Pentingnya Self-Love untuk Jaga Kesehatan Mental by Get Spirit

Pernah dengar tentang istilah ‘overthinking’? Ya, istilah yang satu ini memang kerap kali terucap oleh generasi jaman now. Bahkan banyak yang dikit-dikit bilang ‘Gue lagi overthinking nih’. Terdengar enteng banget ya, tapi sebenarnya kondisi ini bisa jadi masalah serius lho untuk kesehatan mental Kamu.

Deteksi Dini Kelainan Kesehatan Mental

Isu kesehatan mental memang mulai banyak diperbincangkan dan mulai dikenal pula istilah-istilah lain seperti anxiety, skizofrenia, OCD dan lain sebagainya. Positifnya, lebih banyak masyarakat yang concern tentang isu kesehatan mental yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Agar sehat secara mental, yuk Kita belajar bersama Get Spirit dan Indscript Creative tentang ‘Deteksi Dini Kelainan Kesehatan Mental Diri Sendiri, Anak dan Lingkungan’

Apa Itu Kesehatan Mental dan Ciri-ciri Sehat Secara Mental?

Menurut WHO, Kesehatan mental adalah kondisi ‘sejahtera’ seseorang yaitu saat seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu mengelola tekanan dan dapat beradaptasi dengan baik, bekerja secara produktif dan ikut berkontribusi dalam kehidupan di lingkungannya.

Ciri-ciri sehat secara mental yaitu bebas dari gangguan/penyakit jiwa, menerima kelebihan dan kekurangan, mampu menyesuaikan dan mengembangkan potensi diri serta memiliki hubungan baik dengan orang lain. Seseorang yang sehat secara mental akan mampu berkembang secara psikologis, emosional, intelektualitas, dan spiritual.

Lebih Dini Mengenal Gangguan Kesehatan Mental

Perlu diketahui, kondisi kesehatan mental setiap orang itu berbeda-beda. Bisa dilihat dari frekuensi, durasi dan intensitas yang dirasakan dari setiap individu. Sedangkan tanda-tanda seseorang mengalami gangguan kesehatan mental bisa dilihat dari kondisi pikiran, perasaan dan perilakunya. Contohnya seperti mudah marah, cemas, takut atau mudah emosional.

Namun gejala gangguan kesehatan mental terkadang tidak mudah dikenali untuk beberapa orang. Lalu bagaimana cara mengenali gangguan kesehatan mental pada seseorang? Cara yang tepat yaitu mencari layanan konsultasi dengan psikolog profesional.

Mengenal Macam-macam Gangguan Kesehatan Mental

Penyebab gangguan kesehatan mental bisa bermacam-macam. Contohnya masalah/tekanan dalam kehidupan sehari-hari, trauma tertentu, perubahan/masalah pada fisik, gaya hidup tidak sehat, tidak memiliki support system yang baik atau kondisi keluarga yang kurang harmonis.

Gangguan kesehatan mental dibedakan menjadi dua macam yaitu psikotik dan non-psikotik. 

  • Gangguan Mental Psikotik : membuat seseorang mengalami gangguan realitas seperti halusinasi dan delusi
  • Gangguan Mental Non-Psikotik : biasanya mengalami gangguan perasaan atau pola pikir tidak sesuai dengan hukum/norma yang berlaku.

Tips Merawat Kesehatan Mental Diri Sendiri dan Keluarga

.

Untuk merawat dan menjaga kesehatan mental, Kita bisa mulai dengan mencintai diri sendiri dulu atau yang sering disebut dengan istilah self-love. Bagaimana cara mencapai self-love itu sendiri? Berikut perjalanan mencintai diri sendiri untuk menjaga kesehatan mental.

1. Self-Awareness (Kesadaran Diri)

Pertama, kita perlu memahami kelebihan dan kelemahan diri sendiri dulu nih. Kita harus bisa kenalan sama diri sendiri bagaimana personal value dan juga memahami tujuan hidup kita. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang diri Kamu untuk membentuk self-awareness atau kesadaran diri.

2. Self-Worth (Keberhargaan Diri)

Setelah itu, Kamu harus bisa menghargai diri sendiri dan apa adanya dirimu. Jangan menjadi orang yang dikotak-kotakkan oleh orang lain tapi jadilah diri sendiri dan hargai apa yang Kamu miliki. Jadilah berharga di mata dirimu sendiri.

3. Self-Acceptance (Penerimaan Diri)

Setelah berhasil menciptakan self-worth, Kamu akan merasakan yang namanya self-acceptance atau penerimaan diri. Di sini Kamu akan bisa memaafkan diri sendiri, menerima kekurangan atau ketidaksempurnaan, dan memahami bahwa tidak semua hal harus sesuai dengan ekspektasi orang lain.

4. Self-Love (Mencintai Diri Sendiri)

Nah, jika sudah bisa menerima diri sendiri apa adanya, Kamu akan mulai bisa mencintai dirimu sendiri. Di tahap ini Kamu akan merasa percaya dan menghargai semua kemampuan dan kekuranganmu.

Jika sudah berhasil di tahap self-love, Kamu akan menemukan ritme silf-care atau apa yang dibutuhkan oleh dirimu sendiri. Contohnya mulai sadar akan kebutuhan beribadah, olahraga, memulai pola hidup sehat, melakukan perawatan tubuh, tahu kapan harus tidur/istirahat dan melakukan hal-hal positif lainnya.

Jangan Self-Diagnosa, Hubungi Get Spirit untuk Pemeriksaan Lebih Lanjut

Jika sudah terlanjur, bagaimana cara menangani gangguan kesehatan mental? Apakah bisa disembuhkan?

Mengenai penyembuhan gangguan kesehatan mental, proses tiap orang bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dari jenis trauma atau pemicu masing-masing, juga bagaimana treatment yang dilakukan. Itulah sebabnya Kita tidak boleh sembarangan self-diagnosa atau mendiagnosa diri sendiri tanpa didampingi oleh profesional.

Kamu bisa konsultasi dengan para ahli psikolog di Bandung dari Get Spirit yang merupakan biro psikologi untuk gangguan kesehatan mental pada anak hingga orang dewasa. Selain itu juga berkecimpung di instansi pendidikan, industri dan organisasi. Di sini juga melayani home visit untuk kondisi kesehatan mental tertentu. 

Kenalan dulu yuk dengan Bu Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit dan juga Bu Theofanny.

Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit

Jangan ragu untuk menghubungi kontak Get Spirit dan konsultasi psikologi online dengan psikolog profesional.

Dengan penanganan yang baik dari psikolog atau psikiater profesional, gangguan kesehatan mental bisa ditangani dengan treatment khusus. Tujuannya supaya sedikit demi sedikit akan mengurangi traumatis pada klien sehingga merasa lebih baik dan dapat membangun rasa kepercayaan dirinya.


2 Komentar

  1. bener banget nih, tidak dianjurkan untuk self diagnosa jika dirasa ada sesuatu dalam diri, sebab nnti kalau sok tau malah membahayakan diri sendiri yaa

    BalasHapus
  2. Aaah benar sekali, mencintai diri sendiri juga bagian dari menjaga kesehatan mental, ya. Kadang suka merasa sudah mencintai diri sendiri, padahal kenyataannya sering terlalu keras dengan alasan untuk mempertahankan diri. Beneran jadi bikin merenung dan mulai action buat mencintai diri sendiri, niiihhh😍

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama