Simak Ya! Ini 7 Tips Memilih Bengkel Sepeda Motor Terbaik

tips memilih bengkel motor terbaik

Memiliki kendaraan bermotor artinya kamu juga harus tahu bagaimana cara merawatnya, yaitu dengan rutin berkunjung ke bengkel sepeda motor untuk servis rutin. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk menjaga peforma sepeda motor kamu tetap baik dan stabil saat dikendarai. Selain itu, penting juga untuk selalu mengecek kondisi kendaraanmu untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Namun sayangnya, tidak semua orang paham dengan kondisi motor mereka dan juga tidak mudah untuk mencari bengkel motor yang jujur dan amanah. Aku masih ingat saat sepeda motor temanku dibawa ke bengkel untuk diperbaiki, sudah membayar sejumlah uang, ternyata baru dipakai sehari sudah mogok lagi. Kalau gini kan jadi tekor kitanya, apalagi kaum ciwi-ciwi atau kaum ibu-ibu alias emak-emak yang tidak tahu soal beginian.

Oleh sebab itu, kita harus lebih aware dan cari tahu lebih banyak tentang bengkel terbaik dan terpercaya, supaya tidak ditipu oleh oknum bengkel abal-abal.

7 Tips Memilih Bengkel Sepeda Motor Terbaik dan Terpercaya

Berikut ini ada 7 tips dalam memilih bengkel terbaik untuk servis sepeda motor.

1. Harga Sesuai, Jujur dan Transparan

Biasanya, servis motor itu bayarnya belakangan dan terkadang harganya tiba-tiba membengkak sehingga bikin kita kapok mau servis motor lagi. Padahal, servis motor itu penting sekali dilakukan secara rutin.

Nah, tips dalam memilih bengkel terbaik adalah yang jujur dan transparan menyampaikan harga servis di awal sebelum melanjutkan servis motor itu sendiri. Dan sebagai konsumen kita juga harus mencari tahu kisaran harga servis dan suku cadang motor sehingga bisa mengira-ngira biayanya.

2. Mekanik Profesional dan Bisa Diandalkan

Salah satu masalah pada bengkel abal-abal adalah kurangnya kualitas mekanik yang mumpuni. Jika demikian, maka sepeda motormu akan menjadi korban percobaan. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk bertanya sesekali kepada mekanik untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan mekanik tersebut.

Dan akan lebih bisa dipercaya lagi jika mekaniknya sudah memiliki sertifikasi atau pengalaman di bidangnya. Mekanik atau teknisi yang profesional dan handal biasanya juga sudah dikenal oleh banyak orang dan direkomendasikan.

3. Fasilitas dan Peralatan Modern

Dalam memilih bengkel sepeda motor terbaik, kamu juga perlu memperhatikan fasilitas dan peralatan yang digunakan. Bengkel mobil berkualitas pasti menyediakan peralatan yang modern dan lengkap untuk menunjang aktivitas servis dan pergantian suku cadang. Karena hal ini juga sangat berperngaruh dalam efisiensi dan efektivitas kinerja bengkel itu sendiri.

Misalnya ketika kamu ingin mengganti ban motor ke bengkel, maka adanya Tyre Changer akan sangat dibutuhkan. Tyre Changer adalah alat untuk melepas dan memasang ban motor dengan baik karena tidak meninggalkan goresan atau baret akibat alat congkel ban yang biasa digunakan pada bengkel biasa. Tyre Changer cenderung lebih aman dan akan melindungi velg dari kerusakan, sedangkan alat congkel ban bisa membuat velg cacat sehingga ban kembali bocor setelah dipasang.

4. Suku Cadang yang Lengkap dan Orisinil

Tips memilih bengkel yang baik bisa juga dilihat dari seberapa lengkap suku cadang yang tersedia di bengkel tersebut. Selain itu, pastikan juga bengkel tersebut menjual suku cadang yang ori dan bukan KW. Adanya suku cadang yang lengkap dan ori dapat mempercepat proses servis dan perbaikan sepeda motor yang perlu dilakukan. Pekerjaan menyervis sepeda motor jadi lebih efektif dari segi pengerjaan dan efisien dari segi waktu.

5. Jaminan dan Garansi yang Jelas

Jika bengkel sepeda motor yang kamu kunjungi memiliki kualitas, tentu saja tidak akan sulit untuk memberikan jaminan dan garansi kepada para pelanggannya. Mengapa demikian? Karena bengkel tersebut sudah profesional dan tidak main-main dengan pekerjaan mereka.

Jaminan garansi akan memberikan perlindungan jika terjadi masalah setelah perbaikan atau servis sepeda motor. Kamu bisa mengajukan klaim garansi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, misalnya terjadi kerusakan pada masa garansi belum berakhir. Maka, kamu bisa membawa kembali sepeda motor tersebut untuk dicek dan diperbaiki ulang.

6. Waktu Operasional yang Panjang

Jam operasional bengkel juga menjadi salah satu faktor penentu bahwa bengkel tersebut bisa disebut terbaik dalam memberikan pelayanan. Pasalnya, banyak sekali bengkel motor yang hanya beroperasi hingga siang hari. Lalu bagaimana dengan pekerja kantoran yang pulangnya sore atau malam?

Aku sendiri pernah kesulitan mencari bengkel sepeda motor yang masih buka saat malam, waktu itu posisinya ban bocor dan aku harus berjalan menuntun motor sampai lumayan jauh jaraknya. Jadi, memang perlu sekali bengkel motor yang buka sampai malam. Tentu saja dengan kualitas mekanik yang baik dan ketersediaan suku cadang yang lengkap.

7. Menyediakan Berbagai metode Pembayaran

Di jaman sekarang sudah eranya teknologi digital, termasuk urusan bayar-bayar kini banyak yang cashless atau tidak menggunakan uang cash tetapi pakai dompet digital. Nah, sebagai bengkel yang berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik, tentu penting juga untuk menyediakan metode pembayaran yang beragam.

Hal ini akan memudahkan para pelanggan, misalnya jika saat ke bengkel mendadak dan tidak membawa uang cash, bisa transfer atau scan barcode. Dan ini juga sangat menguntungkan pihak bengkel, karena pelanggan tidak bisa berhutang dengan alasan tidak bawa uang cash, hehehehe.

Lebih Baik Memperbaiki Sepeda Motor di Planet Ban

servis mesin jadi hemat

Sepertinya cukup sulit untuk mencari bengkel dengan kualitas yang baik seperti 7 poin di atas. Namun, pasti ada kok, yaitu Planet Ban. Aku cerita sedikit ya, ada yang berkunjung ke bengkel Planet Ban, dan melihat banner bertulisan “Servis Motor Rasa Mesin Baru”. Waw! Ini menarik perhatian dan bikin kepo.

Akhirnya saat weekend dan kebetulan waktunya servis motor, langsung saja berkunjung ke bengkel Planet Ban. Setelah bertanya kepada mekanik yang ada di sana, ternyata Planet Ban memang mengusung tema tersendiri soal “Servis Motor Rasa Mesin Baru” tersebut. Konsepnya berbeda dengan bengkel motor lainnya.

Contohnya saat servis, mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor, melainkan menggunakan cairan khusus yang disediakan di bengkel Planet Ban. Tenang saja, proses ini sudah termasuk dalam biaya servis di Planet Ban.

Berikut ini bagian-bagian yang diservis di Planet Ban:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai Motor
  • Servis Injeksi Motor

Benefit / keuntungan servis sepeda motor di Planet Ban:

  • GRATIS biaya pemasangan ban
  • GRATIS jasa servis dan ganti oli 
  • GRATIS jasa pengisian cairan anti bocor
  • GRATIS pengisian nitrogen selamanya

Sebagian orang mungkin masih mengira bahwa Planet Ban hanya menjual ban motor. Faktanya, Planet Ban telah menjadi pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan suku cadang lengkap dan berkualitas. Planet Ban menyediakan layanan servis motor, oli motor, minyak rem, kampas rem, busi motor dan lain-lain.

Berbagai macam suku cadang motor bisa kamu dapatkan dengan mudah di Planet Ban. Harganya juga transparan karena bisa dicek di website resminya planetban.com. Silahkan dibuka websitenya dan bisa dicek juga produk-produk Planet Ban.

Info terbaru! Ada promo menarik untuk pelanggan Planet Ban yang mau servis motor bisa dapat potongan harga 150.000 lho!

servis motor murah promo planet ban

Di Planet Ban, kamu bisa mendapatkan servis sepeda motor terbaik dengan mekanik yang handal dan berpengalaman. Suku cadang tersedia lengkap, peralatan canggih dan modern, ada garansi hingga 7 hari, serta pembayarannya bisa tunai dan non-tunai

Wah, mantap banget langsung aja ke Planet Ban untuk servis rutinan sepeda motor kamu!

 

 


24 Komentar

  1. Cocok banget terutama mau lebaran dan mudik, planet ban solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya betul banget abis ini lebaran pulang kampung, yang motoran jangan lupa servis dulu

      Hapus
  2. Tipsnya sangat bermanfaat karena bisa tahu bedanya bengkel yang abal-abal dan yang terbaik seperti apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk keamanan dan keselamatan lebih baik servis di bengkel terbaik aja ya

      Hapus
  3. Alhamdulillah, setiap beberapa bulan paksu selalu ke Planet Ban Mbak, seringnya gantinoli, ganti ban dan isi angin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkap tuh ya supaya si motor tetap prima menemani hari-hari di jalanan

      Hapus
  4. Kalau di bengkel resmi biasanya cuma buka sampai sore, maka kebantu banget sama bengkel yang jam operasionalnya sampai malam kayak Planet Ban ini. Orang yang bekerja juga akan kebantu, kalau ada butuh perbaikan yang gak bisa dilakukan pagi, maka malam inilah datangnya.

    Aku suka dengan segala macam fasilitas yang ditawarkan. Sangat memudahan. Apalagi untuk jenis/opsi pembayaran itu. Sangat beragam. Keren!

    BalasHapus
  5. Setelah sering beberapa kali liat teman ke Planet Ban, akhirnya kapan hari memberanikan diri ganti ban di sana, dan ternyata emang seramah itu mekaniknya, suku cadangnya juga lengkap dan beragam dan pembayarannya bisa dibayar dengan berbagai cara, ga ribet kudu ke ATM dulu

    BalasHapus
  6. Seneng banget jadinya sama tersedianya suku cadang yang asli, jadinya kan urusan servis semisal ganti perintilan udah terjamin kualitas onderdil nya ya

    BalasHapus
  7. Beragam metode pembayaran ini sangat membantu banget kalau ke bengkel, gak perlu kuatir kekurangan tunai. Promo Planet Ban gak boleh terlewatkan ini secara servis motor itu kan kebutuhan rutin.

    BalasHapus
  8. wahh bengkel ban paling rekomended mah gada lain pasti Planet Ban. siap-siap musim mudik pasti rame ini mah servis persiapan mudik hehe

    BalasHapus
  9. Saya sih setuju banget sama yang no 2, yaitu mekanik profesional. Keren banget sih kalau ada bengkel yang udah transparan, jujur dan mekaniknya ciamik.

    BalasHapus
  10. Kendaraan kalau di rawat dengan baik hasilnya adalah saat kita gunakan no ngadat dan lancar baik pergi maupun pulang ke rumah ya kak

    BalasHapus
  11. Dengan tarif servis yang terjangkau, pelayanan cepat dan sparepart yang lengkap
    Aku merasa iri hati, kenapa Planet Ban ngga ada di Medan?

    BalasHapus
  12. Jadi inget anak saya yang tertib banget urusan sepeda motor
    Setiap pulang ke Bandung, dia pasti langsung bawa motor ke Planet Ban
    karena dia tahu, orang rumahan seperti saya, gak paham urusan motor D

    BalasHapus
  13. Memilih bengkel memang harus ekstra hati-hati ya Mbak. Jangan sampai malah bikin motor kita kerusakannya tambah parah dan harus mengeluarkan dana yang berlebihan sementara masalahnya tidak terpecahkan. Apalagi jika motor ini adalah transportasi andalan yang kita gunakan sehari-hari.

    BalasHapus
  14. Iya lo.. sebenernya servis motor itu bukan hanya masalah harga, tapi juga kenyamanan saat servis dan mekanik yang handal. Jangan sampai ngerasa "diboongin", jadi kudu bolak-balik bengkel lagi.
    Uda pasti pilihan bengkel terpercaya di Planet Ban. Bikin #RASAMESINBARU

    BalasHapus
  15. Nah waktu operasional ini menurut saya juga penting, apalagi buat yang sehari-harinya mesti kerja dan longgarnya hanya hari minggu. Kadang susah juga lho cari bengkel yang buka hari minggu

    BalasHapus
  16. Setuju kak, kalau service sepeda motor di Planet Ban tuh udah paling oke karena dari segi jam buka lebih lama, udah gitu ya transparan banget soal biaya dan bayarnya bisa cashless juga. Terbaik banget emang

    BalasHapus
  17. Poin 1 itu yang masih sering susah, jawaban standarnya, "Nanti dicek dulu, kak." Kan rada keki buat cancel ya kalo udah dateng, minta spesifik, dicek, terus ternyata nggak masuk harganya.

    Jadi aku biasanya pilih bengkel besar, bengkel resmi, atau yang branded kayak Planet Ban ini karena aku juga nggak ngerti soal otomotif. Ngikut gimana teknisinya aja, hehe.

    BalasHapus
  18. tempat servis nyaman bisa buat mesin rasa baru ya kakak :). Urusan permotoran dan bengkel gak bisa dipisahkan. dua-duanya udah jadi kesatuan yang gak boleh salah pilih. tempat bengkel motor terbaik ya palnet ban ya

    BalasHapus
  19. Sepakat Kak. Kalau onderdil orisinil dan bergaransi itu memang sangat diperlukan sebagai syarat pemilihan bengkel terpercaya. Soalnya suka dapat yang abal-abal, jadi kapok!

    BalasHapus
  20. Untuk yang tinggal di kota kecil dan sudah ada Planet Ban, tak perlu mengetuk paksa bengkel saat kendaraan mogok atau baru sempat ke bengkel malam hari ya.

    BalasHapus
  21. Di tempatku juga ada planet ban, kirain emang jualan ban aja karena namanya planet ban. Ternyata bisa servis juga ya kak.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama