5 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Jualan Perlengkapan Bayi

bisnis ibu rumah tangga jualan perlengkapan bayi baru lahir

Jualan online menjadi bisnis rumahan yang paling banyak dilakukan dan paling mudah dikerjakan karena bisa dijalankan dari rumah dan dari mana saja. Bisnis seperti ini cocok banget buat ibu rumah tangga atau siapapun juga bisa menjalankan bisnis online.

Jika kamu tertarik berjualan online, maka pilihlah produk yang banyak dibutuhkan dan produk yang betul-betul kamu kuasai atau kamu ngerti soal itu. Nah, untuk bisnis ibu rumah tangga cocoknya jualan produk perlengkapan bayi. Pertama, karena produk perlengkapan bayi pasti banyak dibutuhkan. Kedua, ibu rumah tangga pasti paham betul soal perlengkapan bayi, apa saja yang dibutuhkan, bagaimana kualitas produknya dan lain-lain.

5 Produk Perlengkapan Bayi yang Laku di Pasaran

Jualan perlengkapan bayi bisa jadi bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan. Perlengkapan bayi itu banyak banget lho! Bisa enggak habis-habis kalau diobrolin satu per satu. Dan aku yakin semua produk perlengkapan bayi itu pasti laku karena merupakan kebutuhan berkelanjutan. Namun, kali ini aku akan sebutkan beberapa produk bayi yang laku keras di pasaran.

1. Baju Bayi / Pakaian Bayi

Kebutuhan bayi pertama yang cocok untuk bisnis rumahan yaitu baju bayi atau pakaian bayi dan printilannya. Produk yang bisa kamu jual mulai dari baju bayi, kaos bayi, celana bayi, kaos kaki bayi, sarung tangan dan kaki bayi, topi bayi, hijab bayi dan banyak lagi. Produk pakaian bayi ini pasti akan dibeli oleh orang tua untuk persiapan melahirkan, belum lagi keluarga atau kerabat yang ingin membeli kado untuk tilik bayi. Jadi pasti laku keras di pasaran.

2. Popok Sekali Pakai

Ide bisnis rumahan selanjutnya ada popok bayi yang aku yakin pasti banyak yang beli dan jadi pelanggan tetap karena ini merupakan kebutuhan utama bayi. Aku sendiri udah langganan beli popok di marketplace seperti Lazada untuk kebutuhan popok anakku. Popok juga macam-macam, ada popok sekali pakai, popok kain, atau popok clodi yang bisa dicuci. Ketiganya punya peminat masing-masing, jadi terserah deh mau jualan salah satu, salah dua atau semua tiga-tiganya dijual juga boleh.

3. Susu Bayi dan Botol Susu

Aku yakin semua ibu membutuhkan susu bayi dan botol susu untuk kebutuhan menyusui. Meski ibu menyusui full asi, aku rasa tetap membutuhkan botol susu untuk menyimpan asi di kulkas. Kamu juga bisa menjual perlengkapan menyusui lainnya seperti pompa asi, kantong asi, breast pad dan lain sebagainya. Ini merupakan bisnis rumahan yang menjanjikan dan cocok untuk bisnis ibu rumah tangga.

4. Perlengkapan Mandi Bayi

Produk perlengkapan mandi bayi juga tak kalah penting untuk menunjang kebutuhan bayi, pasti laku deh kalau dijadikan bisnis rumahan. Perlengkapan mandi antara lain sabun bayi, sampo bayi, baby oil, krim atau lotion, salep bayi, bedak bayi, parfum bayi, dan lain-lain. Ada juga perlak, handuk, waslap, bathtub/bak mandi bayi, dan masih banyak lagi. Supaya lebih menarik, kamu bisa menjual 1 set perlengkapan mandi bayi yang isinya lengkap sehingga pembeli tidak perlu beli produknya satu-satu.

5. Mainan Bayi Edukatif

Ada banyak sekali jenis mainan bayi yang bisa kamu jual secara online. Menjual mainan bayi edukatif bisa jadi ide bisnis rumahan yang bakal laku keras di pasaran.

Mulai dari newborn hingga usia tertentu, bayi perlu diberikan mainan yang berbeda-beda untuk membantu stimulasi bayi. Contohnya bayi 0-3 bulan diberikan mainan hitam putih/warna kontras seperti buku softbook hitam putih dan lainnya. Nanti usia 4 bulan ke atas mainannya beda lagi, jadi pasti akan beli lagi. Ini bisa jadi kesempatan untuk bisnis rumahan menjual mainan bayi yang beragam sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi.

tips menjalankan bisnis rumahan

Cara Jualan Online bagi Pemula Bisnis Rumahan

Meski niat jualan online sudah ada, menjalankan bisnis  rumahan tidak akan semudah itu, terutama bagi pemula. Yang namanya pemula berarti belum memiliki pengalaman dalam jualan online, jadi harus banyak-banyak cari informasi untuk menunjang keberhasilan bisnis. Nah, kira-kira apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis rumahan atau jualan online dari rumah?

  1. Tentukan Produk dan Target Pasar : pastikan dulu dan mantapkan hati kamu mau jualan apa dan dijual kemana/ke siapa target pasarnya
  2. Cari Distributor : lakukan pencarian distributor produk yang menguntungkan dan bisa dipercaya untuk menjalin bisnis jangka panjang
  3. Buat Brand Bisnis : ciptakan brand yang unik dan mudah diingat konsumen sehingga brand yang kamu kenalkan ke masyarakat bisa cepat tersebar luas
  4. Buat Toko Online : buat toko dan daftarkan di marketplace seperti di Lazada supaya jangkauannya lebih luas dan peluang bisnis lebih besar
  5. Buat Katalog dan Foto Produk : pastikan kamu memiliki katalog produk yang lengkap untuk memudahkan konsumen, foto produk juga harus jelas dan foto asli
  6. Gencar Promosi : jangan lupa promosikan produkmu di semua media sosial secara rutin

Jualan Online di Lazada, Cukup dari Rumah Bisa Dapat Untung Melimpah

Membuka bisnis jualan online menjadi cara yang efektif untuk memulai bisnis baru untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Jualan online juga cukup mudah dilakukan terutama bagi ibu rumah tangga karena bisa dilakukan dari rumah sambil mengurus rumah dan keluarga.

ide bisnis rumahan yang menjanjikan

Jualan online bisa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram atau bisa juga memanfaatkan e-commerce atau marketplace untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Untuk memulai bisnis rumahan yang menjanjikan kamu bisa membuka toko di Lazada. Lazada merupakan platform e-commerse nomor 1 di Indonesia. Cara jualan di Lazada juga mudah sekali, caranya:

  • Buka situs sellercenterlazada.co.id
  • Daftar sebagai penjual
  • Masukkan E-mail dan alamat
  • Unggah ID dan masukkan Rekening Bank
  • Unggah produk kamu dan mulai jualan

Selain itu, manfaatkan juga situs Yuk Jualan Online yang disediakan Lazada untuk belajar seputar tips dan strategi jualan online. Contohnya seperti tips menjalankan bisnis rumahan modal kecil, tips strategi marketing online dan lain-lain. Aku juga suka baca artikel di sana, banyak banget manfaatnya, antara lain:

  • Dapat insight menarik seputar bisnis online
  • Jadi tahu tren bisnis yang sedang berlangsung
  • Dapat banyak info seputar tutorial memulai bisnis 

Teman-teman yang mau belajar bisnis online secara gratis bisa akses web Yuk Jualan Online juga ya!


14 Komentar

  1. Boleh juga idenya jualan perlengkapan bayi sendiri, btw baru tahu lazada ada program reseller jg, thank you infonya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak ada program reseller nya, yang mau mulai jualan online jadi lebih mudah

      Hapus
  2. Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang benar-benar fokus dijalankan. Banyak opsi berbisnis untuk IRT dan menjadi reseller produk bayi adalah salah satu yang cukup menguntungkan. Ada teman yang konsentrasi menjual susu dan perlengkapan menyusu (botol, penetralisir botol, dll). Ternyata usaha ini menguntungkan banget hingga saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahkan jual satu jenis produk aja udah untung banget ya karena banyak yang butuh, contohnya, susu aja, popok aja, dll.

      Hapus
  3. Berjualan dengan cara online memang memudahkan siapa saja, apalagi jualannya dari rumah. Karena banyak ide sih ya untuk memulai bisnis ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. jualan online di rumah cocok banget untuk IRT supaya bisa sambil ngurus rumah

      Hapus
  4. Jadi inget tetangga habis lahiran dan belum ngasih apa-apa
    Belanja di Lazada ah, perlengkapan bayinya lengkap
    Dan bisa memilih dari berbagai brand

    BalasHapus
    Balasan
    1. praktis bisa langsung dikirim ke alamat tujuan

      Hapus
  5. Perlengkapan bayi, macamnya banyak ya mbak, dan lucu-lucu kalau lihat.
    Popok sekali pakai dan susu formula ini menurut saya yang pangsa pasarnya tetap bagus di masyarakat kita.
    Eh bisa juga ya coba bisnis produk perlengkapan bayi gini secara online di lazada

    BalasHapus
    Balasan
    1. susu formula aja udah banyak banget jenisnya, popok juga, enggak perlu jual yang lain, itu aja udah bisa untung ya...

      Hapus
  6. boleh jugaaa nih idenyaaa
    karena jaman sekarang kudu bisa manfaatin peluang ya.

    karna bisa menjadi jalan berburu cuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, pengen banget jualan online dari rumah biar makin cuan

      Hapus
  7. Pokonya kalau uda berkaitan dengan bayi dan anak, biasanya orangtua khususnya Ibu, uda gak banyak perhitungan. Seneng banget ngliatin barang bayi yang unik, bermanfaat apalagi seperti mainan edukatif atau yang memang untuk kesehatan.

    Jualan Online di Lazada sangat menguntungkan yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah pastiuntungnya ya kak kalau jualan perlengkapan bayi dan mainan anak

      Hapus
Lebih baru Lebih lama