BIOLOGI - VIRUS

Haaaaii... Kali ini Saya mau nyimpen sisa tugas jaman SMA, biar kalo ilang masih ada duplikatnya dan kali aja tugas-tugas ini bisa jadi referensi buat tugas kalian. Semoga bermanfaat ya.


Biologi - Virus



PENGERTIAN VIRUS


Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Dalam sel inang, virus merupakan parasit obligat dan di luar inangnya menjadi tak berdaya.

Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas. Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik tembakau/TMV).



SEJARAH PENEMUAN VIRUS


Penelitian mengenai virus dimulai dengan penelitian mengenai penyakit mosaik yang menghambat pertumbuhan tanaman tembakau dan membuat daun tanaman tersebut memiliki bercak-bercak. Virus mosaik tembakau merupakan virus yang pertama kali divisualisasikan dengan mikroskop elektron. 

Pada tahun 1883, Adolf Mayer, seorang ilmuwan Jerman, menemukan bahwa penyakit tersebut dapat menular ketika tanaman yang ia teliti menjadi sakit setelah disemprot dengan getah tanaman yang sakit. Karena tidak berhasil menemukan mikroba di getah tanaman tersebut, Mayer menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang lebih kecil dari biasanya dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop.


Pada tahun 1892, Dimitri Ivanowsky dari Rusia menemukan bahwa getah daun tembakau yang sudah disaring dengan penyaring bakteri masih dapat menimbulkan penyakit mosaik. Ivanowsky lalu menyimpulkan dua kemungkinan, yaitu bahwa bakteri penyebab penyakit tersebut berbentuk sangat kecil sehingga masih dapat melewati saringan, atau bakteri tersebut mengeluarkan toksin yang dapat menembus saringan. Kemungkinan kedua ini dibuang pada tahun 1897 setelah Martinus Beijerinck dari Belanda menemukan bahwa agen infeksi di dalam getah yang sudah disaring tersebut dapat bereproduksi karena kemampuannya menimbulkan penyakit tidak berkurang setelah beberapa kali ditransfer antartanaman. Patogen mosaik tembakau disimpulkan sebagai bukan bakteri, melainkan merupakan contagium vivum fluidum, yaitu sejenis cairan hidup pembawa penyakit.


Pendapat Beijerinck baru terbukti pada tahun 1935, setelah Wendell Meredith Stanley dari Amerika Serikat berhasil mengkristalkan partikel penyebab penyakit mosaik yang kini dikenal sebagai virus mosaik tembakau. Virus ini juga merupakan virus yang pertama kali divisualisasikan dengan mikroskop elektron pada tahun 1939 oleh ilmuwan Jerman G.A. Kausche, E. Pfankuch, dan H. Ruska.




KARASTERISTIK VIRUS


Beberapa karasteristik virus, sebagai berikut : 
  • Ukuran tubuh berada dalam kisaran 0,02-0,3 μm dan ukuran terbesar adalah sekitar 200 nm.
  • Virus terdiri dari asam nukleat (DNA atau RNA) yang mengelilinginya oleh mantel protein yang disebut capsid.
  • Virus memiliki berbagai bentuk, seperti polihedral, filamen, Bentuk T, dan basil.
  • Virus dapat berada di dalam atau di luar sel. Di luar sel, virus-virus itu seperti biasa seperti zat kimia.
  • Virus hanya dapat bereproduksi dalam sel hidup dan membutuhkan sel inang untuk kehidupannya.
  • Materi genetiknya hanya satu jenis
  • Struktur yang relatif sangat sederhana
  • Virus tidak membelah diri dengan cara pembelahan biner


MACAM-MACAM VIRUS


A. Berdasarkan jenis sel inang yang terinfeksi
  1. Virus hewan, menginfeksi hewan
  2. Menanam virus, menginfeksi tanaman
  3. Virus manusia, menginfeksi manusia
  4. Virus bakteri, menginfeksi bakteri
Tapi, ada juga virus yang menggantinya hewan atau tumbuhan.

B. Berdasarkan jenis materi genetik
  1. Virus DNA, seperti bakteriofag, adenovirus dan virus herpes
  2. Virus RNA, seperti human immunodeficiecy virus (HIV), virus rheo, virus rabies, virus polio dan virus influenza.


CONTOH-CONTOH VIRUS



1. Virus pada Tumbuhan
  • TMV (Tobacco Mosaik Virus), menyerang daun tumbuhan tembakau sehingga lama kelamaan daun tersebur rusak dan berwarna kuning.
  • CVFDV(Citrus Vein Floem Degeneration Virus), menyerang jaringan pengangkut(floem) tumbuhan jeruk sehingga pembuluh floem mengalami degenerasi.
  • Virus Tungro, menyerang tumbuhan padi dll,hospes perantaranya/inang perantarnya adalah bermacam-macam wereng.

2. Virus pada Hewan dan Manusia
  • Papyloma Virus, menyebabkan tumor pada manusia dan hewan ternak
  • Paramycovirus, menyerang manusia dan menyebabkan penyakit influenza
  • HIV(Human Immunodeficiency Virus), menyerang sistem kekebalan manusia yang disebut penyakit AIDS(Acquired Immuno Defisiency Sindrome)
  • Rabies Virus, pada awalnya menyerang kucing dan anjing kemudian virus ini mengalami mutasi dan sekarang menyerang manusia juga.
  • H5N1 Virus(Virus Flu Burung Tife A), awalnya menyerang unggas kemudian virus tersebut mengalami mutagen dan menyerang manusia dan disebut penyakit flu burung(avian Influenza).
  • SARS Vi(Severe Accute Respiratory Sindrome Virus), menyerang sistem respirasi pada manusia dengan gejala asfiksi,ispa dan asma.
  • Ebola Virus, menyebabkan kematian no.2 di dunia.Awalnya virus ini menjangkiti kera afrika dan lama-kelamaan menyerang manusia dengan gejala demam,sakit badan,diare,muntah dan pendarahan luar dan dalam yang diakibatkan rusaknya jaringan luar dan dalam tubuh.
  • Mumps Virus,Rubella Virus dan Hepatitis Virus(semua tife yakni:Hepartitis tife A,B,C,D,E), Virus ini menyebabkan peradangan hati(hepatitis) yang akibatnya seluruh bagian tubuh berwarna kekuning-kuningan atau disebut pula penyakit kuning yang akibatnya jika sudah klonis menyebabkan kanker hati.
  • Poliomycetes Virus, Virus ini menyebabkan polio pada anak-anak sehingga menyebabkan kaki berbentuk O


PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN VIRUS


Karena biasanya memanipulasi mekanisme sel induknya untuk bereproduksi, virus sangat sulit untuk dibunuh. Metode pengobatan sejauh ini yang dianggap paling efektif adalah vaksinasi, untuk merangsang kekebalan alami tubuh terhadap proses infeksi, dan obat-obatan yang mengatasi gejala akibat infeksi virus.

Penyembuhan penyakit akibat infeksi virus biasanya disalah-antisipasikan dengan penggunaan antibiotik, yang sama sekali tidak mempunyai pengaruh terhadap kehidupan virus. Efek samping penggunaan antibiotik adalah resistansi bakteri terhadap antibiotik. Karena itulah diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah suatu penyakit disebabkan oleh bakteri atau virus.

Cek video power pointnya juga ya di channel youtube @sylviaqrt




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama