Bayi Menangis saat Ditaruh di Kasur? Pelajari Wonder Week pada Bayi

cara mengatasi wonder week pada bayi

Di awal masa pertumbuhan, Ibu akan merasakan bayi rewel pada periode tertentu seperti saat tali pusar lepas atau bayi rewel menjelang 40 hari dan seterusnya. Polanya bisa bermacam-macam contohnya bayi menangis saat ditaruh di kasur, tetapi diam atau tertidur saat digendong Ibunya.

Hal ini tentu membuat Ibu khawatir dan bingung. Tapi tenang saja Bu, mungkin si Kecil sedang mengalami Wonder Weeks. Apa itu Wonder Week pada Bayi?

Mengenal Apa Itu Wonder Week pada Bayi

Pada dasarnya, menangis adalah cara bayi berkomunikasi karena ia belum bisa berbicara. Namun, ada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan bayi sering menangis dan sulit ditenangkan alias rewel. Saat itu terjadi, bisa jadi bayi sedang mengalami Wonder Week.

Apa Itu Wonder Week?

Wonder Week adalah periode tertentu dimana bayi mengalami lompatan perkembangan mental yang signifikan. Teori ini dikemukakan oleh Frans Plooij dan Hetty van de Rijt, pasangan suami istri yang menulis buku ‘The Wonder Weeks: How to Stimulate Your Baby’s Mental Development and Help Him Turn His 10 Predictable, Great, Fussy Phases into Magical Leaps Forward'.

Di masa Wonder Week ini bayi mengalami perkembangan otak yang luar biasa dan belajar menguasai banyak kemampuan baru. Namun, bayi akan lebih rewel dari biasanya ditunjukkan dengan 3 hal yaitu cranky, crying dan clingy.

  • Cranky : jam tidur dan jam makan/minum susu berubah atau menyusu lebih banyak
  • Crying : sering menangis tanpa sebab dan susah ditenangkan
  • Clingy : manja dan ingin menempel dengan Ibu dan Ayah terus, ingin digendong/dipeluk

Gimana tuh Bund? Pasti Ibu merasa bingung dan cemas jika adek bayi rewel terus-terusan. Lalu masa-masa bayi rewel sampai usia berapa bulan ya?

Fase Wonder Week Bayi Kapan Saja?

Beruntungnya, tahapan atau fase Wonder Week pada bayi ini bisa diprediksi yaitu terjadi pada minggu ke-5 hingga bayi berusia sekitar 17 bulan. Wonder Week pada bayi terjadi setiap beberapa minggu sekali. Berikut ini fase-fase lonjakan Wonder Week pada bayi.

Leap 1 : Usia 4-5 Minggu

Di fase ini bayi mulai merasakan indranya sehingga sensitif dengan sentuhan, cahaya, suara, atau aroma ASI dan hal ini bisa membuat bayi kaget/menangis.

Leap 2 : Usia 7-9 Minggu

Bayi mulai mengenal objek disekitarnya dan mulai menyadari gerakan tubuhnya sendiri sehingga ia akan belajar menggerakkan tangan/kakinya atau belajar menggenggam.

Leap 3 : Usia 11-12 Minggu

Saat ini bayi mulai bisa mengendalikan gerakan tubuhnya, bayi juga bisa melihat gerakan walau samar-samar dan matanya bisa mengikuti gerakan atau arah suara seseorang.

Leap 4 : Usia 14-19 Minggu

Di fase ini bayi mulai belajar sebab-akibat seperti melempar bola/mainan dan melihat apa yang terjadi. Bayi juga mulai menunjukkan rasa bosan atau tidak sabaran.

Leap 5 : Usia 22-26 Minggu

Saat usia sekitar 26 minggu, bayi mengalami banyak perkembangan seperti mengangkat, melempar, atau melihat ke arah tertentu. Bayi juga mulai clingy dan tidak mau jauh dari ibunya.

Leap 6 : Usia 33-37 Minggu

Saat ini bayi mulai memahami tentang kelompok dan perbedaan seperti hewan, tumbuhan, buah dan lain-lain, namun ini juga perlu pengamatan dan pembelajaran bersama Ibu.

Leap 7 : Usia 41-46 Minggu

Di tahap ini bayi mulai mengenal urutan aktivitas misalnya mandi dulu lalu ganti baju, membereskan/menumpuk mainan setelah selesai bermain.

Leap 8 : Usia 50-54 Minggu

Selanjutnya bayi akan memahami konsep ‘jika-maka’ contohnya jika tidak ganti popok maka akan terasa tidak nyaman dan lain-lain.

Leap 9 : Usia 59-61 Minggu

Di fase ini bayi menjadi lebih pandai dalam komunikasi dan bahasa serta mulai menunjukkan emosi, mengomel, bernegosiasi hingga bermain peran atau meniru sesuatu.

Leap 10 : Usia 70-76 Minggu

Hingga usia 76 minggu bayi mulai memahami banyak hal dan bisa menerapkan apa yang dipelajarinya selama ini. bayi juga mulai menunjukkan rasa empati dan bisa diajari untuk berbagi.

Kunci Sukses Melalui Wonder Week pada Bayi adalah Sabar

Sebagai orang tua, Ibu dan Ayah tentu merasa khawatir jika adek bayi terus-terusan menangis tanpa sebab, susah tidur dan sudah ditenangkan. Namun, jika sudah paham dengan konsep Wonder Week pasti jadi lebih tenang dalam mengatasi bayi rewel.

Cara mengatasi bayi rewel saat Wonder Week adalah sabar dan sabar. Karena saat di fase Wonder Week bayi menjadi lebih sering menangis, merajuk dan manja, maka Ibu harus memberi perhatian ekstra. Ibu bisa memeluk dan menggendong bayi untuk memberikan rasa aman dan nyaman, tingkatkan durasi menyusu, elus-elus rambutnya, atau pijat lembut tangan dan kakinya.

Ibu tidak perlu bingung atau emosi karena fase Wonder Week pada bayi hanya bersifat sementara dan ini juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan mental si kecil. Aku jadi teringat dengan Teh Okti, Blogger Cianjur yang anaknya punya hobi naik gunung. Hebat lho anaknya tumbuh dengan baik dan bisa banyak bereksplorasi. Sebelum itu tentu saja Teh Okti juga melalui masa-masa Wonder Week, harus sabar dan telaten ya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama