Tune Up Mobil: Tingkatkan Performa dan Efisiensi Bahan Bakar

manfaat tune up mobil

Memiliki kendaraan tentunya bukan hanya sekedar mengendarainya, beberapa hal perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan kendaraan kamu! Agar kendaraan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan menghindari kerusakan yang parah. Kerusakan pada sistem kendaraan tentunya dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan, maka dari itu perlu dilakukan tune up mobil.

Apa Sih Tune Up Mobil Itu?

Tune up mobil adalah perawatan mobil secara rutin guna untuk memastikan fungsi kinerja pada kendaraan berjalan dengan baik. Tune up mobil dapat juga disebut penyetelan ulang mobil. Biaya tune up mobil tidak mahal kok, dan manfaatnya juga banyak banget untuk kendaraan kita. 

Perbedaan tune up mobil dengan servis mobil adalah servis mobil meliputi pemeriksaan dan perawatan menyeluruh dari berbagai aspek kendaraan, sementara tune up lebih fokus pada kinerja mesin dan komponen yang terkait dengannya.

Kenapa Harus Tune Up Mobil, Manfaatnya Apa?

Tune up mobil sangatlah penting untuk menghindari kerusakan yang ada sehingga memungkinkan kamu untuk menghemat uang dalam jangka waktu yang panjang. Berikut ini manfaat melakukan tune up mobil:

  • Meningkatkan kinerja, tune up mobil dapat membuat kinerja mesin bekerja secara optimal
  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar, ini berarti lebih banyak mil per galon dan penghematan uang di pompa bensin
  • Mencegah kerusakan, dengan melakukan tune up mobil dapat memperpanjang usia mesin sehingga kamu bisa menikmati mobil lebih lama tanpa perlu mengganti mesin atau komponen mahal lainnya
  • Meningkatkan keselamatan, dengan mesin mobil yang aman tentunya keselamatan akan lebih terjamin

Apa Saja Komponen-komponen Tune Up Mobil?

Pada saat melakukan tune up mobil, bengkel akan melakukan pembersihan dan penyetelan ulang pada beberapa komponen mesin. Berikut ini komponen yang dicek saat melakukan tune up mobil:

  1. Filter udara, filter udara yang kotor dapat mengganggu kinerja mesin sehingga perlu dibersihkan
  2. Busi, penggantian busi mungkin dilakukan karena busi yang kotor juga dapat mengganggu efisiensi pembakaran dan kinerja mesin
  3. Oli mesin, pemeriksaan oli mesin perlu dilakukan bahkan penggantian jika dibutuhkan karena oli mesin yang bersih dan berkualitas penting untuk melumasi dan melindungi mesin dari keausan
  4. Aki mobil, pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aki pada mobil, sehingga jika sudah tidak layak pakai harus dilakukan penggantian aki
  5. Katup mesin, pengecekan katup mesin bertujuan untuk mencegah renggang yang berlebihan karena dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin

Jadi, Berapa Biaya Tune Up Mobil?

Untuk biaya tune mobil akan berbeda di setiap bengkel, tetapi jika melakukan tune up mobil di otoklix akan dikenakan biaya mulai dari Rp. 265.000 rupiah saja lho! Kamu juga bisa pesan secara online di otoklix.com sehingga lebih mudah dan praktis. Dengan biaya tune up mobil yang terjangkau kamu sudah dapat mengendarai mobil tanpa takut ada kerusakan yang parah. Selain itu, Otoklix menyediakan berbagai layanan mobil lainnya.

Kenapa Harus Tune Up Mobil Di Otoklix?

  • Biaya terjangkau dan sesuai dengan pelayanan
  • Mendapat jaminan 14 hari
  • memantau mobil melalui aplikasi, sangat berguna di era serba digital ini
  • Ada pengingat untuk servis, sehingga tidak lupa waktunya servis/tune up
  • Pembayaran fleksibel, dapat dilakukan secara online atau offline
  • Dapat booking secara online melalui web atau aplikasi otoklix

Tune up mobil sangat penting untuk memelihara komponen dan konerja mobil sehingga bisa bekerja secara optimal dan terhindar dari kerusakan. Jangan lupa selalu periksa mobil kamu ya, pastikan kondisinya baik dan berfungsi secara optimal untuk memastikan keselamatan saat berkendara

10 Komentar

  1. Karena tune harus rutin, maka memang perlu disediakan dana khusus ya. Karena kalau performa mesin mobil terus prima, maka akan terus maksimal menunjang aktivitas. Apalagi mobil sudah jadi kebutuhan banyak orang.

    BalasHapus
  2. Bener banget, sebagai langkah perawatan, sesekali mobil harus di tune up sih. Supaya kalau di perjalanan tetap aman engga ada masalah. Untung sekarang ada otoklix yang bisa booking secara online yah...

    BalasHapus
  3. Setuju banget. Tune Up mesin tuh wajib rutin dilakukan. Setidaknya per kelipatan 10.000km demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Saya dan suami juga disiplin soal ini. Bahkan selalu meminta pihak bengkel langganan untuk memberikan reminder tentang saat yang tepat mobil harus masuk bengkel. Reminder dari mereka benar-benar membantu loh.

    BalasHapus
  4. Melakukan tune up mobil itu penting ya
    Agar mobil selalu terawat dan memiliki performa yang baik

    BalasHapus
  5. Reminder nih nanti kalau sudah punya mobil sendiri. Terimakasih infonya mbak...

    BalasHapus
  6. Biaya tune up tidak terlalu besar ternyata ya di otoklix, ada garansi 14 hari pula. Kalau mobil dalam kondisi prima, berkendara kan jadi aman dan nyaman

    BalasHapus
  7. Tune Up mobil ini perawatan paling penting yang harus dilakukan secara rutin. Jadi teringat masa-masa magang di bengkel saat SMK dulu. Banyak sekali yang suka datang ke bengkel dan melakukan tune up, awalnya mikir kok mobilnya rusak terus. Setelah tahu, ternyata dia hanya melakukan perawatan. Makanya mobilnya pun awet mesin dan lainnya

    BalasHapus
  8. wah ternyata penting sekali untuk tune up mobil biar mobilnya awet dan lancar jalannya. selama ini aku taunya cuma naik aja, nggak tau perawatannya

    BalasHapus
  9. Iya sih yaa.. perawatan terasa mahal kalau gak rutin ke bengkel minimal tune up.
    Aku juga ga tau tune up itu diapain karena pasti ada alat kaya selang ulir ulir nempel ke mesin, hhehe.. Kalau dari penjelasan di artikel ini, ternyata untuk pembersihan dan penyetelan ulang pada beberapa komponen mesin. Ooh, pantes butuh waktu juga yaa...

    BalasHapus
  10. Kalau tune up mobil emang sebaiknya di tempat terpercaya seperti otoklix ya.
    Selain harganya terjangkau juga aman dan terpercaya para mekaniknya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama