7 Manfaat Umbi Garut, Bisa Atasi Penyakit Asam Lambung Lho!

manfaat umbi garut untuk asam almbung

Di antara sekian banyak tanaman umbi-umbian di Indonesia, ada jenis umbi yang kurang terkenal namun banyak manfaatnya untuk kesehatan, termasuk berkhasiat untuk mengatasi penyakit asam lambung yaitu umbi garut. Apa itu umbi garut?

Umbi garut adalah jenis umbi berbentuk lonjong, berwarna putih agak kekuningan dan memiliki garis-garis horizontal pada bagian luarnya. Umbi garut bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Filipina dan banyak juga ditemui di Kepulauan Karia dan Amerika.

Berikut 7 Manfaat Umbi Garut untuk Kesehatan

Di Indonesia umbi garut biasanya ditanam di pekarangan rumah dan menjadi salah satu pengganti makanan saat musim paceklik. Umbi garut mengandung lemak, protein, air, serat dan pati, juga kandungan mineral zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, riboflavin, tiamina dan vitamin B6.

Tak heran jika umbi garut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita GERD atau penyakit asam lambung. Penyakit pencernaan yang satu ini cukup bisa membuat penderitanya kesakitan, nyeri hingga terasa terbakar di bagian dada dan ulu hati.

Supaya penyakit asam lambung tidak semakin parah dan menyebabkan komplikasi lainnya, maka perlu menjaga pola makan hingga jenis makanan yang dikonsumsi, salah satunya umbi garut. Nah, berikut ini beberapa manfaat umbi garut untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Begitu banyaknya kandungan pada umbi garut sehingga bisa dikategorikan sebagai makanan prebiotik dan bagus untuk pencernaan. Kandungan prebiotik pada umbi garut dapat membunuh bakteri jahat sehingga pencernaan sehat dan sistem kekebalan tubuh pun meningkat.

2. Baik untuk Kesehatan Otak

Ada kandungan asam folat di dalam umbi garut yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak dan kecerdasan otak. Asam folat dibutuhkan oleh janin, bayi, balita dan anak-anak dalam masa pertumbuhan.

3. Bermanfaat untuk Mengobati Luka

Selain bagus dikonsumsi untuk penderita GERD atau penyakit asam lambung, umbi garut juga memiliki kandungan yang berkhasiat untuk meredakan peradangan pada luka bakar. Penggunaan umbi garut secara rutin bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

4. Membantu Mengatasi Anemia

Penderita anemia membutuhkan asupan makanan yang mengandung zat besi dan fosfor, juga makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Zat besi, fosfor dan karbohidrat terkandung dalam umbi garut. Itulah sebabnya umbi garut bermanfaat untuk mengurangi risiko anemia.

5. Berkhasiat untuk Ibu Hamil

Umbi garut juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung folat dan vitamin B6 untuk pertumbuhan janin. Selain itu kandungan gluten yang rendah berkhasiat untuk mencegah perut kembung yang sering terjadi pada ibu hamil.

6. Umbi Garut Bagus untuk Diet

Umbi garut mengandung karbohidrat dan energi, sedangkan kadar proteinnya lebih rendah dan kandungan seratnya lebih pendek dan mudah dicerna tubuh. Selain itu, umbi garut juga bebas gluten atau kandungan glutennya rendah sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk diet atau penderita diabetes.

7. Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Kandungan sari pati pada umbi garut dapat mengatasi penyakit asam lambung. Sari pati membantu meningkatkan kadar pH lambung sehingga dapat menurunkan jumlah dan luka pada lambung. Umbi garut juga berfungsi sebagai makanan prebiotik untuk membantu mengatasi sakit maag dan diare.

Atasi Penyakit Asam Lambung dengan Sereal Umbi Garut Nutriflakes

Untuk mencegah gejala penyakit asam lambung kambuh lagi, maka diperlukan diet ketat terhadap pola makan. Caranya yaitu tidak boleh makan berlebihan, makan secara perlahan, tidak makan sebelum tidur, hindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik atau pilih makanan tinggi serat seperti umbi garut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi umbi garut, salah satunya dalam bentuk sereal umbi garut Nutriflakes. Nutriflakes merupakan sereal umbi garut yang mengandung nutrisi dan gizi serta serat yang baik untuk meredakan gejala asam lambung.

Nutriflakes terbuat dari bahan alami pati umbi garut, psyllium husk, susu etawa, daun kelor dan gula aren yang baik untuk kesehatan. Nutriflakes sudah terdaftar BPOM dan aman dikonsumsi anak-anak dari usia 2 tahun. Berikut ini berbagai manfaat sereal asam lambung Nutriflakes untuk kesehatan:

  • Memperkuat organ pencernaan
  • Menurunkan asam lambung / GERD
  • Meredakan gejala maag kronis
  • Membantu mencegah obesitas
  • Meredakan nyeri sendi dan sesak napas

Nutriflakes Umbi Garut

Mengkonsumsi umbi garut dalam bentuk sereal merupakan cara yang sangat praktis, lebih mudah dan cepat disajikan. Sehingga bisa langsung dikonsumsi dan mendapatkan khasiatnya. Sereal umbi garut Nutriflakes bisa didapatkan di Shopee Nutriflakes dan Tokopedia Nutriflakes.

Siapapun bisa mengkonsumsi Nutriflakes mulai dari penderita GERD, orang yang memiliki gangguan pencernaan atau yang sehat sekalipun. Sudah banyak yang merasakan manfaat Nutriflakes untuk kesehatan. Info selanjutnya bisa kunjungi Official Instagram @nutriflakes.official.

Ayo ubah gaya hidup sehat dengan sarapan sereal asam lambung Nutriflakes. Sarapan sehat, gizi lengkap, asam lambung lewat!

 

  

 

17 Komentar

  1. Wah aku langsung browsing, ubi garut itu yang seperti apa. Ada nggak ya di Kalimantan. Kayaknya nggak ada deh, aku belum pernah nemu jenis ubi yang kulihat di hasil pencarian Google. Beruntungnya sekarang udah ada yang pakai kemasan ya, lebih mudah didapat dan dikonsumsi nih.

    BalasHapus
  2. Umbi Garut tidak hanya lezat dan jadi pilihan menu
    Tapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan ya mbak

    BalasHapus
  3. Sah, baru tahu kalau umbi garut ini banyak khasiatnya. Tengkyu infonya, Kak .

    BalasHapus
  4. Wah aslii ini enak sihh dan praktis buat sarapan, mana kaya serat lagi. cocok buat suami dan anakku yang ngga suka sayuuurrr :(( huhuu

    BalasHapus
  5. Entah kenapa dengar istilah umbi garut, bayangannya umbi-umbian dari kota Garut hehehe. Ternyata asalnya bukan dari Indonesia ya, justru dari Filipina. Manfaat umbi garut ini banyak juga ya Mbak. Sebagai penderita maag, jadi senang dapat ilmu baru bahwa umbi garut ini juga bermanfaat untuk mencegah maag.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga berpikiran seperti itu mbak. Ternyata oh ternyata dari negara tetangga, hehe

      Hapus
  6. Ya pernah coba nutriflakes bikin nagih banget .. jadi kaya manfaat ya

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu lho kalau umbi garut bisa dipakai buat ngobatin asam lambung. Makasi ya mbak infonya

    BalasHapus
  8. wah kirain umbi garut dari Indonesia 😅 btw, nutriflakes umbi garut bisa kupromoin nih ke adek yang asam lambungnya suka kambuh 😍

    BalasHapus
  9. Rasanya enak, manfaatnya banyak...dengan konsumsi Sereal Umbi Garut Nutriflakes.
    Yang kebayang adalah hidup sehat dan jauh dari penyakit.

    BalasHapus
  10. iya nih mbak, sempat tahu juga kalau umbi garut bisa sebagai obat gerd, lebih praktis ya sudah ada nutriflakes bisa langsung dilarutkan saja ya

    BalasHapus
  11. Masyaa Allah ya di Indonesia banyak sekali bahan makanan berkhasiat. Untuk sereal umbi garut nutriflakes ini apa ada di supermarket, Mba?

    BalasHapus
  12. Umbi garut ini mirip taro bukan sih soal.y taro juga ngak sepenuhnya putih, ada garis.y juga? Penasaran deh sama.umbi garut yg banyak manfaat ini

    BalasHapus
  13. Saya baru tahu ada tanaman namanya umbi Garut. MasyaAllah bahan sederhana tapi banyak manfaatnya buat kesehatan

    BalasHapus
  14. Wah .... Umbi garut bnyaj manfaatnya nih, bisa buat bumil dan umum...bisa mngatasi asam lambung pula...mantabbb nih, terimakasih mbak sharingny...

    BalasHapus
  15. Seperti pernah makan umbi garut rebus, teksturnya seret, wkwk. Bagus ini inovasinya dari Nutriflakes konsumen bisa menikmati umbi garut kaya manfaat dengan happy.

    BalasHapus
  16. Boleh juga nih dijadikan alternatif saat sarapan. Bikin nutriflakes praktis dan bikin nyaman saluran pencernaan ya.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama