Resep Bubur Kacang Ijo Sehat Tanpa Santan #kreasimerahputih

Halo! Halo! Aku lagi ikutan Challenge Kreasi Merah Putih dari Indofood nih. Tema challenge kali ini adalah resep tradisional favorit. Kira-kira bikin kreasi masakan apa ya?

Challenge Kreasi Merah Putih

Di Indonesia banyak sekali olahan tradisional yang unik seperti bubur yang sangat beragam jenisnya. Mulai dari bubur ketan, bubur ayam, bubur sumsum hingga bubur kacang ijo atau yang sering disingkat Burjo. Nah, Burjo ini favorit Aku banget karena rasanya manis dan kuahnya hangat.

Teman-teman sudah pernah nyobain bubur kacang ijo belum? Rasanya enak sekali lho, manis dan gurih, cocok dimakan selagi hangat bersama topping pilihan seperti roti tawar, irisan nangka/pisang, dan lain-lain. Favorit Aku sih Burjo topping roti tawar.

Resep Bubur Kacang Ijo Sehat Tanpa Santan

Bubur kacang ijo merupakan sajian tradisional asli Indonesia yang berbahan dasar kacang hijau, gula merah dan santan. Bubur kacang ijo sebenarnya bukan merupakan menu utama tetapi sejenis hidangan penutup. Namun, masyarakat Kita juga sering menghidangkannya untuk sarapan atau makan malam. Bubur kacang ijo memang cukup mengenyangkan, sedangkan kuahnya dapat menghangatkan tubuh.

Belakangan ini juga banyak yang membuat kreasi menu bubur kacang ijo modern dengan topping keju dan berbagai jenis topping lainnya. Namun, untuk Challenge Kreasi Merah Putih kali ini Aku ingin membuat bubur kacang ijo sehat tanpa santan dengan topping roti tawar. Dijamin bakal kenyang setelah makan ini.

Tiga Sapi Kental Manis Kreasi Merah Putih Tiga Sapi Susu Evaporasi

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Nah, sebelum itu siapkan bahan-bahan simpel berikut ini untuk membuat Bubur Kacang Ijo Tanpa Santan.

  • Kacang Ijo (100 gr untuk 2 porsi)
  • Gula Merah secukupnya
  • Tiga Sapi Susu Evaporasi (pengganti santan)
  • Garam secukupnya (opsional)
  • Daun Pandan (opsional)
  • Roti Tawar sebagai topping (opsional)

Cara Memasak

Cara memasak bubur kacang ijo sebenarnya sangat mudah dan sederhana, namun persiapannya yang cukup lama karena kacang ijo harus lunak dan lembut terlebih dahulu. Nah, untuk menghemat gas dan supaya proses merebus tidak terlalu lama, kacang ijo bisa direndam dulu semalaman atau direndam dengan air panas selama 1-2 jam. Kalau Aku biasanya pakai cara yang kedua. Oke, langsung saja Kita eksekusi.

Tiga Sapi Susu Evaporasi Pengganti Santan

Berikut ini cara memasak Bubur Kacang Ijo Tanpa Santan versi Aku.

  1. Rendam kacang ijo dengan air panas selama 1 jam, lalu tiriskan, lalu rendam lagi dengan air panas selama 1 jam, lalu tiriskan, tekstur kacang ijo akan lebih lunak dan lebih lembut
  2. Rebus kacang ijo selama 1 jam bersama daun pandan hingga kacang ijo merekah dan teksturnya lebih lunak lagi
  3. Masukkan irisan gula merah dan sedikit garam, aduk-aduk hingga larut, lalu kecilkan api
  4. Masukkan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan, aduk-aduk lagi dan biarkan sekitar 15 menit, lalu matikan api
  5. Hidangkan Bubur Kacang Ijo dengan topping sesuai selera, di sini Aku pakai roti tawar dipotong dadu

Sebagai catatan! Fungsi daun pandan di sini adalah sebagai pewangi, supaya bubur kacang ijo lebih harum dan menggugah selera. Tetapi kalau tidak ada daun pandan juga tidak apa-apa, itulah sebabnya Aku tulis sebagai bahan opsional.

Garam juga sama, bisa dipakai bisa tidak, tergantung selera masing-masing. Biasanya Aku pakai garam dikit banget biar ada rasa asin-asin-sedap dikit lah ya. Tidak pakai garam pun tidak apa-apa karena Tiga Sapi Susu Evaporasi rasanya sudah gurih dan creamy.

Satu lagi, untuk teman-teman yang tidak suka pakai gula merah juga boleh menggantinya dengan gula pasir atau produk Tiga Sapi Kental Manis. Ini cocok banget untuk teman-teman yang suka kental manis. Bisa disesuaikan saja dengan selera masing-masing ya.

Produk Indofood: Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Jujur Aku sendiri sudah sejak lama menggunakan produk-produk dari Indofood karena lebih berkualitas. Jadi ketika tahu ada Challenge Kreasi Merah Putih untuk membuat kreasi masakan dari produk Indofood, Aku langsung tertarik. Nah, resep Bubur Kacang Ijo kali ini Aku pakai produk Indofood Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan.

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Produk-produk Indofood bisa ditemukan dengan mudah di supermarket atau toko-toko terdekat. Untuk produk Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi biasanya tersedia di toko bahan kue. 

Indofood: Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tiga Sapi Susu Evaporasi: Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Kalau Sudah Dibuka, Bisa Ditutup Kembali. Harga Ekonomis: Rp.15.000/Pcs 500g. Isi Lebih Banyak 25%.

Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi pertama dengan kemasan kotak dan tutup ulir sehingga lebih mudah disimpan dan ditutup kembali. Manfaat susu evaporasi biasanya digunakan sebagai pengganti santan atau sebagai campuran untuk membuat berbagai masakan seperti gulai, soto, kue, puding, kreasi minuman dan lain-lain.

Rasanya gurih dan creamy serta lebih sehat karena mengandung berbagai nutrisi seperti lemak, protein, karbohidrat, kalium dan fosfor. Tiga Sapi Susu Evaporasi telah diproses secara higienis sehingga kualitasnya terjamin.

Indofood: Tiga Sapi Kental Manis

Tiga Sapi Kental Manis: Lebih Praktis dan Ekonomis. Memiliki Manfaat: Sumber Kalsium dan Vit D3, Tinggi Vit A & B1. Harga Ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Sedangkan produk Tiga Sapi Kental Manis  memiliki kandungan gula lebih banyak daripada susu evaporasi. Itulah sebabnya rasanya jauh lebih manis dan teksturnya juga lebih kental. Tiga Sapi Kental Manis memiliki kandungan kalsium, vitamin D3, vitamin A dan vitamin B1. Manfaat kalsium dapat membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Tiga Sapi Kental Manis menggunakan kemasan kaleng yang lebih praktis dan ekonomis. Manfaat kental manis biasanya lebih sering digunakan sebagai topping untuk makanan atau minuman tertentu. Kalau Aku sering menggunakan kental manis sebagai topping untuk dimakan dengan roti tawar.

Yuk Ikut Challenge Kreasi Merah Putih!

Resep ini Aku buat untuk ikut Challenge Kreasi Merah Putih yang diadakan oleh Indofood untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus. Kreasi Merah Putih yang Aku buat adalah Bubur Kacang Ijo tanpa santan yang lebih sehat dan tetap gurih dengan menggunakan susu evaporasi.

Kenapa gak pakai santan aja Kak? Gini loh, jadi santan itu tidak baik dikonsumsi berlebihan ya teman-teman. Apalagi untuk yang punya penyakit tertentu atau yang sudah berumur. Jadi, sebisa mungkin Aku menghindari makanan atau minuman bersantan. Itulah sebabnya penggunaan santan Aku ganti dengan produk Tiga Sapi Susu Evaporasi yang lebih sehat.

Buat teman-teman yang mau ikutan challenge Instagram juga bisa pakai produk Indofood Tiga Sapi Kental Manis atau Susu Evaporasi. Boleh salah satu atau keduanya. Cek info lengkapnya di Instagram @lezatnyatigasapi dan menangkan total hadiah 5 juta rupiah! Tantangan Resep Kreasi Merah Putih ini berlangsung hingga 31 Agustus 2022. Jangan sampai ketinggalan, yuk ikut!  


54 Komentar

  1. Wah baru tahu ada produk tiga sapi susu evaporasi. Ternyata bisa dijadikan pengganti santan. Boleh juga ni kapan-kapan dicoba. Btw terima kasih untuk tips melembutkan kacang hijaunya ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti lagi masak kacang hijau jadi makin enak dan hemat bahan bakar ya Mbak Shalikah. Saya pun jadi mau mencobanya juga nih. Enak banget ya itu sepertinya lihat di foto

      Hapus
  2. Kangen banget sama kacang ijo. Rasanya menggugah selera banget ya.. karena bahannya no santan, jadi lebih sehat. Opsinya kini bisa menggunakan produk Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis dari Indofood.
    Mau ikutan Challenge Kreasi Merah Putih dalam rangka memeriahkan 17 Agustus.

    BalasHapus
  3. Burjo kesukaanku banget ini, Mbak. Dengan atau tanpa santan sikaaaaaaaat deh. Anyway, saya baru tahu ternyata kacang hijaunya direndam dulu ya, Mbak. Tipsnya perlu ni dicoba

    BalasHapus
  4. Bikin burjo tanpa santan, makin sehat doong. Jd pengen nyobain resepnya...

    BalasHapus
  5. Baru tahu dengan susu evaporasi by nih .... Mau coba ah..

    BalasHapus
  6. Betul sekali santan itu tidak boleh dikonsumsi berlebihan, apalagi yang punya kolesterol. Tiga Sapi Kental Manis ini bisa jadi pengganti santan yaa, waah informasi yang bagus. Terima kasih Mba

    BalasHapus
  7. Bisa ya ternyata susu evaporasi jadi pengganti santan, boleh dicoba nih di rumah. Biasanya aku pake krimer buat pengganti santan, tapi kalo buat snack MPASI si kecil aku suka pake santan buat BB Booster.

    BalasHapus
  8. Oh santan bisa diganti susu ya. Kaget aku dikira cari susu tiga sapi, ternyata itu merk. Sedap keliatannya mbak

    BalasHapus
  9. Wah ternyata santan bisa diganti dengan susu ya. Terimakasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Wah, saya juga sudah nyobain tiga sapi nih.. Memang manis dan gurih juga untuk susu evaporasinya.. Bisa digunakan sebagai pengganti santan.. Lebih kental dan creamy lohh

    BalasHapus
  11. Wah iya ya, kalau g pakai santan bisa lebih sehat
    Kapan kapan mau coba recook resep ini ah

    BalasHapus
  12. Nah bener ini santan , di rumah juga sudah mengurangi mengingat aku dan suami dan jelang 50 tahun , pengin lebih sehat dong pastinya...Dan senang ada alternatif produk Indofood: Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti . Juga ada Tiga Sapi Kental Manis untuk toping yang praktis dan ekonomis

    BalasHapus
  13. Wah enak nih bubur kacang hijau. Kalau tanpa santan begini, cocok buat orang yang memang enggak boleh makan santan ya. Bisa makan kacang hijau tetap sehat.

    BalasHapus
  14. saya suka bubur kacang ijo, apalagi dimakan saat masih hangat
    susunya sebagai pengganti santan ini ya, wah kreatif kak, terima kasih resepnya

    BalasHapus
  15. Unik nih resepnya. Baru tau tiga sapi ngeluarin produk evaporasi. Biasanya susu evaporasi aku gunain buat minum kopi susu

    BalasHapus
  16. Boleh juga nih diikuti resepnya, mengganti santan dengan Tiga Sapi susu evaporasi. Lebih sehat ya untuk sajian keluarga.

    BalasHapus
  17. wah, aku seneng banget sama bubur kacang ijo tanpa santan seperti ini. karena tanpa kuah pun, rasanya udah manis campur gurih dalam satu hidangan.

    BalasHapus
  18. Daku demen bangetttt ini.
    Mau recook ahhh
    Resep gampil dan ngga ribet sama sekaliiii

    BalasHapus
  19. Aku jadi penasaran rasa Bubur Kacang Ijo yang pakai produk Indofood Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan.Pasti lebih gurih dan sehat ini. Mau eksekusi ah nanti

    BalasHapus
  20. Saya penyuka kacang hijau tanpa santan nih mba. Apalagi jika mulut udah mulai terasa ada calon sariawan, pasti nyari bubur kacang hijau. Ternyata biar tetap nikmat disantap, santan bisa diganti produk Tiga Sapi. Siip.

    BalasHapus
  21. wah kok gak kepikiran ya untuk ngeganti santan dengan susu
    Mau ah bikin, saya pingin bikin puding kacang hijau

    BalasHapus
  22. Saya kalau bikin bubur kacang hijau selalu pisah santan. Karena ada yang senang kental. Ada yang suka sedikit aja santannya. Mungkin nanti mau coba pakai Tiga Sapi evaporasi. Bisa tinggal tuang kan, ya?

    BalasHapus
  23. Akutu doyan banget sama bubur kacang ijo. Apalagi kalau kacang ijonya sampai lembut gitu. Makin creamy pasti kalau pake susu evaporasi ya, Kak. Mau nyobalah nanti...

    BalasHapus
  24. Sama mbak, saya juga suka makan bubur kacang hijau plus roti tawar, rasanya enak dan pasti kenyang.

    Bubur kacang ijo tanpa santan, tapi bisa tetap ada rasa gurih karena pakai susu evaporasi tiga sapi? Layak di coba nih, apalagi bagi yang diminta berpantang santan karena alasan kesehatan

    BalasHapus
  25. enak juga pake susu ini ya. tak coba2 deh

    BalasHapus
  26. Wah, makanan kesukaan. Tp biasanya pake santan. Skrg mau nyoba resep yang tanpa santan ahhh. 😇

    BalasHapus
  27. malah sehat pake susu ya daripada pake santan. boleh juga nih

    BalasHapus
  28. Enak enaaak pake susu ini yaaa. Cobain juga aah pake ini

    BalasHapus
  29. Akhirnya ada juga resep burjo tanpa santan soalnya saya laergi santan nih entah kenapa pencernaan saya bermasalah tiap makan santan..terima kasih resepnya

    BalasHapus
  30. Rasanya sepertinya legit ya kak.
    Jadinya gak perlu santan lagi ya, dan gula pun gak usah banyak-banyak juga.
    Penasaran sama tiga sapi ini

    BalasHapus
  31. Di daerah saya ada yang jual bubur kacang ijo dan roti dikasih kacang goreng juga mom. Namanya cemoe, cuman sekarang udah jarang yang jualan.
    Ini mirip jananan waktu kecil sih, hampir tiap malam selalu beli sama orang tua. Jadi nostalgia ya...

    BalasHapus
  32. Bubur kacang ijo plus roti tawar mantap banget ya. Apalagi menu sehat ini disukai juga oleh anak-anak. Cara buat dengan resep ini saya belum coba. Tapi rasanya saya yakin pasti enak banget ...

    BalasHapus
  33. Buburnya lengkap ada susu tiga sapi. Buburnya jadi semakin baik kandungan gizinya.

    BalasHapus
  34. saya suka bubur kacang ijo, apalagi dimakan selagi hangat, hmm bau pandan yang khas dan paduan kacang ijonya endeus

    BalasHapus
  35. Iya yah susu kan bisa gantiin santan, begitupun sebaliknya, ah jadi inget resep sesuatu heehhe

    BalasHapus
  36. Ah iya, saya juga di rumah ada Susu Evaporasi Tiga Sapi. Bisa bikin bubur kacang hijau yang menyehatkan ya. Cara bikinnya juga engga susah. Ntar mau bikin juga ah di rumah

    BalasHapus
  37. Wah.. dapat resep baru bikin burjo nih. Aku memang gak suka burjo pake santan. Kalo bikin atau beli gak pernah pake santan.

    BalasHapus
  38. Susu evaporasi Tiga Sapi ini cocok untuk dibuat berbagai kreasi masakan ya mbak. Biar anak-anak gak bosan juga makan kudapan ketika bersantai dan bermain.

    BalasHapus
  39. Boleh dicoba nih biasany bikin bubur kacamg ijo selalu pakai santen bisa juga ya pake susu tiga sapi ini siip .. udah ada d indomart lagi

    BalasHapus
  40. bubur kacang ijo adalah kesukaanku, Mba. Wahh jadi pengen coba juga bikin bubur kacang ijo tanpa santan dan diganti dengan susu

    BalasHapus
  41. Nah, iya ya.. evaporasinya bisa utk burjo. Gak terpikir aku sebelumnya. Cucoklah dicoba nanti, mumpung stok evaporasi masih ada

    BalasHapus
  42. Bubur kacang hijau tanpa santan tetap enak dan sehat, sebab pakai susu cap tiga sapi

    BalasHapus
  43. Sebagai penyuka kacang ijo wajib coba resep mbak nih. Biasa karena ingin simpel saya cuma pake susu saat akan disantap. Tapi ini beda.. pingin coba ah

    BalasHapus
  44. Wah pas banget masih ada kacang hijau di rumah, nanti nyoba bikin aah. Pas ada Tiga Sapi juga nih. Hmm, langsung terbayang nikmatnya..

    BalasHapus
  45. Mantaaaap mbak, pengen kucobaaa kemarin sempat mau cari cari resep kacang ijo tanpa santan, karna qodarulloh lagi pada batuk, kau pkai santan kami suka tambah batuk (lucu memang)

    BalasHapus
  46. Enak banget nih kayanya bikin bubur kacang ijo tanpa santan dengan Susu Evaporasi Tiga Sapi. Lebih sehat pastinya ya Mba

    BalasHapus
  47. Menghidangkan menu sehat dan enak untuk keluarga itu memang butuh pemikiran yang mendalam yaa, kak.. Dan kali ini terinspirasi dari menu Bubur Kacang Ijo yang sehat karena bahan campurannya tanpa santan melainkan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis.
    Yummii~

    BalasHapus
  48. Mau nyobain ah burjo tanpa santan

    BalasHapus
  49. Belum pernah saya mncoba bubur ijo tanpa santan... Resep inj menarik untuk dcoba dgn mnggunakan susu evaporasi tiga sapi yg kmasanny mudah dgn tutup ulir...

    BalasHapus
  50. Segera nyoba aah bubur kacang ijo dengan susu evaporasi tiga sapi dijamin lezaat

    BalasHapus
  51. Wah aku juga suka bubur kacang ijo ini apalagi yang ada ketan hitamnya. Penasaran gimana rasanya kalau santannya diganti susu evaporasi

    BalasHapus
  52. Waah ternyata susu evaporasi bisa digunakan untuk menggantikan santan yaa... lebih sehat dan baik bagi tubuh ya. Boleh juga nih sedia susu evaporasi di rumah.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama