Mau Penghasilan Tambahan? Coba 10 Pekerjaan Freelance Ini!

hobi yang menghasilkan uang

Apa itu pekerjaan Freelance? Freelance adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang atau tidak menjadi karyawan tetap di perusahaan tertentu. Freelancer disebut juga pekerja lepas, umumnya bekerja untuk satu project ke project lainnya.

Pekerjaan freelance itu sendiri bisa dikerjakan di mana saja, bisa dari rumah, cafe, hotel, dan di mana saja asal ada internet sih menurutku. Jenis pekerjaan freelance juga beragam tergantung jasa/produk apa yang ditawarkan dan tergantung klien-nya juga sih ya.

Ada freelance produk digital yang menjual produk/jasa digital secara online sehingga tidak perlu bertemu klien. Ada juga freelance yang mengharuskan bertemu klien atau datang ke lokasi tertentu seperti fotografi pernikahan dan lain-lain.

10 Pekerjaan Freelance yang Menghasilkan Uang

Enaknya kerja freelance tidak terikat kontrak jangka panjang dengan perusahaan tertentu sehingga lebih bebas mencari job atau project. Waktu bekerja juga menjadi sangat fleksibel, begitu juga dengan tempat kerja. Freelancer kalau lagi mager ya enggak perlu kerja dulu libur dulu sebulan dua bulan bisa banget hehehe

Nah, berikut ini aku kasi contoh 10 pekerjaan freelance yang menghasilkan cuan dan duitnya bisa ditabung atau buat jajan :

1. Blogging / Penulis Lepas

Pekerjaan freelance yang pertama yaitu blogging atau penulis blog, persis seperti yang aku lakukan juga. Pekerjaan ini cukup fleksibel dari segi waktu dan tempat karena bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja, yang penting punya blog dan tersambung internet. Jika tidak punya blog bisa jadi penulis lepas yang menulis artikel untuk blog orang lain, aku juga pernah melakukan ini dan lumayan banget cuannya.

2. Guru Les Privat

Kamu juga bisa menjadi guru les untuk mencari penghasilan tambahan, misalnya jadi guru les privat ujian masuk perguruan tinggi dan lain-lain. Biasanya banyak nih mahasiswa yang merangkap sebagai guru les SD, SMP, SMA, untuk nambahin uang jajan atau bahkan bisa buat bayar uang kuliah juga. Mata pelajaran dan murid yang di-les-in juga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Aku dulu juga pernah freelance guru les matematika murid SD kelas 3.

3. Analis Data

Analis data sekarang ini cukup banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membantu meningkatkan prospek bisnis. Tugasnya yaitu menganalisa data pasar sehingga bisa mendukung proses marketing yang efektif dan efisien.

4. Manajemen Media Sosial

Pekerjaan freelance sebagai manajemen media sosial harus memiliki skill desain dan copywriting yang baik. Mereka bertugas membuat konten dengan desain dan caption yang menarik, mengatur kapan harus posting, posting di mana saja, menganalisa juga dan lain-lain yang berhubungan dengan media sosial.

5. Translator / Penerjemah Bahasa

Nah, freelance yang satu ini cocok banget untuk teman-teman yang jago bahasa asing. Biasanya translator banyak dibutuhkan untuk bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa korea dan lain-lain. Jobnya bisa translator produk digital seperti artikel, surat, dan lainnya atau translator menemani klien di acara tertentu.

6. Asisten Virtual

Jaman sekarang udah serba digital yagesya, asisten aja bisa virtual. Asisten virtual ini kerjanya seperti sekretaris bertangung jawab atas pekerjaan administratif, membuat dan mengatur jadwal klien, mengelola email dan lain-lain sesuai permintaan klien.

7. Fotografi dan Videografi

Jasa fotografi dan videografi biasanya disewa untuk acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, dan event-event lainnya. Selain itu, yang punya hobi fotografi dan videografi juga bisa menjual produk digital mereka melalui platform tertentu lho, contohnya shutterstock.

8. Ilustrator Buku/Novel

Ada nih temanku yang pekerjaannya bikin desain cover buku dan ilustrasi buku juga. Seru banget kan coret-coret gambar dibayar rupiah. Teman-teman yang hobinya bikin gambar doodle juga bisa nih jadi ilustrator buku, menyesuaikan dengan temanya saja.

9. Desain Merchandise

Jika melihat di situs jualan online pasti banyak ditemukan produk merchandise seperti kaos, mug, tumbler, dompet dan lain-lain. Sebagian juga menyediakan desain custom sesuai permintaan pembeli. Desain-nya juga bermacam-macam.

10. Desain Kemasan / Packaging

Ada banyak sekali pekerjaan desain yang bisa dilakukan jika kamu memiliki keterampilan visual seperti ilustrasi dan lain-lain. Banyak orang menawarkan jasa desain packaging atau desain kemasan produk secara online melalui e-commerce. Pembeli bisa mengirimkan gambar atau meminta penyedia jasa untuk membuat desain sesuai permintaan mereka.

Dari Hobi Bisa Jadi Duit untuk Penghasilan Tambahan

Contoh yang aku sebutkan di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan. Apalagi sejak jaman covid semua menjadi serba digital, secara tidak langsung hampir semua pekerjaan bisa di-digitalisasi dan didiskusikan secara online. Artinya, semua hobi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah asalkan kamu mau berusaha.

Pekerjaan freelance ada banyak sekali, pilihannya sangat luas dan beragam menyesuaikan dengan hobi dan keterampilan yang dimiliki. Selain itu, tren dan permintaan pasar juga memiliki pengaruh besar terhadap jenis pekerjaan freelance yang banyak dicari di masa-masa tertentu.  


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama