Asuransi Mobil Pilih Asuransi All Risk atau TLO?

Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia menandakan bahwa masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi terhadap asuransi kendaraan. Salah satu perusahaan asuransi yang banyak diminati masyarakat adalah asuransi Garda Oto. Hal tersebut dikarenakan asuransi ini memiliki tipe asuransi total (TLO) dan asuransi komprehensif (All Risk).

Asuransi Gardaoto

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung dalam memilih dua jenis asuransi tersebut, karena semua orang tidak menginginkan kejadian yang tidak diinginkan menimpa kendaraan kesayangannya itu. Namun untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua tipe ini, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

1. Asuransi Mobil Total Lost Only (TLO)

Total Loss Only memiliki arti hanya kehilangan total atau asuransi yang dapat digunakan jika terjadi kehilangan kendaraan secara total. Kehilangan total yang dimaksud adalah bahwa kendaraan akan diganti rugi oleh perusahaan asuransi jika mengalami kerusakan di atas 75%. Dengan jumlah kerusakan tersebut, biasanya asuransi tipe ini digunakan untuk suatu kendaraan yang hilang atau dirampas.

Bila kerusakan kendaraan tidak lebih dari persentase tersebut, maka lebihnya dana tidak dapat digunakan lagi alias hangus. Namun yang lebih menarik dari asuransi dengan jenis TLO memiliki premi yang lebih rendah dari asuransi All Risk.

2. Asuransi All Risk (Komprehensif)

Asuransi jenis ini dapat diartikan bahwa segala bentuk risiko dapat dilakukan perbaikan secara menyeluruh, mulai dari kerusakan ringan, berat maupun kehilangan kendaraan yang telah diasuransikan. Kelebihan dari tipe asuransi jenis ini adalah segala bentuk kerusakan kecil maupun besar akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dengan keuntungan dan fasilitas yang lebih baik dari asuransi jenis TLO, tentu berakibat pada pembayaran preminya. Pembayaran premi dengan jenis asuransi ini lebih mahal dari jenis asuransi TLO.

Jika melihat ulasan mengenai kelebihan dari masing-masing jenis asuransi Garda Oto tersebut, maka dapat dilihat perbandingan di antara keduanya. Hal yang paling utama untuk dijadikan patokan adalah jumlah premi yang dibayarkan.

Apabila harga kendaraan terbilang tinggi tentu akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk biaya perbaikannya, maka bisa memilih asuransi jenis All Risk. Asuransi ini cocok bagi Anda yang memiliki usaha rental mobil maupun kursus mobil.

Sedangkan jika kendaraan memiliki harga yang terbilang rendah dan sudah lama pemakaiannya, maka bisa memilih jenis asuransi TLO. Asuransi ini cocok bagi Anda yang memiliki kendaraan lama atau antik, karena kendaraan tersebut memiliki kebutuhan perbaikan kerusakan dengan biaya yang tidak sedikit.

Bisakah Asuransi TLO dan All Risk Dikombinasikan?

Untuk mengombinasikan antara kedua jenis asuransi tersebut tentu bisa dilakukan. Untuk pemakai kombinasi dari kedua asuransi ini biasanya pemilik kendaraan yang masih baru. Dalam praktik penggunaan asuransi mobil baru misalnya pada tahun lima tahun pertama menggunakan asuransi All Risk dan lima tahun seterusnya menggunakan Total Loss Only (TLO).

Penggunaan kombinasi tersebut dalam praktiknya biasanya melihat kondisi mesin terlebih dahulu. Misalnya lima tahun pertama, pasti kondisi mesin masih bagus, namun lima tahun selanjutnya kondisi mesin sudah memiliki perbedaan kualitas sehingga cocok untuk menggunakannya. Dengan adanya kondisi tersebut bahwa setiap orang akan bisa menggunakan kombinasi tersebut.

Apakah Asuransi All Risk Sudah Melindungi Seluruh Kerusakan pada Kendaraan?

Meskipun asuransi All Risk merupakan jenis asuransi yang melindungi keseluruhan kerusakan pada kendaraan, namun ada beberapa pengecualian penyebab kerusakan yang tidak mendapat dana asuransi yaitu:

  • Kerusakan akibat dari tergenangnya kendaraan di air
  • Akibat kerusuhan
  • Bencana Alam
  • Bengkel Resmi
  • Kecelakaan Penumpang

Kerusakan yang sering terjadi pada perusahaan asuransi yang tidak dibayarkan adalah ketika terkena bencana alam seperti banjir. Oleh karena itu kebanyakan dari mereka yang terkena bencana tersebut tentu membayar sejumlah biaya tambahan kepada pihak perusahaan asuransi.

Besar biaya tambahan tentu berbeda-beda, untuk mengetahui biaya tambahan tersebut Anda bisa mengunjungi surat edaran dari Otoritas Jasa Keuangan yang terbaru.

Demikian ulasan mengenai jenis asuransi Garda Oto yang memiliki dua opsi jenis asuransi bagi kendaraan yang memiliki kerusakan tertentu. Selain penjelasan tersebut untuk melihat informasi menarik lainnya, maka bisa mengunjungi Gardaoto.com.

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama