Simple Things yang Membuat Ibu Melahirkan Bahagia

dukungan suami untuk ibu melahirkan

Proses melahirkan adalah sebuah anugerah bagi setiap wanita, terutama calon ibu yang menunggu kelahiran anak pertamanya. Pengalaman melahirkan akan menjadi momen yang tak terlupakan. Proses melahirkan juga menjadi perjuangan batin dan fisik bagi seorang ibu, baik melahirkan secara normal maupun caesar.

Ibu Melahirkan Rentan Stress dan Emosional

Beberapa ibu mungkin mengalami stress atau tekanan selama kehamilan, melahirkan dan pasca melahirkan atau postpartum. Tak heran jika ibu-bu pasca melahirkan menjadi sangat emosional dan mudah marah/sedih, bahkan rentan mengalami babyblues.

Apa saja faktor penyebab ibu melahirkan stress dan merasa tertekan?

  • Perubahan hormonal yang dialami oleh tubuh ibu selama kehamilan hingga pasca melahirkan
  • Tekanan sosial dan ekspektasi keluarga/kerabat yang suka membandingkan pengalaman persalinan orang lain
  • Ketidakpastian selama proses persalinan (waktu persalinan, kondisi ibu dan bayi, dll.) yang menyebabkan ibu merasa takut dan cemas
  • Sebagian ibu mungkin memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga menimbulkan rasa cemas dan khawatir
  • Mengalami nyeri fisik saat melahirkan seperti luka jahitan, kram perut, nifas, dan lainnya
  • Kurangnya dukungan dari suami, keluarga dan kerabat menyebabkan ibu melahirkan stress

4 Hal Sederhana yang Bikin Ibu Melahirkan Happy Terus

Ada banyak hal sederhana yang bisa membuat ibu melahirkan bahagia selama proses persalinan dan pasca persalinan.

1.  Membantu Persiapan Lahiran

Meski bisa menyiapkan sendiri, namun pasti senang sekali jika suami dan keluarga membantu persiapan lahiran seperti menyiapkan kebutuhan persalinan ibu dan bayi selama di rumah sakit. Hal ini akan mengurangi pekerjaan ibu dan ibu juga merasa diperhatikan.

2. Dukungan Emosional dan Psikologis

Menunggu persalinan akan membuat ibu merasa cemas dan stress, oleh karena itu suami dan keluarga sangat dibutuhkan untuk memberi dukungan emosional dan psikologis. Tanyakan apa yang dirasakan ibu, apa yang dibutuhkan ibu, buat ibu tenang dan rileks.

3. Kado untuk Ibu Melahirkan

Bukan hanya kado untuk bayi baru lahir, kado untuk ibu melahirkan juga bisa membuat ibu sangat senang dan merasa diperhatikan. Coba deh kalau kunjungi bayi baru lahir jangan lupa beri kado untuk si ibu juga seperti kado daster, masker wajah, lulur mandi, lilin aromaterapi, kursi/sofa untuk menyusui dan lain-lain

4. Travelling Tipis-tipis

Ibu-ibu pasca melahirkan pasti rasanya bosen banget di rumah terus ngurus bayi ngurus rumah sampai dirinya sendiri enggak keurus. Nah, coba deh ajak ibu melahirkan travelling tipis-tipis misalnya jalan-jalan ke taman atau jalan pagi keliling komplek juga boleh. Tujuannya supaya tidak bosan dan jenuh, asalkan jangan dibawa jalan-jalan ke puncak gunung aja ya, bisa bahaya buat kesehatannya.

Dukungan Suami dan Keluarga Menjadi Kunci Kebahagiaan Ibu Melahirkan

Perlu diingat bahwa sebagian besar proses persalinan berjalan lancar dan aman dengan bantuan paramedis dan fasilitas kesehatan yang memadai. Keselamatan ibu dan bayi tentu saja menjadi prioritas utama selama persalinan berlangsung.

Namun, proses melahirkan merupakan perjuangan antara hidup dan mati yang melibatkan rasa nyeri fisik luar biasa serta adanya kemungkinan komplikasi yang serius. Selain itu, proses persalinan juga menjadi perjuangan emosional dan psikologis seperti rasa takut, cemas, khawatir atau traumatis yang dialami sebelumnya. Seperti yang terjadi pada Mba Suci, travel blogger Medan yang pernah menulis artikel tentang pengalaman melahirkan normal berujung operasi Caesar. Perasaannya sudah pasti enggak karuan antara cemas, takut, khawatir, dan juga sudah lelah secara fisik dan mental.

Nah, di sinilah peran dan dukungan suami serta keluarga dan kerabat dekat sangat dibutuhkan. Dukungan positif dari pasangan dan orang terdekat akan membantu mengurangi rasa stress dan khawatir sehingga ibu lebih siap menghadapi prosesnya. Dengan kata lain, kunci kebahagiaan ibu melahirkan adalah adanya dukungan positif dari pasangan dan keluarga. Semangat untuk postpartum mother yang sedang berjuang merawat diri dan bayinya. Love sekebon!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama