan menyebabkan kerugian.

Gambar yang dihasilkan biasanya lebih jelas, detail dan seperti asli sehingga memudahkan untuk mengamati gambar tersebut jika diperlukan. Ketika ada kasus gangguan keamanan, gambar dari CCTV tersebut seringkali dijadikan bukti atau bahan untuk melakukan investigasi.

CCTV Terbaik untuk Keamanan Area Parkir Kampus

Pemasangan CCTV Parkiran

sumber: freepik.com

Camera CCTV terbaik sangat mendukung keamanan area parkir kampus yang rentan terhadap gangguan keamanan. Untuk mendapatkan produk terbaik tidak perlu bingung. Anda bisa memilih Hikvision AcuSense yang sudah terkenal dan banyak digunakan.

Jenis camera CCTV outdoor ini mempunyai fitur canggih yang mendukung penggunaannya sehingga bisa meningkatkan keamanan dengan lebih maksimal. Proses instalasinya juga mudah sehingga Anda tidak harus memanggil teknisi untuk memasangnya. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Hikvision AcuSense adalah:

  • Kinerja lebih cepat dan realtime
  • Hasil tangkapan kamera lebih akurat
  • Sistem kerja lebih efisien
  • Pemasangan dan cara penggunaannya lebih mudah

Kini keamanan area parkir kampus bisa lebih meningkat dengan pemasangan camera CCTV terbaik dari Hikvision AcuSense. Semua civitas academica bisa beraktivitas dengan tenang dan nyaman sehingga meningkatkan kualitas belajar mahasiswa dan kualitas kerja karyawan yang bekerja di kampus tersebut. Untuk ulasan lengkap tentang Hikvision AcuSense, silakan klik tautan berikut:

https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/acusense-products/.

 

                                                       

 

Sumber:

https://www.hikvision.com/id/newsroom/blog/tips-pasang-cctv-outdoor-demi-keamanan-area-parkir-apartemen/

https://doktercctv.com/manfaat-memasang-cctv-di-tempat-parkir/

https://www.kodesjabar.com/2022/03/tips-memilih-cctv-outdoor.html

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama