Aplikasi Kasir iReap POS: Cara Baru Kontrol Stok Barang Toko

Setelah beberapa tahun belakangan bisnis mengalami kesulitan karena pandemi, kini saatnya bangkit kembali untuk meningkatkan perekonomian. Mulai dari bisnis mikro seperti toko kelontong, bisnis online maupun offline, hingga bisnis makro perlu melancarkan berbagai strategi guna menunjang keberlangsungan bisnis.

aplikasi kasir iReap

Karena selama pandemi profit perusahaan cenderung menurun, maka strategi bisnis yang baru sebaiknya bisa menekan biaya sebaik mungkin. Perekrutan karyawan mungkin di butuhkan, namun yang paling penting adalah bagaimana cara mengelola bisnis itu sendiri.

Mengoptimalkan Point of Sale untuk Pengelolaan Bisnis

Pengelolaan bisnis atau manajemen bisnis meliputi proses merencanakan, mengoordinasi, dan mengawasi aktivitas bisnis terutama kontrol stok barang. Untuk itu, Kamu perlu sesuatu yang bisa menunjang pengelolaan bisnis dengan baik seperti aplikasi kasir iReap POS (Point of Sale).

POS atau Point of Sale merupakan tempat para pelanggan melakukan transaksi pembayaran atas barang/produk yang mereka beli. Sistem POS bisa menggunakan alat, mesin atau aplikasi tertentu untuk mempermudah proses transaksi.

Secara sederhana POS bisa disebut dengan mesin kasir. Fungsi Point of Sale antara lain:

  • membantu mengoptimalkan proses transaksi pada bisnis
  • mencatat dan melacak data penjualan produk dan pengembalian/retur
  • memantau inventaris dan kontrol stok barang lebih mudah, cepat dan otomatis
  • menunjukkan perbedaan harga dan arus kas untuk laporan keuangan
  • meminimalkan kesalahan kalkulasi dan perhitungan stok maupun transaksi penjualan

Selain digunakan untuk proses transaksi, POS sebaiknya juga berkaitan langsung dengan pencatatan jumlah stok barang. Seperti pada aplikasi iReap yang bisa melakukan pencatatan stok barang secara otomatis.

Manfaat Aplikasi Kasir iReap untuk Toko dan Bisnis

Aplikasi iReap POS (Point of Sale) merupakan cara baru dalam mengelola usaha baik itu bisnis online atau toko kelontong sekalipun. Bagi usaha mikro, menggunakan aplikasi kasir justru lebih menghemat biaya karena hanya perlu satu aplikasi untuk melakukan pencatatan transaksi penjualan dan kontrol stok barang.

Pencatatan transaksi juga bisa dilakukan secara realtime, bisa dimana saja dan kapan saja. Aplikasi kasir iReap juga bisa digunakan secara online dan offline sehingga semua transaksi tetap tercatat dengan baik.

Aplikasi iReap memiliki dua versi yaitu iReap POS Lite yang gratis dan iReap POS Pro yang berbayar. iReap POS Pro bisa didapatkan dengan harga 41.667/bulan untuk langganan 1 tahun atau bisa bayar 99.000/bulan jika langganan per bulan. Mengenai fiturnya, berikut perbedaan dari iReap POS Lite dan iReap POS Pro.

iReap POS Pro

Semua kebutuhan transaksi, penerimaan/penjualan barang, hingga laporan keuangan dan keuntungan bisnis bisa diakses melalui ponsel. Nah, berikut ini beberapa menu pada aplikasi iReap yang bisa digunakan untuk toko atau bisnismu.

1. Pengaturan Sistem dan Parameter

Sistem pada aplikasi kasir iReap akan berjalan sesuai dengan parameter yang sudah diatur atau dikonfigurasi. Pengaturan ini sangat bermanfaat untuk bisnis mikro, menengah maupun makro karena parameternya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

2. Master Data

Selanjutnya ada master data yang juga bisa diatur sesuai kebutuhan toko atau bisnis Kamu. Ini bagus banget karena bisa custom sendiri mulai dari kategori, produk, customer, dan supplier bisa diatur sendiri. Selain itu, Kamu juga bisa import data bisnismu di aplikasi iReap.

3. Transaksi Penerimaan Barang

Untuk menu penerimaan barang juga bisa diinput transaksinya ke dalam sistem sehingga lebih mudah untuk kontrol stok barang. Dengan begitu, sistem pada aplikasi kasir iReap bisa mengkalkulasi atau menghitung quantity dan harga pokok barang secara otomatis.

4. Transaksi Pengeluaran Barang

Jika ada menu penerimaan barang, maka ada juga menu pengeluaran barang. Transaksi pengeluaran barang bisa diinput jika ada barang rusak, hilang atau kebutuhan promosi dan lain-lain. Saat ada transaksi pengeluaran barang maka quantity/jumlah barang otomatis berkurang.

5. Transaksi Penjualan/Retur

Selain itu, transaksi penjualan dan pengembalian/retur dari pelanggan juga akan tercatat otomatis di aplikasi kasir iReap. Hal ini juga merupakan cara baru yang efektif untuk melakukan kontrol stok barang secara otomatis sehingga meminimalkan kesalahan.

6. Laporan Transaksi

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan yaitu laporan transaksi yang lengkap dalam bentuk text maupun gambar atau bagan. Laporan tersebut meliputi laporan penjualan, laporan stok barang, analisa pelanggan, analisa keuntungan/laba, hingga detail transaksi pembelian barang dan lain-lain.

7. Fitur Absensi dan lain-lain

Masih banyak sekali fitur lainnya yang bisa Kamu manfaatkan dengan hanya menggunakan satu aplikasi kasir iReap untuk menunjang toko atau bisnismu. Seperti fitur absensi untuk karyawan, fitur untuk mengatur biaya toko, stock transfer dan lain-lain yang ada di aplikasi iReap POS versi Pro.

Lebih Mudah Mengelola Toko dengan Aplikasi iReap POS

Dengan pengelolaan bisnis yang baik, maka penjualan toko akan semakin meningkat dengan sendirinya. Selain itu semua transaksi dan data bisnis juga bisa dijadikan bahan acuan untuk menilai kondisi bisnismu saat ini. Kemudian bisa dikembangkan lagi untuk meningkatkan penjualan dan nilai bisnis.

aplikasi iReap POS Point of Sale

Ayo manfaatkan aplikasi kasir iReap untuk mengelola toko dan bisnis dengan mudah dan otomatis. Aplikasi iReap bisa didownload di ponsel Android melalui Google Play Store, aplikasi ini ada versi Lite dan Pro.

Untuk bisnis mikro seperti toko kelontong dan bisnis online rumahan bisa mencoba menggunakan aplikasi iReap POS Lite. Sedangkan bisnis menengah hingga makro lebih disarankan menggunakan versi PRO.

64 Komentar

  1. wah aplikasi ini bakalan bermanfaat banget buat pebisnis pemula untuk mengontrol pengeluaran dan lainnya.

    BalasHapus
  2. Banyak sekali kemudahan yang akan kita dapatkan saat menggunakan iReap ini ya, Mbak. Pastinya sangat membantu dalam bisnis kita. Apalagi dioperasikan lewat android. Urusan kasir beres dalam satu genggaman.

    BalasHapus
  3. Adanya aplikasi seperti ireap ini bantu banget buat usaha atau UMKM. Kan gak mungkin soalnya kalau pakai manual apalagi jika tokonya ramai

    BalasHapus
  4. Saya kira kalau aplikasi kasir tidak termasuk pengelolaan barang juga. Ternyata sudah include ya, jadinya makin efisien dalam mengurus bisnis, terutama UMKM.

    BalasHapus
  5. Menggunakan aplikasi kasir justru lebih menghemat biaya yah, apalagi biasanya kita juga masih pake pencatatan manual. Padahal pake iReap ini sangat mudah dan efektif waktu lho. Apalagi banyak fitur menariknya juga yah.

    BalasHapus
  6. iReap berguna banget untuk teman-teman yang terjun di dunia bisnis untuk mensupport usahanya. Yang juga keren, iReap ini bisa dipergunakan offline dan online ya. Mantap

    BalasHapus
  7. Adanya aplikasi kasir seperti iReap ini memudahkan banget buat para pebisnis kecil atau UMKM ya. Lebih canggih juga fitur2nya dibanding mesin kasir trus praktis juga karena tinggal di unduh di PlayStore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju deh, jadi lebih memudahkan banget buat emak-emak olshop juga. Kalau udah oprek fiturnya malah bisa lebih mengoptimalkan aplikasi ini.

      Hapus
  8. Aplikasi kasir iReap nggak hanya membantu mengelola keuangan ya kak
    Tapi juga bisa membantu mengontrol stok barang di gudang

    BalasHapus
  9. Menggunakan aplikasi kasir iReap tidak hanya membantu mengelola kasir saja, tp ternyata bisa untuk mengelola keuangan bahkan pemasokan barang jg yaa..

    BalasHapus
  10. Aplikasi kasir semacam ini memang sangat membantu teman pengusaha ya mbak, apalagi bisa cetak struk. Pembukuan keuanhan jadi lebih rapi juga

    BalasHapus
  11. monitoring keuangan dan stok barang jadi makin praktis dan efisien pake aplikasi iReap yaa

    BalasHapus
  12. iya loh kak, aku ngeliat berbagai tempat belanja dan kuliner udah mulai rame lagi.. di surabaya sini bahkan ada kya-kya yang kembali buka setelah ttup karena covid. tentunya bakal butuh aplikasi kasir begini yaa agar makin efektif kinerjanya

    BalasHapus
  13. keberadaan aplikasi iReap ini pastinya sangat bermanfaat untuk para pebisnis termasuk UMKM, karena membantu laporan keuangan menjadi lebih rapi termasuk mengontrol stok barang

    BalasHapus
  14. Wah, aplikasi iReap ini memiliki fitur yang komplit ya, Mbak. Saya baru tahu, nih.
    Sebagai konsumen, saya merasa lebih senang jika bertransaksi di toko online yang gercep menginfokan jumlah stok barang ketika pembeli bertanya tentang ketersediaan stok.
    Ternyata aplikasi iReap ini dapat mengontrol stok barang secara otomatis. Keren, deh.

    BalasHapus
  15. wah bisa untuk jualan online selain jualan offline, apalagi sekalian digabung dengan stok, jadi memudahkan kita untuk cekstok dan mengurangi human error

    BalasHapus
  16. Setelah baca ulasannya aplikasi iReap ini bisa dipake pengusaha kecil sekalipun, cara menggunakan nya juga gak pake ribet

    BalasHapus
  17. Master data ini maksudnya, data-data admin bisa digandakan dan kemudian disimpan pada memory card gitu ya kak?

    Terus data pada aplikais apakah bisa didownload?

    BalasHapus
  18. Aplikasi kasir itu biasanya kalau bagus di pencatatan keuangan suka minus di pencatatan stok, tapi melihat fitur yang ada di aplikasi iReap sepertinya kualitas kedua pencatatan akan seimbang.
    Saya juga baru nyoba rintis usaha kecil-kecilan, sepertinya bisa nih nyobain iReap.

    BalasHapus
  19. Dulu pernah kerja di stok gudang emang ribet kalau pakai manual untungnya sdh ada aolikasi kontrol stok ya jadi persediaan barang dagangan aman

    BalasHapus
  20. Selain menghitung uang, aplikasi ini juga bisa memantau persediaan barang. Fungsinya benar-benar mempermudah pemilik usaha untuk mengawasi bisnisnya.

    BalasHapus
  21. aplikasi ini memang sangat membantu dalam mengelola laporan keuangan bagi para pemilik UMKM pemula maupun menengah atau sudah pro, laporan keuangan jadi terlihat lebih profesional

    BalasHapus
  22. Membantu sekali pasti aplikasi iREAP ini, pengelolaan bisnis jadi lebih baik, penjualan akan semakin meningkat, semua transaksi dan data bisnis juga tercatat yang bisa dijadikan bahan acuan untuk menilai kondisi bisnis berkembang dari waktu ke waktu. Keren!

    BalasHapus
  23. Aplikasinya bermanfaat untuk bisnis dan pendataan stok. Era digital membantu pekerjaan lebih baik.

    BalasHapus
  24. Jadi, pas masukin transaksi penjualan produk. Kita bisa tahu produk tersebut stoknya tinggal berapa. Kurang lebih begitu ya, Kak. Kalau kita pake iReap ini?

    BalasHapus
  25. Kelola bisnis dengan baik karena punya laporan keuangan yang tertata ya, dan aplikasi kasir ini bisa menjadi solusinya

    BalasHapus
  26. Aplikasi iReap pastinya sangat membantu sekali untuk usaha atau UMKM. Karena tak hanya berfungsi untuk menghitung uang saja tapi juga untuk mengecek stok barang yg tersedia.

    BalasHapus
  27. Aplikasi kasir iReap bukan hanya merapikan laporan pembukuan, tapi juga ada untuk kontrol stok barang. Keren. Kebayang ribetnya kalau harus mencatat stok barang secara menual kemudian menelusuri aktualnya sesuai nggak. Kalau menggunakan aplikasi memudahkan pekerjaan banget.

    BalasHapus
  28. Pake aplikasi kasir iReap ini memudahkan banget buat yang punya toko, semuanya jadi otomatis tercatat jadi nggak perlu cek2 manual lagi ya kak

    BalasHapus
  29. pelaku UMKM sangat membuatuhkan aplikasi kasir demi menunjang lancarnya usaha yaa. Stok barang yang terkontrol akan memudahkan pemilik usaha dalam mengelola usahanya

    BalasHapus
  30. solusi cerdas untuk UMKM yang sering salah hitung dan jadinya bukan untung malah rugi
    UMKM juga kesulitan dalam pembukuan
    Dengan aplikasi ini, pelaku UMKM sangat terbantu

    BalasHapus
  31. Wah...sekarang serba lengkap ya. All in One gitu. Aplikasi kasir merangkap kontrol stok barang. Sangat memudahkan buat yang baru belajar bisnis...

    BalasHapus
  32. Aplikasi Kasir iReap POS emang bisa diandalkan banget. Selain bisa melakukan pencatatan transaksi dan melakukan akuntansi sederhana, ternyata juga bisa mencatat stok gudang. Ini sangat membantu banget para UMKM untuk memudahkan mencari modal dan mengembangkan usaha

    BalasHapus
  33. Bantu banget nih aplikasinya. Kalau kita melakukan secara manual, pencatatannya harus berulang-ulang. Nah kalau pakai iReap ini, selain mengontrol stok barang, otomatis juga terkoneksi dengan laporan penjualannya. Semudah itu mengontrol jualan kita yaaa...

    BalasHapus
  34. Cara pakainya mudah ya ini. Misal punya toko kelontong bisa jua pakai aplikasi ini. Bisa lihat keluar masuk barang jadi bisa lebih jelas laba yang didapat

    BalasHapus
  35. Penggunaannya lebih menyederhanakan pekerjaan ya kak. Pakai sistem begini biasanya akan jauh lebih terkontrol dan tertata. Meminimalisir kesalahan juga sebab hitunh secara manual apalagi stok opname...

    BalasHapus
  36. Aplikasinya mudah digunakan ya. Saya masih pakai buku manual. Sepertinya perlu nih pakai yg digital gini

    BalasHapus
  37. Penting bgt app kasir ini.
    Sangat memudahkan buat para pegiat UMKM dan pedagang online ya

    BalasHapus
  38. Buat yang baru memulai usaha sangat membantu ya aplikasi iReap ini , mengelola bisnis jd lebih mudah

    BalasHapus
  39. Wah ada lagi nih yaa aplikasi kasir yang membantu bangett, zaman dlu tuh kayak susah banget gituu bikin aplikasi kasir yang sekalian bisa buat manajemen keuangannya jg

    BalasHapus
  40. Mudah dan praktis ini Aneka menu pada aplikasi iReap yang bisa digunakan untuk toko atau bisnis membuat semua kebutuhan transaksi, penerimaan/penjualan barang, hingga laporan keuangan dan keuntungan bisnis bisa diakses melalui ponsel. Kereeen!

    BalasHapus
  41. Memang sebagai UMKM perlu banget aplikasi kasir yang mumpuni. Aplikasi iReap POS (Point of Sale) ini kayaknya pas banget deh. Terima kasih sudah berbagi info.

    BalasHapus
  42. Pemanfaatan teknologi digital seperti aplikasi iReap ini sangat bagus untuk bisnis offline ya. Kita bisa memantau stok barang hanya dengan melihat data di aplikasi. Semoga bisnis dapat lebih terbantu dengan adanya aplikasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknologi sangat memudahkan pekerjaan ya mba.
      Termasuk penggunaan aplikasi kasir yang sekaligus sebagai alat kontrol stok barang.

      Hapus
  43. Aplikasi iReap membantu banget pastinya untuk para pelaku usaha.... lebih praktis, cegah cara manual yang menyusahkan, bahkan tidak menghemat energi.

    BalasHapus
  44. Aplikasi iReap ini banyak manfaatnya ya, Mbak. Bisa menjalankan usaha lebih mudah kalau begini

    BalasHapus
  45. Aplikasi IReap membantu banget ya buat usaha mikro. Mulai stok barang sampai dengan perhitungan ya. Usaha jadi lebih gampang terpantau stoknya ya.

    BalasHapus
  46. Pakai IReap memudahkan banget, kita bisa kontrol pemasukan pengeluaran, transaksi barang masuk dan keluar juga, Apalagi bisa untuk banyak toko yang versi Pro

    BalasHapus
  47. Aplikasi POS saat ini banyak pilihan. Dan memilih yang user friendly serta fiturnya banyak memang kudu membaca banyak refrensi dan membaca tingkat kepuasan pelanggan yaa.. Review positif mengenai Aplikasi Kasir iReap untuk Toko dan Bisnis ini sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  48. Aplikasi Kasir iReap POS, pengelolaan toko akan semakin terpantau dengan detail, kontrol Stok Barang di Toko jadi lebih jelas, wajib banget pake untuk kita yang punya usaha, karena aplikasi ini akan membantu kita untuk memperbesar usaha yang kita punya sekarang.

    BalasHapus
  49. Aplikasi seperti ini sangat memudahkan ya mbak
    Nggak hanya membantu mengelola keuangan bisnis, tapi juga memantau stok barang di gudang

    BalasHapus
  50. IReap ini aplikasi yang memudahkan pelaku usaha, sekarang apa apa serba di mudahkan gak seperti dulu masih jarang aplikasi spt ini, kalaupun ada berbayar mahal dan menggunakan PC (gusti yeni)

    BalasHapus
  51. Ga kebayang sih kalau mengelola toko melalui pembukuan manual. Rentan banget ga teliti, pusing deh! Alhamdulillah sudah ada aplikasi IReap yang memudahkan

    BalasHapus
  52. Ya sangat bagus sekali. iReap merupakan aplikasi laporan transaksi yang lengkap dalam bentuk text maupun gambar atau bagan. Laporan tersebut meliputi laporan penjualan, laporan stok barang, analisa pelanggan, analisa keuntungan/laba, hingga detail transaksi pembelian barang dan lain-lain.

    BalasHapus
  53. sekarang orang lebih suka pegang Hp daripada kertas ya. Mencatat keuangan jadi bisa real time dengan aplikasi ini.

    BalasHapus
  54. Aplikasi IReap berguna para pengusaha kecil ya. aplikasinya pun mudahkh digunakan

    BalasHapus
  55. Senang sekali kalau saya kemana-mana, sampai ke toko kelontong sekali pun, penjual yang dahulu biasa manual sekarang sudah pakai aplikasi kasir. iReap POS ini ikut meramaikan aplikasi-aplikasi kasir di tanah air ya, jadi user punya banyak pilihan.

    BalasHapus
  56. Kebantu banget dengan adanya aplikasi POS yaa..
    Terutama bagi yang baru memulai usaha baru. Aplikasi POS membantu pengusaha mengatur dengan lebih teliti dan sistematis.

    BalasHapus
  57. Wah ada aplikasi baru lagi yanh keren ini. Cocok banget buat yang punya usaha toko. Aplikasinya menguntungkan dan memudahkan pulak

    BalasHapus
  58. Para pemilik bisnis kini punya berbagai cara untuk scale up bisnisnya. Termasuk dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang mendukung kerja bisnis yang dijalankan. Tinggal pilih, mau diam di tempat, atau terus berkembang dengan berbagai terobosoan.

    BalasHapus
  59. Dengan menggunakan aplikasi kasir iReap, semua kebutuhan transaksi, penerimaan/penjualan barang, hingga laporan keuangan dan keuntungan bisnis bisa diakses melalui ponsel ya mbak. Kegiatan bisnis jadi lebih cepat dan lancar.

    BalasHapus
  60. ngebantu banget nih buat yang baru mulai usaha juga ya, biar gak repot urusan berhitung :)

    BalasHapus
  61. Selama ini pencatatan keuangan menjadi titik lemah pelaku usaha umkm. Dengan adanya aplikasi IReap, masalah ini akan dapat diatasi. Kemajuan teknologi memang benar2 membantu dan memudahkan pekerjaan

    BalasHapus
  62. Wah dengan aplikasi iReap semua dalam genggaman, cocok nih buag agen agen nggak perlu ribet cek stok satu satu, semua sudah terkalkulasi satu tempat

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama