5 Platform Pelatihan Prakerja Online, Mana yang Terbaik?

Halo semua, nimbrung obrolanku tentang pelatihan Prakerja di QuBisa dan platform online lainnya yuk! Program Prakerja ini diperuntukkan bagi teman-teman yang akan terjun ke dunia kerja maupun mereka yang terdampak PHK atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Iya, tahu. Sekarang cari kerja emang susah, tetapi tidak boleh patah semangat. Alih-alih menjadi pengangguran dan sedih seharian, mendingan ikut pelatihan, biar dapat pengalaman, makin cekatan dan bisa dapat cuan.

cara mengikuti pelatihan prakerja

Apa Itu Program Kartu Prakerja?

Mencari pekerjaan memang tidak mudah, pun bagi mereka yang sudah pernah bekerja atau memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Selain itu, perusahaan lebih mengutamakan calon tenaga pekerja yang berpengalaman dan memiliki skill. Tentu akan sulit bersaing tanpa melakukan pengembangan diri. Itulah sebabnya teman-teman perlu daftar Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja merupakan program peningkatan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang diberikan oleh pemerintah berupa pembiayaan pelatihan.

Nanti Saya jelaskan tentang cara daftar Prakerja dan cara mengikuti pelatihannya. Pelatihan Prakerja juga bisa diikuti secara online learning, belajar online, e-learning melalui platform digital. Teman-teman bisa mengikuti pelatihan via website atau aplikasi sehingga lebih mudah dan praktis. Pelatihan ini bermanfaat untuk mengembangkan diri dan meningkatkan skill.

Apa Saja Manfaat Kartu Prakerja?

Dengan mengikuti program Prakerja diharapkan memiliki peluang kerja lebih besar, baik di terima kerja di perusahaan impian maupun membangun bisnis sendiri. Manfaat Kartu Prakerja ini banyak banget lho! Bukan hanya dapat membantu meningkatkan skill, tetapi juga menambah pengalaman dan memperluas koneksi supaya lebih siap memasuki dunia kerja. Ini manfaat utama mengikuti pelatihan prakerja di QuBisa dan berbagai platform online lainnya.

  • memperoleh bantuan langsung tunai atau insentif Prakerja digunakan untuk pelatihan/kursus
  • mendapatkan berbagai pelatihan sesuai minat dan keinginan calon pekerja
  • membantu pengembangan diri dan peningkatan skill agar lebih siap kerja

Insentif Prakerja akan diberikan 2 kali. Pertama insentif pelatihan sebesar 600 ribu, didapatkan setelah melakukan pelatihan Prakerja. Kedua insentif survey sebesar 50 ribu, didapatkan setelah menulis rating dan review pelatihan. Selain itu, juga akan mendapatkan dana sebesar 1 juta yang harus digunakan untuk membelu kursus premium.

Bagaimana Cara Daftar Prakerja?

Nah, pertama teman-teman perlu mendaftar Kartu Prakerja terlebih dahulu. Syarat Kartu Prakerja yaitu WNI berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah serta bukan pejabat negara. Setelah itu, baru deh bisa ikut berbagai pelatihan Prakerja melalui platform digital seperti QuBisa, Cakap dan lain sebagainya.

Inilah 5 tahapan cara mendaftar Prakerja, Saya jelaskan melalui infografis berikut ini.

insentif prakerja

Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja?

Setelah lolos, teman-teman akan mendapatkan Kartu Prakerja dengan 16 digit nomor Kartu Prakerja. Nomor ini nantinya bisa dipakai untuk membeli berbagai pelatihan Prakerja untuk meningkatan soft skill dan hard skill. Nah, begini cara mengikuti pelatihan Prakerja di platform digital.

  1. cari dan pilih pelatihan prakerja di berbagai platform digital
  2. lakukan pembelian dengan mengisi 16 digit nomor kartu Prakerja
  3. akan ada kode OTP atau kode voucher untuk konfirmasi pembayaran

Setelah itu, baru teman-teman bisa mengakses pelatihan tersebut. Ikuti pelatihan dengan baik dan jangan lupa untuk mengisi survey di akhir pelatihan.

5 Platform Pelatihan Prakerja yang Bisa Digunakan

Secara umum kelima platform Prakerja ini fungsinya sama, menyediakan berbagai program pelatihan Kartu Prakerja dengan tema dan harga yang beragam. Namun sebelumnya bisa dipraktekkan dulu cara mendaftar Prakerja di atas. Selanjutnya, ini dia penjelasan singkat dari masing platform digital untuk pelatihan Prakerj

1. QuBisa

Platform pertama, QuBisa, merupakan media belajar online yang menghubungkan peserta dengan instruktur atau ahli sehingga bisa melakukan pembelajaran efektif. Modelnya ada macam-macam meliputi webinar, kursus, microlearning dan lain-lain.

syarat kartu prakerja

Selain itu, QuBisa juga digunakan untuk pelatihan Prakerja dengan berbagai topik yang bisa diambil oleh pengguna Kartu Prakerja. Materi pembelajaran berupa video dengan instruktur ahli dan terpercaya di bidangnya. Nanti bakal ada konsultasi, tes dan practical assignment juga supaya lebih paham materinya. Terakhir, teman-teman tentu akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan pelatihan.

2. Cakap

Selanjutnya, ada Cakap sebagai salah satu platform e-learning di Indonesia yang juga menyediakan berbagai pelatihan dan kursus untuk pengguna Kartu Prakerja. Sayangnya, kelas belajar dan pelatihan Prakerja yang tersedia rata-rata 500 ribu. Kecuali untuk kelas anak, tersedia harga lebih terjangkau.

manfaat kartu prakerja

Platform belajar yang satu ini terkenal sebagai pelopor pertama tempat belajar bahasa asing online di Indonesia. Mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, Jepang dan Korea termasuk juga berbagai tes bahasa online beserta simulasinya.

3. Pintaria

Berbagai pelatihan Prakerja juga bisa diikuti melalui platform Pintaria. Tersedia berbagai tema antara lain edukasi, bisnis, manajemen, bahasa, administrasi, marketing dan lain-lain. Selain menyediakan berbagai kursus dan program belajar online, teman-teman juga bisa kuliah online lho!

kartu prakerja

Pintaria merupakan portal pendidikan dengan metode blended learning dan telah bekerja sama dengan kampus-kampus unggulan di Indonesia. Bahkan bukan hanya menawarkan program kuliah S1, tetapi juga menyediakan program kuliah S2.

4. Pijar

Berikutnya ada Pijar, yaitu platform digital yang menyediakan pelatihan Prakerja seputar tema teknologi, digital dan marketing. Platform pendidikan yang satu ini berada di bawah naungan Telkom Indonesia, bertujuan untuk menyediakan pembelajaran dan sertifikasi online untuk masyarakat Indonesia.

Online learning, belajar online, e-learning

Selain itu, Pijar Mahir juga berkolaborasi dengan Pijar Camp yang merupakan program bootcamp untuk teman-teman yang ingin meningkatkan skill di bidang teknologi. Ini merupakan program intensif dengan jadwal belajar 5 hari dalam seminggu.

5. Karier.mu

Karier.mu adalah platform digital dari Sekolah.mu yang menyediakan berbagai program pelatihan untuk peningkatan dan pengembangan karier. Nah, di sini juga banyak sekali tersedia kelas pelatihan Prakerja yang bisa teman-teman ikuti sesuai minat. Temanya seputar teknologi, perkantoran, administrasi dan pengembangan diri.

cara mendaftar prakerja

Gimana teman-teman? Sudah ada bayangan kah mau pakai platform e-learning yang mana? Yang pasti pilih platform yang banyak untungnya ya…

Belajar Online Pakai Aplikasi QuBisa untuk Program Kartu Prakerja

Aplikasi online learning, belajar online, e-learning atau digital learning sekarang banyak banget lho! Jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan dan harus terus belajar untuk meningkatkan skill sesuai bidang masing-masing. Salah satunya dengan mendaftar program Kartu Prakerja, penuhi syarat kartu Prakerja dan setelah lolos bisa mengikuti pelatihan Prakerja di berbagai platform yang tersedia.

Kalau Saya pakai aplikasi QuBisa karena sudah nyaman pakai itu. Selain pelatihan Prakerja, QuBisa juga menyediakan berbagai online learning gratis yang bisa diikuti melalui aplikasi atau website. Saya suka banget ikut kelas online atau webinar gitu, karena bisa dapat banyak ilmu untuk meningkatkan skill.

Gak cuma itu, di aplikasi ini juga banyak artikel menarik yang bisa teman-teman baca untuk menambah wawasan. Yaudah yuk langsung download aja aplikasinya, klik link di bawah ini.

Aplikasi QuBisa untuk Android

Ada promo menarik juga nih untuk teman-teman yang mengakses pelatihan Prakerja di QuBisa. Teman-teman akan mendapatkan gratis akses konten microlearning dan webinar serta memiliki peluang kerja lebih besar di job portal QuBisa. Download QuBisa yuk!


40 Komentar

  1. Aku sempet nyoba daftar tahun lalu. Tapi sampe tahap apaa gitu ngga ada balasan lagi. Ngga tau apa kendalanya. padahal penasaran pingin ikut pelatihannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftar prakerja ya kak? saya juga pernah daftar tapi gagal. tapi gak apa-apa kak sementara saya suka ikut kelas atau webinar online aja.

      Hapus
  2. Jadi sedih rasanya teringat daftar prakerja Eeh beberapa angkatan selalu gagal. Ada data yg sudah kedetek kayanya. Jadi bosan sendiri sampai lupa seiring covid-19 nya mulai menghilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sama kak, saya juga tim gagal ikut prakerja. akhirnya ikut pelatihan atau kelas online lainnya deh. yang penting gak gabut aja udah

      Hapus
  3. ternyata banyak ya platform Prakerja

    baru aja saya dengerin penjelasan ahli keuangan tentang investasi

    menurut dia, investasi pertaman yang harus dilakukan adalah memperkaya diri dengan ilmu

    BalasHapus
  4. Aku belum prnah nih daftar prakerja, mau coba daftar dah jiper dluan krna byk yg gagal..
    Trnyata bsa pake bantuan aplikasi begini yaa, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau ada gelombang baru, ikutan yuk kak, siapa tahu lolos, saya juga belum lolos nih

      Hapus
  5. Ternyat aplatform belajar secara online berbasis aplikasi beragam macamnya, ya. Dalam proses untuk berkembang hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan kapasitas diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada banyak banget aplikasinya, selain 5 ini juga masih banyak, belajar online jadi lebih praktis ya

      Hapus
  6. Aku pernah daftar Qubisa mba. Materinya yang dibahas bagus-bagus yang bisa diaplikasikan di dunia kerja. Pokoknya skill nambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran deh, artikelnya juga bagus-bagus, banyak ilmu yang bermanfaat untuk terjun ke dunia kerja

      Hapus
  7. wahh ternyata banyak yaa platform pelatihan prakerja ini. Kalo saya sepertinya gak bisa daftar nih karena asn

    BalasHapus
    Balasan
    1. meskipun bukan peserta prakerja masih bisa manfaatin platform nya untuk belajar banyak hal kak, selamat mencoba

      Hapus
  8. Semuanya bagussssss. Mulai dari QuBisa, Cakap, Pintaria, Pijar, sampai Karier.mu. Nah, QuBisa ini termasuk yang paling sering disounding nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semuanya bagus, apalagi yang banyak nyediain materi gratis hehe auto nyimak biar bisa belajar juga meskipun blm lolos prakerja

      Hapus
  9. Pelatihan pra kerja yang pernah diikuti salah satunya Qubisa. Kelimanya sepertinya rekomen untuk diikuti.

    BalasHapus
  10. Ternyata ada banyak pilihan pelatihan prakerja ya, bagi yang ingin menambah skill dan pengetahuan bisa mencobanya.

    BalasHapus
  11. Sebagai lulusan prakerja, saya cukup puas sih sama program pemerintah yang satu ini, kapan lagi coba kita difasilitasi untuk menambah skill, kalo modal sendiri kan lumayan tuh kalo mau ikut kelas or workshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar juga, kalau pakai uang sendiri mungkin masih mikir-mikir mau ikut pelatihan berbayar

      Hapus
  12. Baru tau ada bnyak bgt platform prakerja yg bagus2 , tinggal cari sesuai dgn kebutuhan aja , langsung ikutan kelas jd makin pinter deh . Mau ikut kepoin jg jadinya

    BalasHapus
  13. Ada banyak banget ya ternyata. Saya baru tahu satu hingga dua nama platform saja. Sekarang mau belajar apa saja jadi lebih mudah, dari rumah berbekal akses internet ya sudah bisa. Tinggal balik lagi ke kitanya, mau atau tidak.

    BalasHapus
  14. Awalnya kukira hanya menyediakan bidang-bidang meanstream seperti managemen, sales marketing, teknik komputer, dll, gitu-gitu aja lho. Ternyata bidang pelatihan yang disediakan sangat beragam. Ada pelatihan desain baju juga, make up juga, macam-macam bidang kreatif lainnya. Keren QuBisa.

    BalasHapus
  15. Sekarang lebih mudah untuk upgrade skills ya terutama fresh grad karena ada banyak aplikasi pelatihan online prakerja, banyak pilihan pula.

    BalasHapus
  16. Benar sekali ini..No mager-mager lagi. Begitu banyak aplikasi online learning, belajar online, e-learning atau digital learning untuk meningkatkan skill sesuai bidang masing-masing. Diantaranya pelatihan prakerja online di aplikasi QuBisa

    BalasHapus
  17. Semuanya pelatihan ini bagus dan bermanfaat. Semoga nambah wawasan dan keahlian kita hingga kita bisa berkarya bekerja dan tetap menghasilkan ya

    BalasHapus
  18. cukup lengkap ya aplikasi QuBisa ini, pelatihan yang disediakan banyak, tinggal pilih sesuai kebutuhan, membantu sekali ini

    BalasHapus
  19. Pelatihan online sekarang jadi salah satu cara cepat mendapatkan ilmu dari mana saja ya. Hampir semua jenis pelatihan pun bisa dicari saat ini dengan mudah melalui aplikasi seperti QuBisa dan Karirmu..

    BalasHapus
  20. Belum pernah dapat Prakerja tapi bisa nih jadi referensi untuk yang sedang butuh referensi

    BalasHapus
  21. Aku juga ikutan yang QuBisa nih mbaa, alhamdulillah meskipun bukan prakerja hihi jadi ikutnya yang kelas gratisan dari QuBisa

    BalasHapus
  22. Saya sudah pernah coba QuBisa meski bukan ikut jalur prakerja. Kelasnya banyak. Paling suka yang microclass karena materinya dikit-dikit dan applicable.

    BalasHapus
  23. Udah tahu platform Qubisa tapi belum kesampaian ikut kelasnya. Habis ini pengen coba, ah, mulai yang non kartu pekerja dan free, hehe

    BalasHapus
  24. Wah ternyata banyak juga aplikasi prakerja
    Mau coba daftar ah, siapa tau aja bisa lolos

    BalasHapus
  25. Qbisa banyak sekali ya layanannya, klo saya suka liat2 yg program untuk pengjarnya. Bermanfaat sekali. Thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus
  26. Wah iya, lumayan banyak y platform pelatihan prakerja ini
    Pastinya QuBisa yang terbaik ya

    BalasHapus
  27. Banyak sekali manfaatnya dalam mengikuti pelatihan prakerja. Ternyata ada insentifnya juga ya kalau memiliki kartu prakerja. Semoga makin meningkat keahlian para pencari kerja di masa kini, sehingga makin siap menghadapi persaingan kerja.

    BalasHapus
  28. Qubisa sama Karier.mu keren Mba, saya pernah ikut kegiatan-kegiatannya :D

    BalasHapus
  29. pernah daftar prakerja tp belum lolos nih 😄 wah kayaknya makin banyak aplikasi online yg bisa daftar kursus nya ya mba 😍 makin banyak pilihan

    BalasHapus
  30. persiapan nih persiapan, katanya angkatan 26 apa 27 udah dibuka...
    aku daftar tapi nggak lolos-lolos nih kali aja skrg lolos yaa biar bs dipakai belajar di QuBisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat kak, semoga selanjutnya bisa lolos. perjuangan banget pengen ikutan prakerja ini

      Hapus
Lebih baru Lebih lama