Belajar Apa Itu Bitcoin dan Cara Beli Bitcoin di Indonesia Yuk!

Sudah cukup lama dunia Bitcoin digandrungi oleh para investor di dunia, begitu juga di Indonesia. Tujuannya adalah untuk berinvestasi di dunia mata uang digital dan menghasilkan cuan. Banyak banget lho yang berhasil bermain dengan mata uang kripto ini.

Exchanger crypto

Meski begitu, tak sedikit pula yang masih bingung dan belum berani bermain di dunia mata uang digital tersebut. Terutama karena sebagian besar dari mereka belum paham betul apa sih Bitcoin itu, bagaimana cara beli bitcoin di Indonesia dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Namanya juga belum tahu dan belum paham, jadi ya mana bisa terjun ke dunia Bitcoin. Bisa-bisa rugi nanti, bukannya untung malah buntung. Jadi, mari Kita kenalan dulu dan belajar hal-hal umum seputar Bitcoin dan aset kripto.

Mengenal Mata Uang Kripto Bitcoin dan Cara Mainnya

Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, kalau di dunia Bitcoin tak kenal maka tak cuan. Hehehe

Sebelum itu, Kamu perlu tahu dulu secara garis besarnya yaitu mengenal tentang cryptocurrency. Cryptocurrency atau crypto merupakan mata uang virtual yang dirancang sebagai media pertukaran transaksi keuangan yang aman dengan teknologi blockchain, tidak bisa digandakan/dipalsukan.

Mata uang kripto berlaku secara universal di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Meski tidak memiliki bentuk fisik seperti uang pada umumnya, telah banyak negara-negara di dunia yang menggunakan mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah.

Sedangkan mata uang yang ditawarkan cukup beragam, salah satunya mata uang Bitcoin yang cukup populer belakangan ini. Selain Bitcoin ada juga Litecoin, Dogecoin, BitcoinCash, Feathercoin, Ethereum, Shiba Inu, Terra, Solana, Poligon, Binace Coin dan lain-lain.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah salah satu dari mata uang kripto atau cryptocurrency, yang merupakan mata uang digital. Sesuai dengan namanya, mata uang digital ini hanya ada dan hanya bisa digunakan di dunia maya atau digital. Contohnya untuk pembelian aksesoris game hingga berbelanja di dunia digital.

Hingga kini, Bitcoin telah menjadi salah satu aset kripto terbesar di dunia, termasuk di Indonesia. Tak heran jika banyak orang mencari informasi tentang cara beli Bitcoin di Indonesia. Keberadaan Bitcoin cukup populer dan harganya pun cukup mahal sehingga menghasilkan keuntungan lebih besar.

Tips Investasi Bitcoin bagi Pemula

Bagi pemula, bermain di dunia investasi mata uang kripto memang perlu kehati-hatian ekstra supaya tidak merugi dalam jumlah banyak. Untuk itu berikut ada beberapa tips investasi Bitcoin untuk pemula yang bisa Kamu terapkan.

  • Gunakan ‘uang dingin’ atau uang lebih yang tidak digunakan
  • Pilih platform atau Exchange Crypto yang terdaftar resmi di Bappebti
  • Pelajari jenis-jenis aset kripto serta kelebihan dan kekurangannya
  • Jangan terburu-buru mengambil keputusan dan lakukan analisa fluktuasi harga

Sudah tidak sabar untuk mulai berinvestasi dengan aset kripto? Oke. Pertama coba unduh dulu wallet Bitcoin di ponsel atau komputer Kamu. E-wallet tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat penyimpanan aset kripto yang Kamu miliki.

Bagaimana Cara Beli Bitcoin di Indonesia?

Secara singkat, investasi kripto dilakukan dengan cara jual beli aset di Exchange. Exchanger crypto atau Exchange adalah sejenis marketplace tempat bertemunya penjual dan pembeli aset kripto seperti Bitcoin.

Dunia Bitcoin akan lebih mudah dipahami sambil belajar dan mencobanya langsung. Selanjutnya mari belajar bagaimana cara beli Bitcoin di Indonesia.

  1. Buat akun di bursa trading atau Exchange kripto resmi yang terdaftar di Bappebti
  2. Tunggu verifikasi data sebelum melakukan transaksi
  3. Lakukan deposit ke rekening yang sudah ditentukan
  4. Memilih ‘pair’ aset kripto yaitu Bitcoin lalu beli Bitcoin yang Kamu inginkan
  5. Lakukan transaksi jual-beli atau pembayaran aset kripto Bitcoin yang telah dipilih
  6. Transfer Bitcoin ke e-wallet Kamu untuk disimpan dan ditarik suatu saat nanti

Setelah mengetahui cara beli Bitcoin di Indonesia, cobalah untuk lebih sering melihat pergerakan harga Bitcoin. Tujuannya untuk mencari harga paling pas supaya tidak rugi dan bisa untung lebih banyak. Hal ini karena harga aset Bitcoin bisa berubah-ubah setiap waktu.

Selanjutnya untuk withdraw atau penarikan aset bisa menggunakan rekening bank atau transfer ke akun Paypal atau dompet digital seperti OVO dan Gopay. Caranya mudah sekali dan semua tahap pembelian, penjualan hingga penarikan bisa dilakukan secara online.

Cari Cuan dengan Investasi Bitcoin di INDODAX

Dalam berinvestasi kripto, poin penting yang perlu diperhatikan adalah Exchanger crypto itu sendiri. Pastikan Kamu membeli Bitcoin pada Exchange yang sudah terdaftar di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Salah satunya adalah PT Indodax Nasional Indonesia atau disingkat INDODAX.

Kenapa perlu investasi Bitcoin di INDODAX? INDODAX menyediakan layanan transaksi 24 jam dengan biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%. Tak hanya itu, beli aset kripto di INDODAX bisa deposit melalui semua bank lokal di Indonesia dan bisa jual aset kripto dalam konversi rupiah secara instan.

Tidak bisa dipungkiri, yang namanya investasi memang tidak selalu menguntungkan dan penuh dengan risiko, terkadang harus menjumpai kerugian/kegagalan. Apalagi investasi kripto yang rawan fluktuatif tinggi, minim regulasi dan bahaya kejahatan cyber dimana-mana.

Untuk itulah Kamu perlu menggunakan platform atau Exchange kripto yang terdaftar resmi di Bappepti dan telah diawasi OJK. Yuk, langsung saja mulai investasi Kamu atau belajar tentang uang digital di Indodax melalui kanal edukasi Indodax Academy. Selanjutnya, untuk transaksi jual beli kripto bisa di website/aplikasi Indodax yang merupakan Indonesia Bitcoin dan Exchange Crypto.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama