Yuk Belajar Parenting untuk Menjadi Orang Tua yang Baik

ilmu parenting mencakup apa saja

Bagi seorang anak, orang tua adalah segalanya. Orang tua memainkan peran utama dalam merawat, membimbing, mendukung, dan membentuk anak-anak menjadi individu yang bahagia, sehat, dan berdaya. Menjadi orang tua adalah tanggung jawab yang besar dan merupakan tugas yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, orang tua perlu terbuka untuk belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan anak-anak mereka.

Mengingat perkembangan zaman sangat pesat, tentunya akan ada perubahan dan perbedaan pola asuh dari zaman kita dulu. Maka calon ibu atau calon orang tua harus mempersiapkan diri dengan belajar ilmu parenting.

Apa Itu Ilmu Parenting?

Parenting adalah proses merawat, mengasuh dan mendidik anak sampai mereka tumbuh dewasa. Hal ini meliputi semua aspek mulai dari pendidikan, perkembangan fisik dan emosi, pengawasan/perlindungan, pola asuh, pemberian nutrisi/makanan sehat, dan lain-lain.

Sedangkan ilmu parenting adalah ilmu yang membahas tentang cara terbaik dalam merawat dan mendidik anak. Ilmu parenting berusaha mengidentifikasi prinsip, teori dan praktik terbaik dalam parenting sehingga menghasilkan pola pengasuhan terbaik pada anak. 

Parenting adalah proses merawat, mengasuh dan mendidik anak hingga tumbuh dewasa. Sedangkan ilmu parenting adalah ilmu dalam merawat dan mendidik anak mencakup teori, prinsip, metode hingga praktik dan teknik parenting terbaik pada anak.

Ilmu parenting mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Pemenuhan kebutuhan anak, termasuk pendidikan, kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan
  • Mendukung tumbuh kembang anak meliputi perkembangan fisik, emosi, sosial dan kognitif
  • Pembentukan karakter, penanaman nilai-nilai moral dan etika pada anak
  • Pengembangan keterampilan sosial, budaya dan emosional melalui interaksi dan komunikasi

Kenapa Calon Orang Tua Harus Belajar Ilmu Parenting?

Bagi calon ibu seperti aku rasanya tidak mungkin langsung menjadi orang tua hebat tanpa belajar ilmu parenting. Minimal kita belajar dan meniru bagaimana pola asuh orang tua kita dulu. Namun, tentu saja tidak semua bisa diterapkan karena sudah beda zaman. Oleh karena itu calon orang tua perlu belajar lebih banyak lagi.

Ilmu parenting bisa berasal dari studi ilmiah, penelitian dari para profesional maupun kisah atau pengalaman dari para orang tua di sekitar kita. Sebagai blogger aku juga banyak belajar dari para mom blogger tentang bagaimana mereka mengasuh anak-anak. Belajar ilmu parenting itu banyak manfaatnya lho.

1. Meningkatkan Keterampilan Parenting

Dengan belajar ilmu parenting, calon ibu atau orang tua akan lebih siap menghadapi anak-anak mereka. Hal ini meliputi bagaimana cara merawat dan mengasuh anak, bagaimana perkembangan dan pertumbuhan anak, komunikasi yang baik dengan anak, mengatasi anak yang bermasalah dan lain-lain. Hal ini juga membantu orang tua untuk menghindari kesalahan pengasuhan yang dapat menghambat perkembangan anak.

2. Mengurangi Stres dalam Mengasuh Anak

Akan sangat berbeda antara orang tua yang belajar ilmu parenting dan tidak belajar parenting. Orang tua yang belajar ilmu parenting diharapkan sudah memahami prinsip parenting dan hal-hal yang perlu dilakukan dalam mengasuh anak. Dengan begitu orang tua akan terhindar dari stres dalam mengasuh anak karena sudah tahu ilmunya. Meski tidak semuanya akan berjalan lancar dan perlu pembiasaan serta latihan, tetapi akan lebih mudah jika kita sudah paham ilmunya.

3. Meningkatkan Bonding/Hubungan dengan Anak

Dengan belajar ilmu parenting, orang tua akan memahami bagaimana proses perkembangan dan pertumbuhan anak serta struggle atau kesulitan/tantangan yang dialami anak-anak hingga tumbuh dewasa. Dengan begitu orang tua akan lebih mengerti kebutuhan anak, lebih mendengarkan anak, dan dapat memberikan dukungan positif. Hal ini akan membangun bonding/hubungan yang baik antara anak dan orang tua.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Anak

Dengan terciptanya hubungan yang baik antara orang tua dan anak, maka proses pertumbuhan anak akan berlangsung dengan baik. Anak pun merasa bahagia bersama orang tua mereka yang memberikan dukungan penuh dan positif. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan anak di masa mendatang.

Belajar Sambil Berjalan dan Nikmati Prosesnya

Belajar parenting tidaklah sulit, bisa belajar dari mana saja seperti membaca buku, artikel online, menonton video YouTube, mengikuti kursus/seminar parenting dan lain-lain. Bahkan berkonsultasi dengan orang tua kita atau teman satu komunitas yang lebih senior juga termasuk proses belajar.

Oh iya, jangan lupa juga untuk berdiskusi bersama pasangan tentang metode parenting yang akan dilakukan bersama. Sehingga terhindar dari kesalahan parenting atau ketidakcocokan dalam mengasuh anak. Topik bahasan bisa dimulai dari tujuan parenting, harapan, kekhawatiran masing-masing, dan apa yang dirasakan dalam proses menjadi orang tua.

Diskusikan juga bagaimana pola asuh yang akan diterapkan, pembagian tugas, pemilihan pendidikan, persiapan anggaran untuk anak, dan lain-lain. Dengan berbagi cerita dan menyatukan pikiran masing-masing bersama pasangan, maka akan tercipta metode parenting terbaik untuk anak.

Tenang ya bu... pak... belajar parenting itu memang penting tetapi tidak perlu pusing-pusing. Nikmati saja prosesnya dan belajarlah sambil berjalan.

Ingatlah bahwa tidak ada panduan pasti untuk menjadi orang tua yang sempurna, dan setiap keluarga memiliki dinamikanya sendiri. Yang terpenting adalah memberikan cinta, perhatian, dan dukungan yang besar kepada anak dalam perjalanan tumbuh kembang mereka.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama