6 Manfaat Menulis Blog, Bisa Tambah Penghasilan Juga Lho!

Tips Blogging Dapat Penghasilan Dari Rumah

Yang suka Ngeblog atau menulis blog mana suaranya? Masih relate enggak sih jaman sekarang ngeblog? Bukannya sudah pada pindah ke Instagram dan TikTok?

Eits... jangan salah, aku sendiri masih ngeblog sampai sekarang, meski sudah jarang nulis karena sedang hamil. Tetapi di luar itu dunia blogging masih sangat populer dan masih banyak sekali lho yang mendapatkan manfaat dari menulis blog. Memangnya apa manfaat menulis blog? Banyak banget manfaatnya!

6 Manfaat Menulis Blog

Blogging atau Ngeblog alias menulis blog adalah kegiatan menulis konten berupa artikel atau esai atau tulisan apapun yang diposting di platform blog atau situs web pribadi. Orang yang menulis blog disebut sebagai blogger. Tujuan ngeblog itu sendiri juga bermacam-macam seperti berbagi informasi, pengalaman pribadi, kebutuhan bisnis (memasarkan produk/jasa) dan lain sebagainya. Topik yang diangkat juga beragam mulai dari teknologi, finansial, parenting, pendidikan, beauty dan lain-lain.

Menulis blog memiliki banyak manfaat untuk masyarakat dan pembaca blog, termasuk juga bermanfaat untuk Si penulis itu sendiri baik secara pribadi maupun profesional. Apa saja sih manfaat menulis blog?

1. Tempat Berbagi Informasi

Menurutku, manfaat utama dari kegiatan ngeblog adalah berbagi informasi di internet. Jaman sekarang semua orang mencari berbagai informasi melalui internet dengan cara browsing di mbah Google. Nah, di sanalah tulisan blog akan ditemukan. Jadi, masih relate banget dong. Di tengah gempuran media sosial dan konten short video, Google masih menjadi mesin pencari nomor satu yang banyak dikunjungi orang.

2. Media untuk Mengekspresikan Diri

Bagi Si penulis atau pemilik blog, kegiatan rutin menulis blog bisa menjadi media untuk mengekspresikan diri dengan tulisan. Kamu bisa berbagai ide dan pemikiran tentang sesuatu, berbagi pengalaman atau pandangan tentang topik tertentu. Jika dilakukan terus-menerus, kegiatan menulis blog bisa meningkatkan keterampilan menulis, siapa tahu bisa jadi penulis beneran dan punya buku sendiri.

Fungsi blog bisa menjadi pengganti buku harian atau jurnal pribadi, tempat untuk menuangkan cerita dan pengalaman pribadi. Tapi perlu diingat juga bahwa tulisan tersebut akan dibaca banyak orang di internet, jadi blogger perlu menulis dengan bijak ya.

3. Membangun Self Branding

Jaman sekarang rasanya semua orang wajib membangun self branding atau reputasi pribadi. Self branding itu sendiri bisa bermanfaat untuk siapa saja dengan profesi apapun, bahkan untuk ibu rumah tangga sekalipun. Self branding dapat membuka kesempatan kerja, kolaborasi, atau bahkan pemasukan melalui blogging.

4. Memperluas Jaringan dan Relasi

Blogging juga membuka peluang untuk berkenalan dengan orang-orang baru dalam komunitas online yang memiliki minat serupa. Hal ini dapat membantu memperluas jaringan dan relasi karena berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki pandangan dan minat yang sama.

Sejak aktif ngeblog dan ikut komunitas blogging, aku jadi kenal dengan banyak penulis blog, kebanyakan sih emak emak blogger ya. Manfaatnya juga aku rasakan betul karena banyak sekali insight dan informasi baru yang aku dapatkan dari para senior blogger. Mulai dari info parenting dari pengalaman pribadi, tips finansial, dan berbagai informasi lainnya.

5. Berpeluang Mendapatkan Penghasilan

Meskipun tidak semua blogger menghasilkan uang, blogging dapat menjadi sumber penghasilan tambahan atau bahkan karier penuh waktu jika berhasil membangun audiens yang besar dan memiliki strategi monetisasi yang efektif.

Banyak dari kalangan blogger yang menghasilkan uang melalui berbagai cara, seperti iklan, sponsorship, kerjasama dengan brandpenjualan produk, atau afiliasi.

6. Menginspirasi dan Memotivasi Orang

Aktivitas blogging juga dapat membantu banyak orang melalui kisah inspiratif, motivasi dan pengalaman pribadi. Melalui tulisan, kamu memiliki potensi untuk menginspirasi orang lain, membantu orang merasa terhubung, mengubah cara pandang seseorang, atau bahkan membantu orang lain mengatasi masalah mereka.

Memanfaatkan Blog untuk Self Branding dan Mendapatkan Penghasilan

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk menulis blog. Aku sendiri membangun blog pribadi sejak masa kuliah dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman pribadi. Sayangnya saat itu ilmu blogging-ku masih sangat minim dan blog pun terbengkalai dengan kesibukan sidang akhir dan pekerjaan yang aku jalani.

Setelah akhirnya mulai aktif ngeblog lagi, aku putuskan untuk bergabung dengan komunitas dan mengikuti berbagai kelas blogging. Hasilnya sangat memuaskan bahkan sampai menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Dalam rangka mengambil manfaat maksimal dari kegiatan blogging, penting untuk memiliki tujuan yang jelas, konsisten menulis konten, dan berinteraksi dengan audiens atau pembaca blog. Nah, berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan kegiatan blogging:

  • Tentukan tujuan dengan jelas, apa alasan menulis blog? Apa tujuan ngeblog? Self branding seperti apa yang ingin dibangun? Pastikan self branding sesuai dengan keterampilan dan kepribadian kamu.
  • Tentukan niche atau topik yang relevan dan sesuai dengan self branding serta memiliki potensi untuk menarik audiens
  • Buat konten dengan baik dan konsisten mulai dari rencana konten, jadwal posting, topik yang akan dibahas, keyword dan audiens yang ditargetkan, gaya penulisan konten, dan lain-lain
  • Bantu optimalkan dengan penulisan konten SEO, bagikan di media sosial, dan bangun interaksi bersama audiens dengan aktif membalas komentar
  • Manfaatkan alat analisis web untuk melacak kinerja blog dengan melihat jumlah pengunjung, konten populer, dan informasi lainnya untuk mengukur dan mengevaluasi blog

Membangun self-branding melalui blog adalah perjalanan yang memerlukan waktu dan usaha, tetapi dengan komitmen, konsisten, dan sabar akan terbentuk self branding yang kuat untuk peluang karir yang lebih baik. Biarlah waktu yang akan menentukan, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Happy blogging everyone!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama