Yuk Eksfoliasi Kulit, supaya Lebih Sehat dan Cerah Merata

apa itu eksfoliasi kulit?

Pernah nggak sih kamu merasa kulit wajahmu kasar saat disentuh atau bahkan mengelupas? Aku suka sedih kalau kulit wajahku kasar, apalagi kalau sudah mengelupas halus, terkadang terlihat putih-putih saat memakai bedak.

Akan berbeda ceritanya kalau kulit wajah kita sehat dan halus, ketika pakai bedak atau makeup hasilnya akan lebih bagus. Nah, sebenarnya kulit wajah yang kasar dan mengelupas itu adalah sel kulit mati yang perlu di-eksfoliasi. Apa itu eksfoliasi dan bagaimana cara eksfoliasi wajah? Mari kita bahas di sini.

Apa dan Bagaimana Eksfoliasi Itu?

Exfoliation atau eksfoliasi adalah perawatan dengan tujuan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Perlu kita ketahui bahwa begitu pentingnya eksfoliasi wajah yang dilakukan 2 kali dalam seminggu. Banyak dari kalian yang mengeluh “Kenapa sih kok aku udah pakek skincare tapi mukaku tetep kusam ya. Nah, itu karena belum melakukan eksfoliasi wajah secara rutin.

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga skincare yang digunakan dapat berfungsi secara maksimal. Tidak hanya itu, eksfoliasi memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Dapat mencerahkan wajah
  • Membantu regenerasi kulit
  • Memperbaiki tekstur wajah
  • Meratakan warna kulit

Jenis-jenis Eksfoliasi: Physical dan Chemical

Yang tak kalah penting adalah bagaimana cara eksfoliasi wajah yang tepat. Jika dilakukan dengan tepat dan sesuai, maka haslinya juga lebih maksimal dan tidak menimbulkan iritasi kulit. Inilah macam-macam eksfoliasi yang bisa dilakukan.

1. Eksfoliasi Physical

Eksfoliasi Physical berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah, menggunakan bahan seperti scrub. Cara eksfoliasi wajah menggunakan scrub bisa dibantu dengan spons untuk menghindari iritasi, lakukan secara perlahan dan pilihlah jenis scrub yang halus/kecil.

Jenis eksfoliasi ini cocok untuk kulit sensitif atau cenderung berjerawat. Namun perlu diingat, hindari melakukan eksfoliasi saat sedang berjerawat karena dapat memperparah kondisi wajah kamu.

2. Eksfoliasi Chemical

Eksfoliasi Chemical menggunakan cairan atau cream, biasanya dalam bentuk serum peeling ataupun toner. Eksfoliasi Chemical ini termasuk cara eksfoliasi wajah yang mudah digunakan secara rutin. Dalam serum/toner eksfoliasi biasanya mengandung AHA BHA yang dapat membantu eksfoliasi kulit tanpa scrub.

Setelah melakukan ekfoliasi wajah, kita harus menggunakan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit. Bila perlu bisa menggunakan serum dengan kandungan air yang tinggi. Dan selain serum/toner eksfoliasi, jangan lupa pakai toner hydrating juga ya untuk melembapkan kulit kamu. Coba deh baca artikel review hydrating toner dari Kak Fiona sebagai lifestyle blogger

Tips Eksfoliasi Wajah:

Produk eksfoliasi tidak boleh dicampur dengan kandungan niacinamide dan retinol karena sama-sama termasuk bahan aktif, cukup gunakan produk untuk mengunci kelembapan saja pada malam hari setelah eksfoliasi. Kalian bisa menggunakan serum Vit. C pada pagi harinya ditambah sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari karena di saat itulah kulit kita menjadi lebih sensitif dari biasanya.

Do and Don’t saat Eksfoliasi Wajah:

Do’s:

  • Memilih eksfoliasi yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu
  • Gunakan produk secepatnya setelah dibuka
  • Lakukan eksfoliasi secara rutin, 2 kali dalam seminggu
  • Gunakan moisturizer setelah eksfoliasi kulit
  • Bersihkan tangan sebelum dan sesudah eksfoliasi
  • Hindari cahaya matahari secara langsung (gunakan sunscreen)

Don’t:

  • Mencampur eksfoliasi dengan kandungan aktif lainnya (niacinamide, retinol, Vit. C)
  • Menggosok wajah terlalu keras, dapat menyebabkan iritasi kulit
  • Terlalu sering menggunakan eksfoliasi, jika berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan tidak sehat
  • Tidak menggunakan moisturizer atau sunscreen pada keesokan harinya

Tunggu apa lagi? Buatlah jadwal eksfoliasi dan penggunaan skincare kamu dengan baik untuk memastikan kamu rutin melakukan perawatan wajah. Tujuannya tentu saja untuk merawat kulit dan mendapatkan kulit wajah yang sehat dan halus.

Perhatikan kandungan yang terdapat dalam produk yang akan kamu gunakan, pastikan bahwa kamu menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya. Gunakan rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, dan cerah merata.

1 Komentar

  1. okesiappp, eksfoliasi mutlak diperlukan yaa.. supaya kulit sehat dan glowing
    asal patuhi do and donts nyaaaa

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama