Apa Saja Pertanyaan saat Interview Kerja? Pelajari Di Sini Yuk!

Setelah melihat ke belakang, tulisan Aku tentang cerita pengalaman melamar kerja ternyata banyak sekali yang baca ya. Selain itu, banyak juga yang berkomentar untuk dibuatkan tips-tips menghadapi interview atau wawancara kerja. Di sini Aku akan berbagi sedikit tips, stay tuned.

pengembangan karir

Contoh Pertanyaan-pertanyaan Interview Kerja

Yang namanya wawancara kerja memang bikin deg-degan dan gak bisa tidur karena kepikiran terus dan takut salah menjawab pertanyaan HRD. Tapi jangan diturutin ya, Kamu juga perlu istirahat yang cukup agar tetap fit sampai tiba waktunya interview kerja di perusahaan impian Kamu.

Oke, Aku akan berbagi tips untuk teman-teman yang sedang struggling memikirkan bagaimana interview kerja akan berlangsung.

Pertama, Kamu perlu menyiapkan perkenalan diri dulu. Persiapkan narasi perkenalan diri yang menarik dan siapkan juga versi bahasa inggris karena terkadang HRD meminta pelamar untuk memperkenalkan diri dalam bahasa inggris.

Selanjutnya, coba untuk pahami beberapa pertanyaan di bawah ini ya. Pertanyaan-pertanyaan berikut ini adalah topik yang sering ditanyakan saat interview kerja.

Apa yang Kamu Ketahui tentang Perusahaan?

Pertanyaan pertama yang biasa ditanyakan adalah pengetahuan Kamu tentang perusahaan yang Kamu lamar. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui profil perusahaan tersebut. Tidak perlu terlalu mendalam, cukup sampaikan secara singkat dan tepat.

Apa yang Kamu Ketahui tentang Profesi ini?

Selain itu, pertanyaan tentang profesi atau posisi yang Kamu lamar juga sering ditanyakan di awal percakapan. Nah, untuk ini tentu saja Kamu harus menjawab dengan penuh keyakinan ya agar HRD yakin bahwa Kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Apa Alasan Kamu Melamar Kerja di Perusahaan?

Pertanyaan ini pasti akan muncul, jadi persiapkan baik-baik ya. Jawaban yang tepat yaitu tunjukkan bahwa Kamu tertarik dengan perusahaan dan ingin menjadi bagian dari perusahaan. Sampaikan juga bahwa Kamu menguasai profesi yang Kamu lamar dan ingin meningkatkan skill di perusahaan tersebut.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Kamu?

Nah, untuk pertanyaan yang satu ini perlu berhati-hati ya dalam menjawab karena bisa menjadi senjata makan tuan dan malah merugikan. Pastikan Kamu tahu apa kelebihan dan kelemahanmu, lalu sampaikan dengan jujur. Pastikan kelebihan Kamu sesuai dengan profesi yang dilamar, sedangkan kelemahan yang Kamu miliki sudah bisa Kamu atasi.

Apa Ada Pertanyaan untuk Perusahaan?

Satu lagi, pertanyaan ini juga sering muncul. Pertanyaan ini jangan dijawab ‘tidak ada’ ya, ini akan terkesan bahwa Kamu tidak serius ingin bekerja di perusahaan. Jawaban yang tepat adalah buat pertanyaan baru dengan menanyakan apa yang harus dipelajari atau dipersiapkan jika diterima di perusahaan. Nah, jawaban seperti ini lebih baik dan terkesan Kamu benar-benar antusias untuk segera bekerja.

Gimana, udah siap belum interview kerja di PT atau perusahaan impian Kamu? Eits tunggu dulu, rencananya mau melamar kerja dimana? Apa? Belum ada?

Wah, wah, wah, ketinggalan nih. Sekarang ada aplikasi Atma, aplikasi penyedia lowongan kerja untuk para pencari kerja baik profesional atau pemula atau fresh graduate yang baru lulus kuliah. Oke, yuk download dulu aplikasi Atma, sambil Aku jelasin fitur-fiturnya di bawah ini ya.

Cari Kerja Idaman di Aplikasi Atma

Melalui aplikasi Atma, Kamu bisa mencari lowongan kerja yang sesuai dengan pendidikan atau minat Kamu. Atma juga akan mencarikan lowongan kerja yang dekat dengan lokasimu saat ini, bisa cek lowongan kerja terbaru, lowongan kerja dengan gaji tinggi dan lain-lain. Selain itu, dengan menginstal aplikasi Atma Kamu otomatis akan dibuatkan kartu Atma yang keren banget sebagai pengganti CV.

persyaratan lamaran kerja

Caranya gampang kok, Aku kasih tahu langkah-langkahnya ya.

  1. Install aplikasi pencari kerja Atma melalui Play Store
  2. Buka aplikasi dan masukkan nomor HP Kamu, lalu klik Lanjut
  3. Kamu akan menerima kode verifikasi melalui WA, masukkan kode tersebut lalu klik OK
  4. Selanjutnya Kamu akan diarahkan untuk membuat Kartu Atma dibantu melalui chat untuk mengisi informasi yang dibutuhkan seperti nama, lokasi tinggal, pengalaman kerja, pendidikan terakhir dan lain-lain
  5. Lalu pilih jenis pekerjaan yang diminati dan ikuti komunitas untuk berbagi informasi lainnya

Sudah selesai. Setelah itu, Kamu bisa langsung cari kerja idaman di Atma dengan beragam pilihan jenis pekerjaan yang tersedia.

Fitur-Fitur Atma, Aplikasi Penyedia Lowongan Kerja

aplikasi pencari kerja

Setelah menginstal aplikasi penyedia lowongan kerja Atma, Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dan tentu saja akan lebih mudah mencari lowongan pekerjaan. Berikut fitur-fitur aplikasi Atma yang bisa Kamu nikmati.

>> Bonus CV Keren atau Kartu Atma

Setelah menginstal dan mendaftar aplikasi Atma, Kamu akan otomatis dibuatkan CV digital yang disebut Kartu Atma, desainnya keren lho! CV tersebut akan dikirimkan kepada HRD sebagai persyaratan lamaran kerja. Tenang aja, sistem di Atma dapat digunakan pada berbagai sistem HRIS.

>> Informasi Lowongan Kerja di Beranda

Di beranda aplikasi Atma, Kamu bisa melihat beberapa pilihan lowongan kerja berdasarkan lokasi terdekat, gaji tertinggi, lowongan terbaru atau lowongan kerja rekomendasi Atma. Informasinya lengkap dan update. Untuk kategori lowongan kerja berdasarkan lokasi juga bisa Kamu edit pilihan lokasinya.

>> Komunitas untuk Pengembangan Karir

Selain itu, di aplikasi Atma Kamu juga bisa mengikuti berbagai komunitas untuk berbagai informasi. Dengan mengikuti komunitas, banyak sekali informasi yang didapatkan dan juga akan membantu pengembangan karir Kamu.

>> Chat Update Proses Lamaran

Bagi yang sudah melamar pekerjaan melalui aplikasi Atma, Kamu bisa mendapatkan notifikasi terkait update proses lamaran. Notifikasi tersebut bisa Kamu cek di menu Chat. Canggih ya! Hal ini karena sistem Atma sudah AUTO UPDATE, jadi Kamu tidak perlu takut ketinggalan informasi.

Aplikasi Pencari Kerja Atma, Lebih Mudah dan Efektif!

Nah, itu dia informasi menarik yang bisa Aku sampaikan untuk teman-teman yang sedang mencari lowongan pekerjaan. Jaman sekarang tuh cari lowongan kerja gak perlu ribet, langsung aja pakai Atma yaitu aplikasi pencari kerja yang gratis, mudah dan efektif.

aplikasi penyedia lowongan kerja

Aplikasi penyedia lowongan kerja ini bisa di download melalui Play Store dan bisa digunakan secara gratis. Bukan hanya itu, aplikasi Atma juga menyediakan komunitas supaya Kamu bisa berinteraksi dengan para pencari kerja lainnya dan juga untuk pengembangan karir Kamu. Ayo mulai langkahmu dan cari kerja idaman di Atma.

Setelah itu, persiapkan baik-baik untuk interview dan wawancara kerja supaya bisa lolos dan mendapatkan pekerjaan impian Kamu. Jangan lupa persyaratan lamaran kerja juga harus lengkap dan sesuai dengan permintaan perusahaan ya.

Oke, jangan lupa download Aplikasi Atma untuk Android. Selamat berburu lowongan pekerjaan dan semoga sukses!


46 Komentar

  1. Terima kasih tipsnya. Menghadapi wawancara kerja kalau tidak ada persiapannya tentu bikin persiapan berantakan dan hati deg-degan.

    BalasHapus
  2. Fiturnya terbilang lengkap ya..
    Salah satu yg mungkin jarang ada di aplikasi atau web pencari kerja lainnya adanta fitur komunitas utk saling sharing atau pengembangan karir

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, fitur komunitas di Atma akan membantu temen-temen mencari relasi dan berbagai informasi, bisa sama-sama belajar juga tentang minat yang sama

      Hapus
  3. Nah pertanyaan itu pernah daku alami saat melamar kerja. Bikin gugup kalau kondisi lagi gak siap, sehingga memang harus punya persiapan matang sebelum tes interviu dilakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin nge blank juga ya kalau sudah gugup, saya sendiri kalau mau interview kerja selalu bikin catatan kecil untuk persiapan, udah kayak ujian ya hehehe

      Hapus
  4. tulisan bagus nih, pelamar kerja harus menyiapkan diri menghadapi wawancara
    jangan sampai bilang 'gak tahu' atau menjelek-jelekkan perusahaan lama
    Karena ngaruh banget pada penilaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, menjelek-jelekkan perusahaan lama justru bisa bikin temen-temen gak lolos lho karena dinilai kurang bagus attitude nya sama perusahaan yang baru

      Hapus
  5. Pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan itu seringkali menjebak ya. Bertahun-tahun berprofesi sebagal salah seorang yang terlibat dalam penerimaan pegawai, saya malah sering menghindari pertanyaan ini karena kualitas seseorang tidak dapat digali dari pertanyaan yang klise seperti ini. Saya lebih mengarah pada skill yang aplikatif dan terhubung dengan posisi yang sedang dia incar. Kemudian bagaimana pendapat dia akan team work dan bagaimana cara orang tersebut berbaur pada team. Dan ini bisa dilihat dari record keterlibatan yang bersangkutan pada kegiatan-kegiatan yang diadakan kampus (bagi fresh graduate) atau pada project-project khusus yang dia ikuti saat dia berada di perusahaan sebelumnya.

    BalasHapus
  6. wah ini membantu banget ya, saya dulu abis lulus butuh waktu 1 tahun dong sampai akhirnya bisa dapat kerjaan.
    Udah nggak kehitung kirim surat lamaran berapa banyak, nggak kehitung juga berapa kali ikut test dan wawancara.

    Sampai-sampai saya hafal pertanyaan setiap wawancara hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sampai hafal saking sering nya ikutan interview ya kak,

      Hapus
  7. Jadi ingat waktu interview kerja dulu. Belum ditanyain udah dah dig dug duluan. Takut gak bisa jawab. Alhamdulillah bisa jawab dan diterima. Tipsnya memang harus rileks ya dan banyakin doa. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus rileks dan jangan panik duluan kalau ada pertanyaan sulit. semua bisa terjawab dengan baik kalau kitanya rileks

      Hapus
  8. Sebelum wawancara kerja kudu banget mempersiapkan banyak hal ya..
    Belajar dari daftar pertanyaan yang biasa dan mungkin ditanyakan oleh HRD.
    Dengan bantuan apps ATMA, semoga pekerjaan impian dengan gaji tinggi bisa diperoleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan aplikasi Atma bisa pilih berbagai jenis lowongan pekerjaan, lebih mudah dan praktis bisa di cek lewat HP aja

      Hapus
  9. Aplikasi Atma membantu menemukan pekerjaan secara lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, fiturnya lengkap dan banyak sekali tersedia pilihan lowongan pekerjaan

      Hapus
  10. Pakai aplikasi kayak gini jadi bisa menghemat tenaga dan keuangan. Semuanya termudahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul sekali ini, hemat tenaga dan keuangan karena meski cuma di rumah aja bisa tetap daftar kerja lewat aplikasi Atma

      Hapus
  11. Bagian interview memang jadi bagian paling deg-degan dan menegangkan saat melamar pekerjaan
    Harus rileks agar tak gugup saat menjawab
    Bersyukur ada aplikasi Atma yang membantu banget para pencari kerja
    Semoga banyak yang terbantu oleh aplikasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. di aplikasi Atma juga ada fitur komunitas, boleh banget temen-temen sharing pengalaman interview kerja di sana

      Hapus
  12. Fiturnya lengkap juga ya, jadi mempermudah pencari kerja. Aplikasinya sudah bisa diakses di seluruh Indonesia, mungkin aja ada lowongan yg penempatannya di Bali atau Lombok, hihiji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ceki-ceki kak, jangan lupa diunduh lebih dahulu hehe, biar gak terlewat informasi lokernya

      Hapus
  13. Fiturnya lengkap juga ya, aplikasinya udah bisa diakses seluruh Indonesia? Atau cuma kota-kota besar? Bisa nih cari lowongan yang penempatannya di Bali atau di Lombok, hihi

    BalasHapus
  14. bikin CV sekarang gak perlu ribet, cukup pakai Atma udah dapat CV keren plus dapat cari kerja sesuai minat dan gaji idaman.. hehe

    BalasHapus
  15. ATMA beneran ngebantu banget buat fresh graduate mencari pekeerjaan yang diinginkan dan tentunya sangat memudahkan pencari kerja ya. Semoga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang diinginkan dong

    BalasHapus
  16. Andai si ATMA ini hadir beberapa tahun lebih cepat ya kak, pastinya gabakal bingung nih aku waktu cari kerjaan. Bisa sambil rebahan lewat ponsel, eh ketemu sama pekerjaan impian. Jatuhnya waktu yang dipake makin efektif dan efisien bagi para job hunter fresh graduate, hehe

    BalasHapus
  17. Saya pas wawancara kerja ditanyai gaji langsung. Mau nggak ccuma 2.xxx selama sebulan di jakarta. Padahal umr saat itu lebih dari itu. Wow banget. Langsung mundur deh wkwkwk. Jauh2 ke jakarta malah batal.. eh sekarang enak ada aplikasi bisa lebih mudah.

    BalasHapus
  18. Berkat aplikasi Atma, mencari pekerjaan kini makin mudah ya mbak. Apalagi ditunjang fitur pendukung yang lengkap. Pastinya para pencari kerja itu bisa memilih pekerjaan sesuai dengan kualifikasi yang dimilikinya.

    BalasHapus
  19. Melamar kerja memang lucu kalau diingat. Pertanyaan paling menjebak yang pernah saya terima adalah "Kapan kamu terakhir berbohong?" dan "Kalau sedang banjir dan kamu harus bekerja ke kantor apa yang akan kamu lakukan?"
    Sumprit, susah bener hahaha

    BalasHapus
  20. Aplikasi Atma sangat membantu yang sedang mencari pekerjaan atau yg lulus sekolah. Simpel ada banyak lowongan tinggal mana yg cocok dengan kita pastinya semoga lolos ketrima ya. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  21. Interview kerja sebenernya bisa dipelajari. Kadang interview kerja jg banyak oertanyaan menjebakm siapka. Selalu mental hehe

    BalasHapus
  22. Atma nggak hanya menyediakan informasi lowongan kerja ya mbak
    Tapi juga memberikan banyak informasi yang penting, misalnya bagaimana menghadapi interview kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, banyak banget ya nilai tambahnya aplikasi Atma ini..

      Hapus
  23. Wah mantep nih mbaa, ada soal contekan pertanyaan tentang interview hihi.. harus disimak dan dishare nih biar banyak yg tahuuu

    BalasHapus
  24. jadi ingat jaman dulu masih melamar-melamar kerja, iya pertanyaan ini sering ditanyakan. pas interview jadi pegawai tetap juga hampir sama pertanyaannya

    BalasHapus
  25. Wah noted banget nih tentang pertanyaan seputar wawancara kerja. Bisa dipakai panduan buat para pencari kerja yang saat ini sibuk mempersiapkan lamaran. Pakai Atma biar cepat dan mudah

    BalasHapus
  26. Keren banget yaa.. bisa memiliki artu ATMA sebagai saringan awal pelamar terhadap pencari pekerja dari sebuah perusahaan. BIsa cukup mewakili dengan keterangan latar belakang pendidikan sampai pengalaman kerja yang pernah dilakukan.

    BalasHapus
  27. Asik sekarang ya kak. Krbantu banget. Makin ke sini makin mudah kita mencari informasi dan mengaksesnya

    BalasHapus
  28. Buat yang mau melamar kerja, wajib nih disimak tips2 cara menjawab pertanyaan saat sesi interview yang seringkali fail karena impression kita saat wawancara kurang pas

    BalasHapus
  29. salfok ku kira awal ya ini aplikasi punyanya kampus..ternyata hanya namanya aja yang sama ya

    BalasHapus
  30. aku juga udah donlod aplikasi atma. Banyak banget info tentang dunia kerja yang aku dapet dari komunitas yang ada di sana. Sebagai orang awam tentang dunia kerja, aplikasi ini bermanfaat banget

    BalasHapus
  31. Banyak orang yg nyatanya memang "khawatir" sama pertanyaan interview ya mbak. Aku sendiri dulu yg cukup berkesan waktu interview sama psikolog sih hahaha

    BalasHapus
  32. sebelum dipanggil interview memang lebih baik kita mempersiapkan diri supaya lebih lancar ketika ditanya nanti. pertanyaannya memang seperti ini semua..

    BalasHapus
  33. Wah informatif sekali yaaa ini, saya jadi tahu pertanyaan apa saja yang biasanya dilontarkan saat wawancara kerja. Minimal saya bisa belajar lah hingga suatu saat dibutuhkan

    BalasHapus
  34. Wahhh bonus CV keren ini nih yang menarik banget.
    Apalagi sekarang ini kalau mau lamar kerja yang paling bingung tuh pas buat CV nya, bukan isinya, tai lebih ke tampilan menarik dan cakepnya.
    Kalau Atma uda bisa selesaian dan ngasih solusi terkait CV cuss lah aku rekomendasiin ke ponaanku ini

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama