Jaga Keselamatan, Berikut 5 Tips Nyetir Mobil di Malam Hari

tips nyetir mobil malam hari

Keamanan dan keselamatan harus selalu dijaga di mana saja dan kapan pun kamu berada. Dalam situasi dan kondisi apa pun, kamu harus tetap mempersiapkan keamanan, minimal untuk diri sendiri. Terutama pada saat mengendarai mobil di malam hari.

Sebetulnya, baik pagi, siang, ataupun malam, kamu tetap punya kewajiban untuk meningkatkan keamanan. Namun, pada malam hari dibutuhkan ekstra atau lebih berhati-hati karena kondisi gelap. Apa lagi kalau kerjaanmu mengharuskan untuk pulang malam atau memiliki kegiatan/urusan dadakan sehingga perlu nyetir mobil malam-malam.

5 Tips Nyetir Mobil di Malam Hari

Risiko kecelakaan di malam hari punya tingkat lebih tinggi. Banyak sekali faktor penyebabnya mulai dari penggunaan lampu mobil, SDM pengendaranya terhadap rute dan lalu lintas. Sebab, pada malam hari kondisi visibilitas lebih rendah.

Oleh karenanya, kamu perlu lebih punya kesadaran untuk keamanan lalu lintas dan tetap waspada saat di dalam mobil malam hari. Apa saja tips yang bisa bisa kamu terapkan untuk jaga keselamatan nyetir mobil di malam hari?

1. Penggunaan Headlights atau Lampu Utama

Headlights merupakan lampu utama mobil, terdapat dua jenis headlights: high beams yaitu sorot jauh dan juga low beams yaitu sorot rendah. Pada malam hari, high beams dinyalakan dalam keadaan minim supaya tidak terlalu silau dan tidak mengganggu pengendara lain yang berlawanan arah. Sementara, low beams dinyalakan ketika berada jarak dekat dengan mobil di depan atau sedang mengikuti kendaraan lain.

Tidak hanya itu, tips nyetir mobil di malam hari bisa juga dengan menyalakan headlights atau lampu depan dengan menyesuaikan lampu. Kemudian, turunkan spion sedikit agar tidak terganggu karena silau dari lampu kendaraan belakang kamu.

2. Redupkan Lampu Dasbor

Selain headlights, penggunaan lampu dasbor pun diperhatikan dengan bijak. Kalau mobilmu memiliki fitur dimmer switch, maka bisa meredupkan lampu dasbor dan juga indikator. Hal itu dilakukan supaya lampu dasbor yang terlalu terang tidak memantulkan cahaya pada kaca depan mobil, sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan visibilitas di malam hari.

Perlu diingat bahwa visibilitas malam hari lebih terbatas daripada siang hari yang mendapat cahaya alami dari matahari. Dengan meredupkan lampu dasbor paling tidak akan membuatmu lebih bisa melihat keadaan sekitar dengan baik.

3. Jaga Jarak Aman

Selanjutnya tip nyetir mobil di malam hari pastikan untuk jaga jarak aman. Seperti yang sudah dikemukakan oleh Menteri Perhubungan, jarak minimal untuk kecepatan 30 km/jam adalah 15 m dan maksimal 30 m. Sementara, untuk minimal kecepatan 40 km/jam adalah 20 m dan maksimal di 40 m, dst.

Ditambah keterbatasan visibilitas di malam hari. Kalah siang hari jarak pandang kamu di 200 m, sementara malam hari hanya berjarak 150 m, itu pun dibantu oleh penerangan lampu. Jadi sesuaikan lagi headlights-nya.

4. Tetap Waspada

Tentunya, saat berkendara di malam hari pastikan untuk selalu peka dan waspada terhadap keadaan sekitar. Dengan penerangan seadanya, kamu harus tetap memperhatikan sekitar, apakah ada hewan lewat, atau kendaraan lain dengan gerak yang mencurigakan, atau ada orang ingin menyeberang. Apa pun yang ada di depan jalan harus diperhatikan, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sering kali, menemukan pengendara malam hari dengan kecepatan tinggi, entah ingin cepat pulang atau ada alasan lain. Akan tetapi, keselamatan diri sendiri adalah hal utama. Toh, keluargamu pasti ingin kamu pulang dengan aman dan selamat.

5. Fokus dan Fit

Tips nyetir mobil di malam hari yang wajib sekali diterapkan adalah fokus dan fit. Kamu pasti sudah sering mendengar, kalau menyetir itu dibutuhkan fokus, jangan diganggu. Selain itu juga harus dalam kondisi prima atau fit.

Namun, sayangnya saat ini masih banyak pengendara yang berkemudi dalam keadaan tidak sehat, mengantuk, bahkan kelelahan. Parahnya mengendarai sambil memainkan ponsel. Padahal, jelas sekali membahayakan.

Sebelum menyetir mobil, jika kamu sedang kelelahan atau kurang fit, sebaiknya istirahat lebih dulu. Jika mengantuk, sebaiknya tidur lebih dulu selama 15-30 menit supaya lebih segar. Matikan atau silent suara ponsel agar tidak mengganggu perjalananmu di malam hari. Jika harus menggunakan ponsel karena ada urgensi, kamu bisa menepi terlebih dahulu.

Nyetir Mobil di Malam Hari? Tetap Fokus dan Hati-hati Ya...

Jadi, untuk kamu yang saat ini masih sering nyetir mobil di malam hari karena ada suatu kesibukan atau mengharuskan kamu berkendara di malam hari, kamu harus tetap jaga keselamatan dengan menerapkan tips nyetir mobil di malam hari. Paling tidak kamu harus peduli dengan keselamatan diri kamu sendiri, baru keselamatan orang lain. Selamat berkendara.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama