Bahasa Indonesia - Kerangka Pidato Manfaat Pepaya untuk Kulit

Haaaaii... Kali ini Saya mau nyimpen sisa tugas jaman SMA, biar kalo ilang masih ada duplikatnya dan kali aja tugas-tugas ini bisa jadi referensi buat tugas kalian. Semoga bermanfaat ya.


Bahasa Indonesia - Kerangka Pidato Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit



makalah bahasa indonesia manfaat pepaya

Topik  :  Kesehatan
Tema  :  Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit
Tujuan Umum  :  Informatif

Tujuan Khusus  :
  1. Pendengar mengetahui pentingnya menjaga kesehatan.
  2. Pendengar mengetahui bahwa buah-buahan membantu menjaga kesehatan.
  3. Pendengar mengetahui manfaat buah pepaya untuk menghaluskan dan melembutkan kulit.
  4. Pendengar mengetahui berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan buah pepaya untuk kesehatan kulit.

Kerangka Pidato  :

1. Pentingnya menjaga kesehatan
  • kesehatan tubuh perlu dijaga
  • kesehatan ada beberapa macam
  • kesehatan tubuh dapat berawal dari kesehatan kulit

2. Buah-buahan membantu menjaga kesehatan
  • sayur dan buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh
  • sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita
  • selain sayur, buah-buahan juga berperan menjaga kesehatan tubuh

3. Manfaat buah pepaya untuk menghaluskan dan melembutkan kulit
  • pepaya mengandung banyak zat
  • pepaya memiliki banyak manfaat
  • pepaya bermanfaat menghaluskan dan melembutkan kulit

4. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan buah pepaya untuk kesehatan kulit
  • cara memanfaatkan buah pepaya untuk kesehatan kulit

Pidato  :

Kesehatan adalah keadaan dimana seseorang merasa nyaman dan tidak mengalamani gangguan di dalam maupun di luar tubuh. Kesehatan itu sangat penting, semua orang pasti menginginkan dirinya selalu dalam keadaan sehat karena dengan kesehatan itulah mereka dapat melakukan kegiatan apapun yang mereka mau. Oleh karena itu, kesehatan tubuh perlu dijaga

Secara umum kesehatan ada dua macam, yaitu kesehatan jasmani (tubuh) dan kesehatan rohani (mental/emosi). Kesehatan tidak hanya memenuhi kesehatan jasmani atau rohani saja, tetapi kedua-duanya. Dengan begitu pekerjaan yang akan kita lakukan dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan dari tubuh kita atau emosi dalam diri kita. Sedangkan secara khusus kesehatan meliputi banyak hal, ada kesehatan mata, kesehatan mulut, kesehatan telinga, kesehatan kulit, dan lain-lainnya.

Nah, untuk menjaga kesehatan tubuh, Kita dapat mengawalinya dari kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, Kita perlu meneliti sifat-sifat kulit yang ada pada tubuh kita. Jika sudah memahami kebutuhan kulit, Kita dapat dengan mudah merawatnya. Misalnya si A memiliki kulit yang bersifat kering, maka Ia harus memilih pembersih muka khusus untuk kulit kering. Selain itu, juga perlu tahu bahwa kulit wajah yang kering lebih mudah atau cepat keriput sehingga Ia harus mengontrol emosinya.

Untuk menjaga kesehatan, kita harus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh kita dengan cara mengkonsumsi sayur, buah dan air mineral secara teratur. Sayur dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Di dalam sayuran dan buah juga terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan. Untuk itulah, tak heran jika semua pakar kesehatan menganjurkan kepada kita untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kondisi tubuh.

Sayur mengandung zat-zat yang dibutuhkan dalam tubuh kita. Sayur berwarna hijau merupakan sumber kaya karoten (provitamin A). Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan karotennya. Kandungan beta karoten pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini, mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes. Sayuran yang berwarna hijau tua diantaranya adalah kangkung, daun singkong, daun katuk, daun pepaya, genjer dan daun kelor. Selain itu, wortel juga banyak mengandung karoten. Sedangkan kecambah atau toge merupakan sumber vitamin E.

Buah juga mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh, antara lain mineral. Buah-buahan yang kaya kalsium adalah buah salak, sawo, jeruk nipis, arbei, nangka, pala dan srikaya. Yang kaya akan vitamin A antara lain alpukat, apel, blimbing, jeruk, mangga, pepaya, jambu biji, semangka merah, dan salak. Salak dipercaya dapat membantu program diet, merawat mata, mengatasi kesulitan buang air besar (BAB), menyembuhkan penyakit rabun jauh, menyembuhkan batuk, dan mengobati diare.

Kali ini, saya akan mengupas tuntas manfaat buah pepaya. Buah pepaya mengandung banyak zat. Batang, daun, dan buah pepaya mengandung getah putih seperti susu (white milky latex) yang mengandung enzim pemecah protein atau proteolitik yang dikenal dengan nama papain. Selain itu dalam getah pepaya terkandung lebih dari 50 asam amino, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein.

Zat-zat yang terkandung dalam batang, daun, dan buah pepaya tersebut tentu saja memiliki banyak manfaat diantaranya : papain yang berfungsi sebagai pelunak/pengempukan daging, sebagai bahan aktif dalam preparat farmasi seperti obat gangguan pencernaan dan dispesia, sebagai obat pengendali oedema dan imflamasi dalam rangka pembedahan, sebagai bahan pembuat pasta gigi, bahan perenyah pada pembuatan kue kering seperti cracker, bahan penggumpal susu pada pembuatan keju, bahan pelarut glatin, bahan pencuci lensa, sebagai antitumor dan kanker; biji buah pepaya untuk obat cacing; daunnya biasa dimasak sebagai sayur atau lalapan atau diramu menjadi obat; buahnya yang muda dapat dibuat rujak, yang tua dan matang dibuat manisan, dodol atau dimakan dalam keadaan segar.

Selain itu papain juga berfungsi sebagai bahan aktif untuk krim, pembersih kulit muka, mengatasi pecah-pecah pada tumit kaki, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menghaluskan serta melembutkan kulit. Sebab, papain bisa melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas secara fisik. Noda dan flek di wajah bisa dikikis oleh papain hingga menjadi mulus dan bersih.

Cara yang paling mudah untuk mengkonsumsi buah pepaya adalah dengan memakan buah pepaya secara langsung, selain itu kita dapat mengkonsumsi buah pepaya dengan cara dijus atau dicampur dengan es buah. Atau kita bisa melumatkan buah pepaya terlebih dahulu sebelum dimakan sehingga menjadi bubur pepaya. Dengan begtu kita tetap mengkonsumsi sayur dan buah khususnya pepaya yang memang harus kita penuhi untuk menjaga kesehatan tubuh.


Nah, itulah penjelasan tugas Bahasa Indonesia : Kerangka Pidato Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama