Popmama Parenting Academy 2021, Bukan Hanya untuk Ibu-ibu

Halo, Saya kembali.

Obrolanku kali ini akan membahas tentang apa itu Popmama Parenting Academy atau disingkat POPAC yang banyak dibicarakan oleh ibu-ibu muda kalangan millenial mama atau emak-emak jaman now.  Jika dilihat dari judulnya ada kata 'Academy', apakah maksudnya sekolah, program, kelas belajar apa gimana ya? Saya dibuat penasaran dan kepo sama judulnya karena topik parenting itu memang menarik sekali untuk dibahas.

Saya sendiri sudah lama mengenal website Popmama.com dan sering membaca artikel di sana karena banyak informasi penting, serta berbagai tips dan trik. Awalnya Saya baca-baca untuk referensi aja sih karena Saya seorang copywriter dan kadang-kadang klien minta topik parenting. Tapi setiap selesai baca-baca, pasti ada saja artikel yang menarik dan akhirnya Saya kunjungi.

Popmama Parenting Academy, Bukan Hanya untuk Ibu-ibu

popmama parenting academy 2021 parents support parents obrolanku.com
Popmama Parenting Academy 2021, Bukan Hanya untuk Ibu-ibu (sumber: pexels.com)

Kembali membahas tentang Popmama Parenting Academy, ternyata acaranya seru banget ya. POPAC adalah sebuah event yang diselenggarakan sebagai tempat belajar dan diperuntukkan untuk kaum millenial mama atau ibu-ibu muda. Event ini memberikan banyak sekali ilmu parenting melalui pembicara yang edukatif dan entertaining dengan mendatangkan para ahli dibidangnya. Jujur Saya yang bukan dari kalangan ibu-ibu juga suka banget dengan kelas parenting POPAC karena mendapat banyak ilmu dan pelajaran berharga. 

>> Kaum Millenial Perlu Melek Ilmu Parenting

Saya rasa Popmama Parenting Academy bukan hanya untuk ibu-ibu, tetapi juga cocok untuk kaum millenial dewasa muda yang belum menjadi ibu. Kenapa Saya katakan begitu? Karena Kita sebagai kaum dewasa muda sudah seharusnya belajar sejak dini untuk memahami konsep parenting yang baik untuk menunjang kehidupan berkeluarga di masa depan. 

Kita harus melek ilmu dan mencari tahu lebih detail tentang ilmu parenting. Jangan sampai terjebak dengan stigma pola asuh zaman dulu yang diwariskan turun-temurun karena ternyata tidak semuanya benar dan bisa diikuti. Metode pola asuh anak perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini karena zaman sudah berbeda.

Dengan adanya kesadaran untuk belajar parenting, maka berbagai ancaman masalah keluarga atau permasalahan anak di masa mendatang bisa diminimalisir. Harapannya, generasi anak-anak di masa depan akan lebih bahagia, lebih cerdas dan lebih banyak menorehkan prestasi karena mereka dididik dengan baik oleh ibu yang cerdas dan mengerti ilmu parenting. 

>> Event POPAC Memberikan Banyak Manfaat

Event POPAC ini memang banyak banget manfaatnya karena pembahasan topik pun sangat beragam. Di setiap event juga terdapat tema atau tagline tertentu yang relate dengan kondisi saat ini. Mengutip dari Popmama Parenting Academy 2020 lalu, berikut topik-topik yang paling menarik menurut Saya.

Sedangkan event POPAC 2021 mengusung tema 'Parents Support Parents' dengan harapan para orang tua dapat saling membantu untuk menjaga generasi anak muda agar tumbuh dengan baik. Event ini berlangsung pada tanggal 1-31 Desember 2021.

Berkaitan dengan event Popmama Parenting Academy 2021, Popmama.com telah ikut serta menyelenggarakan penggalangan dana untuk anak-anak yang kehilangan orang tuanya di masa pandemik.  Dana tersebut selanjutnya akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan. Teman-teman juga bisa support dan ikut berpartisipasi dengan berdonasi atau membagikan link tersebut agar lebih banyak orang yang berdonasi.

Ilmu Parenting Vs Kids Jaman Now

popmama parenting academy 2021 kids jaman now obrolanku.com
Pentingnya Ilmu Parenting untuk Mendidik Kids Jaman Now (sumber: pexels.com)

Ilmu parenting ini tidak sembarangan lho. Seorang Ibu bukan hanya harus bisa merawat anaknya dengan baik, tetapi juga harus pandai bersikap karena sikap Sang Ibu sangat berpengaruh pada perkembangan kecerdasan otak dan mental anak. Masih berkaitan dengan ilmu parenting, Saya akan relate dengan dua issue yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan dewasa muda saat ini.

1. Budaya Baru Mom Shaming

popmama parenting academy 2021 mom shaming obrolanku.com
Budaya Mom Shaming (sumber: pexels.com)

Belakangan ini Saya sering mendengar tentang budaya baru 'Mom Shaming' di kalangan ibu-ibu muda. Banyak kalangan millenial mama yang merasa paling tahu tentang bagaimana mendidik anak sehingga mereka mulai membandingkan dengan pola asuh orang lain. Artikel seputar budaya mom shaming juga banyak dibahas di Popmama.com

Perlu diingat bahwa setiap orang tua pasti memiliki caranya sendiri untuk mengasuh anak melalui berbagai studi dan penelitian atau riset yang mereka lakukan. Jadi, tidak seharusnya saling mencari kesalahan. Hal itu termasuk mencela, mengkritik, menyindir, mempermalukan, menyalahkan, menghakimi, merendahkan atau menyepelekan pola asuh tertentu yang diterapkan orang lain. 

Perbedaan cara mendidik anak itu hal yang biasa dan tidak perlu dibanding-bandingkan apalagi dikomentari dengan pedas. Cobalah untuk memikirkan kembali apa yang akan dikatakan dan jangan sampai menyakiti orang lain. Penting untuk dimengerti bahwa korban mom shaming bisa merasa minder atau salah dalam mendidik anak sehingga ekspektasi mereka akan berubah dan pola asuh pun bisa lebih intens. Hal itu bisa menyebabkan over parenting dan akan sangat berbahaya bagi anaknya. 

2. Kesehatan Mental Kids Zaman Now

Popmama Parenting Academy 2021 kesehatan mental anak obrolanku.com
Kesehatan Mental (sumber: pexels.com)

Fenomena yang banyak terjadi di kalangan kids jaman now adalah kondisi kesehatan mental yang buruk. Beberapa di antaranya seperti gangguan kecemasan, ADHD, depresi, self harm (menyakiti diri sendiri), bipolar, BPD dan lain-lain. 

Selain itu, pemahaman masyarakat tentang kesehatan mental juga sangat minim sehingga sering kali penderita gangguan kesehatan mental justru dikucilkan atau dibully. Gangguan kesehatan mental bisa disebabkan oleh budaya bullying, faktor akademi, faktor keluarga atau permasalahan ekonomi. 

Namun menurut Saya hal mendasar yang paling berpengaruh di sini adalah bagaimana pola asuh orang tua sehingga Sang anak memiliki pola pikir yang sedemikian rupa. Saya rasa dengan pola asuh yang benar akan terbentuk generasi anak muda yang lebih kuat dan memiliki value yang baik daripada generasi bullying seperti sekarang. Itulah mengapa Kita harus sering dan banyak-banyak belajar tentang ilmu parenting di Popmama.com dan event POPAC.

Bersama POPAC 2021, Siap Menjadi Ibu Cerdas

popac 2021 parents support parents - obrolanku.com
Bersama POPAC 2021, Siap Menjadi Ibu Cerdas (sumber: pexels.com)

Jadi, tidak ada kata tidak siap. Kaum dewasa muda harus siap menjadi calon ibu yang terbaik untuk calon anak-anak Kita kelak dengan belajar lebih dalam tentang ilmu parenting. Salah satunya dengan bergabung bersama event POPAC - Popmama Parenting Academy 2021 Parents Support Parents.

Selain mendapatkan banyak informasi seputar parenting, teman-teman juga bisa mengikuti program 'Community Award' untuk mendukung komunitas edukasi masyarakat. Selengkapnya bisa klik di sini!

Selain itu, banyak sekali informasi dan edukasi penting yang bisa dibaca melalui media online Popmama.com. Topiknya tidak hanya seputar parenting ibu dan anak tetapi juga berbagai macam topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Topik yang dibahas sangat beragam mulai dari pregnancy atau kehamilan, edukasi parenting bayi, balita, anak-anak, relationship, lifestyle, resep masakan, bahkan kesehatan dan kecantikan. 

Teman-teman juga bisa konsultasi dengan para ahli dan bergabung dengan komunitas untuk saling melontarkan pertanyaan. Sebagai kaum millenial, Saya pikir Kita perlu sering-sering membaca untuk meraup ilmu dan pelajaran tentang berbagai hal. 

Semua Bisa Ikut Popmama Parenting Academy

pinter bareng popmama parenting academy 2021 - obrolanku.com
Ikut Popmama Parenting Academy (sumber: pexels.com)

Pada kenyataannya, parenting atau pola asuh orang tua sangat berpengaruh pada perkembangan fisik, kecerdasan otak, emosional, mental dan sosial anak dari kecil hingga dewasa. Jadi, cara berpikir Kita saat ini pun berangkat dari bagaimana pola asuh orang tua Kita dulu, meski beberapa hal juga sudah dipengaruhi oleh lingkungan. 

Intinya, peran orang tua sangatlah penting sehingga tidak boleh sembarangan dalam mengasuh anak agar mereka bisa tumbuh dengan baik dan bisa bereksplorasi secara maksimal. Oleh karena itu, Saya merekomendasikan teman-teman untuk lebih banyak membaca informasi seputar parenting, termasuk ikut event POPAC. 

Mulai dari kalangan ibu-ibu muda atau millenial mama hingga kaum dewasa muda sebagai calon ibu di masa mendatang juga bisa ikut Popmama Parenting Academy untuk menambah wawasan. Ilmu yang didapatkan bisa diterapkan dengan baik ketika sudah memiliki anak di masa depan.

Oke, sampai jumpa lagi.


36 Komentar

  1. Semua bisa ikutan event besar ini dong kak? Kaum jomblo boleh ikutan dong, itung itung mempersiapkan diri demi masa depan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget kak, langsung kepoin POPAC 2020 dulu deh, nanti bulan desember ikutan POPAC 2021

      Hapus
  2. bermanfaat banget ya kak dan bisa boat bekal ilmu buat calon ibu / pengantin juga nih.....termasuk gw kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, insyaallah nanti jadi ibu cerdas ya, makanya sekarang belajar parenting dulu

      Hapus
  3. Jadi parent jaman now memang musti banyak belajar. Nggak cukup ngikutin cara ortu jaman dulu. Terima kasih Mbak udh sharing soal POPAC 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba saya harus banyak belajar nih buat bekal nanti klo udah jadi mama biar gak kaget

      Hapus
  4. Betul sekali ,sebagai orang tua jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan saja. Tapi dengan adanya popmama parenting ini membuat kita lebih tau banyak hal. Makasih udah sharing artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 kak, popmama emang top, infonya banyak banget

      Hapus
  5. Duuh ini niih, aku udah follow IG pop mama, mau ikut event-eventnya juga cuma terhalang status yang masih "single". Setelah baca ini aku senang deh, berarti selama ini udah tepat ngikutin popmama sejak sekarang. Itung-itung buat bekal nanti ketika udah jadi Ibu ya kak ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak, harus dipersiapkan sejak dini

      Hapus
  6. wah keren banget ya ternyata POPAC. makasih infonya

    BalasHapus
  7. Menarik banget.. udah follow popmama dari jaman kapan, dan baru ada keinginan ikut event nya sekarang. Kemana aja saya??

    Btw, makasih infonya Kak.. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, sama, saya juga telat banget baru tahu ada event POPAC edukatif banget

      Hapus
  8. bersyukurlah bagi mama millenial, ada event sebagus ini, kalian sangat beruntung. saya old mama, jaman dulu gak ada. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi millenial juga perlu belajar banyak sama kalangan old mama biar diserap semua ilmunya lalu dipilih yang pailng sesuai/cocok

      Hapus
  9. Bisa dimasukkan buat agenda peibadi berikutnya

    BalasHapus
  10. Wah, baru tahu kalau POPAC, padahal bolak balik baca popmama.com
    Terima kasih sharingnya mba, bermanfaat sekali ... ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba, kalo infonya bermanfaat gini emang wajib banget di share

      Hapus
  11. menarik nih, aku ikut komunitas popmama di wa grup danbanyak insight dr diskusi maupun event yg diadakan baik kulwap maupun webinar wah ternyata gak hanya untuk mama ya bahkan yang masih single bisa ikutan menarik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya yang masih single juga merasa terbantu dengan artikel dan event-event popmama, kaya kalo cari info apa-apa tuh ada aja

      Hapus
  12. Aku juga sering baca-baca artikel PopMama buat tambah insight. Emang asyik banget bahasannya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang cocok banget buat millenial dan generasi Z

      Hapus
  13. Setiap orang wajib mengupgrade diri, terlebih para ibu. Nah, Popmama parenting academy ini salah satu cara agar para ibu menambah ilmu dan pengetahuan 😍

    BalasHapus
  14. informatif mba, aku sendiri baru tahu tentang popmama parenting academy karena baca tulisan mba ini. menarik juga ya parenting dikemas spt itu... walau namanya academy tapi bkn yg serius kayak belajar formal. tengkyu mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, ini cara belajar asyik yang gak membosankan

      Hapus
  15. Saya juga baru tahu, nih. Jadi orang tua di masa sekarang ini memang harus lebih banyak ilmu. Untuk diri sendiri dan juga lingkungan sekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar gak saling nge judge juga mba, jadi harus tahu ilmunya seperti apa, saya sebagai calon ibu di masa depan perlu banget nih ilmu pareting kayak gini

      Hapus
  16. Wah baru tau aku ada event ini, makasih Kak

    BalasHapus
  17. terima kasih ya infonya mbak, dapat referensi baru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sama-sama, dapat manfaat bareng-bareng ya

      Hapus
  18. Serasa diingatkan kalau mendidik anak zaman now itu, butuh ilmu juga. Terima artikelnya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba, ilmu parenting memang harus banyak dipelajari biar gak toxic, jadi bisa didik anak dengan sehat

      Hapus
Lebih baru Lebih lama