Busui Dikit-dikit Masuk Angin? Coba Ini, 5 Cara Atasi Masuk Angin!

cara mengatasi masu angin pada ibu menyusui

Menjadi ibu baru cukup mengagetkan bagiku, terutama masalah fisik dan daya tahan tubuh yang kurang stabil. Apalagi aku bukan orang yang rajin olahraga, berasa banget fisiknya lemah. Saat pulang dari rumah sakit setelah melahirkan caesar, aku pikir bisa beristirahat lebih banyak di rumah. Nyatanya tidak. Sebagai new mom di kota rantau, aku harus merawat bayiku sendiri, belum lagi pekerjaan rumah menanti dan sudah terbengkalai sejak aku dirawat di rumah sakit.

Badan meriang dan masuk angin sudah jadi makanan sehari-hari. Ketika jadi bumil keluhannya sakit pinggang, setelah jadi busui malah sering masuk angin. Jadinya harus pintar-pintar mencari obat masuk angin untuk ibu menyusui. Makanya aku sedia tolak angin di rumah, fungsi tolak angin bisa mencegah masuk angin dan memperkuat daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

Kenapa Ibu Menyusui Gampang Sakit dan Masuk Angin?

Sebagian dari ibu menyusui sering mengeluhkan badan meriang dan masuk angin. Hal ini sebenarnya lumrah terjadi karena tubuh ibu menyusui sedang dalam kondisi yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, aktivitas harian ibu menyusui juga berubah sejak ada si kecil. Ibu jadi lebih sering terbangun di malam hari sehingga kurang tidur.

Banyak hal yang menjadi faktor penyebab ibu menyusui gampang masuk angin dan sakit, antara lain:

  • Sistem kekebalan tubuh menurun, sistem imun tubuh ibu setelah melahirkan akan mengalami penurunan akibat perubahan hormon, ditambah lagi dengan padatnya aktivitas sebagai ibu baru yang cukup menguras tenaga
  • Stress dan kelelahan, aktivitas merawat bayi, menyusui serta mengurus rumah dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental secara emosional, sehingga lebih rentan sakit dan masuk angin
  • Kurang memperhatikan diri sendiri, umumnya ibu baru lebih mengutamakan bayinya sehingga terkadang dirinya sendiri terbengkalai, jarang olahraga, pola makan berantakan dan kurang istirahat

Jika sudah lelah dan stress, maka daya tahan tubuh pun menurun dan dikit-dikit masuk angin. Kalau begini, apa obat masuk angin untuk ibu menyusui yang ampuh dan aman?

Bagaimana Cara Mengatasi Masuk Angin pada Ibu menyusui?

Sejak sebelum hamil pun, aku juga mudah masuk angin atau tiba-tiba meriang dan merasa tidak enak badan. Pertama, karena memang aku tipikal orang yang tidak kuat udara dingin. Kedua, aku tidak suka memakai pakaian tebal dan sukanya di tempat yang ada angin sepoi-sepoi. Ketiga, aku orangnya mageran, tapi kalau lagi kumat suka bebersih seharian penuh, jadi kecapekan kan.

Namun jika sudah terlanjur masuk angin atau meriang menuju sakit, maka bisa coba 5 cara berikut ini.

1. Istirahat dan Kenakan Pakaian yang Sesuai

Ibu menyusui sering kali begadang untuk menyusui si kecil di malam hari. Hal ini membuat ibu jarang tidur dan waktu istirahat jadi berkurang sehingga mudah masuk angin. Ketika tubuh kamu terasa meriang dan masuk angin, maka segeralah beristirahat. Cobalah untuk rebahan/tiduran dan kenakan pakaian yang sesuai seperti jaket atau sweater yang menghangatkan tubuh. Bisa juga beristirahat dan gunakan selimut yang nyaman.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat tubuhmu kekurangan cairan, maka akan mudah terserang sakit atau minimal masuk angin. Terutama bagi ibu menyusui yang kebutuhan cairannya lebih banyak daripada sebelumnya. Tips dari aku, gunakan botol minum untuk persediaan air putih supaya tidak malas ambil air ke dapur. Pastikan botol minum air putih selalu berada dalam jarak dekat supaya tidak lupa untuk minum.

3. Jaga Pola Makan yang Baik

Saat menyusui, ibu membutuhkan asupan makanan lebih banyak dari biasanya. Namun, tidak disarankan makan sembarangan seperti orang kesurupan ya. Tetap jaga pola makan yang baik dengan makanan bergizi dan seimbang. Jika menerapkan pola makan sehat, maka kondisi tubuh dan sistem imun pun akan membaik.

4. Minum Teh Hangat

Pertolongan pertama saat masuk angin adalah minum minuman hangat seperti air hangat atau teh hangat yang dapat menghangatkan suhu tubuh. Teh hangat juga membantu merilekskan pikiran sehingga kamu tidak panik saat masuk angin atau meriang.

5. Minum Obat, Minum Tolak Angin

Selain teh hangat, ibu menyusui juga bisa minum tolak angin untuk menghangatkan tubuh dan sebagai obat masuk angin. Fungsi tolak angin juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit atau masuk angin.

Selain itu, berikut ini rekomendasi obat masuk angin yang bisa diminum oleh ibu menyusui:

  • Paracetamol (Acetaminophen): membantu meredakan demam, sakit kepala dan nyeri tubuh, termasuk mengatasi masuk angin
  • Ibuprofen: meredakan nyeri dan peradangan, juga sebagai obat masuk angin untuk ibu menyusui dan relatif aman
  • Antihistamin: bisa membantu meredakan gejala alergi, pilek dan mata berair, obat antihistamin contohnya loratadin dan cetirizine

Masuk Angin? Ya Minum Tolak Angin!

masuk angin minum tolak angin

Sebelum memutuskan untuk minum obat, maka sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter untuk meminimalkan masalah kesehatan lainnya. Dan selalu sedia tolak angin untuk atasi masalah masuk angin dan meriang. Biar praktis, langsung aja beli tolak angin di Sidomuncul Store, 1 box isi 12pcs cuma 50ribu-an!

Tolak angin memiliki kandungan herbal yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Termasuk gejala masuk angin seperti kembung, mual, pusing, meriang dan tenggorokan kering. Untuk ibu menyusui silahkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang aman.


10 Komentar

  1. Sedih banget, udah keburu cepet lahir
    Karena benar banget, selama menyusui saya gampang banget sakit
    Sayang, dulu belum tolak angin Sidomuncul
    dan saya cocok banget, setiap badan meriang, minum tolak angin dan badan langsung enakan

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, dengan adanya produk Tolak Angin busui jadi jauh dari keluhan masuk angin.
    Busui selalu sehat, bayinya juga bertumbuh dengan sehat.

    BalasHapus
  3. wah ilmu bermanfaat nih untuk calon ibu
    agar ketika nanti di masa itu, udah tahu nih tentang gampangnya masuk angin dan cara mengatasinya yang aman

    BalasHapus
  4. Meskipun aku sekarang bukan bususi, tolak angin ini wajib ada di rumah. Nggak enak badan dikit, langsung minumin tolak angin cair. Kok ya cocok gitu. Badan mulai sehat lagi

    BalasHapus
  5. Periode menyusui memang menyerap banyak energi dan pikiran ya. Apalagi tanpa bantuan sama sekali. Emosi dan asupan makanan juga harus terjaga agar ASI nya bisa terus berproduksi dengan kualitas baik. Karena memakan waktu dengan jeda yang tidak menentu, gak heran kalau busui tuh lelah secara fisik. Jadi memang sangat perlu memperhatikan kondisi tubuh, jenis asupan, dan terus menjaga kesehatan.

    Masuk angin tuh jadi langganan keknya. Alhamdulillah ternyata bisa dan aman menggunakan TOLAK ANGIN dari SIDO MUNCUL ya. Kandungannya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Setidaknya badan bisa terjaga kehangatannya dari dalam.

    BalasHapus
  6. Ooo tolak angin aman buat busui ya, alhamdulillah. Iya nih jadi keinget pas jadi busui beberapa kali badan meriang apalagi kalau istirahat kurang karena kudu menyusui malam2. Emang penting banget jaga asupan makanan dan isirahat yang cukup plus ada supprt system yaa.

    BalasHapus
  7. Minum tolak angin emang paling manjur, kak. Aku biasanya minum itu kalo badan ga enakan. Besoknya udah sehat lagi. Alhamdulillah

    BalasHapus
  8. Kak saya bukan busui tapi saya jujur aja jompo karena sering banget masuk angin apalagi kalau udah keluar rumah Terus pulangnya malam hehehe. Dan saya juga pencinta tolak angin karena beneran berhasiat buat ngilangin kembung dan masuk angin.

    Pokoknya semangat buat semua ibu menyusui dan jangan lupa buat memperhatikan diri sendiri juga Biar nggak gampang masuk angin

    BalasHapus
  9. Ya Allah.. iya, kebantu banget ada minuman herbal yang bikin badan cepet seger lagi.. dengan konsumsi Tolak Angin dari Sidomuncul, minimal badan yang capek capek, cepet recovery kembali.
    Aku suka banget minum Tolak Angin dari Sidomuncul.

    BalasHapus
  10. Busui tuh banyak begadang, jadi memang rentan kena masuk angin ya mbak. Kalau saya dulu paling kerokan saja mbak, mau minum apa-apa, takut nggak aman buat busui. Ternyata tolak angin aman ya buat busui

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama