Ikut Kelas Gratis BRT Network untuk Belajar SEO Blog

Halo semua, Saya mau berbagi pengalaman ikut kelas gratis BRT Network di WAG (WhatsApp Group). Di kelas ini materinya khusus membahas tentang optimasi SEO atau Search Engine Optimization yang sangat penting untuk website/blog supaya lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google.

Kelas online BRT yang satu ini bukan sembarang kelas ya karena setelah nyemplung di sana ternyata jadwalnya padat banget, materinya banyak, lengkap dengan tugas-tugas yang wajib dikerjakan. Kalau tidak dikerjakan, bisa gagal lanjut ke materi berikutnya dan keluar dari WAG. 

Sayang sekali kan kalau harus keluar dari WAG karena di grup ini ilmunya banyak banget. Saya harus bisa bertahan nih supaya lebih banyak lagi ilmu SEO yang terserap dan bisa diaplikasikan di blog. Mengenai kelas belajar SEO BRT Network Saya jelaskan lebih lengkap di bawah ini ya. 

Belajar SEO Blog di Kelas Gratis BRT Network

Tips Blog SEO Friendly di Kelas Gratis BRT Network WAG

Awalnya bisa masuk WAG kelas gratis BRT Network karena diberitahu Kak Ros, blogger senior yang juga teman SMA Saya. Dulu Kami sama-sama di Mading Sekolah dan suka hal-hal yang berbau kreatif. Tetapi Kak Ros lebih dulu nyemplung di dunia blogger. Sedangkan Saya waktu kuliah iseng freelance sebagai copywriter dan akhirnya bikin blog juga meskipun sebenarnya kala itu belum paham betul tentang blogger.

Tulisan pertama yang Saya posting tentu saja tentang alasan membuat blog. Lalu sebagian besar Saya menulis tentang pengalaman melamar kerja dan kumpulan tugas sekolah saat masih dii bangku SMA. Waktu itu Saya sedang bersih-bersih file d laptop dan sayang sekali kalau tugas sekolah dihapus begitu saja, jadi Saya posting di blog supaya bermanfaat untuk teman-teman.

Nah, setelah Kami bersua kembali sebagai penggelut blog, Saya banyak belajar dari Kak Ros dan akhirnya semangat lagi untuk mendalami dunia blogger. Lalu Saya ikut kelas BRT Network ini untuk belajar tentang SEO supaya artikel di blog menjadi SEO friendly.

Apa yang Dipelajari di Kelas Gratis BRT Network?

Di kelas BRT Network ada beberapa coach yang membantu mengatur jalannya kelas. Sejak pertama masuk grup, Kami diberi aturan yang jelas dan materi juga dijabarkan satu per satu. Selain itu juga ada meeting online dan langsung praktek juga mengedit html yang bermasalah.

Selama kelas berlangsung, coach juga memberi tugas di setiap materi yang sudah diajarkan. Ini penting banget sih menurut Saya karena dengan adanya tugas, mau tidak mau Saya jadi belajar lagi dan mengulang materi. Alhasil jadi paham bener kan. Sejauh ini ada 4 topik yang nyantol banget di otak Saya, meliputi:

>> META SEO Inspector : sebuah add-ons atau extensions yang bisa dikaitkan dengan Chrome, berfungsi untuk menganalisa blog dan menunjukkan apa saja masalah SEO blog yang perlu diperbaiki

>> Edit HTML : pengaturan di blog yang memungkinkan pemilik blog untuk mengedit html sehingga tampilan blog lebih SEO friendly, di sini diajarin coding dan langsung praktek

>> Ganti Template : terkadang, edit html tidak selalu bisa menyelesaikan masalah karena templte yang kurang bagus, jadi pemilik blog bisa ganti template yang lebih SEO friendly

>> Internal Link : usahakan membuat setidaknya 3 internal link di setiap artikel yang diposting agar trafik pengunjung lebih tinggi, ini juga salah satu strategi SEO blog

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek homepage atau beranda blog. Sejak tugas pertama sebenarnya Saya tidak mendapatkan masalah serius karena Alhamdulillah hasil cek META SEO Inspector-nya cukup bagus. Saya juga iseng cek artikel blog terbaru seperti tips belajar bahasa jerman dan review suzuki GSX Bandit. Keduanya juga tidak ada masalah serius.

Tapi beberapa teman di grup kelas gratis BRT Network banyak yang bermasalah di opengraph, header dan viewport. Masalah tersebut harus dibenahi melalu edit html. Nah, di sinilah peran para coach untuk membantu dan langsung praktek edit html. 

Saya juga nyimak di grup dan materinya langsung Saya noted atau kasih bintang di WAG. Sejauh ini coach yang berkesan menurut Saya Kak Monic, Kak Zen, Kak Pewe dan Kak Marita. Terimakasih untuk semua coach yang membantu, Kalian keren.

Apa Rencana ke depannya untuk Blog ini?

Setelah satu minggu ikut kelas gratis BRT Network, Saya punya banyak catatan dan notes yang harus diselesaikan. Materinya juga banyak sekali sehingga Saya merasa perlu membacanya berulang-ulang supaya nyantol di kepala. Nah, kira-kira ini goals atau rencana ke depan yang akan Saya lakukan.

>> Goals Jangka Pendek

Rencana Saya dalam jangka waktu pendek pengen benerin semua artikel lama terkait struktur heading, internal link, image dan lain-lain. Pokoknya harus diatur lagi supaya bisa muncul di halaman pertama atau page one Google. Terutama artikel yang pengunjungnya sedikit yaitu Skincare Routine Emilia Clarke dan Judul Film Studio Ghibli.

>> Goals Jangka Panjang

Membuat blog Obrolanku.com semakin berkembang dan selalu menghasilkan tulisan berkualitas yang SEO friendly. Caranya yatu dengan menerapkan SEO ke setiap artikel yang akan diposting dan juga rajin riset keyword supaya artikelnya tepat sasaran.

Menulis Artikel Berkualitas dengan Menerapkan 18 Parameter SEO

Ikut Kelas Gratis Belajar 18 Parameter Artikel SEO Friendly

Memposting artikel dengan rutin saja rasanya sudah cukup sulit jika tidak dibiasakan disiplin. Apalagi ingin menulis artikel yang bukan hanya rutin tetapi juga berkualitas. Tapi Saya tidak mau kalah sebelum perang, Saya mau mencoba struggle untuk blog yang Saya bangun ini. 

Tujuannya supaya blog Obrolanku.com bisa berkembang, selain itu diri Saya sendiri juga ikut growth dan bisa nambah skill terkait ilmu SEO blog. Kalau blog nya sudah berkembang dan SEO friendly, Saya harap akan lebih banyak job yang masuk.

18 Parameter SEO dalam Menulis Artikel

Nah, untuk membuat artikel berkualitas ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Setidaknya ada 18 parameter yang harus diperhatikan saat menulis artikel SEO friendly. Beberapa poin parameter SEO ini Saya dapatkan dari kelas gratis BRT Network.

  1. Ada keyword di judul artikel
  2. Keyword diletakkan di awal 
  3. Ada keyword di permalink
  4. Ada keyword di meta deskripsi
  5. Ada keyword di 150  paragraf awal
  6. Keyword tidak perlu di Blod, Italic atau Underline
  7. Buat Heading (H2) untuk kesimpulan
  8. Usahakan jumlah kata lebih banyak dari kompetitor
  9. Paragraf tidak perlu panjang-panjang
  10. Perhatikan urutan Heading (H1, H, H3)
  11. Ada keyword di Heading (H2 dan H3)
  12. Ada keyword di nama image
  13. Buat ALT image yang unik
  14. Buat internal link ke artikel relevan
  15. Gunakan LSI Keyword
  16. Share ke meda sosial (FB / Twitter / IG)
  17. Lakukan inspect URL di Google Search Console
  18. Ukuran image maksimal 100kb

Insyaallah 18 poin di atas bakal Saya bahas lebih lanjut, tapi tunggu beberapa hari ke depan ya karena Saya juga masih menimba ilmu di kelas gratis BRT Network. Nanti Saya share ilmunya biar sama-sama menerapkan SEO on Page.

Komentar Sesama Blogger di WAG BRT Network

Artikel ini Saya tulis sebagai tugas ke-3 di WAG Kelas Gratis BRT Network. Saya juga digabungkan dengan 6 orang lainnya dan membentuk kelompok. Kalau sebelumnya Kami harus struggle sendiri-sendiri, sekarang harus bisa saling membantu dan saling mengingatkan dalam satu kelompok.

Masih mengenai tugas ke-3, Kami diminta untuk wawancara dengan 2 orang dari anggota kelompok tentang tanggapan mereka terhadap WAG BRT Network. Saya kebagian wawancara Mbak Nurul dan Mbak Retno. Keduanya juga menulis artikel dengan tema yang sama karena itu tugas yang harus Kami penuhi. Begini tanggapan mereka.

>> Tanggapan Mbak Nurul - wisatajalanjajan.com

Sejak pertama masuk WAG, Mbak Nurul sudah bersemangat ingin praktek belajar SEO karena selama ini hanya baca-baca tanpa  praktek. Sedangkan di WAG BRT Class December ini diajari langsung praktek sehingga bsa dpahami secara langsung.

Pemilik blog wisatajalanjajan ini mengauk kagum dengan metode belajar di  kelas gratis BRT Network. Para coach menjawab pertanyaan dan permasalahan peserta dengan cepat dan terperinci sehingga teman-teman yang lain juga ikut belajar. Coach tidak pelit ilmu dan harapannya nanti bisa berjuang sampai akhir supaya blog bsa  lebh SEO friendly.

>> Tanggapan Mbak Retno - lemaripojok.com

Mbak Retno ini ikut kelas BRT karena kelasnya gratis dan ingin belajar lebih banyak tentang blogger. Selama ini blog-nya hanya sebagai media menulis tanpa datur SEO-nya dan lain-lain. Dengan mengikuti kelas gratis BRT Network harapannya kondisi blog bisa jauh lebih baik dan bisa meningkatkan trafik blog. 

Menurutnya, kelas BRT ini coach-nya super tegas dan Mbak retno suka banget sama semangat para coach dan teman-teman WAG. Para coach juga telaten dan sabar dalam menjawab dan mengajari teman-teman yang kesultan. Jadi semakin antusias untuk ikutan semua jadwal dan tugas di kelas online ini.

Kesimpulan: Belajar di Kelas BRT Network, Worth It Gak Sih?

Kelas BRT Belajar Pakai META SEO Inspector

Belajar SEO memang tiidak ada habisnya karena algoritma mesin pencari juga dinamis dan berubah-berubah. Jadi, Kitanya juga harus aktif merefresh ilmu SEO dari para senior supaya tidak ketinggalan informasi. Nah, salah satunya dengan mengikuti berbagai seminar, webinar atau kelas WAG seperti kelas gratis BRT Network yang sedang Saya ikuti saat ini.

Menurut Saya kelas SEO BRT Network ini worth it banget diikuti karena benar-benar bermanfaat, ilmunya banyak dan paracoach juga mengajarkan dengan praktek langsung. Saya selama ini cuma baca-baca aja dari artikel gugel, kadang ngerti tapi kadang juga masih bingung. Nah, kalau langsung diajarn praktek seperti di kelas BRT Network kan jadi lebih paham.

Saya berharap semoga bisa bertahan di kelas ini sampai selesai supaya ilmu SEO nya bisa lebih banyak yang nyantol. Di kelas ini juga banyak sekali teman-teman blogger yang nantinya bisa saling support dan berkembang bersama.


36 Komentar

  1. Sangat bermanfaat 🤙🏻🤙🏻

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat sekali dan memberikan ilmu baru....thank you🙏👏

    BalasHapus
  3. Asik banget ya ci belajar gituan, kayak konten kreator harus banyak nimba ilmu biar trafiknya makin naik, jadi main banyak brand masuk, semangat terus kak ci

    BalasHapus
  4. Seneng ya bisa ikut kelas online kayak gini biar makin produktif di masa pandemi, cari ilmu biar blog mu makin bagus sil, semangat ya

    BalasHapus
  5. Semangat terus ci, belajar memang harus bareng bareng biar ilmunya meluas, ikut grup gitu oke banget

    BalasHapus
  6. Ooh jadi kakak nulis di google itu harus ada parameter gitu ya.. bagus artikelnya menambah edukasi. seru banget ya ikut kelas online kayak sekolah online atau kursus gitu

    BalasHapus
  7. terimakasih ilmunya, sangat bermanfaat ��������

    BalasHapus
  8. Ikut kelas online gini sepertinya seru ya karena jadi bisa dapat banyak ilmu dari yang sudah berpengalaman

    BalasHapus
  9. hebat banget sih kelas BRT ini segala macem dibahas mulai dari cek heading, cek SEO, sampai html itu kan sulit ya

    BalasHapus
  10. wah baru tau aku ci kalo ternyata jadi blogger gak segampang itu ya, ikut kelas WAG kayak gitu kayaknya seru lho bisa belajar banyak, semangat terus ya ci

    BalasHapus
  11. pasti senang sekali bergabung dengan kelas online seperti itu karena diajarkan tentang cara mengedit html yang tdak bisa sembarangan

    BalasHapus
  12. Semangat belajarnya mbak, semoga jadi blogger sukses, kelas nya meskipun gratis tapi materinya banyak ya dan bermanfaat

    BalasHapus
  13. padahal kelasnya cuma d WAG dan gratisan tapi kayaknya padat banget ya kak kayak kelas berbayar, banyak sekali wawasan tentang blogging

    BalasHapus
  14. Haii ka Ci, tengkyu banget sudah mau berbagi ilmu dan pengalamannya seputar SEO Blog yaa!! Semangat terus belajar dan mengembangkan blognya !!!

    BalasHapus
  15. kebetulan aku sedang tertarik untuk nyoba terjun di dunia nulis, eh nemu artikel iniiii, sangat amat bermanfaat banget sih aku jd tau apa2 aja yg harus aku lakuin biar tulisanku menarik apalagi ada media kelas BRT ini pasti lbh banyak lg ilmu yg bakal kita dapet. sangat menarik. good job!👌🏻😁

    BalasHapus
  16. terimakasih sharing nya mbak, kelas BRT ini bagus sekali buat belajar blog

    BalasHapus
  17. wahh mantap, artikelnya sungguh menarik dan mudah di pahami. tetep semangatt ya buat kedepannya :)

    BalasHapus
  18. Wah keren banget kelas SEO-nya. Kalau mau ikutan daftarnya di mana Kak? Aku pake fitur SEO di WP tapi masih belum paham betul seluk beluknya. Semangat Kak, terus sharing soal SEO ya. Terima kasih

    BalasHapus
  19. wah keren juga ya kak, jadi pengen nyoba jadi blogger jugaa, ini sangat bermanfaat buat tau gmn caranya jd blogger .. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  20. artikelnya bagus kak, saya pikir kalau buat blog itu temanya yang bagus gambarnya ternyata harus yang SEO itu ya biar masuk google

    BalasHapus
  21. Sangat membantu sekali, terus semangat nulis blognya kak

    BalasHapus
  22. wah sangat bermanfaat sekalii, jadi ngerti gmn caranya buat jd bloggerr. makasih kak semangat terus biar aku dpt info jugaaa

    BalasHapus
  23. Penjelasannya mudah dimengerti dan bisa jadi referensi untuk belajar jadi blogger, terima kasih

    BalasHapus
  24. menarik banget asliiiiiiii,btw thankyou kak!

    BalasHapus
  25. sepertinya ikut kelas grup WA seperti ini sangat menginspirasi dan edukatif ya

    BalasHapus
  26. Belajar apapun pasti worth it kok ci, apalagi ikut kelas online gitu bagus banget ci, jadi ilmunya bisa berkembang

    BalasHapus
  27. temen mantan nya elga14 Desember 2021 pukul 12.45

    wagelasehhhh keren banget kaka nya ex lo @ELGIVARY

    BalasHapus
  28. Seru ya mba ikutan kelas belajar gitu.. udah gratis, ilmunya dapet, banyak teman blogger juga

    BalasHapus
  29. Semangat kakak belajarnya, semua hal memang ada ilmunya dan harus dipelajari, happy blogging!!!

    BalasHapus
  30. Wah seru banget ya Kak bisa ikutan kegiatan dari BRT ini, banyak manfaat yang didapat ya. aku belum ada kesempatan nih, karena masalah waktu juga :'D

    BalasHapus
  31. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  32. Sangat bermanfaat terimakasih kak

    BalasHapus
  33. Semangat kakak,,, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  34. Menarik sekali kak sharing nya seru juga ya jadi blogger

    BalasHapus
  35. Sekarang banyak kelas online gini ya, bermanfaat banget, nambh teman dan nambah ilmu

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama