Praktis dan Aman, Ini Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju!

tips cuci baju terkena noda tinta sudah hilang

Kadang suka bete kalau tiba-tiba melihat pakaian terkena noda. Meskipun, kita sudah hati-hati dan tidak ceroboh, tetapi masih suka terjadi hal di luar dugaan. Oleh karena itu, kita dituntut untuk siap dalam situasi apa pun. Siap untuk menyelesaikan masalah, sekecil apa pun.

Noda pada baju juga lumayan bikin para ibu jadi ngomel-ngomel. Apalagi kalau noda tinta yang notabenenya butuh effort untuk dibersihkan. Nah, tidak perlu bete dan bikin suasana rumah jadi tidak enak, coba cara ini untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian!

Begini Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Tenang dulu, karena setiap permasalahan akan selalu ada jalan keluar dan solusinya. Termasuk persoalan noda tinta! Tidak perlu effort yang berlebihan, hanya dengan cara yang sederhana dan praktis, bahkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, kamu bisa menghilangkan noda tinta.

Apa saja bahan dan cara menghilangkan noda tinta di baju? Ayo, kita simak!

1. Maizena

Lah, maizena, ‘kan, bahan makanan? Mana mungkin bisa untuk menghilangkan noda tinta, noda tinta bukan makanan!

Nah, kamu tahu tidak, sih? kalau ternyata maizena pun punya manfaat tersembunyi lainnya yang bisa membantu kalau tiba-tiba ada noda tinta di baju, lo.

Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menyampurkan tepung maizena dengan susu, kemudian aduk hingga teksturnya menjadi seperti pasta. Pasta maizena tersebar kemudian dioleskan ke bagian baju yang terkena tinta. Oleskan sampai merata dan tunggu beberapa saat.

Kalau pasta tersebut sudah mengering, kamu akan menemukan baju tersebut bersih kembali seperti semula. Namun, setelah memastikan noda tinta sudah hilang, segera langsung dicuci bajunya seperti biasa, ya!

2. Hair Spray

Hair spray di rumah kamu pun tidak hanya berfungsi untuk membuat rambut lebih tertata. Akan tetapi, juga bisa jadi cara menghilangkan noda tinta di baju kamu, lo. Namun, perlu dicatat kalau hair spray lebih direkomendasikan untuk menghilangkan noda tinta pada baju dengan bahan kain katun dan polyester, ya.

Kenapa? Karena hair spray mengandung alkohol yang bisa secara efektif membersihkan noda tinta pada pakaian bahan katun. Caranya pun mudah, semprotkan hair spray di titik yang terkena tinta. Untuk lebih efektif lagi, kamu usap bagian tersebut dengan bola kapas. Lakukan secara perlahan sampai warna baju kembali seperti semula.

3. Garam

Sudah jelas, bahan satu ini akan selalu jadi penghuni setia di dapur kamu, ‘kan? Bukan hanya sebagai menambah cita rasa makaanan, bukan hanya menangkal ular masuk—apalagi ‘memagari’ rumah. Garam pun bisa jadi solusi untuk menghilangkan noda tinta di bajumu!.

Kamu hanya perlu sedikit menaburkan garam ke bagian yang terkena noda tinta. Gosok secara perlahan sampai noda tinta hilang. Perlu dicatat, kalau ingin menggunakan cara ini, harus dipraktikkan sesegera mungkin. Sebab, kalau noda tinta sudah mengering, proses penghilangan noda tinta akan sulit. Setelah itu, apabila sudah hilang, silakan cuci pakaiannya, ya.

4. Aseton

Apakah di rumah kamu ada anggota keluarga yang suka menghias dan mewarnai kuku dengan kutek? Biasanya, untuk membersihkan kutek dibutuhkan yang namanya aseton. Namun, aseton bukan hanya menghilangkan tinta kutek, melainkan juga bisa melenyapkan noda tinta di baju.

Teteskan sekitar 1—2 tetes aseton ke bagian noda tinta, kemudian tepuk-tepuk secara perlahan menggunakan kapas atau tisu kering agar noda tinta terserap. Setelah itu kamu punya dua opsi, rendam pakaian di air hangat yang sudah dicampur detergen selama 10—30 menit atau rendam di larutan air berisi garam selama 5—10 menit. Setelah itu cuci seperti biasa.

5. Pasta Gigi

Bahan paling mudah dan paling praktis pula cara penggunaannya. Siapa, sih, yang di dalam kamar mandinya tidak punya pasta gigi? Tidak hanya membersihkan noda di gigi dan membuat gigi jadi bersih dan sehat. Nyatanya, pasta gigi pun mampu menghilangkan noda tinta di baju, lo! Wah, kepikiran tidak, sih?

Kamu hanya perlu menorehkan pasta gigi di sikat gigi yang sudah tidak digunakan ke bagian noda tinta. Kemudian, gosok secara lembut dan perlahan, kamu bisa gunakan sikat sampai memudar. Lakukan berulang kali hingga noda tinta menghilang, setelah itu cuci pakaian seperti biasa!

Sekarang sudah tahu, ‘kan, life hacks cara menghilangkan noda tinta di baju kamu? Tidak usah pusing dan bete lagi, tinggal gunakan bahan rumahan langsung hilang noda tintanya, deh. Selamat mencoba!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama