Calon Ibu Harus Tahu 5 Jenis Sekolah Ini!

jenis-jenis sekolah di indonesia

Sadar gak sih Bund sekarang metode belajar dan jenis sekolah di Indonesia itu banyak sekali macamnya. Sebagai calon ibu tentu Aku harus mempersiapkan dan memikirkan rencana pendidikan anak sejak dini.

Mempersiapkan dan merencanakan pendidikan anak bisa dimulai dari nyicil tabungan pendidikan anak hingga mencari tahu jenis-jenis sekolah yang sesuai dengan harapan kita. Tahu sendiri kan, sekarang jenis sekolah sangat beragam. Yuk kita cari tahu informasinya berikut ini.

Ini Lho 5 Jenis Sekolah yang Ada di Indonesia

Semua pasti sepakat bahwa pendidikan itu penting banget untuk anak dan akan mempengaruhi kualitas hidupnya di masa mendatang. Jadi, buat calon ibu mari kita kepo-in beberapa jenis sekolah yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Ini dia 5 jenis sekolah yang ada di Indonesia.

1. Sekolah Nasional                                    

Pertama, ada sekolah nasional atau sekolah umum yang banyak dijumpai di mana-mana. Sekolah nasional ini mengikuti kurikulum dari Kemendikbud. Untuk saat ini kurikulum yang berlaku di Indonesia yaitu kurikulum merdeka belajar. Sedangkan metode belajarnya menggunakan Bahasa Indonesia untuk komunikasi. Sekolah nasional umumnya ada dua yaitu sekolah negeri yang dibiayai pemerintah dan sekolah swasta yang dibiayai yayasan/lembaga yang mendirikan sekolah.  

2. Sekolah Internasional

Kedua, ada sekolah internasional yang menggunakan kurikulum internasional dan berkomunikasi dengan bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Namun, sekolah internasional tetap mengajarkan beberapa pelajaran utama yang diwajibkan dari Kemendikbud. Sekolah ini umumnya juga mendatangkan tenaga pendidik dari luar negeri dan menerima murid asing.

3. Sekolah Madrasah                                      

Sekolah madrasah merupakan jenis sekolah nasional yang dikelola oleh Kemenag dengan penambahan mata pelajaran yang menitikberatkan pada ajaran Agama Islam. Beberapa sekolah madrasah juga ada yang boarding school atau sekolah asrama. Dalam hal ini murid-murid akan tinggal di asrama yang telah disediakan. Sekolah asrama atau boarding school juga ada yang diterapkan pada sekolah nasional atau internasional.

4. Sekolah Alam atau Sekolah Inklusi

Selanjutnya, ada juga sekolah alam yang menerapkan konsep pendidikan berbasis alam semesta dan sebagian besar aktivitasnya dilakukan di alam terbuka. Umumnya, sekolah alam merupakan sekolah inklusi yang menerima murid biasa dan murid berkebutuhan khusus. Tujuannya supaya keduanya bisa saling berinteraksi dan belajar toleransi.

5. Sekolah Rumah / Homeschooling

Selain itu, ada juga jenis sekolah rumah atau homeschooling yaitu jenis pendidikan dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah dengan mendatangkan tenaga pendidik ke rumah kita. Dalam hal ini anak-anak akan belajar secara mandiri, berbeda dengan sekolah pada umumnya yang cara belajarnya bersama-sama dengan murid lainnya dalam satu kelas. Buat Bunda yang kepo bisa baca-baca informasinya di blog homeschooling.

Jadi Gimana Bund, Anak-anak Sekolah di Mana Ya Enaknya?

Setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula dengan kita sebagai orang tua juga memiliki harapan dan tujuan pendidikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencari tahu apa saja jenis pendidikan yang ada di sekitar kita dan metode belajar yang digunakan.

Dengan mengetahui beberapa jenis sekolah yang ada di sekitar tempat tinggal kita, maka akan lebih mudah memilih pendidikan untuk anak. Ada yang ingin menyekolahkan anak-anaknya di sekolah umum atau sekolah nasional, sekolah internasional, sekolah asrama, madrasah ataupun homeschooling.

Namun, sebagai orang tua juga perlu memperhitungkan keinginan anak serta melihat bagaimana tumbuh kembangnya, apakah lebih cocok dengan sistem sekolah A atau B atau C dan lain sebagainya. Semangat Bunda, semoga kita bisa menjadi orang tua yang baik dan bisa mengarahkan pendidikan anak yang tidak hanya sesuai dengan harapan kita tetapi juga sesuai dan nyaman untuk anak.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama