8 Tips Menghilangkan Jerawat Punggung yang bisa Dilakukan

sabun jerawat punggung

Jerawat yang mengganggu penampilan menjadi keluhan hampir semua orang. Pada umumnya, jerawat muncul di bagian tubuh yang lembap dan berkeringat, seperti pada wajah dan punggung. Tetapi jerawat di punggung disebabkan oleh faktor tertentu. Jerawat di punggung mungkin tak mengganggu penampilan tetapi kenyamanan dalam beraktivitas.

Jerawat punggung normalnya dialami anak usia remaja. Wajar juga apabila orang dewasa sering mengalaminya. Jerawat yang tumbuh di punggung, seperti jerawat pada umumnya, disebabkan oleh minyak dan sel kulit mati. Kedua hal tersebut terperangkap dalam folikel sehingga menyumbat pori-pori. Ketika bakteri menyerang, jerawat akhirnya meradang.

Namun banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat pada punggung, mulai dari kebiasaan hidup atau menggunakan suatu produk. Nah, di pembahasan kali ini, akan memberikan beberapa tips menghilangkan jerawat punggung yang bisa kalian lakukan di rumah. berikut ulasannya.

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Penyebab jerawat punggung terjadi karena adanya kelenjar minyak dan banyak folikel rambut. Dalam kebanyakan kasus, ada tips menghilangkan jerawat punggung. Berikut adalah beberapa tips menghilangkan jerawat punggung.

1. Menjaga Tubuh Tetap Bersih

Melansir Healthline, keringat dan kotoran yang terperangkap akan menyumbat pori-pori sehingga jerawat akan muncul di punggung. Untuk itu, menjaga kebersihan kulit sangatlah disarankan.

Selalu mandi setelah melakukan aktivitas sangatlah penting, khususnya yang membuat badan berkeringat seperti olahraga. Namun jika tidak memungkinkan, menggunakan pembersih tanpa kandungan minyak bisa menjadi alternatif sementara untuk menghilangkan keringat dan kotoran.

2. Menggunakan Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat dan Tidak Ketat

Selain menjaga kebersihan tubuh, dianjurkan juga untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Ini agar keringat tidak menyumbat folikel rambut sehingga memicu jerawat punggung. Tidak hanya itu, harus segera mengganti pakaian yang basah oleh keringat.

Selain itu juga disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit sulit bernapas dan meningkatkan produksi keringat di kulit. Keringat yang bercampur dengan minyak alami tubuh akan menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan komedo putih dan jerawat.

3. Singkirkan Rambut pada Punggung

Rambut panjang akan menjebak minyak dan kotoran masuk ke dalam kulit punggung, sehingga menyebabkan jerawat. Jadi, pastikan keramas secara teratur dan ikat rambut saat berkeringat.

Selain keramas, tidak boleh membiarkan kondisioner atau sampo terkena kulit punggung. Pasalnya, bahan-bahan dalam produk dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

4. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Tips menghilangkan jerawat punggung lainnya adalah dengan cara mengoleskan gel lidah buaya, atau produk lidah buaya yang juga mengandung tretinoin (asam retinoate), pada jerawat di punggung.

Penelitian menunjukkan cara ini berpotensi menyembuhkan jerawat ringan hingga sedang. Gel lidah buaya dapat menjadi alternatif krim dan losion tubuh yang mengandung minyak mineral, lanolin sintetis, dan mentega kakao. Penggunaan krim ini justru dapat memperparah jerawat.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan yang banyak mengandung gula atau memiliki indeks glikemik yang tinggi diduga dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat punggung atau di tempat lainnya, sangat disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, seperti nasi putih, roti tawar, mi, kentang goreng, cemilan manis, seperti kue dan es krim, serta minuman bersoda.

6. Mengoleskan Te Tree Oil

Orang Australia sudah menggunakan tea tree oil sejak lama untuk mengobati berbagai masalah pada kulit. Minyak tersebut dapat dioleskan ke punggung untuk menghilangkan jerawat karena dapat membunuh bakteri berlebih. Saat ini, berbagai losion, pembersih kulit, dan krim juga sudah menyertakan kandungan tea tree oil dalam produknya.

7. Mengganti Sprei

Seprai serta perlengkapan olahraga, adalah tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri penyebab jerawat.

Untuk menghindari dan salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung, disarankan untuk sering mengganti seprai dan menghindari memakai kembali peralatan olahraga setelah lebih dari satu sesi berkeringat di gym.

8. Gunakan Produk untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Gunakan produk yang dapat menghilangkan jerawat, Pilihlah produk yang sesuai dengan masalah kulit tubuh. Bisa memilih produk yang mengandung bahan Tea Tree Oil dan Grapeseed oil yang mana dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Salah satu produk yang direkomendasikan untuk menghilangkan jerawat punggung adalah Dermies Clear Me Body Mist.

Dermies Clear Me Pimple Body Mist merupakan produk yang diformulasikan khusus untuk merawat kulit berjerawat. Selain itu, produk ini juga mampu menyamarkan noda bekas jerawat, mencerahkan kulit, mengontrol minyak pada kulit, menghaluskan pori-pori kulit diarea punggung, dada dan sekitarnya.

Dermies Clear Me Pimple Body Mist adalah produk untuk perawatan jerawat pada punggung dengan kandungan Blue Lotus, salicylic acid 2%, hyaluronic acid, niacinamide 2%, allantoin, Aquaxyl, AHA dan Zinc Gluconate.

Dermies Clear Me Pimple Body Mist bisa didapatkan melalui e-commerce resminya yaitu dermiesclearme.com dengan harga Rp 75.000 saja untuk ukuran 100 ml. Murah bukan?

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama