Tips Lulus SBMPTN 2022: Try Out UTBK & Latihan di ZenCore

Halo para pejuang SBMPTN, selamat hari Senin! Jangan lupa belajar, pemanasan otak di ZenCore dan ikut try out UTBK di Zenius ya. Latihan terus biar makin pinter, lebih gampang ngerjain soal UTBK dan bisa lulus SBMPTN 2022.

Hah?! Zenius dan ZenCore itu apa kak?                         

Lah, pada belum tahu?

Ketinggalan banget deh. Zenius adalah aplikasi belajar online untuk semua, bisa untuk pelajar, mahasiswa, dan juga untuk umum. Zenius menyediakan berbagai materi, latihan soal hingga simulasi try out UTBK.  Nah, kalau ZenCore itu ada di aplikasi Zenius juga. Mau lulus SBMPTN gak? Baca tipsnya di sini ya.

pemanasan otak

Lulus SBMPTN dengan 5 Cara Ini, Semangat!

Ujian PTN semakin dekat, liburan jangan cuma main ya. Teman-teman harus bisa fokus belajar dan berjuang supaya bisa masuk PTN impian. Mulai sekarang harus lebih serius, bila perlu ganti cara belajar supaya lebih fokus dan efektif.

Untuk jadwal pelaksanaan UTBK 2022 sendiri nanti dibagi menjadi dua gelombang dan setiap harinya ada dua sesi, pagi dan siang. Biaya pendaftaran 200 ribu untuk pilihan Saintek atau Soshum dan 300 ribu untuk pilihan Campuran.

  • UTBK Gelombang Pertama: 17-23 Mei 2022
  • UTBK Gelombang Kedua: 28 Mei-3 Juni 2022

Ya ampun sebentar lagi! Tenang ya teman-teman gak perlu panik, tarik napas dulu, rileks, fokus, berikut ini tips lulus SBMPTN 2022 yang bisa diterapkan. Semangat!

1. Pelajari Format Soal UTBK

Soal UTBK 2022 sebenarnya gak jauh berbeda dari tahun sebelumnya yaitu ada tes TPS (Tes Potensi Skolastik), Bahasa Inggris dan TKA (Tes Kemampuan Akademik). Soal TPS kurang lebih 65 soal, Bahasa Inggris 15 soal dan TKA masing-masing 60 soal untuk Saintek dan Soshum. Untuk kelompok peserta campuran berarti ngerjain TKA 120 soal dari Saintek dan Soshum.

Waktu pengerjaan soal TPS dan Bahasa Inggris 105 menit. Pengerjaan soal Saintek 90 menit dan Soshum 90 menit. Jadi, kelompok pilihan Saintek atau Soshum punya waktu 195 menit untuk ngerjain soal. Sedangkan pilihan campuran punya total waktu pengerjaan 285 menit. Noted: Soal TPS dan TKA ini berbeda dengan tes psikotes ya, kalau tes psikotes biasanya untuk daftar kerja atau kebutuhan lain di dunia perkuliahan.

2. Pelajari Sistem Penilaian UTBK

Lanjut tentang sistem penilaian UTBK 2022 yang menggunakan sistem IRT Scooring atau Item Response Theory (IRT). Intinya score atau nilai per soal tidak sama, semua akan dianalisis lagi dan diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan soal.

Jika berhasil menjawab benar semua soal UTBK, score-nya 1.000. Tapi sampai sekarang belum ada yang berhasil melakukannya. Nah, untuk nilai rata-rata diterima UTBK yaitu di atas 600 atau mendekati 700. Data ini berdasarkan nilai rata-rata UTBK 2021 diambil dari 10 universitas dengan pendaftar terbanyak.

ganti cara belajar

3. Buat Jadwal Belajar Rutin

Jadwal belajar akan membantu teman-teman untuk lebih fokus mencapai tujuan lulus SBMPTN. Caranya biar fokus yaitu buat jadwal belajar rutin biar gak gabut dan ujung-ujungnya rebahan atau malah main ke mall.

Tips buat jadwal belajar yang efektif yaitu sesuaikan dengan kebiasaan belajar, lebih nyaman belajar di pagi hari atau malam. Ada juga yang suka belajar di tempat sepi atau harus dengerin musik. Selain itu, buat kisi-kisi juga tentang apa yang mau dipelajari. Semangat!

4. Manfaatkan Aplikasi Belajar Online

Nah, kalau belajar sendiri kadang masih susah atau buntu karena gak ngerti materinya, teman-teman bisa ganti cara belajar dengan mencari mentor atau pakai aplikasi belajar online Zenius. Di sana banyak banget materi dan contoh soal yang bisa dipelajari dengan mudah karena ada penjelasannya.

Bisa atur jadwal belajar juga lho! Pakai fitur ZenKalender dan pilih modul sesuai kebutuhanmu. Pilihan modulnya banyak banget mulai dari yang free sampai berbayar juga ada. Nanti teman-teman akan diarahkan untuk ngerjain soal-soal TPS, Bahasa Inggris dan TKA. Ada pembahasannya juga lengkap banget pakai video, kayak lagi dijelasin sama guru atau mentor bimbel. Belajar jadi lebih fokus dan efektif.

5. Rajin Ikut Try Out UTBK

Semua butuh proses ya teman-teman, gak ada yang instan, gak ada tiba-tiba nilainya bagus, gak ada tiba-tiba lulus tanpa ngapa-ngapain, jadi harus rajin belajar dan latihan soal. Nah, kalau mau yang mudah Saya saranin pakai aplikasi Zenius karena di sana sudah disiapkan fitur simulasi try out UTBK yang lengkap dan update.

Soal-soal yang disediakan juga dibuat semirip mungkin dengan UTBK aslinya termasuk sistem penilaiannya. Selain itu, setelah mengerjakan soal, Kamu juga bisa cek video pembahasannya sehingga bisa dipelajari supaya lebih paham.

BACA JUGA: Laptop ASUS BR1100 Cocok untuk Belajar

Latihan Pemanasan Otak di ZenCore

ZenCore

Tips tambahan buat teman-teman yang lagi belajar untuk persiapan SBMPTN, jangan cuma ikutan try out, tapi juga perlu latihan pemanasan otak di ZenCore. Seperti kata pepatah ‘Practice make perfect’, jadi harus rajin latihan soal biar otaknya makin encer. Kalau bisa, dapatkan score tertinggi dan jadilah Jagoan Adu Otak di ZenCore.

ZenCore adalah tempat untuk latihan soal-soal fundamental yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan metode adaptive learning sehingga soal yang muncul otomatis menyesuaikan dengan kemampuan pengguna.

Latihan soal pakai ZenCore seperti main game, tapi ini game adu otak, selain seru juga bermanfaat. Rasanya kayak lagi ikutan cerdas cermat, ngerjain soal hectic banget tapi gemes dan penasaran pengen ngerjain lebih banyak lagi. Rutin ngerjain latihan soal di ZenCore bisa bikin kemampuan otak Kamu meningkat lho! Saya aja langsung rekomendasi-in ZenCore buat adik-adik di rumah yang baru lulus SMA dan lagi nyiapin buat UTBK 2022.

CorePractice: Latihan Otak

Tempat latihan soal di ZenCOre terdapat pada fitur CorePractice meliputi 3 bidang yaitu Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris. Isinya berupa kuis-kuis singkat untuk membantu meningkatkan skill fundamental Kamu. Kalau mau coba ngerjain soal tersebut bisa langsung klik ZenCore dan pilih salah satu dari 3 skill, lalu klik ‘Mulai’. Berikut ini 3 skill yang ada di ZenCore.

>> Matematika

Ilmu hitung menghitung adalah ilmu wajib bagi semua orang, bukan hanya untuk anak sekolah, masih kuliah atau lulus kuliah hingga masuk ke dunia kerja maupun yang tidak bekerja. Ilmu matematika yang ada di kuis ini meliputi: aljabar, logika, peluang, suku banyak, sistem persamaan linier, trigonometri, dll.

>> Verbal Logic (Bahasa Indonesia)

Skill verbal merupakan kemampuan berbahasa dan berbicara yang juga penting untuk menunjang banyak profesi/pekerjaan. Nah, beberapa materi skill verbal logic yang dibahas di sini antara lain: konjungsi, sinonim, melengkapi bagian rumpang, imbuhan, dll.

>> Bahasa Inggris

Kalau ilmu bahasa inggris jangan ditanya lagi ya karena di zaman serba digital dan global seperti sekarang sangat membutuhkan kemampuan berbahasa inggris. Skill bahasa inggris perlu dimiliki oleh semua orang supaya bisa berkembang dan tidak ketinggalan zaman. Beberapa materi yang muncul di soal meliputi: simple present tense, continuous tense, discussion text, reading comprehension, dll.

CoreInsight: Pembahasan Soal

Bukan hanya soal-soalnya yang lengkap dan beragam, di ZenCore Kamu juga bisa dapat pembahasan soal lengkap dengan videonya. Fitur ini disebut CoreInsight, di sini teman-teman akan dijelaskan pembahasan soal satu per satu lho. Selain jadi tahu mana jawaban yang benar dari soal kuis tertentu, Kamu juga jadi dapat banyak ilmu dan wawasan seputar pembahasan soal tersebut.

BACA JUGA: ASUS OLED, Nyaman dan Aman untuk Kesehatan Mata

Ikut Pekan Olahraga Otak ZenCore Berhadiah Ipad 9!

Zenius juga lagi ngadain Lomba Pekan Olahraga Otak nih dan banyak banget hadiahnya. Ada Ipad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou Solar LS05, JBL T450, dan hadiah hiburan untuk 5 orang yang beruntung. Seru kan, bisa melatih kemampuan otak sekaligus dapat binus hadiah menarik.

Event ini diadakan oleh Zenius dalam rangka merayakan ulang tahun Primagama yang ke-40 tahun. Kamu juga bisa ikut dan jadi jagoan adu otak di ZenCore. 

jagoan adu otak

Periode lomba mulai 11 hingga 17 April 2022 dan pengumumannya tanggal 18 April 2022 di instagram @zeniuseducation dan @primagama_id. Kriteria pemenang dilihat dari skor total masing-masing kategori subjek dan juga dihitung dari semua peserta dengan praktik dan latihan sebanyak mungkin selama periode berlangsung.

Ayo yang dulunya sering ikut lomba cerdas cermat di sekolah, sekarang masih bisa gak ngerjain soal-soal di ZenCore? Pada ikutan yuk pekan olahraga otak biar bisa menangin Ipad 9 dan hadiah menarik lainnya.

Aplikasi ZenCore untuk iOS

Aplikasi ZenCore untuk Android

BACA JUGA: Tips Belajar Bahasa Jerman atau Bahasa Asing

Asah Terus Kemampuan Otak Kamu!

Mengasah kemampuan otak merupakan kebutuhan semua orang, bukan hanya untuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Jika kemampuan otak meningkat maka cara berpikir juga ter-upgrade, hasilnya informasi apapun bisa dipahami dengan mudah dan cepat. Teman-teman juga bisa berpikir lebih kritis dan rasional, ini penting sekali untuk menunjang kualitas hidup yang lebih baik.

Itulah sebabnya teman-teman perlu tetap mengasah kemampuan otak, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Zenius dan latihan soal di ZenCore. Semangat terus ya, rajin-rajin buka Zenius dari aplikasi maupun laptop andalan Kamu untuk belajar dan belajar.

Apalagi buat teman-teman yang sedang mempersiapkan ujian seperti UTBK, tes CPNS, SAT dan lain-lain, ini pasti berguna banget. Banyak sekali materi dan penjelasan soal yang bisa diakses secara gratis. Selain  itu, buat yang mau serius belajar pakai mentor bisa juga beli paket belajar di Zenius, mulai dari 12 ribuan aja.


15 Komentar

  1. Wah, pas banget baca artikel ini kan anak sulungku tahun depan akan UTBK. Oh jadi bisa nih belajar online dan pemanasan otak di aplikasi Zenius dengan Zencore. Memang mesti latihan yang rajin dan konsisten ya agar hasilnya maksimal. Ada main game adu otak juga jadi ga stres hehehe.

    BalasHapus
  2. Persiapan UTBK perlu digencarkan lagi, dengan banyak berdoa dan belajar dengan asik bareng Zencore.
    Apalagi ini ada olahraga otak juga, bisa sekalian ikutan

    BalasHapus
  3. Informatif sekali artikelnya. Anak sulungku tahun depan kelas 12 berarti siap-siap buat UTBK..Makasih infonya nanti aku share ke dia.
    Oia, setuju jika mengasah kemampuan otak merupakan kebutuhan semua orang..dan Zencore bisa jadi salah satu solusi asah otak mumpuni

    BalasHapus
  4. Gak berasa SBMPTN akan segera dimulai. Gak lama setelah Lebaran. Semoga aja banyak yang lolos. Aamiin Allahumma aamiin. Sambil menunggu memang sebaiknya asah otak dulu.

    BalasHapus
  5. wah keren Zenius dan ZenCore , tau banget kebutuhan pelajar dan pastinya ortu mereka

    saya inget dulu ribet banget menghadapi sbmptn

    sekarang, cukup mengunduh Zenius

    BalasHapus
  6. Aku biasanya pakai ZenCore kalau lagi bosen nulis. Jadi semacam hiburan gitu.

    Soal-soal di akunku akan beda sama soal di akun adikku yang masih pelajar.

    BalasHapus
  7. Sudah dekat ya SBMPTN, semoga bisa mendapatkan jurusan yang diinginkan bagi yang mengikuti. Tetap latihan terus, biar ga bosa, latihan pake ZenCore ya, kak

    BalasHapus
  8. Anak bungsu saya nih yang akan mengikuti SBMPTN di akhir Mei 2022 ini. Emaknya jadi ikut berdebar-debar karena ini salah satu kesempatan untuk menembus PTN sesuai dengan keinginan dan mimpi anak saya. Nanti artikel ini saya forward ke dia deh biar tambah semangat dan melirik ke latihan-latihan yang disiapkan oleh Zenius. Semoga semangat belajarnya jadi semakin berkobar.

    BalasHapus
  9. Wah pakai zencore bisa lulus umptn ya. Keren. Zencore memang pas buat teman belajar

    BalasHapus
  10. Zencore ini emang bagus kok. Siswa2 saya di sekolah juga sudah banyak yg pake. Keren sangat membantu sekali untuk belajar persiapan UTBK, SBMPTN dan tes perguruan tinggi.

    BalasHapus
  11. Wah iya, sebentar lagi utbk ya
    KLO bekajar pakai ZenCore gini pasti asik ya

    BalasHapus
  12. Belajar zaman sekarang seru ya, ada ZenCore jadi persiapan ujian juga lebih asyik

    BalasHapus
  13. 2 tahun lagi anakku lulus dan insyaallah masuk perguruan tinggi, memang sebaiknya coba Zencore nih, apalagi mengasah otak malah bisa dapat hadiah ya

    BalasHapus
  14. Zencore ini cocok untuk menambah penegatahuan anak dan latihan soal ya mbak. Quiznya banyak. Anak anak jadi belajar dengan menyenangkan

    BalasHapus
  15. Mantap deh klo udh pake Zenius ya. Semua LOLOS UTBK spt anakku

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama