Mengenal Hallyu: Gelombang Korea yang Sedang Tren di Mana-mana

kpop kdrama drakor korea

Siapa sih yang enggak suka Korea? Negara yang banyak boyband dan girlband-nya, artisnya cantik-cantik dan ganteng-ganteng, makanannya enak dan unik, tempat wisatanya juga bagus dan keren. Rasanya sekarang ini semua orang terkena gelombang Korea alias Hallyu.

Mengenal Istilah Hallyu atau Gelombang Korea

Apa itu Hallyu? Gelombang Korea atau Hallyu adalah sebuah tren yang serba ke-korea-korea-an, atau bisa dibilang Hallyu merupakan tren menyukai hal-hal yang berhubungan dengan Korea Selatan. Di Indonesia bahkan di seluruh dunia banyak sekali yang menyukai konten hiburan Korea.

Siapa pun bisa terkena virus Hallyu, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa bahkan emak-emak seperti aku pun juga terdampak Gelombang Korea. Gimana enggak? Orang-orang di sekitar kita pasti ada aja yang suka Kpop suka drakor suka hal-hal yang berbau Korea. Meski awalnya enggak tahu soal gelombang Korea, lama-lama kena juga.

5 Tren Hallyu yang Disukai Banyak Orang

Kalau diingat-ingat aku rasa awal masuknya gelombang Korea ke Indonesia dimulai dari kemunculan boyband dan girlband Korea Selatan. Setelah itu drama seri Korea juga mulai banyak disukai, kita nyebutnya Drakor alias Drama Korea. Lanjut ke tren kecantikan ala Korea, skincare-nya, beauty standar-nya dan masih banyak lagi. Berikut ada 5 tren Hallyu atau gelombang Korea yang banyak disukai.

1 . K-pop (Musik Pop Korea)

Kpop sejak dulu memiliki banyak sekali fans dari Indonesia bahkan dunia. Beberapa grup musik Pop Korea seperti BLACKPINK, BTS, EXO atau 2NE1 telah berhasil dikenal oleh masyarakat dunia. Lagu-lagu serta tarian atau dnace yang dibawakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para fans-nya.

2. K-drama (Drama Korea atau Drakor)

Masyarakat dunia juga sangat menyukai drama seri asal Korea Selatan karena ceritanya beragam dan produksi yang berkualitas. Descendants of the Sun atau disingkat DOTS menjadi salah satu judul drakor yang paling populer.

Kalau aku sih biasanya suka baca review blog drama korea terbaru untuk cari referensi drakor yang mau ditonton. Soalnya drakor itu sendiri ada banyak sekali genre-nya dan sepertinya enggak mungkin aku tonton semua. Jadi mendingan baca review-nya aja dulu, kalau tertarik baru deh ditonton.

3. K-film (Film Korea)

Bukan hanya drama seri Korea saja yang terkenal di mana-mana, dunia perfilm-an Korea juga berhasil menarik perhatian masyarakat global. Salah satunya film ‘Parasite’ yang berhasil meraih kesuksesan secara Internasional dengan memenangkan Academy Award sebagai Film Terbaik di tahun 2020.

4. Makanan Korea (Korean Food)

Tren makanan Korea juga sangat terkenal di mana-mana, buktinya banyak orang yang tahu soal makanan khas Korea. Makanan Korea yang terkenal antara lain kimchi, bibimbap, tteokbokki, kimbap, dan masih banyak yang lainnya. Makanan Korea terkenal memiliki beragam variasi, cenderung pedas dan berwarna merah.

5. Mode dan Kecantikan (K-Beauty)

Selanjutnya ada K-beauty yang tak kalah ngetrend di kancah global. Korea Selatan dikenal sebagai pusat mode dan kecantikan, tren kecantikan Korea dianggap inovatif dan berkualitas tinggi sehingga banyak yang menyukainya. Terutama produk-produk skincare Korea yang sangat terkenal di seluruh dunia. Begitu pula dengan mode dan fashion Korea yang banyak ditiru karena modis dan keren.

Gelombang Korea atau Tren Hallyu Akan Bertahan Seterusnya

Hingga kini, industri hiburan Korea masih sangat populer di dunia dan aku yakin juga bakal populer seterusnya. Hal ini karena Korea sangat serius menekuni dunia hiburan dan masuk ke berbagai cabang mulai dari dunia musik, perfilm-an, drama seri, mode dan kecantikan.

Dari segi industri teknologi pun Korea cukup memimpin dengan kehadiran brand Samsung dan LG. Selain itu, Korea juga memilki daya tarik wisata yang kuat dengan tradisi dan budayanya yang kaya dan dikemas sedemikian rupa sehingga menarik perhatian banyak orang. Maka tak heran jika gelombang Korea atau tren Hallyu rasanya tidak akan pernah padam.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama