5 Alasan Orang Minum Kopi, Bagus untuk Kesehatan?

efek samping minum kopi berlebiihan

Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan setiap hari. Aku pun menjadi salah satu penikmat kopi dan hampir tiap hari minum kopi, entah kopi hitam ataupun kopi kemasan. Rasa kopi memang nikmat dan bikin candu, itulah mengapa banyak orang suka minum kopi.

5 Alasan Minum Kopi

Orang minum kopi memiliki berbagai alasan dan tujuan. Secara umum tujuan minum kopi adalah untuk menghilangkan rasa kantuk, namun preferensi orang bisa berbeda-beda. Apa saja alasan minum kopi yang paling umum?

1. Menghilangkan Rasa Ngantuk

Alasan pertama yang relate dengan pengalaman pribadi adalah minum kopi biar enggak ngantuk. Ini sering aku lakukan saat masih kuliah dulu, minum kopi buat begadang mengerjakan tugas kuliah. Alasan ini juga yang banyak digunakan orang-orang untuk minum kopi, untuk menghilangkan rasa ngantuk.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Sebagian yang lain minum kopi untuk membantu meningkatkan produktivitas mereka. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dalam menikngkatkan konsentrasi, energi, kejelian dan respons. Jadi, minum kopi cocok untuk mereka yang bekerja atau belajar yang membutuhkan konsentrasi penuh.

3. Tradisi dan Budaya

Kopi juga identik dengan tradisi dan budaya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Minum kopi bisa jadi ritual sosial yang dilakukan saat bertemu dengan keluarga atau kerabat. Kopi di setiap daerah/negara pun berbeda-beda dan memiliki ciri khas masing-masing. Di dunia wisata,kedai atau warung kopi juga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Seperti Mba Nurul, Travel Blogger Indonesia yang sempat menikmati kopi klotok di Jogja, Aku juga pengen pelesir ke sana.

4. Menikmati Rasa Kopi

Banyak orang yang suka minum kopi bukan karena alasan yang gimana-gimana, mereka suka minum kopi ya karena rasanya enak aja. Aku sendiri tipe penikmat kopi karena rasanya yang enak. Apalagi jenis dan rasa kopi sangat bervariasi, ada kenikmatan tersendiri ketika mencicipi berbagai rasa kopi itu sendiri.

5. Bagus untuk Kesehatan

Kopi juga punya manfaat untuk kesehatan lho! Sebuah penelitian menyatakan bahwa kopi dapat bermanfaat untuk perlindungan terhadap penyakit Parkinson dan Alzheimer. Kopi juga memiliki potensi sebagai antioksidan. Namun tentu saja jika dikonsumsi dalam batas wajar atau tidak berlebihan.

Kopi Memang Nikmat, Tapi Tidak Boleh Berlebihan

Kopi bisa dinikmati kapan pun dan dimana pun kamu berada. Sebagian orang juga memiliki pengalaman travelling bersama kopi atau berbekal kopi di perjalanan supaya tidak mengantuk. Namun meski rasanya enak dan bisa bikin melek atau terjaga, kebanyakan minum kopi juga bisa memberikan efek samping negatif untuk kesehatan. Kebanyakan minum kopi bisa menyebabkan efek samping seperti berikut:

  • Mengalami gangguan tidur atau insomnia alias susah tidur
  • Menimbulkan ketegangan, kecemasan, gemetar, atau rasa deg degan berlebih
  • Menyebabkan masalah lambung seperti gastritis atau refluks asam
  • Bisa ketergantungan kopi dan merasa pusing atau lelah jika tidak minum kopi
  • Kandungan kafein dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh

Perlu diketahui bahwa efek kopi bisa berbeda-beda untuk setiap individu, oleh karena itu jangan minum kopi secara berlebihan. Selain itu, tidak semua orang bisa dengan leluasa minum kopi setiap hari. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti gerd, maka sebaiknya hindari minum kopi berlebihan atau lebih baik tidak minum kopi sama sekali.

Secara umum, kopi boleh dikonsumsi sekitar 200-400mg setiap harinya, untuk ukuran orang dewasa dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Jika kamu memiliki riwayat gerd, maka jangan coba-coba minum kopi berlebihan ya...


1 Komentar

  1. aku jg lagi ngurangi kopi nih mba

    sempat ngerasa adiksi.
    sekarang banyakin minum air mineral aja

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama