3 Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Menjadi Penulis Lepas

cara freelance writer artikel dibayar 

Menjadi penulis lepas bisa jadi profesi yang menjanjikan lho! Kamu bisa menghasilkan cuan dari rumah secara online dengan membuat tulisan untuk orang lain. Ada banyak sekali lowongan penulis lepas di berbagai platform digital seperti website pencari kerja atau media sosial.

Sebagai penulis lepas, kamu bisa bekerja untuk perusahaan, brand tertentu, atau bekerja untuk blogger/pemilik blog yang membutuhkan tulisan/artikel. Jika memiliki skill menulis yang baik, kamu pun bisa membuat berbagai jenis tulisan mulai dari artikel sederhana hingga tulisan buku atau skenario film.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Penulis Lepas?

Menjadi penulis lepas bisa jadi salah satu pekerjaan sampingan yang cukup menghasilkan. Termasuk aku sendiri, ibu rumah tangga yang menjadi blogger rumahan dan bekerja di depan laptop untuk menghasilkan cuan dari menulis artikel. Jika kamu ingin mencobanya, berikut ada 3 hal yang perlu dilakukan untuk menjadi penulis lepas hingga mendapatkan uang.

1. Asah Keterampilan Menulis

Sering-seringlah menulis, apa pun itu. Kamu bisa menulis secara digital menggunakan gadget atau dengan buku diary dan lain sebagainya. Ini bisa membantu mengasah skill dan meningkatkan keterampilan menulis. Banyak-banyak membaca juga supaya lebih banyak kosakata yang kamu ketahui sehingga tidak mati gaya ketika menulis. Selain itu, bisa juga ikut komunitas atau kursus menulis untuk meningkatkan skill menulis kamu.

2. Bangun Portofolio dan Self Branding

Jika kamu serius ingin menekuni profesi penulis lepas atau blogger, maka mulailah membuat portofolio atau self branding. Kamu bisa mulai dengan media sosialmu sendiri, instagram, facebook, twitter atau linkedin juga bisa. Buatlah profil yang menarik dan contoh tulisan terbaikmu, bisa juga ditunjukkan melalui status/story di medsos, atau buat postingan dengan caption menarik.

3. Mencari Job di Website Pencari Kerja

Ada banyak sekali job untuk para penulis lepas di website pencari kerja atau website freelance seperti projects.co.id, Upwork, Fiverr dan lain sebagainya. Buat akun dan kerjakan banyak proyek atau job menulis. Semakin banyak mengerjakan proyek, maka semakin bagus juga skill menulis kamu. Website freelance juga menyediakan berbagai jenis pekerjaan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya bidang IT, design, akuntan dan lain-lain.

Apa Kelebihan Freelance sebagai Penulis Lepas?

Bukan hanya ibu-ibu saja yang suka pekerjaan freelance dari rumah, banyak generasi muda yang memilih menjadi freelancer. Alasannya bermacam-macam, tapi umumnya karena freelance bisa bekerja secara fleksibel dan tidak perlu datang ke kantor setiap hari. Apa saja kelebihan bekerja freelance?

  • Tempat kerja fleksibel bisa di mana saja, di rumah, di cafe, di mana pun bisa sehingga bisa menyesuaikan kenyamanan masing-masing
  • Waktu atau jam kerja juga menyesuaikan, biasanya tidak ada jam kerja seperti pekerja kantoran tetapi lebih ke deadline project
  • Bisa pilih-pilih project atau kerjaan mana yang kita mau, termasuk bisa menolak pekerjaan jika besaran fee tidak sesuai atau alasan lainnya
  • Dapat cuan lebih banyak dengan ambil banyak project sekaligus dari berbagai brand/perusahaan, tergantung skill dan manajemen kita masing-masing
  • Terhindar dari drama pekerja kantoran atau politik kantor yang suka kasih lembur di akhir jam kerja

Intinya, semua serba fleksibel dan menyesuaikan dengan kondisi kita masing-masing. Bahkan, belum mandi pun bisa bekerja freelance dari rumah. Kalau ibu-ibu gak perlu dandan, gak perlu pakai baju rapi, cukup dasteran aja juga bisa kok cari kerjaan freelance di rumah sambil ngurus anak-anak. Coba deh baca buku tentang perempuan, siapa tahu dapat banyak inspirasi.

Menjadi Penulis Lepas: Work Life Balance Terpenuhi

Banyak yang mengira menjadi penulis lepas bisa dijadikan side hustle atau penghasilan tambahan untuk tabungan atau dana darurat saja. Namun ternyata bisa sangat menghasilkan jika kita mau benar-benar serius menekuni dunia freelance writing. Jika kamu tahu kemampuan yang kamu miliki, maka bukan tidak mungkin kamu bisa menghasilkan cuan yang melimpah tanpa bekerja di kantor.

Menjadi freelancer artinya kamu bisa menentukan sendiri kapan ingin bekerja dan pekerjaan apa yang ingin dikerjakan, termasuk fee atau bayaran yang didapatkan. Tentu saja kamu juga harus memiliki skill menulis yang baik untuk menjadi profesional writer. Selain itu, juga perlu manajemen yang baik sehingga work life balance bisa terpenuhi.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama