Pakaian untuk Interview Kerja Berjilbab, Ini Tipsnya!

Bingung banget Obrolanku mau nulis apa, tapi akhirnya Saya putuskan menulis tentang tips pakaian untuk interview kerja berjilbab. Kalau dipikir-pikir sudah lama Saya tidak menulis tentang pengalaman melamar kerja. Kebetulan malam ini terpikirkan menulis tips interview kerja khususnya tentang cara berpakaian.

Sejak hari Senin, Saya sudah ancang-ancang mau menulis tapi ada kesibukan dan belum ketemu topik yang pas. Bahkan sampai hari ini pun masih disibukkan dengan urusan yang sama, makin blank tidak tahu mau nulis topik apa. Ingin nulis yang simpel aja supaya bisa cepat selesai dan cepat tidur. Hehehe

Tips Memilih Pakaian untuk Interview Kerja Berjilbab

Saat interview kerja, ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin lolos interview dengan mulus. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan penampilan terutama pakaian untuk interview kerja. Meski mengenakan jilbab tetap harus terlihat rapi dan profesional.

tips interview kerja

Cara berpakaian setiap orang pasti berbeda-beda tergantung selera masing-masing, bahkan jenis bahan/kain dan warna pakaian juga beda-beda seleranya. Selain itu cara berpakaian juga bisa dibedakan dari fungsi atau tujuannya. Pakaian untuk interview kerja berjilbab tentu berbeda dengan pakaian untuk jalan-jalan ke pantai. Apalagi pakaian untuk kondangan atau menghadiri pesta, wah sudah pasti beda ya.

Tetapi kalau urusan interview kerja jangan hanya mengandalkan selera, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berpakaian supaya bisa lolos interview kerja di pt atau perusahaan yang diinginkan. Nah, inilah beberapa tips memilih outfit untuk interview kerja bagi yang berjilbab.

1. Pakaian untuk Interview Kerja Berjilbab Harus All Out

Bukan hanya pertanyaan dan jawaban saat interview yang perlu dipersiapkan, tetapi juga penampilan dan cara berpakaian. Penampilan adalah salah satu tips interview kerja dan merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh HRD saat wawancara, jadi harus all out dan terlihat profesional. Artinya benar-benar niat dan maksimal dalam berpenampilan, baik pakaian interview kerja wanita maupun pakaian untuk interview pria. 

Tips berpakaian saat interview kerja bisa disesuaikan dengan jenis perusahaan yang dilamar, bisa formal atau semi formal. Bila perlu harus beda dari yang lain agar bisa menarik perhatian dalam sudut pandang positif. Pakaian untuk interview kerja berjilbab harus diperhatikan mulai dari atas sampai bawah dari kerudung/jilbab, kemeja, blazer, celana/rok, kaus kaki, sepatu, tas dan aksesoris lainnya.

Baca Juga

 

2. Perhatikan Jenis dan Model Kerudung yang Dipakai

Bagi yang berkerudung atau berjilbab pasti sudah tahu ya ada banyak sekali jenis dan model jilbab yang bisa digunakan. Saran Saya untuk kerudung tidak perlu yang terlalu mencolok baik warna atau motifnya, sebaiknya pilih warna lembut dan netral. Hindari model kerudung yang ribet karena bisa menyusahkan saat interview. 

Pilih kerudung yang rapi dan nyaman saat dipakai, juga disarankan pilih bahan yang adem supaya tidak gerah atau kepanasan. Selain itu, tips pakaian untuk interview kerja berjilbab sebaiknya pakai model kerudung yang simpel dan tidak mudah merosot. Hal ini supaya Kamu tidak perlu berkali-kali benerin kerudung waktu interview kerja dengan HRD.

3. Pakai Blazer Supaya Terlihat Profesional dan Formal

Nah, biasanya kalau pakaian untuk interview kerja berjilbab bisa disesuaikan seperti pekerja kantoran. Jadi bayangkan Kamu berangkat kerja nih, pakaiannya seperti apa, yang pasti rapi dan profesional. Kalau mau yang standar interview bisa pakai kemeja biasa, beberapa perusahaan juga punya aturan sendiri untuk interview kerja biasanya dresscode putih.

Kalau dresscode-nya bebas rapi, baru deh Kamu bisa memaksimalkan penampilan Kamu agar terlihat menarik namun tetap profesional. Salah satu tips mempercantik penampilan untuk nterview kerja bisa pakai blazer sehingga tampak seperti karyawan atau disebut office look. Blazer atau cardigan yang cocok untuk interview kerja sebaiknya pilih warna polos atau gelap dan hindari motif yang mencolok atau berlebihan.

4. Hindari Jeans atau Pakaian Berbahan Denim

Mengenakan celana jeans atau bahan denim memang cukup nyaman dan bisa untuk semua keperluan, tetapi hal ini tidak berlaku untuk pakaian interview kerja. Saat interview, sebaiknya hindari menggunakan celana jeans atau pakaian yang berbahan denim karena terkesan kurang sopan atau terlalu casual alias santai. 

Hal ini berlaku untuk semua jenis perusahaan baik perusahaan negara, swasta, industri kreatif maupun start up. Saya rasa jeans atau bahan denim memang kurang pas jika dikenakan sebagai pakaian untuk interview kerja berjilbab. Kecuali jika sudah diterima kerja dan perusahaan tersebut memperbolehkan karyawannya memakai jeans saat bekerja.

5. Sepatu yang Dipakai Juga Harus Formal 

Mari beralih ke bagian alas kaki yaitu sepatu untuk interview kerja yang terlihat formal dan profesional namun tetap stylish. Poin pertama, hindari menggunakan sandal sebagai alas kaki karena sudah jelas-jelas tidak sopan. Poin kedua, gunakan sepatu dengan ujung tertutup karena jari kaki yang terlihat memberikan kesan kurang sopan. 

Selain itu, akan lebih baik jika menggunakan kaos kaki untuk melengkapi penampilan alas kaki yang profesional dan formal. Perhatikan untuk pemilihan kaos kaki sebaiknya warna polos dan netral, bukan warna neon yang mencolok.Jangan lupa sebelumnya dicuci atau dibersihkan dulu sepatunya supaya bersih saat dikenakan interview kerja.

6. Padu Padan Aksesoris Melengkapi Penampilan

Aksesoris juga penting banget lho untuk melengkapi penampilan pakaian untuk interview kerja berjilbab. Beberapa jenis aksesoris untuk melengkapi penampilan antara lain tas, jam tangan, perhiasan gelang/cincin dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan aksesoris yang senada atau matching, penampilan Kamu akan semakin on point. Cara berpakaian juga menjadi penialaian lho untuk HRD, yaitu bagaimana Kamu me-manage atau mengatur sesuatu, termasuk penampilan dan pekerjaan Kamu nantinya.

7. Jangan Lupa Setrika Dulu Biar Rapi dan Wangi

Selain itu, tentu saja kerapian juga sangat diperhatikan karena kalau pakaian saja tidak bisa rapi bagaimana nanti saat diberi pekerjaan, bisa jadi berantakan. Kira-kira seperti itu perumpamaannya. Jadi, penampilan harus diperhatikan dengan baik ya supaya HRD terkesan dengan penampilan Kamu yang profesional.

Menyetrika baju adalah langkah mudah yang bisa dilakukan sebelum mengenakan pakaian. Selain rapi, baju yang disetrika juga lebih wangi karena menggunakan pewangi spray. Kamu juga bisa menggunakan parfum dengan wangi yang lembut supaya tetap fresh dan meningkatkan keperayaan diri. Namun, hindari menggunakan parfum dengan wangi yang menyengat karena bisa mengganggu suasana interview.

Baca Juga

 

Penampilan adalah Salah Satu Faktor Lolos Interview Kerja

Penampilan memang penting sekali, bahkan juga menjadi salah satu faktor penentu lolos interview kerja di pt atau perusahaan tertentu. Penampilan dan cara berpakaian juga sangat diperhatikan oleh HRD, selain skill atau kemampuan seseorang untuk lowongan pekerjaan tertentu. 

Jika Kamu hendak melakukan wawancara atau interview kerja, jangan lupa mempersiapkan pakaian terbaik dan jangan lupa disetrika dulu. Tips pakaian untuk interview kerja berjilbab yang penting terlihat rapi, sopan dan profesional. Selain itu, semua itu juga tergantung dari pembawaan diri Kamu. Jadi, Kamu harus yakn dan percaya diri dalam berpenampilan.

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama