Tips Memilih Manajer Sebelum Investasi Reksadana Saham

pengertian reksadana saham

Definisi Reksadana Saham yaitu salah satu jenis investasi yang paling banyak dikenal masyarakat, hal ini terlihat dari mayoritas masyarakat yang berinvestasi pada saham. Berdasarkan potensi hasilnya, Reksadana ini cenderung memberikan hasil lebih tinggi dibanding Reksadana lainnya.

Pemilihan Reksadana saham cocok untuk investor dengan profil risiko agresif dan bertujuan untuk investasi jangka panjang hingga lebih dari 5 tahun. Selain itu, bagi teman-teman yang ingin berinvestasi pada saham secara tidak langsung juga bisa memilih instrumen saham Reksadana.

Kelebihan lain dari investasi jenis saham yaitu lebih fleksibel dalam mengoptimalkan hasil sesuai kondisi pasar. tak hanya itu, lebih besar pula potensi keuntungan seiring perkembangan Nilai Aktiva Reksadana. Teman-teman juga akan terbebas dari pajak dengan memilih investasi ini.

Dengan berinvestasi di instrumen saham, maka tidak perlu repot-repot melakukan analisa dan monitoring saham yang dibeli. Hal ini karena adanya manajer investasi yang akan membantu mengurus semuanya dan pastinya para manager ini sudah berpengalaman dan profesional.

Lantas bagaimanakah cara memilih Manajer Investasi yang profesional dan sudah berpengalaman dalam industri pasar modal? Hal ini snagat penting untuk diketahui oleh teman-teman sebagai investor, demi mengamankan kelolaan dana tersebut.

Untuk itu, teman-teman bisa perhatikan penjelasan di bawah ini terkait tips dalam memilih Manajer Investasi!

Tips Memilih Manajer Investasi di Reksadana Saham

Dalam memilih Manajer Investasi, bisa berpedoman pada tips-tips berikut ini.

1. Terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan

Pastikan Manajer Investasi telah sah dan resmi dibuktikan dengan kepemilikan izin dari Otoritas Jasa Keuangan, dengan begitu kinerjanya diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk mengecek data Manajer Investasi apakah bermasalah atau tidak, bisa mengunjungi situs OJK (Otoritas Jasa Keuangan) langsung.

Jangan sampai terjebak pada Manajer Investasi yang memiliki catatan buruk dalam pasar modal. Hal ini akan sangat berpengaruh pada dana yang nantinya diinvestasikan atau yang dikelola perusahaan tersebut.

2. Pengalaman dan Profesional

Untuk memilih Manajer Investasi yang berpengalaman dan profesional caranya dengan melihat berapa lama beroperasi dan bagaimana manajemen di baliknya. Jangan lupa ketahui pula bagaimana prestasinya apakah baik atau memiliki catatan kurang baik dalam industri pasar modal. Bukan pasar mobil ya teman-teman, tetapi pasar modal.

3. Cek Asset Under Management 

Perhatikan berapa besar asset under management atau dana kelolaan dari Manajer Investasi. Perlu diketahui bahwa semakin besar dana kelolaan Manajer Investasi, artinya memiliki reputasi baik dalam pasar modal.  Dengan kata lain, Manajer Investasi tersebut mampu mengelola dana dengan baik, dibuktikan dengan banyak orang yang percaya kepadanya. 

4. Gaya Investasi

Berbagai jenis produk Reksadana seperti Reksadana pasar uang, campuran, pendapatan tetap, hingga saham akan memiliki beragam gaya investasi. Nah, perlu untuk mengetahui bagaimana gaya investasi dari Manajer Investasi yang tepat untuk mengetahui alokasi dana di setiap produknya.

Ingat, faktor utama dalam memilih Manajer Investasi yaitu kepercayaan. Tetapi tentu tidak akan semudah itu, bila tidak mencobanya.

Dapat disimpulkan bahwa salah satu cara tepat untuk mengetahui kualitas Manajer Investasi adalah dengan mencobanya sendiri. Teman-teman bisa mencoba untuk melakukan investasi Reksadana Saham pada Manajer Investasi dengan memperhatikan tips-tips di atas.

BACA JUGA : Cara Investasi Cepat dan Untung Maksimal

Berinvestasi Reksadana Saham, Pilihlah digibank DBS!

digibank by DBS

Sudahkah teman-teman menentukan pilihan platform yang tepat untuk berinvestasi Reksadana? Penting untuk mencari tempat yang tepat guna menginvestasikan dana yang ada. Layanan terbaik untuk platform investasi yang akan memudahkan, yakni melalui Aplikasi digibank by DBS.

Di sini teman-teman bisa berinvestasi Reksadana Saham maupun instrumen Reksadana lainnya. Bersama digibank by DBS yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi, tentu saja aktivitas keuangan akan menjadi lebih mudah dan aman.

Dengan aplikasi ini, maka semua aktivitas investasi bisa diakses dengan mudah dan lebih praktis melalui ponsel. Berbagai keuntungan digibank by DBS yang akan didapatkan seperti berikut ini.

1. Satu Aplikasi untuk Berbagai Aktivitas Investasi

Semua aktivitas investasi bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari aktivitas daftar SID atau Single Investor Identification, jual, beli serta switch.

Untuk melakukan investasi di sini maka langkah awal adalah dengan mendapatkan nomor ID atau Single Investor Identification (SID).

2. Modal Mulai 100 Ribu

Modal yang gunakan untuk berinvestasi Reksadana Saham di sini, nominalnya mulai dari Rp100.000. Nominal ini memungkinkan teman-teman sebagai investor dapat berinvestasi tanpa harus mengeluarkan dana besar.

Jadi bagi yang ingin meminimalisir risiko berinvestasi, memilih Reksadana instrumen saham sangatlah tepat. Apalagi berinvestasi di sini juga dapat menyesuaikan kemampuan dan kondisi finansial dengan minimal yang ringan.

3. Lebih dari 50 Produk

Dengan lebih dari 50 pilihan produk investasi, maka hal ini akan memudahkan teman-teman untuk memilih produk yang tepat. Banyak opsi investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial masing-masing. Selain itu, teman-teman pun dapat menyesuaikannya dengan pilihan investasi yang benar-benar dikuasai.

4. Kategori Investasi

Selain itu, digibank by DBS juga menyediakan kategori investasi dengan mempertimbangkan kinerja dan scoring terbaik, juga dilihat dari investasi terpopuler. Itulah sebabnya digibank by DBS telah banyak dipilih oleh masyarakat dan mempercayakan dana investasi mereka.

5. Bersifat Fleksibel

Dengan hadirnya aplikasi, teman-teman pun bisa melakukan pembelian Reksadana di digibank by DBS, hal ini menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu, juga dapat melakukan pembelian secara berkala dan bisa dipilih sesuai dengan durasi yang diinginkan.

BACA JUGA: Peluang Usaha di Desa, Jualan Pulsa Aja!

Saatnya Mulai Investasi dengan Cerdas

Setelah mengetahui definisi Reksadana Saham dan tips memilihnya, kini teman-teman bisa memulai berinvestasi. Investasi juga bersifat fleksibilitas, sehingga bisa memilih untuk nominal besar maupun nominal ringan. Investasi Reksadana Saham menjadi lebih mudah dan praktis bersama Aplikasi digibank by DBS!

17 Komentar

  1. Obrolan yang sangat menarik, membaca postigan ini berasa dengerin orang ngobrol beneran lewat podkes gitu deh

    BalasHapus
  2. Saham ataupun reksadana adalah hal yang sudah ada dalam rencana investasi saya mbak, keinginan sudah ada tapi memang belum mantep gitu hatinya, hehee

    Saya masih harus belajar banyak dulu perihal kedua jenis investasi ini biar nanti kalau sudah nyemplung tinggal ngikutin. Pluuus masih ngumpulin uang dinginnya hehe

    BalasHapus
  3. Wah, keren nih Aplikasi digibank by DBS. Sangat cocok buat memulai investasi reksadana.
    Saya sebenarnya lebih tertarik investasi si bidang property, tapi Aplikasi digibank by DBS sangat menggoda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asekkk, investasi emang saat ini sedang digandrungi oleh para milenial dan gen-Z. Bagus nih bagi yang mau investasi di Reksadana, bisa sambil belajar juga taktik yang pas biar makin cuan.

      Hapus
  4. Sejauh ini referensi investasi ada beragam salah satunya investasi melalui saham

    BalasHapus
  5. Jujur saya belum pernah berinvestasi saham. Selama ini kalau ada rejeki saya investasikan di deposito/ tabungan biasa. Dengan pembahasan ini saya jadi paham keuntungan berinvestasi dengan saham
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  6. bagus banget untuk newbie yang mau investasi tapi masih ragu2 ya?
    invest via digibank by DBS aja karena terjamin dan punya banyak pilihan

    BalasHapus
  7. Makasih sharing infonya minimal saya jadi tercerahkan akan investasi di bidang saham.

    BalasHapus
  8. Investasi saham itu harus benar benar paham ya. Karena termasuk high risk high return. Pengetahuan tentang saham harus diperdalam dulu biar investasinya lancar serta mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan

    BalasHapus
  9. saya belum pernah ikutan investasi di reksadana saham. setelah baca tulisan jadi paham ternyata memilih manager reksadana ada hal-hal yang harus diperhatikan. ada pengalaman ikut reksadana Mba

    BalasHapus
  10. Memahami lebih dulu tentunya penting banget untuk sebuah investasi. Jadi kita tidak dalam posisi "beli kucing dalam karung". Dengan cara begini juga kita jadi paham akan resiko yang mungkin timbul kedepannya. Jadi mental sudah disiapkan di depan.

    BalasHapus
  11. Pilih manajer investasi kudu teliti dari kitanya juga ya. Karena investasi ini kan bisa jadi aset masa depan, yang inginnya dapat bertahan lama dan menghasilkan

    BalasHapus
  12. Berinvestasi sekarang diperlukan banget ya melalui info di atas jadi tahu tentang Reksadana dan saham jadi mulai sekarang pun jadi mempersiapkan dana masa depan nih.

    BalasHapus
  13. Wow..dengan modal 100ribu aja udah bisa investasi reksadana saham? Asyik banget tuh.. coba aja dulu di 100ribu. Investasikan, terus lupakan deh.. hihihi.. Kalau gak diinvest, khawatirnya kepakai gitu aja. Macam jajan kopi di cafe gitu beberapa gelas, kan lumayan~ Ini sih saya ngomong ke diri sendiri

    BalasHapus
  14. Nah, kalau sifatnya fleksibel untuk menanamkan dana di reksadana saham di Aplikasi digibank by DBS, maka bisa dicoba nih.
    Rasanya nyaman juga kalau sewaktu-waktu dana tersebut dibutuhkan.

    BalasHapus
  15. Dbs bukan hanya buat nabung atau bayar iklan instagram tapi juga buat invetasi reksadana

    BalasHapus
  16. Saat ini reksadana saham bisa menjadi solusi buat investasi ya kak terlebih flexible banget ya ini sistemnya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama